Home > Ekspresi, Realita > Indonesia Bukan Warisan

Indonesia Bukan Warisan

August 8th, 2010

Kalau berlomba tarik tambang atau panjat pinang mungkin saya masih optimis, tapi berlomba yang sifatnya subyektif dan nggak terukur seperti lomba nyanyi atau bikin puisi sungguh saya ngeri.

Namun karena cara yang saya gunakan ini anti biasa, maka kali ini saya mencoba. Siapa tau Panitia dan Jurinya terpesona lalu membuat kriteria khusus sehingga puisi saya ini menang. Kalaupun nggak menang paling tidak saya sudah menghibur pemirsa TVRI Tjap Koepoe tercinta.

Menurut rencana, puisi luar biasa ini akan saya ikutkan dalam acara Gelar Puisi Aku Cinta Indonesia yang diselenggarakan oleh BlogCamp Surabaya. Saya hanya bisa bikin yang nggak bagus biar yang bagus tetap bagus.

Meski kekalahan sudah di depan mata tapi saya berusaha mengikuti. Untuk yang nggak punya televisi, berikut saya sertakan versi cetaknya.

Indonesia Bukan Warisan

Indonesia Bukan Warisan
Bukan Milik Segolongan

Indonesia Adalah Amanah
Yang Direbut Dengan Darah

Kita Hanya Punya Hak Guna
Pinjam Dari Anak Cucu Kita

Perlahan Namun Pasti
Regenerasi Akan Terjadi

Indonesia Tak Hanya Sekarang
Indonesia Juga Masa Mendatang

Mari Kita Melangkah
Meski Hanya Selangkah

Dirgahayu Indonesiaku

~ Grazie ~
Categories: Ekspresi, Realita
  1. nakjaDimande
    August 8th, 2010 at 13:48 | #1

    seandainya aku adalah juri GP ACI
    puisi macam begini sudah pasti langsung kena cekal..!!! :twisted:


    Peace Bund…, Biar Nang aja yang menang

    Oyen udah kurus Reply:

    seandainya aku penyelenggara GP ACI tentu juga pasti akan kucekal…!!! :evil:

    Mars Reply:


    Mulane gak didadekke Juri…
    Durung2 wis ngancam!

    nakjaDimande Reply:

    aku gak tau mau ngomong apa,
    aku gak bisa terima kenyataan MM juara 1

    Oyeeeeeennnn…!!!


    Harusnya jurinya Kak Adel ama Oyen, biar aku makin juara… :D

    nakjaDimande Reply:

    ternyata mimpiku bhw genDuk, Nang dan pengacara LJ menang jadi nyata.

    yawdah, selamat ya dik
    mbaknya mengakui deh, puisi dik Mars emang keren. :D


    Ini berkat doa dari seluruh anggota keluarga LJ juga…
    Makasih Kak Adel :D

  2. Tim BlogCamp
    August 8th, 2010 at 14:22 | #2

    Terima kasih atas partisipasi sahabat pada acara Gelar Puisi Aku Cinta Indonesia.
    Puisi versi vetak akan segera dicatat dan didaftar sebagai peserta.

    Salam hangat dari BlogCamp.


    Makasih juga PakDhe. Salam untuk keluarga

  3. August 8th, 2010 at 14:26 | #3

    wah boleh juga nih
    ikutan kali ya, tapi gak bisa bikin puisi yang serius


    Sing penting melu Mas

  4. riFFrizz
    August 8th, 2010 at 14:29 | #4

    I Love Indonesia


    Iya, I Love Indonesia

  5. August 8th, 2010 at 14:43 | #5

    Hiduplah indonesia raya…….


    Hidup !!

  6. August 8th, 2010 at 17:37 | #6

    kok kaya’ maen poker, da warisan segaLa.. he..he..
    smoga menang, Pak…


    Pokerman… ;)

  7. Reza Saputra
    August 8th, 2010 at 17:47 | #7

    sok puitis nih pak mars… :D


    Dipaksakan Mas :D

  8. August 8th, 2010 at 18:32 | #8

    Puisi Pak guru memang benar2 anti biasa.
    Dukung Pak Guru menang dalam lomba puisi ini…………
    salam


    Makasih dukungannya Bun… Salam juga buat keluarga

  9. August 8th, 2010 at 20:22 | #9

    puisi pak guru paling modern :mrgreen: pake tipi tjap koepoe :lol:


    Biar beda dengan yg lain Mas

  10. internet tips
    August 8th, 2010 at 20:45 | #10

    Puisinya biar ikut lomba pak Mars, saya pilih tipi-nya saja


    TVne gratis tis tis…

  11. August 8th, 2010 at 21:25 | #11

    Ini namanya puisi yang lain dari pada yang lain. Pasti akan aku beri nilai lebih dari segi inovasi dengan nilai 8 tapi sayang aku bukan jurinya pak :lol:
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Mars Reply:

    Makasih suportnya Mas…
    Salam!

  12. TuSuda
    August 8th, 2010 at 22:11 | #12

    Menang ndak menang yg penting tetap ngeblog. :(


    Makasih suportnya Bli

  13. unting
    August 8th, 2010 at 22:23 | #13

    woh mantap pak

    puisinya moga dapet juara …


    Makasih Mas

  14. August 9th, 2010 at 00:49 | #14

    puisi pak mar ndak puitis, bener-bener top,
    mudah dicerna dan langsung mengena.
    Semoga Juara Pak Mar,
    Saya supporternya.
    kirim sms dukungannya kemana nih pak, nanti saya kirim yang banyak
    .. eh ada sms dukungan ngga ya? .. yg reg spasi .. reg spasi gitu :)


    Matur Nuwun Mascayo…
    Sukses untuk Mascayo sekeluarga

  15. August 9th, 2010 at 05:37 | #15

    TVnya mantap Pak Mars, memang betul Indonesia bukan warisan.


    TV buatan Cina Mas…

  16. ruang hati
    August 9th, 2010 at 06:12 | #16

    Selamat datang Ramadhan, Marhabban Ya Ramadhan
    ruanghati blog memohon maaf setulus ikhlas dari hati untuk segala kesalahan kata dan ucap baik sengaja maupun tidak, semoga kita jelang Ramadhan kali ini dengan lebih baik dan diberikan kekuatan untuk menunaikannya 1 bulan hingga Syawal.
    Wassalam


    Selamat menyambut datangnya Bulan Suci juga…
    Salam!

  17. Oyen udah kurus
    August 9th, 2010 at 07:47 | #17

    aku meh nulis dadi ra pede :(
    sakjane iki di pajang ning kampong jengkol aeeee :(
    *sek yo Pak, tak ngisi pelatihan sek :)


    Mbok ganti nglatih aku… :D

    Oyen udah kurus Reply:

    pak’eeee…aku gawekke ning layar tantjep…luweh gedeee :D

    Mars Reply:


    Oke… :D

  18. Kakaakin
    August 9th, 2010 at 08:55 | #18

    Hehe… kok mirip saya ya… (itutuh yang tentang “kekalahan sudah di depan mata” :lol: )


    Iya Mbak…
    Kalau bikin Puisi saya nggak PD.
    Salam!

  19. August 9th, 2010 at 09:16 | #19

    *nonton tipi biroe*
    pak mars lagi baca puisi ditipinya sendiri :)
    good Luck misTer!!


    Makasih Mbak Wiend. Sukses juga untuk Nen9

  20. nDuk
    August 9th, 2010 at 09:19 | #20

    Mantebb Pak … bb^_^dd *jempol nDuk ampe 4*
    MERDEKA!!


    Merdeka juga nDuk

    Oyen udah kurus Reply:

    jempol Nduk kan mung telu, kok iso 4???? *binun.mode.on :P

    Mars Reply:


    Tak silihi jempolku…
    Jempolku kan 5

    nDuk Reply:

    Pak Mars.. Selamat ….
    nyabet Juara I, mantab !!


    Selamat juga buat Nduk…

  21. info solo
    August 9th, 2010 at 09:40 | #21

    wah mau ikut lomba ya mas, semoga menang ya..


    Makasih Mas Yos… :D

  22. Maxwell Alon
    August 9th, 2010 at 10:52 | #22

    Waaah, hebat nech pak Mars ternyata berpuisi juga jagonya. Moga sukses ya pak.


    Baru latihan nich Mas…
    Makasih kunjungannya

  23. August 9th, 2010 at 10:57 | #23

    Dirgahayu Indonesiaku …
    Salam Saya Pak Mars


    Semoga Indonesia tetap jaya. Salam untuk Om NH & keluarga

  24. advertiyha
    August 9th, 2010 at 11:14 | #24

    Wah, pak Mars curang,,, suruh lomba puisi kok malah ngasih juri Tipi, ckckckck…
    sukses pak.. MERDEKA…!!!
    hehehe.. :)


    Semoga jurinya suka TV mBak :D

    Oyen udah kurus Reply:

    nyogok.com

    advertiyha Reply:

    Tapi tipinya cuma 1 siarannya, mBoseni,, :P hihihi

    Mars Reply:


    Baru mbangun 1 studio lagi Mbak… :D

  25. Abdul Hakim
    August 9th, 2010 at 13:28 | #25

    waduh ini sih calon menang nih….


    Semoga saja begitu Mas

    Oyen udah kurus Reply:

    belon tentu…belon tentuuu… :P

    Mars Reply:

    Harus tentu…

  26. August 9th, 2010 at 14:06 | #26

    langsung hubungi jurinya aja pak biar menang :p


    Jurinya susah dihubungi Mbak :D

  27. August 9th, 2010 at 15:23 | #27

    yang penting ada kemauan untuk berpartisipasi …. heheheheh
    saya yakin pasti menang pak


    Makasih suportnya Omiyan… Selamat menyambut bulan Ramadhan.

    Oyen udah kurus Reply:

    jangan terlalu yakin :P

    Mars Reply:


    Harus Yakin… :D

  28. Oyen udah kurus
    August 9th, 2010 at 15:35 | #28

    Gak melok lomba poto Pakkk… :P

    Mbokmenowo duwe poto pas nyangkut ning panjat pinang :P


    Ora nduwe foto sing apik…

  29. August 9th, 2010 at 17:30 | #29

    Masih ada lowongan kerja ndak mister di TVRI? :D


    Masih ada lowongan penyiar Om

    mediatangsel Reply:

    Kalau begitu, aku segera kirimkan cv nya, :D

  30. iPhone 5
    August 9th, 2010 at 17:31 | #30

    saya suka lcd tv yg kayak gitu… modern dan stylish..

  31. August 9th, 2010 at 19:48 | #31

    wah buat puisinya unik… pakai nonton di tv dlu… :)
    semoga sukses ya buat mas or mbak nya :)


    Biar beda ama yang lain, Mbak or Mas… :D

  32. Andrik Sugianto
    August 9th, 2010 at 19:55 | #32

    pak guru pinter bikin puisi, tapi saya suka LCD TVnya lho pak!!!


    LCD TV nya gratis mas… :D

  33. kelly amareta
    August 9th, 2010 at 22:09 | #33

    ikut berdoa, semoga puisi sampeyan bisa menang :)


    Makasih doanya, salam untuk pelangiku.com

  34. August 9th, 2010 at 22:23 | #34

    Setelah “bertapa” hasil makin moncer aja.

    Mars Reply:


    Belum apa2 Mas…
    Masih jauh!

  35. August 10th, 2010 at 01:18 | #35

    dari hati mengalir kefikiran dan menyampaikan secara tulisan untuk mengucapkan marhaban ya ramadhan..mohon maaf lahir dan batin.

    salam adem ayem


    Makasih, saya juga mohon maaf kalau ada kekhilafan

  36. Pakde Cholik
    August 10th, 2010 at 07:25 | #36

    Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1431 H
    Semoga Allah Swt
    - mengampuni segala dosa kita
    - memberikan rahmad-Nya kepada kita
    - menjauhkan kita dari api neraka
    *
    Saya mohon maaf lahir batin atas segala kesalahan dan kekhilafan di dunia maya maupun di dunia nyata


    Matur Nuwun Pak Cholik, Selamat menunaikan Ibadah Puasa, salam untuk semua yg di Surabaya

  37. August 10th, 2010 at 08:25 | #37

    Pak Mars …
    Mohon Maaf Lahir Bathin ya Pak …
    Mungkin ada laku dan kata saya yang tidak berkenan

    salam saya Pak Mars


    Makasih Om NH…
    Saya juga mohon maaf kalau ada salah2 kata pada Om NH

  38. August 10th, 2010 at 08:36 | #38

    Dirgahayu negriku….

    Sekalian saja Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan, Mohon Maaf Lahir dan Bathin pak.


    Sama2 Mas, selamat menunaikan Puasa Ramadhan juga.
    Salam!

  39. August 10th, 2010 at 10:24 | #39

    ternyata Pak Mars juga jago “puisi anti biasa’, semoga menang Pak….

  40. budiarnaya
    August 10th, 2010 at 14:02 | #40

    Biarlah pakde menang, saya tvnya aja dech :)

  41. arkasala
    August 10th, 2010 at 21:41 | #41

    makna puisinya dalem. Pas buat para pemimpin kita yang lagi disorot :D

  42. August 11th, 2010 at 04:15 | #42

    mari kita majukan Indonesia tercinta , karena Indonesia diperoleh dengan perjuangan para pendahulu kita ! Merdeka !! maju terus pantang mundur , mau pinter sering2 baca di gudangmateri.com ^^

  43. August 14th, 2010 at 05:36 | #43

    Puisi versi tipi nya bagus,
    memang bukan blog yang biasa :)


    Makasih Mbak…
    Salam!

  44. Warung Online
    August 16th, 2010 at 01:15 | #44

    Hebat nih ide blog ini, meski koneksi lemot, tak belain buka postingan satu2 yang belum pernah baca… meski pendek2 tapi unik dan anti biasa… salut pak goeroe

  45. August 23rd, 2010 at 03:13 | #45

    ada yang bilang….. haramkan panjat pinang buat merayakan kemerdekaan indonesia, mengapa? jawabnya adalah:…………………………, wah maaf ya, takut salah jawab, soalnya udah lama juga si denger fatwa kaya gini, yang jelas fatwa ini bukan dari ulama atau dari tukang beca, kurang lebih kaya gini alesannya mengapa panjat pinang diharamkan (tepatnya tradisi panjat pinang musti dihilangkan)
    JAMAN BELANDA MENJAJAH KITA, TRADISI PANJAT PINANG SUDAH ADA, DAN ITU DIJADIKAN SEBAGAI HIBURAN BAGI PARA PENJAJAH, DAN DENGAN MENGADAKAN PANJAT PINANG PADA PERAYAAN AGUSTUSAN, MAKA AKAN MEMBUAT SAKIT HATI PEJUANG DAN ITU SAMA SAJA DENGAN MENIRU PRILAKU PARA PENJAJAH YANG TELAH MENGHINA RAKYAT INDONESIA.
    kira kira gitu alesannya


    Mungkin iya Mas…
    Tapi mungkin juga nggak perlu sampai diingat berlarut2…
    Bukankah penjajahannya sendiri juga sangat menyakiti hati orang Indonesia?

@marsudiyanto
silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~