Home > Ekspresi > Guru Yang Mencintai Muridnya

Guru Yang Mencintai Muridnya

November 14th, 2010 Leave a comment Go to comments

Menjadi guru yang dicintai muridnya bukan persoalan mudah. Ada sederet persyaratan yang harus dimiliki jika ingin mencapai itu. Dari hasil survey, seorang guru yang ingin dicintai muridnya harus melakukan banyak hal, beberapa diantaranya adalah…

  1. menjadikan pengajaran sebagai sesuatu yang dirindukan
  2. menguasai materi pelajaran yang menjadi spesifikasinya
  3. memberikan motivasi dan support pada muridnya
  4. penuh perhatian
  5. memberikan kesempatan kepada murid untuk bertanya
  6. menghargai pendapat murid
  7. memberikan jawaban yang masuk akal
  8. mampu berinteraksi dengan baik
  9. sabar, penuh kasih-sayang dan peka terhadap lingkungan
  10. adil dalam bersikap
  11. humoris
  12. penampilannya rapi dan bersih

Wedeh2… Lha kok berat amat ya, kalau mau jadi guru yang dicintai muridnya…

Saya jadi bingung. Dari sekian banyak tolok ukur tersebut sudah berapa prosen yang ada pada saya. Kalau menurut feeling sich murid saya sudah mencintai saya. Tapi saya ragu juga.
Jangan2 semua itu cuma sandiwara mereka.

Kalaupun tak bisa menjadi guru yang dicintai muridnya, maka sayalah yang berusaha untuk mencintai murid saya. Itu jauh lebih mudah dan realistis.

Keberhasilan murid adalah kerja keras mereka. Saya hanya mengantar saja. Justru muridlah yang membentuk saya hingga menjadi saya seperti sekarang ini.

~ Grazie ~
Categories: Ekspresi
  1. advertiyha
    November 15th, 2010 at 15:20 | #1

    Oiya pak, jangan lupa nanas, jeruk, salak, duren, rambutan, ikan bandeng, lele, gurami, mujahir dan ikan asin nya juga dibagikan buat murid-murid yang sayang gurunya ya.. huhuuuuuuyyy


    Lha itu kan pemberian murid saya yg saya bagi2kan lagi… 😀

    [Reply]

    jumialely Reply:

    dari tadi jeruk nanas dan kawan-kawannya terus… lg ngidam ya buuuukk..??

    hihihihihhihi

    pasti lagi kepingin


    Itu pesenannya Mbak Iyha…

    [Reply]

  2. deady
    November 15th, 2010 at 15:21 | #2

    wah, perfeksionis sekali. Pertanyaannya adalah, ada gak ya yang model seperti itu? Hmmm


    Sempurna memang nggak ada, tapi paling tidak menguasai beberapa syarat diantaranya…

    [Reply]

  3. Reza Fauzi
    November 15th, 2010 at 18:08 | #3

    semoga guru-guru di sekolah saya pada baca artikel ini hehe


    Nanti saya emailnya…

    [Reply]

  4. mubaroki
    November 15th, 2010 at 19:04 | #4

    wah, itu kan untuk guru…
    lha untuk murid supaya di sayangi guru itu gmn ya..??? 😀


    Yang bisa jawab adalah yg saat ini masih jadi murid…

    [Reply]

  5. TRIK SULAP KARTU
    November 15th, 2010 at 20:56 | #5

    Saya paling setuju dengan yang nomor 11 pak. Wajib itu. ehehe.
    salam.


    Kalau mau, semua guru bisa lakukan itu…

    [Reply]

  6. arkasala
    November 15th, 2010 at 22:17 | #6

    semua baiknya menjadi satu kesatuan dan betapa indahnya diajari oleh Bapak dan Ibu guru memiliki sifat keseluruhan tersebut.
    Btw secara saya sudah ketemu dengan pak Mars, saya punya harapan besar kalo muridnya tidak bersandiwara ;))


    Makasih Mas Yayat…
    Semoga saya dikenang oleh murid karena nilai2 positip, bukan karena kekurangan yg ada pd saya
    Salam!

    [Reply]

  7. widhi eko
    November 16th, 2010 at 00:50 | #7

    rapi dan bersih itu adalah keharusan sebagai pengajar 😀
    btw salam kenal ya 🙂


    Guru memang harus bisa jadi contoh…

    [Reply]

  8. pendarbintang
    November 16th, 2010 at 06:17 | #8

    Wah, Mbak Julie….

    Nyindir nie, hahahahahaha
    Pasti nguping curhatanku ama Mbak Ida, yah?hahahaha


    Siapa nyindir siapa ? 😀

    [Reply]

  9. pendarbintang
    November 16th, 2010 at 06:19 | #9

    Haiya!!!

    Blitu jadi ketua suku aja… 😆


    Boleh juga… 😀

    [Reply]

    TuSuda Reply:

    wah pakde…agar kelasnya selalu berbinar, si pendar bintang, Hani, juga bisa jadi ketua kelasnya… 😆

    [Reply]

  10. pendarbintang
    November 16th, 2010 at 06:20 | #10

    Ha ha ha ha
    ternyata begitu kisahnya…


    Begitulah Kisahnya… 😀

    [Reply]

  11. budiastawa
    November 16th, 2010 at 07:01 | #11

    @budiarnaya
    Aku ya sempet jadi muridnya Pak De Mars juga lho. Itu lho, sewaktu aku nyasar kirim PM ke beliau 😆 Berarti aku juga muridnya Pak De to?

    Tapi emang bener kok; tulisan-tulisan Pak De Mars bisa dijadikan guru untuk berinspirasi! Mantap, Pak De.


    Masih ingat kisah PM yg nyasar itu… 😀

    [Reply]

  12. November 16th, 2010 at 11:03 | #12

    eh numpang majang nama di bawah bu Guru (yang mudah2 sesuai dg kriteria di atas)


    Semoga Bu Guru baca ini…

    [Reply]

  13. November 16th, 2010 at 11:19 | #13

    Tapi banyak pengalaman membuktikan kisah “nDemeni” juga loooh…
    🙂


    Kalau hal itu sich bisa terjadi pada siapa saja, kelompok mana saja…
    Sangat manusiawi…

    [Reply]

  14. November 16th, 2010 at 17:28 | #14

    insya Allah nanti klo aku jd guru, akan aku praktekan tips diatas…..thanks ….


    Semoga Mas,,,

    [Reply]

  15. November 16th, 2010 at 20:07 | #15

    Nambah satu lagi sob.. ” Jadilah teman atau tutor sebaya buat mereka.”.. hehe

    [Reply]

  16. November 17th, 2010 at 00:03 | #16

    Kalau syaratnya sebanyak itu, gak ada yang mau jadi guru mas…
    klenger di awal duluan…

    [Reply]

  17. Mantan Gumil
    November 17th, 2010 at 07:01 | #17

    Guru juga harus menjadi panutan atas hal-hal yang baik dan benar.
    Guru tugas yang mulia karena mencerdaskan bangsa.
    Salam hangat untuk pak guru yang saya cintai dan banggakan.

    [Reply]

  18. khay
    November 17th, 2010 at 08:11 | #18

    Justru saya yakin, mister mencintai mereka dan mereka mencintai mister. Kalau bicara prosentase kembali ke titah semula, bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna. Namun stidaknya saya dapat memberikan penilaian dalam keberhasilan mister mendidik mereka selama ini. Sejauh ini mister telah mencapai point 80% 😀

    [Reply]

  19. khay
    November 17th, 2010 at 08:41 | #19

    test koment, masuk aksimet tidak…

    [Reply]

  20. khay
    November 17th, 2010 at 08:44 | #20

    Senang akhirnya blog utama dapat hadir di blog metamarsphose lagi :dance:

    [Reply]

  21. khay
    November 17th, 2010 at 08:45 | #21

    Sekali lagi, supaya QuadTrick, hihihihi

    [Reply]

  22. boyin
    November 17th, 2010 at 10:05 | #22

    bener, diperhatikan ama guru aja kita udah seneng kok…itu sudah termasuk guru yang baik

    [Reply]

  23. November 17th, 2010 at 20:40 | #23

    kapan2 diposting murid yang mencintai gurunya ya pak. biar adil gitu…

    [Reply]

  24. November 18th, 2010 at 19:18 | #24

    whuahahaha…………gara2 nanas dkk nya, aku jadi ngakak sampai mules………… 😀 😀 😀
    salam

    [Reply]

  25. kimdump
    November 19th, 2010 at 17:38 | #25

    bener tuh..
    syarat syarat itu memeng buat guru yang baik.. biar dicintai dan disayangi ma muridnya.. hehe

    [Reply]

  26. November 30th, 2010 at 08:10 | #26

    Apalagi kalau sering ngasih nilai bagus…dan ngasih kisi kisi pas ujian pasti disayang banget hehee


    Dan ditambah uang jajan Om…

    [Reply]

  27. iptek
    December 24th, 2010 at 07:59 | #27

    keknya paling penting penampilannya rapi dan bersih

    [Reply]

Comment pages
1 2 7642
  1. No trackbacks yet.

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~