Home > Kabar > Ganti Label

Ganti Label

Tren ganti istilah amat sering terjadi tanpa jelas tujuan dan esensinya. Yang ngganti istilah nggak peduli masyarakat jadi bingung apa tidak. Hal yang sama terjadi juga di sekolah.

Dulu SMP pernah diubah jadi SLTP, SMA jadi SMU lalu STM dan SMEA keduanya diganti SMK. Dengan ganti menjadi SMK, orang jadi susah membedakan mana STM mana SMEA. Ketika masyarakat mulai menyesuaikan, tiba2 dikembalikan lagi. SLTP jadi SMP, SMU jadi SMA tapi STM dan SMEA malah tetap SMK.

Perubahan yang lain adalah siswa dan kelas. Siswa diganti menjadi peserta didik dan kelas diganti rombongan belajar. Sungguh sebuah istilah yang aneh dan sulit. Yang aneh adalah istilah beasiswa tetap dipakai, tidak ganti menjadi bea peserta didik. Demikian juga wali kelas tetap wali kelas, nggak berubah jadi wali rombongan belajar.

Mungkin pejabat kita hoby gonta ganti label. Ironisnya, yang dibenturkan adalah masyarakat dengan pihak sekolah. Padahal sekolah itu cuman nelan mentah atas perubahan istilah, bukan yang mengambil keputusan. Entah nanti labelnya ganti apa lagi…

~ Grazie ~
Categories: Kabar
  1. arkasala
    May 3rd, 2010 at 15:29 | #1

    padahal substansinya itu-itu juga ya pak ?
    Saya sependapat kadang kebijakan seperti itu suka membingungkan :(

    [Reply]

    oyen Reply:

    matematika diganti opo Pak’e? :D

    [Reply]

    alamendah Reply:

    Katanya mau diganti ilmu hitung… biar lebih berasa indonesia
    hehehehe

    [Reply]

    oyen Reply:

    berarti engko pak Mars diundang Pak Guru Mutung alias Pak Guru Ilmu Itung…bukan begitung? :D :D :D :D :D :D… LOL.mode.on

  2. guskar
    May 3rd, 2010 at 16:40 | #2

    SMU sampai sekarang masih dipakai, khususnya di Jawa Timur : Sekolah Menengah Uatas :)

    [Reply]

  3. Jidat
    May 3rd, 2010 at 17:17 | #3

    Sy masih sekolah di SMK yang STM. Katanya sh sekolah internasional, sekolah favorit walo dalemnya banyak kekurangan.

    [Reply]

  4. May 3rd, 2010 at 17:39 | #4

    kelas = kamar ilmu
    siswa = pecinta ilmu

    kwkwkwk…

    [Reply]

  5. May 3rd, 2010 at 17:49 | #5

    berarti labelnya Red Jeans Ya Pak, bukan Blue Jeans walo emang Blue Jeans juga sih. (koq..gak nyambung ya…?)

    [Reply]

  6. Mas Joe
    May 3rd, 2010 at 18:03 | #6

    tar ganti apalagi ya. aduh gmana neh

    [Reply]

  7. achmad sholeh
    May 3rd, 2010 at 18:28 | #7

    ganti pejabat ganti kebijakan pak, itu sudah biasa karena kalau ndak ganti dikira tidak kerja

    [Reply]

  8. alamendah biru
    May 3rd, 2010 at 19:05 | #8

    mungkin biar kelihatan kalau bekerja dan berfikir maka istilah-istilah itu musti diganti

    [Reply]

  9. May 3rd, 2010 at 19:08 | #9

    tapi kalau temen saya bilang, digaji mahal-mahal kok cuman merubah nama dan papan plang…

    [Reply]

  10. May 3rd, 2010 at 19:26 | #10

    menambahkan :

    kapeka : cicak
    Polxxx : Buaya
    Pajak : Gayus !!!

    [Reply]

  11. cah ndeso
    May 3rd, 2010 at 20:16 | #11

    kalo saya cuman mendo’akan semoga MetaMarsphose ndak ikut2an berubah.
    Soale nanti simbah gugel jadi bingung. heheheeeee

    [Reply]

  12. BlogCamp
    May 3rd, 2010 at 20:43 | #12

    Dulu pemirsa TV mau diganti menjadi pemerhati, tapi gak gitu lagi-akhirnya hilang.
    Efektif efisien diganti sangkil mangkus-juga gak gitu laku-akhirnya juga hilang
    Coffee shop mau diganti warung kopi-mereka yang berdasi menolak mentah2

    Ada2 saja ya
    salam hangat dari BlogCamp

    [Reply]

  13. nakjaDimande
    May 4th, 2010 at 20:35 | #13

    hehhe, rombongan.. apa ngga malah bikin siswa jadi doyan tawuran secara berombongan.
    mulai aneh2 lagi ya Pak.

    [Reply]

  14. iis sugianti
    May 5th, 2010 at 12:25 | #14

    mudah2an jangan suka gonta ganti istri aja ya Pak Mars….Istilah Istri jadi pendamping wanita bisa gak Pak Mars?, xoxoxoxox .Salam hangat dan sayang selalu.Yanti.

    [Reply]

  15. May 5th, 2010 at 18:15 | #15

    Memang membingungkan …., gak cuman di pendidikan aja kayaknya …. di bidang lain juga kadang terjadi seperti itu, cuman intinya yaaa itu2 juga ….. programnya kaya kurang berkesinambungan dan sistematis, lebih terkesan trend sesaat ….

    [Reply]

  16. May 6th, 2010 at 11:29 | #16

    Hehehe, saya dulu lulusan SMU 1 Ma. Bulian. Sebelumnya, SMU itu namanya SMA 1 Ma. Bulian, eh, setelah saya lulus namanya ganti lagi menjadi SMA 1 Ma. Bulian. Apa bedane sih?

    Mudah-mudahan komentar yang ini keluar.

    [Reply]

  17. ndop
    May 17th, 2010 at 13:01 | #17

    wow ada petinju rombongan belajar berat… hayah, istilah yang aneh…

    [Reply]

  1. May 3rd, 2010 at 16:02 | #1

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~