Hitam Putih

Hitam putih memang beda, tapi untuk saling melengkapi, bukan untuk diperdebatkan. Keberadaan putih adalah bentuk dukungan agar hitam bisa kelihatan hitamnya. Hitam tak akan kelihatan hitam manakala dia berada di antara hijau dan biru, tapi dengan adanya putih, maka hitam semakin keliatan eksistensinya.

Seperti itulah hakekat hitam dan putih. Kalau ada perbedaan, justru kita2 manusia inilah yang mempermasalahkan, yang membesar2kan dan menajamkan adanya perbedaan.

Hitam sering dijadikan ungkapan kejelekan. Ada kambing hitam, dunia hitam, ilmu hitam, golongan hitam dan sebagainya. Seperti putih, keberadaan hitam sesungguhnya untuk pelengkap bagi si putih. Kertas putih akan lebih punya makna apabila ada tulisan hitam di sana. Kertas putih akan kehilangan makna apabila hanya ditulisi dengan kuning atau pink saja.

Mendikotomikan hitam dan putih hanya akan mempersempit sudut pandang kita. Lewat tulisan ini saya mencoba menunjukkan, betapa hitam dan putih bisa bersinergi, bisa berdampingan dengan nyaman. Putih tak selalu bersih, hitam tak mesti kelam. Saya suka hitam, sama seperti saya suka putih, karena saya suka hitam dan putih.

Tulisan ini tidak saya ikutkan apa2, karena saya memang tidak mengikuti apapun.

36 thoughts on “Hitam Putih

  1. setuju pak..
    soal hitam putih, sebuah foto akan lebih menarik bila disajikan dengan warna hitam-putih, lebih menarik daripada dengan full color..

    [Reply]

    Mars Reply:

    Fotomu luwih bagus nek ireng putih… 😀

    [Reply]

  2. Mantep banget Pak, mirip bendera negeri antah berantah…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Itu kayak benderanya Bajak Laut Mbak… 😆

    [Reply]

  3. ikutan Ekspresi Puisi Cinta Empat Bait saja pak, aku jurinya.

    dan kali ini ndak akan aku jegal, langsung menang.
    Pak Mars mau hadiah apa? mau dibebek? mau rujak bebek buatanku?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Aku mau Pisang Batunya aja Bun…
    Pisangnya buat dimakan, batunya buat pondasi… 😀

    [Reply]

  4. Di bc dari hp agak kacau pak

    [Reply]

    Mars Reply:

    Dibaca pakai kompor gas mungkin sedikit tertolong Mas… 😀

    [Reply]

    Sriyono Wong Semarang Reply:

    iya nih tadi, coba kalau bisa dibaca pake hape nggak kocar kacir, pasti komengnya tadi bisa dapat podium, ya sudah, nunut di nomor 6 saja… 😀

    [Reply]

  5. hitam putih potomuuuuuu…. 😀
    Jian kok…. dan mbuh lah ra iso ngomong. Rep bilang Joss… mengko dikira menyanjung, padahal yo iyo 😆

    [Reply]

    Mars Reply:

    Nggih Mas…

    [Reply]

  6. aku hitam aja.. lebih kalem meskipun identik jahat..

    [Reply]

    Mars Reply:

    Saya ya hitam campur putih Mas…

    [Reply]

  7. koyo jadah jenang kae yo Pak’e, nek dicampur tambah maknyusss…

    ning nek tipi aku kok seneng sing berwarna yo, ra seneng item putih

    [Reply]

    Mars Reply:

    Koyo Gulo Kacang…

    [Reply]

  8. hitam dan putih itu jelas perbedaannya, tp kok banyak yg suka mencampurkannya sehingga menjadi abu2. seperti halnya opsi A atau opsi C. eh.. kok ya ada yg usul A+C 🙂

    [Reply]

  9. didunia ini semua serba berpasangan, ada hitam ada putih, baik dan buruk, yin dan yang …
    yang lebih enak itu dicampur ..
    kopi tanpa gula atau susu akan pahit, tapi jika dicampur .. hmmm pasti lebih nikmat ….

    [Reply]

  10. kibat kan hitam putih pak ins….

    sekedar memberi tahu, blog metaMARSphose mendapat award, Selamat ya pak ins 😀

    untuk informasi lebih lanjut, silakan tilik di blog saya…

    salam

    [Reply]

  11. dilihat pakek mozilla di UBUNTU pakek widescreen jadinya pececeran pak

    [Reply]

    Mars Reply:

    Ya jangan dilihat pakai itu to Mas… 😀

    [Reply]

  12. Orang2 pandai seorang mengatakan ” Jangan dibedakan secara hitam putih donk ”
    Ternyata disini hitam-putih tak dikotomikan, bahkan dipersandingkan dengan apik.
    Jempol dua mas
    Salam hangat dari Surabaya

    [Reply]

  13. Ternyata pak Mars pinter membuat puisi juga ya pak? Hebat deh, guru Matematika pinter segalanya nih, perlu dicontoh yang muda, memangnya pak Mars masih muda ya pak?

    [Reply]

  14. hayoooo….
    mesti ngerasani aku….
    haks… geer sithik rak mboten nopo2 to pak Mars…
    nuwun…

    [Reply]

  15. memang mantap bapak blogger yang satu ini hehe…..btw…cara bikinya gimana tuh?

    [Reply]

  16. Yang hitammm pacarku yang pertama dia cantik dan kaya cinta mati padaku. yang putik diajuga pacarku . . . Lagune cozy republic uyee

    [Reply]

  17. Mumpung lagi sempat BW sekalian mampir dipostingan hitam dan putih.
    Hitam dan putih hanyalah sebuah warna, orang sering mendiskreditkan hitam sebagai hal yang buruk… hahaha… hitam tetaplah hitam sebuah warna .

    [Reply]

  18. Pingback: Melati Buthek :( « Oyen punya cerita
  19. Whuaaaa, Terpesat kemari dari ‘puisi cinta’ dari om gugel. Numpang lewat aja sambil mengucapkan salam kenal dan selamat malam. ^_^


    Salam kenal juga…
    Trims sudah mampir 😀

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *