Iming-Iming

Iming-iming adalah segala sesuatu yang diberikan pada seseorang atau kelompok agar termotifasi dan meningkat ketertarikannya atas sebuah aktifitas tertentu. Bentuknya bisa beraneka, mulai dari uang, benda, jabatan atau hal indah lainnya.

Anak diberi iming-iming sepeda agar lulus dengan nilai memuaskan, karyawan diberi iming-iming kenaikan pangkat agar kinerjanya tinggi, atlet diberi iming-iming bonus uang agar meraih medali, narapidana diberi iming-iming remisi agar perilakunya baik dll.

Secara akal sehat tak ada satu orangpun yang tak suka pada iming-iming. Yang muda atau tua, yang wanita atau pria, yang miskin atau kaya semua suka iming-iming. Jika dilakukan secara proporsional dengan cara dan tujuan yang benar, maka iming-iming sangat diperlukan.

Tapi sangat disayangkan, ada sebagian iming-iming yang disalahgunakan dan cenderung ada unsur penipuannya. Mulai dari kortingan yang besarnya tak masuk akal hingga iming-iming berlabel “syarat dan ketentuan berlaku”.

6 thoughts on “Iming-Iming

  1. iming-iming yang model begitu saya sudah sigap menyiasatinya pak. ga gampang tergoda kalau ada tawaran produk murah atau berhadiah…ujung2nya ya sama aja hehe

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *