Home > Ekspresi > Hitam Putih

Hitam Putih

Hitam putih memang beda, tapi untuk saling melengkapi, bukan untuk diperdebatkan. Keberadaan putih adalah bentuk dukungan agar hitam bisa kelihatan hitamnya. Hitam tak akan kelihatan hitam manakala dia berada di antara hijau dan biru, tapi dengan adanya putih, maka hitam semakin keliatan eksistensinya.

Seperti itulah hakekat hitam dan putih. Kalau ada perbedaan, justru kita2 manusia inilah yang mempermasalahkan, yang membesar2kan dan menajamkan adanya perbedaan.

Hitam sering dijadikan ungkapan kejelekan. Ada kambing hitam, dunia hitam, ilmu hitam, golongan hitam dan sebagainya. Seperti putih, keberadaan hitam sesungguhnya untuk pelengkap bagi si putih. Kertas putih akan lebih punya makna apabila ada tulisan hitam di sana. Kertas putih akan kehilangan makna apabila hanya ditulisi dengan kuning atau pink saja.

Mendikotomikan hitam dan putih hanya akan mempersempit sudut pandang kita. Lewat tulisan ini saya mencoba menunjukkan, betapa hitam dan putih bisa bersinergi, bisa berdampingan dengan nyaman. Putih tak selalu bersih, hitam tak mesti kelam. Saya suka hitam, sama seperti saya suka putih, karena saya suka hitam dan putih.

Tulisan ini tidak saya ikutkan apa2, karena saya memang tidak mengikuti apapun.

~ Grazie ~
Categories: Ekspresi
  1. March 5th, 2010 at 10:40 | #1

    setuju pak..
    soal hitam putih, sebuah foto akan lebih menarik bila disajikan dengan warna hitam-putih, lebih menarik daripada dengan full color..

    [Reply]

    Mars Reply:

    Fotomu luwih bagus nek ireng putih… πŸ˜€

    [Reply]

  2. March 5th, 2010 at 10:41 | #2

    wah tumben mengamankan pertamax, ga salah ta?
    :p

    [Reply]

  3. isnuansa
    March 5th, 2010 at 10:42 | #3

    Mantep banget Pak, mirip bendera negeri antah berantah…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Itu kayak benderanya Bajak Laut Mbak… πŸ˜†

    [Reply]

  4. isnuansa
    March 5th, 2010 at 10:43 | #4

    Karena baca dulu, kesalip deh…

    [Reply]

  5. nakjaDimande
    March 5th, 2010 at 10:54 | #5

    ikutan Ekspresi Puisi Cinta Empat Bait saja pak, aku jurinya.

    dan kali ini ndak akan aku jegal, langsung menang.
    Pak Mars mau hadiah apa? mau dibebek? mau rujak bebek buatanku?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Aku mau Pisang Batunya aja Bun…
    Pisangnya buat dimakan, batunya buat pondasi… πŸ˜€

    [Reply]

  6. March 5th, 2010 at 11:29 | #6

    Di bc dari hp agak kacau pak

    [Reply]

    Mars Reply:

    Dibaca pakai kompor gas mungkin sedikit tertolong Mas… πŸ˜€

    [Reply]

    Sriyono Wong Semarang Reply:

    iya nih tadi, coba kalau bisa dibaca pake hape nggak kocar kacir, pasti komengnya tadi bisa dapat podium, ya sudah, nunut di nomor 6 saja… πŸ˜€

    [Reply]

  7. cah ndeso
    March 5th, 2010 at 11:31 | #7

    hitam putih potomuuuuuu…. πŸ˜€
    Jian kok…. dan mbuh lah ra iso ngomong. Rep bilang Joss… mengko dikira menyanjung, padahal yo iyo πŸ˜†

    [Reply]

    Mars Reply:

    Nggih Mas…

    [Reply]

  8. alimasadi
    March 5th, 2010 at 11:39 | #8

    aku hitam aja.. lebih kalem meskipun identik jahat..

    [Reply]

    Mars Reply:

    Saya ya hitam campur putih Mas…

    [Reply]

  9. Oyen
    March 5th, 2010 at 11:57 | #9

    koyo jadah jenang kae yo Pak’e, nek dicampur tambah maknyusss…

    ning nek tipi aku kok seneng sing berwarna yo, ra seneng item putih

    [Reply]

    Mars Reply:

    Koyo Gulo Kacang…

    [Reply]

  10. guskar
    March 5th, 2010 at 14:40 | #10

    hitam dan putih itu jelas perbedaannya, tp kok banyak yg suka mencampurkannya sehingga menjadi abu2. seperti halnya opsi A atau opsi C. eh.. kok ya ada yg usul A+C πŸ™‚

    [Reply]

  11. hpnugroho
    March 5th, 2010 at 17:17 | #11

    didunia ini semua serba berpasangan, ada hitam ada putih, baik dan buruk, yin dan yang …
    yang lebih enak itu dicampur ..
    kopi tanpa gula atau susu akan pahit, tapi jika dicampur .. hmmm pasti lebih nikmat ….

    [Reply]

  12. ofaragilboy
    March 5th, 2010 at 19:14 | #12

    kibat kan hitam putih pak ins….

    sekedar memberi tahu, blog metaMARSphose mendapat award, Selamat ya pak ins πŸ˜€

    untuk informasi lebih lanjut, silakan tilik di blog saya…

    salam

    [Reply]

  13. riFFrizz
    March 5th, 2010 at 19:30 | #13

    MERAH KUNING HIJAU

    [Reply]

  14. riFFrizz
    March 5th, 2010 at 19:31 | #14

    dilihat pakek mozilla di UBUNTU pakek widescreen jadinya pececeran pak

    [Reply]

    Mars Reply:

    Ya jangan dilihat pakai itu to Mas… πŸ˜€

    [Reply]

  15. arkasala
    March 6th, 2010 at 00:21 | #15

    kalo ini hitam putih yang bikin saya ngiler πŸ™‚

    [Reply]

  16. zenteguh
    March 6th, 2010 at 04:32 | #16

    jos tenan…….

    [Reply]

  17. BlogCamp
    March 6th, 2010 at 06:17 | #17

    Orang2 pandai seorang mengatakan ” Jangan dibedakan secara hitam putih donk ”
    Ternyata disini hitam-putih tak dikotomikan, bahkan dipersandingkan dengan apik.
    Jempol dua mas
    Salam hangat dari Surabaya

    [Reply]

  18. Badruz
    March 6th, 2010 at 10:43 | #18

    HTMLnya Paaaaaak !

    [Reply]

  19. March 6th, 2010 at 13:35 | #19

    hitam putih selalu indah, seperti tuts piano yg selaras.
    salam.

    [Reply]

  20. Mariska Ayu
    March 6th, 2010 at 20:44 | #20

    Ternyata pak Mars pinter membuat puisi juga ya pak? Hebat deh, guru Matematika pinter segalanya nih, perlu dicontoh yang muda, memangnya pak Mars masih muda ya pak?

    [Reply]

  21. itempoeti
    March 6th, 2010 at 22:26 | #21

    hayoooo….
    mesti ngerasani aku….
    haks… geer sithik rak mboten nopo2 to pak Mars…
    nuwun…

    [Reply]

  22. Blogger Terpanas
    March 6th, 2010 at 22:54 | #22

    memang mantap bapak blogger yang satu ini hehe…..btw…cara bikinya gimana tuh?

    [Reply]

  23. Jidat
    March 7th, 2010 at 00:00 | #23

    Yang hitammm pacarku yang pertama dia cantik dan kaya cinta mati padaku. yang putik diajuga pacarku . . . Lagune cozy republic uyee

    [Reply]

  24. March 7th, 2010 at 20:29 | #24

    Mumpung lagi sempat BW sekalian mampir dipostingan hitam dan putih.
    Hitam dan putih hanyalah sebuah warna, orang sering mendiskreditkan hitam sebagai hal yang buruk… hahaha… hitam tetaplah hitam sebuah warna .

    [Reply]

  25. March 8th, 2010 at 16:30 | #25

    mantap baru kali ini mata dimanjakan bentuk hitam putih seperti ini

    [Reply]

  26. Buffy Dartt
    October 30th, 2010 at 03:27 | #26

    Whuaaaa, Terpesat kemari dari ‘puisi cinta’ dari om gugel. Numpang lewat aja sambil mengucapkan salam kenal dan selamat malam. ^_^


    Salam kenal juga…
    Trims sudah mampir πŸ˜€

    [Reply]

  1. September 19th, 2010 at 11:24 | #1

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~