Gendul

Kalau ketemu istilah gendul, yang paham mungkin hanya beberapa orang saja, tapi kalau botol pasti semuanya ngerti, padahal keduanya mengarah pada benda yang sama. Benda ini ada di hampir semua tempat. Di rumah, warung, apotik, laboratorium, bengkel, sekolah dll. Di penjara juga ada.

Botol atau gendul merupakan media penyimpan zat cair yang paling praktis misalnya minyak, kecap, susu, obat, parfum dan benda cair lainnya. Saya sendiri menggunakan botol sebagai teman tidur. Bom molotov juga butuh media ini, bahkan ketika berkelahi tak jarang ada orang yang menggunakan pecahan botol sebagai senjata.

Dulu, bentuk botol amat monoton yaitu seperti botol kecap. Seiring dengan kemajuan jaman, sekarang ada aneka desain dan aneka warna seperti bendera partai.

37 thoughts on “Gendul

  1. Aku sih senang susu yang tanpa botol Pak 😳
    maksudnya yang ada di wadahi plastik dan biasanya d jual di depan smanik :lol:”

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan


    Kok malah mbahas susunya 😀

    [Reply]

  2. HAi Sob

    Maaf ni sekian lama saya baru koment and gak sempet BW, kemarin” saya sibuk ngebangun usaha baru saya, sekarang udah berjalan dengan sistem, jadinya saya bisa BW lagi deh,

    Oya saya sudah aktif meulis lagi tentang bisnis BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI

    Silahkan berkunjung ya sob ke http://www.antaraputra.com


    Oke…

    [Reply]

    nh18 Reply:

    (tersenyum membaca jawaban Pak Sob … eh Pak Mars …)

    🙂


    Saya tersenyum juga baca respon Bro NH… 😀

    [Reply]

    Susindra Reply:

    Hahahaha…… ups… maaf.

    [Reply]

  3. kalau dengar kata gendul, yang saya ingat malah mbah saya, beliau selalu menyebut botol dengan kata gendul, katanya sih itu bahasa belanda… bener ndak ya??


    Kalau di desa saya, semuanya menyebutnya gendul Bu…

    [Reply]

  4. Baca kalimat orang berkelahi pake pecahan kaca, jadi inget adegan pilem-pilem Barat. 😀


    Kesannya lebih ngeri drpd pistol Mas

    [Reply]

  5. eaalaaah boso jowone ki gendul tokh?

    lah genduk ki asale gendul tah?

    heee

    itu bentuk botolnya unyu2 heee


    nDul Ram? 😀

    [Reply]

  6. itu gendul yg ada tulisannya BRUT itu gendul buat wadah kentut ya? kok merek BRUT


    Brat Brut…

    [Reply]

  7. jauh amat gendul sama botol ya
    saya punya gendul bibir sexy pak eM


    Wah, saya pengin liat koleksi gendulnya Mbak Monda…

    [Reply]

  8. Tiap hari saya selalu memegang botol lho, pak..terutama kalo mau minum air dari dalam kulkas 🙂


    Hampir semua kita sehari2nya pegang gendul mas…

    [Reply]

  9. Walaupun saya orang jawa …
    Tapi jujur … saya baru tau kalo Gendul itu artinya Botol …
    hehe

    Salam saya Pak Mars


    Didaerah saya dan di Jawa Tengah bagian Selatan, orang masih menyebut gendul terhadap botol Om

    [Reply]

  10. bahkan ada gendul yang bisa dimakan …..
    “jenang gendul” 😀


    Kalai di Pati ada Nasi Gendul… 😀

    [Reply]

  11. hahaha,,gendul,,gendul,,pacul,,,,
    saya kira sejenis apa gituh,,,ternyata botol…maksih buat infonya

    [Reply]

  12. Kok koyo’ lagu jowo …
    Gendul-gendul pacul, gembelengan
    Nyunggi-nyunggi wakul, gembelengan
    Wakul ngglimpang segane dadi sak latar… 🙂


    Gendul emang gundul

    [Reply]

  13. Wakakakaka….. saya tau…saya tau….
    Wong kalo ke fast food saya selalu minta Teh Gendul je 😀


    Saya juga baca postingan yang Teh Gendul itu… 😀

    [Reply]

  14. jaman saya kecil dulu, saya sering mencari/mengumpulkan gendul gendul, terutama gendul berbahan beling untuk dijual gresek, hehehe


    Ditukar krupuk…

    [Reply]

  15. Emg makin banyak kosa kata jawa yg jarang dipakai lagi pak. Glepung, lodhong, … apa lagi ya?


    Hahaha…
    Iya iya…
    Glepung!
    Ternyata bahasa kita banyak kesamaannya Mas

    [Reply]

  16. alhamdulillah saya kenal dengan gendul, karena memang masyarakat tempat tinggal saya sudah akrab dengan bahasa gendul.. 😀


    Ternyata gendul dikenal juga di Jawa bagian Barat…

    [Reply]

  17. ingat masa kanak2 waktu bermain di bawah sinar bulan ada dolanan sambil nembang: gudir… minggar-minggir….
    gendul… mumbal-mumbul..

    kalau di rumah ibuk saya masih nyebut botol dng gendul, kertas dengan dluwang, sepeda dengan pit 🙂


    Xixixixi…
    Iya Gus, ditempat saya juga menyebutnya “dluwang” untuk kertas dan “pit” untuk sepeda.
    Kok bisa sama ya

    [Reply]

  18. Gendul… Haha…. Dulu mak saya suka nyebut itu…

    Nang… Ambilke gendul kecap di sana… wkwkwk…

    Gendul, kelir, trs apa lagi ya istilah jaman dulu… haha…


    glepung, dluwang, pit….

    [Reply]

  19. Kalau ditempat saya, gendul adalah nama makanan jenang. Jenang gendul. Pada dasarnya memiliki makna yang sama, yaitu gendut.


    Kalau didaerah saya masih dinamakan gendul

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *