Indonesia Bukan Warisan

Kalau berlomba tarik tambang atau panjat pinang mungkin saya masih optimis, tapi berlomba yang sifatnya subyektif dan nggak terukur seperti lomba nyanyi atau bikin puisi sungguh saya ngeri.

Namun karena cara yang saya gunakan ini anti biasa, maka kali ini saya mencoba. Siapa tau Panitia dan Jurinya terpesona lalu membuat kriteria khusus sehingga puisi saya ini menang. Kalaupun nggak menang paling tidak saya sudah menghibur pemirsa TVRI Tjap Koepoe tercinta.

Menurut rencana, puisi luar biasa ini akan saya ikutkan dalam acara Gelar Puisi Aku Cinta Indonesia yang diselenggarakan oleh BlogCamp Surabaya. Saya hanya bisa bikin yang nggak bagus biar yang bagus tetap bagus.

Meski kekalahan sudah di depan mata tapi saya berusaha mengikuti. Untuk yang nggak punya televisi, berikut saya sertakan versi cetaknya.

Indonesia Bukan Warisan

Indonesia Bukan Warisan
Bukan Milik Segolongan

Indonesia Adalah Amanah
Yang Direbut Dengan Darah

Kita Hanya Punya Hak Guna
Pinjam Dari Anak Cucu Kita

Perlahan Namun Pasti
Regenerasi Akan Terjadi

Indonesia Tak Hanya Sekarang
Indonesia Juga Masa Mendatang

Mari Kita Melangkah
Meski Hanya Selangkah

Dirgahayu Indonesiaku

65 thoughts on “Indonesia Bukan Warisan

  1. makna puisinya dalem. Pas buat para pemimpin kita yang lagi disorot 😀

  2. mari kita majukan Indonesia tercinta , karena Indonesia diperoleh dengan perjuangan para pendahulu kita ! Merdeka !! maju terus pantang mundur , mau pinter sering2 baca di gudangmateri.com ^^

  3. Hebat nih ide blog ini, meski koneksi lemot, tak belain buka postingan satu2 yang belum pernah baca… meski pendek2 tapi unik dan anti biasa… salut pak goeroe

  4. ada yang bilang….. haramkan panjat pinang buat merayakan kemerdekaan indonesia, mengapa? jawabnya adalah:…………………………, wah maaf ya, takut salah jawab, soalnya udah lama juga si denger fatwa kaya gini, yang jelas fatwa ini bukan dari ulama atau dari tukang beca, kurang lebih kaya gini alesannya mengapa panjat pinang diharamkan (tepatnya tradisi panjat pinang musti dihilangkan)
    JAMAN BELANDA MENJAJAH KITA, TRADISI PANJAT PINANG SUDAH ADA, DAN ITU DIJADIKAN SEBAGAI HIBURAN BAGI PARA PENJAJAH, DAN DENGAN MENGADAKAN PANJAT PINANG PADA PERAYAAN AGUSTUSAN, MAKA AKAN MEMBUAT SAKIT HATI PEJUANG DAN ITU SAMA SAJA DENGAN MENIRU PRILAKU PARA PENJAJAH YANG TELAH MENGHINA RAKYAT INDONESIA.
    kira kira gitu alesannya


    Mungkin iya Mas…
    Tapi mungkin juga nggak perlu sampai diingat berlarut2…
    Bukankah penjajahannya sendiri juga sangat menyakiti hati orang Indonesia?

  5. aku gak tau mau ngomong apa,
    aku gak bisa terima kenyataan MM juara 1

    Oyeeeeeennnn…!!!


    Harusnya jurinya Kak Adel ama Oyen, biar aku makin juara… 😀

  6. ternyata mimpiku bhw genDuk, Nang dan pengacara LJ menang jadi nyata.

    yawdah, selamat ya dik
    mbaknya mengakui deh, puisi dik Mars emang keren. 😀


    Ini berkat doa dari seluruh anggota keluarga LJ juga…
    Makasih Kak Adel 😀

Comments are closed.