Home > Jawa > Gendul

Gendul

October 30th, 2011 Leave a comment Go to comments

Kalau ketemu istilah gendul, yang paham mungkin hanya beberapa orang saja, tapi kalau botol pasti semuanya ngerti, padahal keduanya mengarah pada benda yang sama. Benda ini ada di hampir semua tempat. Di rumah, warung, apotik, laboratorium, bengkel, sekolah dll. Di penjara juga ada.

Botol atau gendul merupakan media penyimpan zat cair yang paling praktis misalnya minyak, kecap, susu, obat, parfum dan benda cair lainnya. Saya sendiri menggunakan botol sebagai teman tidur. Bom molotov juga butuh media ini, bahkan ketika berkelahi tak jarang ada orang yang menggunakan pecahan botol sebagai senjata.

Dulu, bentuk botol amat monoton yaitu seperti botol kecap. Seiring dengan kemajuan jaman, sekarang ada aneka desain dan aneka warna seperti bendera partai.

~ Grazie ~
Categories: Jawa
  1. Sriyono
    October 30th, 2011 at 12:34 | #1

    gendul martini ne gak ada pak? :D


    Ono tapi ra muat…

    [Reply]

  2. October 30th, 2011 at 13:09 | #2

    Aku sih senang susu yang tanpa botol Pak :oops:
    maksudnya yang ada di wadahi plastik dan biasanya d jual di depan smanik :lol:”

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan


    Kok malah mbahas susunya :D

    [Reply]

  3. Antara Putra
    October 30th, 2011 at 13:16 | #3

    HAi Sob

    Maaf ni sekian lama saya baru koment and gak sempet BW, kemarin” saya sibuk ngebangun usaha baru saya, sekarang udah berjalan dengan sistem, jadinya saya bisa BW lagi deh,

    Oya saya sudah aktif meulis lagi tentang bisnis BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI

    Silahkan berkunjung ya sob ke http://www.antaraputra.com


    Oke…

    [Reply]

    nh18 Reply:

    (tersenyum membaca jawaban Pak Sob … eh Pak Mars …)
    :)


    Saya tersenyum juga baca respon Bro NH… :D

    [Reply]

    Susindra Reply:

    Hahahaha…… ups… maaf.

    [Reply]

  4. October 30th, 2011 at 13:17 | #4

    yang paling kiri itu saya punya pak guru, buat bawa bekal air..


    Bagus itu…
    Kuat sekali kayaknya…

    [Reply]

  5. Imelda
    October 30th, 2011 at 13:43 | #5

    gendulnya gundul semua ya :P


    Makanya pada pakai topi Bu…

    [Reply]

  6. October 30th, 2011 at 14:16 | #6

    kalau dengar kata gendul, yang saya ingat malah mbah saya, beliau selalu menyebut botol dengan kata gendul, katanya sih itu bahasa belanda… bener ndak ya??


    Kalau di desa saya, semuanya menyebutnya gendul Bu…

    [Reply]

  7. October 30th, 2011 at 14:19 | #7

    Baca kalimat orang berkelahi pake pecahan kaca, jadi inget adegan pilem-pilem Barat. :D


    Kesannya lebih ngeri drpd pistol Mas

    [Reply]

  8. October 30th, 2011 at 15:06 | #8

    Baru tahu yang namanya gendul…. ternyata Pak Mars kolektornya.


    Orang didaerah saya menyebutnya seperti itu Bang

    [Reply]

  9. October 30th, 2011 at 15:28 | #9

    ternyata gendul artinya botol yah.. baru tahu saya mas….

    ada gendul jin g mas..?


    Jin Gendul itu…

    [Reply]

  10. wi3nd
    October 30th, 2011 at 16:59 | #10

    eaalaaah boso jowone ki gendul tokh?

    lah genduk ki asale gendul tah?

    heee

    itu bentuk botolnya unyu2 heee


    nDul Ram? :D

    [Reply]

  11. October 30th, 2011 at 17:02 | #11

    Kalau disini adanya Genduk Ginuk-ginuk, Pakdhe, :)


    Sbentar lagi genduknya nambah pastinya

    [Reply]

  12. riffrizz
    October 30th, 2011 at 19:26 | #12

    itu gendul yg ada tulisannya BRUT itu gendul buat wadah kentut ya? kok merek BRUT


    Brat Brut…

    [Reply]

  13. October 30th, 2011 at 19:56 | #13

    jauh amat gendul sama botol ya
    saya punya gendul bibir sexy pak eM


    Wah, saya pengin liat koleksi gendulnya Mbak Monda…

    [Reply]

  14. October 30th, 2011 at 20:23 | #14

    Tiap hari saya selalu memegang botol lho, pak..terutama kalo mau minum air dari dalam kulkas :)


    Hampir semua kita sehari2nya pegang gendul mas…

    [Reply]

  15. October 30th, 2011 at 21:17 | #15

    Walaupun saya orang jawa …
    Tapi jujur … saya baru tau kalo Gendul itu artinya Botol …
    hehe

    Salam saya Pak Mars


    Didaerah saya dan di Jawa Tengah bagian Selatan, orang masih menyebut gendul terhadap botol Om

    [Reply]

  16. arisnb
    October 30th, 2011 at 23:16 | #16

    bahkan ada gendul yang bisa dimakan …..
    “jenang gendul” :D


    Kalai di Pati ada Nasi Gendul… :D

    [Reply]

  17. Cara Mengobati Penyakit Nyeri Sendi Secara Alami
    October 31st, 2011 at 09:01 | #17

    hahaha,,gendul,,gendul,,pacul,,,,
    saya kira sejenis apa gituh,,,ternyata botol…maksih buat infonya

    [Reply]

  18. Akbar PU
    October 31st, 2011 at 09:05 | #18

    Kok koyo’ lagu jowo …
    Gendul-gendul pacul, gembelengan
    Nyunggi-nyunggi wakul, gembelengan
    Wakul ngglimpang segane dadi sak latar… :-)


    Gendul emang gundul

    [Reply]

  19. melly
    October 31st, 2011 at 10:09 | #19

    Pak Mars…aku punya PR buat pak mars..
    kerjain yah :)
    http://margeraye.blogdetik.com/2011/10/31/pr-waktu-sekolah-dasar/


    Siap laksanakan

    [Reply]

  20. chocoVanilla
    October 31st, 2011 at 10:30 | #20

    Wakakakaka….. saya tau…saya tau….
    Wong kalo ke fast food saya selalu minta Teh Gendul je :D


    Saya juga baca postingan yang Teh Gendul itu… :D

    [Reply]

  21. hajarabis
    October 31st, 2011 at 11:29 | #21

    hanya ingin mengikuti postingan agan .
    salam kenal
    http://www.hajarabis.com

    [Reply]

  22. October 31st, 2011 at 12:12 | #22

    jaman saya kecil dulu, saya sering mencari/mengumpulkan gendul gendul, terutama gendul berbahan beling untuk dijual gresek, hehehe


    Ditukar krupuk…

    [Reply]

  23. Achmad Sholeh
    October 31st, 2011 at 15:38 | #23

    SI GUNDUL PUNYA GENDUL


    Jin Botol

    [Reply]

  24. October 31st, 2011 at 15:57 | #24

    Kalau gak unik gak bakalan dilirik pak Mars
    Termasuk gendul ini


    Usaha biar dilirik…

    [Reply]

  25. October 31st, 2011 at 16:21 | #25

    Emg makin banyak kosa kata jawa yg jarang dipakai lagi pak. Glepung, lodhong, … apa lagi ya?


    Hahaha…
    Iya iya…
    Glepung!
    Ternyata bahasa kita banyak kesamaannya Mas

    [Reply]

  26. October 31st, 2011 at 16:22 | #26

    alhamdulillah saya kenal dengan gendul, karena memang masyarakat tempat tinggal saya sudah akrab dengan bahasa gendul.. :D


    Ternyata gendul dikenal juga di Jawa bagian Barat…

    [Reply]

  27. October 31st, 2011 at 17:17 | #27

    ingat masa kanak2 waktu bermain di bawah sinar bulan ada dolanan sambil nembang: gudir… minggar-minggir….
    gendul… mumbal-mumbul..

    kalau di rumah ibuk saya masih nyebut botol dng gendul, kertas dengan dluwang, sepeda dengan pit :)


    Xixixixi…
    Iya Gus, ditempat saya juga menyebutnya “dluwang” untuk kertas dan “pit” untuk sepeda.
    Kok bisa sama ya

    [Reply]

  28. Hansen
    October 31st, 2011 at 21:34 | #28

    Gendul… Haha…. Dulu mak saya suka nyebut itu…

    Nang… Ambilke gendul kecap di sana… wkwkwk…

    Gendul, kelir, trs apa lagi ya istilah jaman dulu… haha…


    glepung, dluwang, pit….

    [Reply]

  29. November 1st, 2011 at 07:21 | #29

    nangka di atas pu’un gendul gendul.. eh itu mah gandul-gandul yah Pak :D


    Gandul-gandul Mbak

    [Reply]

  30. Erwin
    November 1st, 2011 at 10:38 | #30

    gendul-e keren kabweh. 8)


    Itulah gendul jaman sekarang

    [Reply]

  31. November 2nd, 2011 at 09:00 | #31

    Kalau ditempat saya, gendul adalah nama makanan jenang. Jenang gendul. Pada dasarnya memiliki makna yang sama, yaitu gendut.


    Kalau didaerah saya masih dinamakan gendul

    [Reply]

  32. November 2nd, 2011 at 19:19 | #32

    kalau gendul wanginya pak guru apa tho ?? :P
    salam

    [Reply]

  33. November 2nd, 2011 at 23:24 | #33

    Botol sangu tidur? Apa itu, ya?

    [Reply]

  34. Car Specs Reviews
    November 12th, 2011 at 18:17 | #34

    Sudah jarang banget kata GENDUL dipake sekarang Pak….

    [Reply]

  1. November 4th, 2011 at 10:33 | #1

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~