Home > Kabar > Heru Sudjarwo

Heru Sudjarwo

Beliau ini adalah teman akrab saya semasa SMA. Sejak kecil bercita2 jadi pemain band, tidak terkenal sekalipun. Pada akhirnya Tuhan mengabulkan impiannya menjadi tidak terkenal walaupun sudah jadi pemain band. Saat ini tinggal di Jakarta dan masih bergelut di bidang kesenian.

Kalau ke sekolah dia selalu bawa stick bambu yang dipakai buat nge”drum” saat guru belum datang. Yang dipukul bukan drum beneran tapi meja di depannya. Jika dia lagi beraksi, maka semua teman menimpali dengan nyanyi bareng lagu yang saat itu lagi hit.

heru-sma-Optimized

sma1kudus-Optimized

Heru 02-Optimized

Berkat kreatifitasnya juga, kelas kami menjadi satu2nya kelas yang paling menarik perhatian di SMA Negeri 1 Kudus. Temboknya dicat doreng hitam dan pink. Kebetulan sekali kami mendapat kelas yang lantainya makin ke belakang makin tinggi layaknya gedung bioskop.

Pulang sekolah kami sering nongkrong bareng di tempat teman yang punya persewaan komik paling lengkap di kota Kudus. Ada ribuan judul yang bisa saya baca secara gratis.

~oOo~
Inilah sederet langkah yang telah dilaluinya.
1981 – 1986 terlibat dalam pembuatan film diantaranya: Kartini, Rara Jonggrang, Wolter Mongisidi, Serpihan Mutiara Retak, Cinta dibalik Noda, Catatan Si Boy 1 dan sekitar lima belasanan Film sebagai Art Director

1986 – 1990 sebagai Film Director di Industri Periklanan. Dua diantaranya mendapat Citra pariwara yaitu Iklan Grup Sampoerna dan KB Lingkaran Biru.

1990 – 2000 sebagai Direktur Produksi di Percetakan Sekuritas yang menghasilkan ratusan produk Security Printing diantaranya Ijazah SD – Perguruan Tinggi, KTP, Paspor dan STNK dan Cek & Giro puluhan Bank.

paspor-Optimized

Jangan2 Paspor, KTP dan lembar2 CEK yang anda pakai adalah rancangan saya.
HUAAAAA HAHAHAHAHAHAHAHHAHAHAHAHAH …. !!! (husz !!!)
Begitu kelakar dia di akun facebooknya.

Mulai tahun 2000 lebih banyak di manajemen Produksi, Pendidikan Film dan Juri berbagai festival termasuk Festifal Film Indonesia. Pada FFI 2008 mendesain Piala Citra. Dia bertindak sebagai koordinator dengan anggota Prof. Drs. Yusuf Affendi MA (Trisakti), Drs. H. Dan Hisman Kartakusumah (ITB), Indros Sungkowo (Pelukis profesional Jakarta) dan Bambang Noorcahyo, S.Sn (Pematung profesional Bandung)

citra1-Optimized

Selain itu juga di AQUASCAN sebagai Visual Director editing dikerjakan di perancis 12 hari bersama Franky Raden sebagai Director, karena fasilitas di Indonesia hanya bisa editing film 36 mm. Sementara AQUSCAN menggunakan pita seluloid 120 mm. ditayangkan di HUT ke 2 SCTV, dan HUT DKI 2004.

Terlibat juga di FilmPengantin Remaja (Wim Umboh) yang menghebohkan layar bioskop Indonesia karena menggunakan film 70 mm. Ada satu fase di Industri televisi thn 2000 – 2004. LENGGER adalah satu dari 26 seri budaya. Sebagai sutradara.

studio-Optimized

Studionya

Berikut karya beliau dalam berbagai bentuk.

heru edit-10-Optimized

lengger yenny-Optimized

Posternya

buku wayang-Optimized

bukunya-Optimized

asep-Optimized

Bukunya

warung sehat-Optimized

Desain Warung Sehatnya

Karet-Optimized

Sawit-Optimized

Sketsanya

Dalang Kentrung-Optimized

Ebeg-Optimized

Kethek Ogleng-Optimized

Lengger Calung-Optimized

Seni Barong-Optimized

Beberapa Seri Budaya Yang Diproduserinya

Heru 01-Optimized

Dia selalu menggunakan nama Don Chuck Albrew

cukur-Optimized

Tapi dia tetap pribadi yang sederhana.
Ketika potong rambut, dia cuma menggunakan koran sebagai penutup.

Heru Puasa-Optimized

Sebagai penutup tulisan ini, beliau titip salam untuk sahabat semua.

Untuk Adindah Heru, terimah kasiah saya telah di aijinkeun menerbitkan kisah inih sekaligus ambil koleksi fotonyah. Masih teringat saat kita belajar Mars SMA 1 Kudus.

MARS SMA 1 KUDUS
Gemuruh derap membahana, seayun seirama
Berbakti bagi nusa bangsa, negeri pusaka Nusantara
Segenap warga bahagia SMA Kota Muria
Bertekad baja membara belajar serta berkerja

SMA Negeri Kudus, serempak Maju terus
Karang penghalang remukkan
Rimba perintang campakkan
Puji doa dan harapan setiap saat sertakan
Semoga Tuhan luluskan cita-cita pendidikan

Jadi kangen jaman SMA di Kudus…

~ Grazie ~
Categories: Kabar
  1. July 19th, 2013 at 15:38 | #1

    oohh itu temenne pak mars toh, oiya pak mars itu yang cewek sinden temenne sok imah yaa, ternyata terkenal toh sebelum masuk tipi 😀

    salam buat pak heru sudjarwo dan bayangin kelas di doreng item pink -_-

    Semoga Pak Herunya baca ini… 😀

    [Reply]

    Heru S Sudjarwo Reply:

    Terima kasih kawan Niar…

    [Reply]

  2. July 19th, 2013 at 16:30 | #2

    Style potong rambutnya bener bener low profile… Nggak kayak saya dulu, saat mahasiswa, klo potong saja di salon yang masuk kategory mahaaal di kota, begitu lulus, nyari duit kok nggak segampang meminta, potongnya di salon murah… 😀

    Saya cukup di Tukang Cukur Madura, di Kendal hanya Rp. 7.000 wis entuk tambahan pijet

    [Reply]

  3. July 19th, 2013 at 16:33 | #3

    Mas Heru nggantengan pas brewok ya.

    Btw multitalented banget ya. Iso nglukis, ngitar, ngedrum, ngedairek film, kuwabeh koyoke iso ya. Jiaaaannn…

    Hahahaha…
    “Nilai Plus” beliau ini memang terletak pada “brewok”nya. Makanya dia pakai nama Albrew alias Al Brewok

    [Reply]

  4. July 19th, 2013 at 16:34 | #4

    Wah karya teman pak Mars ini keren-keren ya …
    pekerja seni sejati …
    Dan sudah mendapat pengakuan pula …

    Salam saya Pak Mars

    Iya Om…
    Masih ada banyak aktifitas lainnya seperti pematung dan desain properti

    [Reply]

    Heru S Sudjarwo Reply:

    http://www.youtube.com/watch?v=tpfambwx7FA

    [Reply]

  5. July 19th, 2013 at 17:09 | #5

    Hebat ya Pak, beliau bisa setia di jalur yang memang dicintainya..
    Apanya Rudi Sudjarwo beliau ini Pak?

    Beliau ini total bergelut di dunia seni Mas…
    Tapi saya nggak tau, dia ini apanya Rudi Sudjarwo.

    [Reply]

    dey Reply:

    iya nih, jadi penasaran, apanya Rudi Sudjarwo. Sama2 berkreasi di bidang seni juga kan ..

    Mungkin saudaranya Bu…
    Saudara sebangsa setanah air 😀

    [Reply]

  6. July 19th, 2013 at 18:28 | #6

    ucapan Om heru, salamek berpuasah itu pasti buat aquwh.
    tapi edit dikit, lazimnya adalah: Salamek Bapuaso… 😛

    #rumah makan taraso di lidah.. 😆

    Om Heru suka kata2 yang berakhiran “ah”, makanyo berpuaso diplesetkan jadi berpuasah… 😀

    [Reply]

  7. July 19th, 2013 at 18:32 | #7

    Pembuktian bahwa Kudus gudangnya bibit2 top. olah ragawan banyak, bisnisman tangguh OK, Seniman berprestasi sip Pak Heru, pendidik cinta sejati pada murid terbukti…..
    Salam

    Tiap kota mestinya punya orang2 hebat, hanya kurang terekspose Bu…

    [Reply]

  8. July 19th, 2013 at 20:20 | #8

    Ckckck wiiih hebat ya Pak
    Karyanya sudah banyak dan kok ya apa2 bisa
    Saya cuma bisa ngentri doang 😀

    Pak Heru nggak bisa “Matematika” seperti saya Mbah…
    Hehe…

    [Reply]

  9. Heru S Sudjarwo
    July 19th, 2013 at 22:10 | #9

    Saya tersedu-sedu membaca tulisan ini karena di akhiri MARS SMAN 1 KUDUS yang hingga kini masih saya hafal ‘sangking’ seringnya kami nyanyikan. Terima kasih upaya mendokumentasikan karya2 saya secara ‘cantik’ sehingga enak di baca dengan ritme yang tertata. Sehingga saya merasa: Apa benar saya telah melakukan hal ituuhh..”

    Saya, kini hanya mengontrak rumah tipe 21 dengan kelebihan tanah selebar mobil tua saya di Jakarta. Dengan gula darah 448 skala righter karena terforsir bekerja siang dan malam menulis naskah2 buku wayang. Entoh demikian listrik, air dan angsuran motor anak saya tak sanggup saya bayar bulan ini.

    Tak cukup itu. ALLAH menyediakan lagi ujian 2 minggu lagi, dengan LEBARAN..!!
    Saat paling menakutkan bagi BAPAK YANG TIDAK BONAFID seperti saya.

    Ya TUHAN, panjangkan usia teman saya Marsudiyanto, murahkan rejekinyahh.. “KARENA IA TELAH MEMBERIKAN KEBAHAGIAN YANG TIADA TARAAHHHH….”

    Tentang Mars Sekolah Kita, sampai sekarang juga masih melekat dibenak saya. Dulu yang ngajari adalah Mbak Yuli dan Mbak Neni (bener Mbak Neni ya), dua2nya adalah kakak dari Adindah Heru. Salam saya untuk beliau berduah….
    Doa yang sama juga saya panjatkan untuk keluarga besar Adindah, semoga kebahagiaan dan kesejahteraan selalu menyertainya.
    Terima kasih atas “inguk2″nya ke blog saya. Semoga persahabatan kita abadih, seperti penggalan Mars sekolah kita:
    “Bertekad baja membara, belajar serta berkerja.
    Karang penghalang remukkan
    Rimba perintang campakkan
    Puji doa dan harapan setiap saat sertakan.
    Salam Mesrahahahahaha

    [Reply]

    Heru S Sudjarwo Reply:

    YULI SOEDJARWO :
    https://www.facebook.com/yulisoedjarwo?fref=ts

    NENIE SORDJARWO :
    https://www.facebook.com/nenie.sudjarwo?fref=ts

    Makasih…
    Segera kirim pesan untuk beliau

    [Reply]

  10. July 19th, 2013 at 22:11 | #10

    Wah jadi ingat juga dengan SMA se Kudus Pak Mars, kalau aku di SMA Muh Kudus yang sering ketemu anak SMA 1 Kudus dalam pelatihan komputer di Djarum dulu.

    Jaman saya SMA, pertemanan antar sekolah amat akrab Mas. Belum usum tawuran. Apalagi SMA 1 Kudus nggak punya lapangan olah raga. Kalau pelajaran olah raga ngungsi ke Lapangan Merdeka, berbagi dengan sekolah sekitar

    [Reply]

  11. July 20th, 2013 at 01:56 | #11

    Indonesia masih banyak membutuhkan orang-orang hebat seperti Pak Heru S Sudjarwo yang memiliki kreatifitas dan semangat tinggi untuk mengangkat citra seni dan budaya Indonesia yang unik dalam sebuah kemasan menarik untuk bahasa penyampaian ke pada masyarakat luas bahwa negeri ini merupakan negeri yang kaya akan potensi budaya yang bernilai tinggi, dan bisa hidup di segala jaman.

    Salam wisata

    Beliau ini konsen pada semua seni tradisional Pak…
    Makanya diangkat dalam bentuk dokumentasi

    [Reply]

    Heru S Sudjarwo Reply:

    http://www.youtube.com/watch?v=H951FmWfjOs

    [Reply]

  12. July 20th, 2013 at 07:38 | #12

    luar biasa pak Mars alumnus SMAN 1 Kudus, semoga terus mencetak generasi bangsa yang membanggakan

    Amin…

    [Reply]

  13. Profijo
    July 20th, 2013 at 11:05 | #13

    Desain Warung Sehat, itu ruang merokok 2 km jalannya nggronjal gak Pak? :))))))

    Nyabrang kali juga

    [Reply]

  14. July 20th, 2013 at 11:07 | #14

    Wah temennya Pakdhe memang makjos, dari sekolah sudah terlihat bakat seninya sih. Salam untuk Pak Her Sudjarwo nggih, Pakdhe..

    Salamnya sudah direspon Mas

    [Reply]

    Heru S Sudjarwo Reply:

    Salam kumbaliihh, hadiahnyah:

    http://www.youtube.com/watch?v=_XVJuvy9UJM

    [Reply]

  15. July 20th, 2013 at 11:45 | #15

    Kiye Lakone. . . 🙂
    Pak Heru ki hebat tur kreatif lha kabeh kesenian kayaknya menguasai koq, ya. . .

    Pak Mars tau gak, mengapa beliau selalu menggunakan nama Don Chuck Albrew?

    Nanti akan dijawab oleh Pak Albrew…

    [Reply]

    Heru S Sudjarwo Reply:

    Pada satu era, saya bergaul rapat dengan komunitas AL KENTHIRIAH WAL FESBUKIYAH di facebook, dinda Idah Ceris. Mereka umumnya para ustadz dan cendikiawan muslim yang karena tingginya ilmu, ingin juga SLENGE’AN.

    Karena saya brewokan, mereka memanggil saya dengan panggilan akrab: “Cak Al Brewok” mungkin berarti kakak yang brewokan. Sejak itu saya menciptakan tokoh avatar dengan akun tersendiri di facebook DON CHUCK ALBREW dengan foto saya bersurban dan selalu tampil dengan salam khas setiap menyapa teman-teman KENTHIR saya:

    ‘ADA APA INIH RAMEEEH-RAMEEEHHHHH?’

    https://www.facebook.com/ChuckAlbrew?fref=ts

    Makin rameehhh ajahhhh

    [Reply]

    Heru S Sudjarwo Reply:

    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=503630386355684&set=a.312860892099302.89422.100001261802622&type=1&theater

    [Reply]

    Idah Ceris Reply:

    Hahahahah. .
    Ternyata Albrewok ya, Pak. Uniiiiik sekaliii. . .
    Temannya Pak Mars juga Anti Biasa nih. . 🙂

    Semoga senantiasa diberi kesehatan ya, Pak. . ^_*

  16. warih bayu wewe
    May 4th, 2014 at 19:40 | #16

    mantapnya nih pak Heru S Sudjarwo,
    hahahah..nama sudjarwo….jadi keingetan waktu kuliah membawakan naskah drama karya sendiri peran jarwo
    bapak seharusnya membagi ilmunya pada generasi sekarang di kota kelahiran bapak.
    Saya sebagai orang kudus yang masih bayi dlm dunia media rekam merasa gatal untuk membagi ilmu pada teman2 dikudus…..
    semoga bapak masih merasa gelisah dengan kudus terutama media rekam….

    [Reply]

  17. Ki Narto
    April 7th, 2015 at 22:06 | #17

    Salam kagum..
    AAlhamduliLLAA, saya dapat salah satu dari sekian banyak karya RokoProf Heru S Sudjarwo. Rupa & Karakter Wayang Purwa adalah buku yg beliau kirimkan bulan ini. Salut buat RokoProf Heru yg tetap eksis & produktif. Sangat menginspirasi generasi muda Indonesia..

    [Reply]

  1. July 20th, 2013 at 19:57 | #1

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~