Home > Inspirasi > Ilmu Itu Segala Hal

Ilmu Itu Segala Hal

October 22nd, 2012 Leave a comment Go to comments

Ilmu itu bukan segalanya, tapi hampir segala hal bisa dijadikan sebagai ilmu. Bahkan ada yang bilang jika daun kering yang jatuh dari pohonpun bisa dikatakan sebagai ilmu. Karena sifat ilmu yang aneka ragam itulah, maka kita harus hati2 dalam mengambil pelajaran dari sebuah ilmu.

Ilmu itu tidak parsial, tidak berdiri sendiri2. Insinyur perlu tahu ilmu kesehatan agar nggak gampang kena cacingan, dokter perlu tahu ilmu bahasa agar komunikasi dengan pasiennya tak ada kendala dan guru perlu ngerti fesyen agar muridnya nggak pada bosyen

Sebagai guru, saya berusaha menambah ilmu agar tak tergilas oleh waktu dan sebagai orang tua, saya harus berani tampil beda agar nggak kalah sama Rhoma Irama yang muda2.

~ Grazie ~
Categories: Inspirasi
  1. achmad sholeh
    October 22nd, 2012 at 15:20 | #1

    tanpa ilmu maka kita seperti tarzan yg hidup di tengah hutan pak, meski tarzan sendiripun berilmu hebat


    Malah seperti Tarzan masuk kota Mas…

    [Reply]

  2. October 22nd, 2012 at 15:28 | #2

    wah tulisannya singkat padat dan sangat bermakna.. setuju… ilmu perlu ditambah.. bisa bisa fesyen juga deh…


    Justru bisanya cuma nulis singkat2 gitu Mas…
    Belum bisa nulis panjang2

    [Reply]

  3. October 22nd, 2012 at 15:35 | #3

    saya bosyen sama guru yang satu ini boro2 ngerti fesyen …wong naik motor aja gak tau ngesyen :P


    Asyem… :D

    [Reply]

    niqué Reply:

    wkwkwkwk ….


    Brrrr…

    [Reply]

    Ely Meyer Reply:

    wow .. komentarnya Nique .. pasti pak Mars ngguya ngguyu dewe mocone :D


    Hahahaha
    Mbak Ely tau aja.

    [Reply]

    niqué Reply:

    klo pak’e sih saya cuma ngetik … aja pasti ngguya ngguyu kok mbak xixixi


    Cara ngetik kamu lucu sich…
    Pakai dua kaki

  4. October 22nd, 2012 at 17:18 | #4

    “Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat dan menjadi amal jariyah …” ini copas dari blog Islami


    Nice comment gan :D

    [Reply]

    Commonwealth Life Reply:

    Nice info Gan (eh.. Pak Mister) … jadi ketularan juragan2 an :D


    Makasih Bro…

    [Reply]

  5. October 22nd, 2012 at 18:39 | #5

    hehehe…ilmu itu juga sebagai cahaya….nyala api sebagai dasarnya..halahh ngawur….
    ga jadi…. :D


    Iya, setuju
    Ilmu itu bak pelita

    [Reply]

  6. October 22nd, 2012 at 18:56 | #6

    Makanya ada istilah: ikatlah ilmu dengan tulisan.
    Mungkin ada kaitannya jg dengan ngeblog ya pak :)


    Iya Mas, salah satu pendokumentasian paling klasik adalah melalui tulisan…
    Prasasti aja pakai tulisan

    [Reply]

  7. Jojoz On Revolutia
    October 22nd, 2012 at 19:29 | #7

    Kejarlah ilmu sampai ke negeri ginseng! :D


    Dan carilah ginseng menggunakan ilmu

    [Reply]

  8. October 22nd, 2012 at 19:29 | #8

    Lifelong learning ya pk …
    saat ini ilmu memang semakin spesifik, tetapi juga semakin menyatu … :)


    Spesifik ketika menyatu dengan spesifik yang lain, jadinya nggak spesifik lagi… :D

    [Reply]

  9. October 22nd, 2012 at 19:49 | #9

    pikuh Pak Mars sebagai huru terfavorit dweh.. :D
    setuju banget Pak kalo guru perlu tahu fesyen. biar murid ga bosen. hehehe.


    Biar muridnya nggak ngantuk Mas

    [Reply]

  10. Riffrizz
    October 22nd, 2012 at 20:52 | #10

    biar nggak ketinggalan jaman, ilmu sekarang ciuss, miapah, enelan, wkwkwk


    Tiap hari ada tambahan kosakata baru

    [Reply]

  11. Djangan Pakies
    October 22nd, 2012 at 20:58 | #11

    ngelmu atau ilmu, kata simbah di kampung berasal dari bahasa arab “alima” yang kurang lebih artinya tahu (Bukan tahu goreng njih Pak).
    Nah biar nggak kaku pada satu bidang saja, kita harus alima terhadap bidang lainnya. Contohnya saya kan pedagang pasar, dengan ngeblog jadi tahu dan ngenal banyak hal


    Blogger juga sekali2 perlu nengokin pasar ya Pak, biar tau perkembangan masyarakat dunia nyata

    [Reply]

    niqué Reply:

    tahun ini paling jarang saya nengokin pasar pak :D


    Kamu nonton bola melulu

    [Reply]

  12. October 22nd, 2012 at 22:32 | #12

    nah gitu dong walaupun sudah senior jadi guru tapi harus terus merefresh ilmunya ya pak


    Iya Mbak, biar nggak kalah sama yg muda.

    [Reply]

  13. whiz
    October 23rd, 2012 at 00:17 | #13

    Guru gahuls tu ya Pak Mars :)


    Tapi sebatas gaul Mas, bukan menggauli lho

    [Reply]

  14. October 23rd, 2012 at 01:14 | #14

    Betu itu Pak Guru, belajar tidak hanya terbatas untuk murid, tidak terbatas usia, juga tidak terbatas bagi para Blogger yang sedang belajar nulis seperti saya…!!!


    Saya juga masih belajar terus Mas

    [Reply]

  15. October 23rd, 2012 at 06:37 | #15

    Aku kebanyakan favorit sama guru matematika. Di MTsN dulu favorit sama Pak Bambang. Di SMA Favorit sama Bu Tari sama Pak Abdullah. Setelah lulus SMA, Pak Mars iki guruku favorit..


    Nilainya langsung saya tambahi, biar IP nya naik

    [Reply]

  16. October 23rd, 2012 at 07:13 | #16

    Ngelmu iku… kalakone kanthi laku
    Selamat berbagi sambil ngangsu ilmu Pak.
    Salam


    Laku iku paling enak nek mlaku2…

    [Reply]

  17. arif
    October 23rd, 2012 at 07:19 | #17

    ilmu seluas lautan dan samudra di dunia, manusia cuma tau sebatas satu atau dua tetes :D


    Setetes dua tetes lama2 menjadi bukit…

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Wkwkwkwkw…. setetes dua tetes lama-lama menjadi grojogan, Omm… :lol:


    Iya…
    Sedikit demi sedikit lama2 menjadi Gubernur :D

    [Reply]

  18. October 23rd, 2012 at 07:51 | #18

    tak usah tampil beda sebenarnya pak Mars itu sudah beda, dengan tingginya. ngomong2, tinggi pak Mars berapa sih? terilihat beda banget lho. :)


    Tinggi saya 178 cm Mbak…

    [Reply]

    Resep Chinese Food Reply:

    wah, pantesan, lihat foto2nya kok tinggi banget dari yang lain. :D


    Saya kan pejabat tinggi Mbak

    [Reply]

    Idah Ceris Reply:

    Tinggi sing nang kasur ya, Pak? #eh


    Sing rupane ireng ambune gak enak kuwi Mbak

    [Reply]

  19. October 23rd, 2012 at 10:41 | #19

    judiiii
    Teeeet


    Hahahaha
    MbakDik Julie hafal banget lagunya Kak Rhoma

    [Reply]

    julie Reply:

    iya nih keracunan rico pakdhe :D


    Hahahaha
    Asal nggak keracunan celana :D

    [Reply]

  20. Obat Alami Untuk Jantung Koroner
    October 23rd, 2012 at 11:00 | #20

    kalimat terakhirnya keren pak ..
    mencoba buat jadi guru yang trendy juga yah pak… :)


    Iya Mas, biar nggak katrok

    [Reply]

  21. October 23rd, 2012 at 13:22 | #21

    pokoke tua muda harus belajar biar ilmunya update terus… :)


    Iya Mbak, biar nggak kuper :D

    [Reply]

  22. Akhmad Muhaimin Azzet
    October 23rd, 2012 at 14:18 | #22

    wah, kalo gitu guru tentu harus lebih banyak ngerti ilmu ya Pak: fesyen agar murid tak bosyen, komunikasi agar murid mudah ngerti, kesehatan agar murid tak ketularan, teknologi agar di depan murid tak grogi, hehe….


    Jangan sampai terlalu ketinggalan dibanding muridnya Mas

    [Reply]

  23. alaika
    October 23rd, 2012 at 14:44 | #23

    bener banget itu cikgu…. betul..betul..betul #upin ipin mode on.
    menuntut ilmu tak kenal batas ya pak, harus di upgrade terus biar up to date. :)


    Biar kalau ngomong sama siapa saja bisa nyambung Mbak :D

    [Reply]

  24. October 23rd, 2012 at 16:01 | #24

    Segala adalah ilmu dan segala sesuatu ada ilmunya. Jadi guru yg gaul mapun yg berjiwa muda pasti juga ada ilmu :)


    Ilmu yg belum ada namanya Bu… :D

    [Reply]

  25. October 23rd, 2012 at 16:58 | #25

    ilmu htmlnya udah lama nggak muncul…, kami belum
    bosyen pak EM


    Sebentar lagi Bu…
    Masih dalam draft :D

    [Reply]

  26. October 23rd, 2012 at 19:04 | #26

    coba klo bapak bapak ibu guru koe doeloe update ilmunya, nggak perlu keblasuk sana sini, karena goeroenya kurang update… :D


    Gurunya sibuk update status

    [Reply]

  27. October 23rd, 2012 at 19:50 | #27

    Hehe… gimana ya kalo Pak Mars juga ngikutin fesyen terkini ya… :D


    Bukan yg terkini tapi fesyen yg pantes buat saya Mbak :D

    [Reply]

  28. October 23rd, 2012 at 23:39 | #28

    sampai sekarang saya masih belum bisa membedakan antara “ilmu” dan “ngelmu”, pak mars.


    Kalau ngelmu itu untuk “wong Tuwo” Pak…
    Namanya Ngelmu Tuwo

    [Reply]

  29. October 24th, 2012 at 07:46 | #29

    ilmu itu layaknya pisau, bisa berguna bisa juga jadi bencana. tergantung kita yang menggunakan


    Hampir semuanya itu seperti pisau…
    Motor juga sama

    [Reply]

  30. October 24th, 2012 at 08:41 | #30

    Betul Pak Mars. Tapi ada 2 opsi belajar ilmu: melebar atau mendalam. Kalau melebar berarti banyak belajar bidang ilmu. Sedangkan mendalam berarti belajar lebih dalam untuk 1 bidang ilmu.

    Salam hangat


    Istilah yang bagus Mas…
    Melebar dan mendalam. Saya suka.
    Yg paling baik pastinya melebar sekaligus mendalam

    [Reply]

  31. Abi Sabila
    October 24th, 2012 at 11:55 | #31

    ilmu itu tidak akan habis dipelajari, yang habis adalah kemauan manusia untuk belajar, mengambil pelajaran dari setiap kejadian, karena ilmu tidak selamanya berupa tulisan.
    Salam hangat untuk keluarga tercinta.


    Iya Bi, karena yg namanya ilmu tak hanya yg ada di sekolah.
    Apa yg kita lihat sehari2 juga merupakan ilmu

    [Reply]

  32. onie
    October 24th, 2012 at 14:19 | #32

    lagi nyari ilmu nih Pak De… ilmu kebal !


    Kalau punya Ilmu Kebal, paling susah kalau disuntik…
    Jarumnya nggak mempan

    [Reply]

  33. October 24th, 2012 at 14:53 | #33

    ilmu segala ilmu ya ilmu itu sendiri #asalnyablak


    Lemu…

    [Reply]

  34. October 24th, 2012 at 16:34 | #34

    y jadi penasaran fesyen seperti apa yg pak Mars pakai supaya murid2nya gak bosen :D


    Yg pasti nggak harus mutakhir tapi juga nggak ketinggalan jaman.
    Yang pantes aja…

    [Reply]

  35. October 24th, 2012 at 17:23 | #35

    Cieeee cieeeeeeee. .
    Yang lagi suka memperhatikan fesyeeeeeen. :lol:


    Bukan cuma memperhatikan… :D

    [Reply]

  36. October 24th, 2012 at 21:10 | #36

    Ilmu itu tidak parsial …
    pasti ada hubungannya antara satu ilmu dengan ilmu lainnya

    salam saya Pak Mars


    Dan baru keliatan bermanfaat ketika disandingkan dengan ilmu lain Om

    [Reply]

  37. October 24th, 2012 at 22:47 | #37

    Ngelmu iku kalakone kanti laku, maka tak mengherankan kalau hasil dari laku tersebut sangat bermanfaat. :)


    Wah, ini sudah kata2 pujangga Pak… :D

    [Reply]

  38. October 25th, 2012 at 06:46 | #38

    Kunjungan pagi pak mar…
    yang muda kayak saya juga harus banyak belajar sama pak mar ya..
    :D


    Kita saling belajar Mas

    [Reply]

  39. October 25th, 2012 at 07:19 | #39

    Ngelmu dengan orang yang punya ilmu itu memang mengasyikan. He…x9
    Sukses selalu
    Salam Wisata


    Karena semua orang punya ilmu, maka artinya semua orang berpeluang untuk jadi asyik

    [Reply]

  40. October 25th, 2012 at 12:05 | #40

    belajar! belajar! belajar!


    Kejar, kejar dan kejar

    [Reply]

  41. October 25th, 2012 at 13:52 | #41

    betul. semua hal bisa dianggap ilmu. kita bisa belajar dari siapapun dan apapun. lha wong Isaac Newton liat apel jatuh aja bisa jadi ilmu tentang grativasi.


    Orang menemukan teh juga secara ngga sengaja.
    Gara2 dibawain minuman tapi lupa bawa gelas, maka pakai daun seadanya. Ternyata aromanya tambah enak. Jadilah orang tau bahwa teh itu bisa mengharumkan minuman

    [Reply]

  42. October 25th, 2012 at 14:42 | #42

    Fesyen nya Om Mars mesti kotak-kotak, ndak mungkin pake polka dot ….

    (ngabuuuuurrrr)


    Hahahahaha
    Saya suka putih kotak2 hitam Mbak

    [Reply]

  43. October 25th, 2012 at 14:55 | #43

    yang pasti, selalu nambah ilmu ngguyu kalau main ke sini :D


    Ayo ngguyu mumpung masih gratis dan nggak perlu ijin RT/RW

    [Reply]

  44. Obat Alami Untuk Gagal Ginjal
    October 25th, 2012 at 16:14 | #44

    jadi intinya ilmu itu penting untuk di pelajari semua golongan . .

    [Reply]

  45. October 25th, 2012 at 16:23 | #45

    wah, saya ndak mudeng babar blas soal fesyen, pak. tapi pokoknya berusaha tetep update blog. *loh, makin nggak nyambung*


    Saya juga nggak mudeng tapi tampil PD Aje Mbak

    [Reply]

  46. October 27th, 2012 at 05:06 | #46

    Ilmu padi, makin berisi makin merunduk.
    NgeBlog tanpa ilmu akan nabrak2
    Beragama tanpa ilmu juga bisa salah arah
    Salam hangat dari Surabaya


    Iya Dhe, ilmu bisa kita dapat dari manapun…
    Kopdar juga bisa dapatkan ilmu

    [Reply]

  47. October 29th, 2012 at 10:00 | #47

    Ilmu ada dimana-mana, bahkan dalam kegelapan pun ada ilmu. gitu ya Pak? hehe :P


    Belajar dari kesalahan juga bisa

    [Reply]

  48. November 1st, 2012 at 20:08 | #48

    Semua itu bisa dipelajari baik dari alam semesta yg bersifat sains atau psikologi yang bersifat sosial..
    Tergantung dari kita mau belajar atau ngga..


    Belajar bisa dari mana saja dan tentang apa saja

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~