GIF Animasi

Sahabat pasti sering melihat animasi sederhana yang saya buat. Software yang saya pakai adalah Gifan atau Gif Animasi. Meski simpel tapi software ini lumayan bisa mengakomodir apa yang saya inginkan. Tanpa install, tanpa crack, langsung siap pakai. Download softwarenya [disini].

Sebelum membuat animasi, kita musti siapkan beberapa gambar. Agar tampilannya proporsional, ukuran imagenya akan lebih baik jika dibuat sama.

Tampilan awal dari gifan adalah seperti ini…

Klick tanda silang pada jendela kecil ditengah sampai tampilannya seperti gambar berikut:

Lalu klick tanda + (plus) warna hijau di kiri atas untuk memasukkan gambar yang akan dianimasi. Pilih gambar yang sudah kita siapkan, lalu ulangi sampai semua gambar terupload.

Langkah berikutnya adalah mengatur waktu delay. Defaultnya 0,5 detik per slide, tapi sebaiknya diperbesar agar tak terlalu cepat. Ulangi untuk masing2 slide. Untuk melihat hasilnya, klick preview dan tombol play. Jangan lupa di save seperti menyimpan file pada umumnya.

Untuk memperoleh animasi yang lebih variatif, kita bisa menggunakan menu tools create image effect. Disana ada banyak pilihan seperti slide, zoom, spin dan fade. Pilih salah satu dan sesuaikan kecepatannya lalu OK. Hasilnya dapat dilihat dengan preview.

tanpa efek
efek spin
efek zoom
efek fade

Beberapa efek bisa dikombinasikan dalam satu gambar sekaligus. Selain itu, gifan juga mampu dipakai untuk membuat banner image maupun teks.

Apa yang saya tulis ini adalah hasil belajar secara otodidak, sehingga kalimatnya sangat seadanya. Dan meski bisa, tapi saya nggak tertarik nganimasi pakai photoshop, apalagi cara online.

Untuk mendapat teknik animasi yang lebih hebat dari yang saya tulis, sahabat bisa cari di blognya para master desain grafis.

Nah kalau yang disebelah ini sich lain lagi. Musti pakai wedang kopi dan rokok mild… 😀
Yang itu akan saya bongkar lain kali saja. Selamat mencoba membuat animasi.

54 thoughts on “GIF Animasi

  1. Yayaya, bolak-balik didolani ora tahu gelem dolan balik iki doktere ki 😆

  2. Saya juga suka utak-atik gambar pakai gif animator pak. Cuma beda tipe aja. Download dulu ah.. 🙂


    Monggo Mas…

Comments are closed.