Ini Indonesia Asli !

Pernah ribang nggak?. Ini cuma kecindan, tak ada maksud untuk hasung. Bagi saya, posisi seorang sahabat adalah egah karena kita berasal dari satu pitarah.

Jangan bangat, nanti akan saya jelaskan. Sementara memang umun.

Paragraf di atas tidak menggunakan bahasa Tagalog dari Pilipina ataupun Bahasa Sanskerta, tapi itu bahasa kita, Bahasa Indonesia. Semua kata saya ambil langsung dari Kamus Umum Bahasa Indonesia susunan WJS Poerwadarminta yang telah diolah oleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Dan inilah makna dari beberapa kata bahasa Indonesia tapi asing di telinga kita.

  • abar = rem
  • bangat = tergesa-gesa
  • cuai = tidak penting
  • denai = jejak binatang
  • egah = mulia, luhur
  • futur = buka puasa
  • gapil = suka campur tangan
  • hasung = fitnah
  • imak = meniru bunyi
  • jangla = liar
  • kecindan = kelakar, senda gurau

  • lejar = sangat lelah
  • mubut = gampang patah
  • nasut = kemanusiaan
  • orna = warna
  • pitarah = nenek moyang
  • ribang = rindu, kangen
  • semiang = sedikit sekali
  • tangar = hati-hati
  • umun = masih dirahasiakan
  • warid = urat nadi
  • xixixix = tertawa ngik-ngik

Saya yakin, Google Translate tak mampu menterjemahkan paragraf yang saya buat tadi karena pihak Google maupun ahli waris Pak Poer belum bikin MoU.

Sudah ah… Itu cuai. Lagian saya lejar buka2 kamus, meskipun kata yang saya tulis sangat semiang.

54 comments on this post.
  1. ajengkol:

    Asli Truly Indonesia hehehe
    nah mari kita patenkan

    Sebelum di klaim Malaysia ya Mbak…

    .-= Postingan ajengkol : Wanita Suci =-.

    [Reply]

  2. ajengkol:

    tumben bisa pertamaxxx pasti karena nggak mudeng arti bahasa diatas
    .-= Postingan ajengkol : Wanita Suci =-.

    [Reply]

  3. Mars:

    Selamat futur buat yang melaksanakan
    Komentar sahabat adalah warid blog saya…
    Terima kasih pada sahabat yang egah.

    [Reply]

  4. m4stono:

    bahkan guru bahasa indonesia pun belum temtu tahu artinya….harus buka kamus dulu…..ups…. mana yaa pak sawali

    Pak Sawali masih sibuk ngurusi KTSP Mas…
    Dua hari ini tugas sebagai Tim Pengembang Kurikulum bersama saya dan besok masih lagi… :D

    .-= Postingan m4stono : Cara Berbuka Puasa Berdasarkan Hajat =-.

    [Reply]

  5. dobloger follow:

    Google juga bisa bingung pasti Pak, apalagi kalau suruh nerjemahin : “mingklik-mingklik meh tibo” , di Bahasa Indonesia in aja agak2 susah tu Pak.

    Bahasa Baru, bisar terus berkembang apa adanya.
    .-= Postingan dobloger follow : Kebenaran Yang Belum Tentu Enak =-.

    [Reply]

  6. arkasala:

    kreatif Pak. Hebat, nih inspiratif. Cari ide dari kamus. Trims Pak. Salam
    .-= Postingan arkasala : UNDIP PUN IKUT BERTINDAK =-.

    [Reply]

  7. ihsan:

    jadi inget temen saya waktu ikut ujian bahasa indonesia saat CPNS, diminta cari sinonim kata bahasa indonesia yang asing.

    eh ternyata ada kata yang lebih asing lagi toh..
    .-= Postingan ihsan : Pengemis, Masalah Kita Bersama =-.

    [Reply]

  8. BudiTyas:

    Wah pak,.. itu yang ngarang kamus bikin kata ngawur aja orang – orang nggak akan tahu…
    .-= Postingan BudiTyas : Tren Persaingan Koneksi Internet Operator Selular =-.

    [Reply]

  9. a-chen:

    woooowwww keerrrreeeennnnn
    .-= Postingan a-chen : Jangan Ada Dusta Diantara Kita =-.

    [Reply]

  10. buwel:

    xixixiixxixi…ternyata artinya ngikik ya…
    .-= Postingan buwel : Award dari AISHALIFE-LINE dan 2 tag PR =-.

    [Reply]

  11. HumorBendol:

    Nasut yang adil dan beradab.
    hehe…kayaknya aneh ya bang?
    Mungkin karena baru dengar kali….
    .-= Postingan HumorBendol : Dimanakah letak kebahagiaan? =-.

    [Reply]

  12. gajah_pesing:

    Baru tau aku ada istilah itu tp itu beneran kan? Doh! Ketinggalan jaman saia

    [Reply]

  13. KangBoed:

    mari kita gunakan momentum PUASA RAMADHAN ini untuk mempersatukan RASA.. membentuk satu keluarga besar dalam persaudaraan ber dasarkan CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG.. menghampiri DIA.. menjadikan ALLAH sebagai SANG MAHA RAJA dalam diri.. menata diri.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Tenang.. menemukan Jati Diri Manusia untuk Mengembalikan Jati Diri Bangsa
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll
    ;-) :| :x :twisted: :smile: :shock: :sad: :roll: :razz: :oops: :o :mrgreen: :lol: :idea: :grin: :evil: :cry: :cool: :arrow: :???: :?: :!:
    .-= Postingan KangBoed : Rumah Baru Persembahan Sahabat =-.

    [Reply]

  14. KangBoed:

    waaaaaaaaakaaakakakaakakak.. pak Mars memang panceeeeeen oyeeeeeeee
    .-= Postingan KangBoed : Rumah Baru Persembahan Sahabat =-.

    [Reply]

  15. dasir:

    Selamat malam pak mars…

    [Reply]

  16. dasir:

    Lambangku dapatnya yang aneh pak…hanya kecindan pak..xixixixix

    [Reply]

  17. dasir:

    begini nih kalau kebanyakan bw jadi ga sempat baca buku cokelat setebal ribuan halamaa itu….(KBBI)

    [Reply]

  18. dasir:

    Pamit gh mpun ngantukkk

    [Reply]

  19. dasir:

    Asssalamu’alaikum…

    [Reply]

  20. suryaden:

    yang tertawa ngik-ngik itu asli manusia juga pak :lol:

    [Reply]

  21. rusli zainal sang visioner:

    sahur pak, monggooo…
    .-= Postingan rusli zainal sang visioner : Visioner dalam Menulis Skripsi =-.

    [Reply]

  22. Pencerah:

    Wah, kirain bahasa planet

    [Reply]

  23. Uchan:

    Terlalu berat tugas Pusat Bahasa menyosialisasikan istilah2 baru. Cost production terlalu mahal, kolaborasi murah meriah sama TVRI juga percuma coz masyarakat lebih suka lihat Cinta Fitri dan pakai istilah2 inggris separo2 model saya ini :D

    jadi merasa bersalah
    .-= Postingan Uchan : Situs TransTV di-hack =-.

    [Reply]

  24. detx:

    wah banyak yang ndak tau om, termasuk kulo..
    .-= Postingan detx : Blog Advertising Store =-.

    [Reply]

  25. Taktiku:

    Iya pak saya jarang mendengar kata-kata seperti itu. terdengar aneh di telinga

    [Reply]

  26. Download MP3:

    Negara kita emang terlalu kaya yach :)
    .-= Postingan Download MP3 : Download MP3 Ramadhan =-.

    [Reply]

  27. eskopidantipi:

    postingan yang mencerahkan pakdhe!

    xixixix
    .-= Postingan eskopidantipi : Menuju Rumah Impian =-.

    [Reply]

  28. dobloger follow:

    Sementara itu, di luar sana Indonesia dilecehkan habis2 an Pak Mars
    .-= Postingan dobloger follow : Blogger Malaysia Keparat =-.

    [Reply]

  29. ernut:

    Mumet tenan aku baca kalimat-kalimat itu. Harusnya ada ya sosialisasi kosa kata itu ke masyarakat…misal digunakan di obrolan dalam iklan-iklan… pasti cepet nyanthol deh! setuju po ra, mas?
    .-= Postingan ernut : Etika Berbakti…. =-.

    [Reply]

  30. cebong ipiet:

    weleh aku ra nduwe kamus e Pak, asli lagi krungu pisan kosa kata iku
    .-= Postingan cebong ipiet : Label Cloud Widget di Blogger =-.

    [Reply]

  31. mantan copet:

    Salam Sahabatku….
    Kunjungan perdana, salam kenal aja dulu…
    Maaf, saya memang hanya mantan manusia bejat, tapi sumpah, saya sudah benar-benar insyaf.
    Satu yg membuat saya yakin bahwa saya pasti bisa berubah menjadi orang yg lebih baik, yaitu Kuasa Tuhan. Nothing Impossible, ndak ada yg ndak mungkin.
    Selama kita mau berusaha, pasti jalan untuk itu akan terbuka.
    Maka dari itulah kali ini saya akan berbagi sedikit kisah hidup saya selama masa transisi itu, kalo sahabatku berkenan, saya tunggu motivasinya buat saya di Mantan Copet Itu Akhirnya Jadi Seorang Pengusaha.

    Trimakasih Sahabatku.
    Salam.

    [Reply]

  32. riffrizz:

    gak mudeng saya pak, apaan itu, jarang mendengar, jadi tahu deh artinya ! makasih telah memberitahu
    .-= Postingan riffrizz : Lab SMK Al-Islam Joresan yang terus mengalami perbaikan =-.

    [Reply]

  33. rayearth2601:

    Hidup pak mars wis pokokmen
    .-= Postingan rayearth2601 : Kontes SEO dbs-pulsa.com Agen Pulsa Elektronik =-.

    [Reply]

  34. Jalan Terus:

    weh..
    baru denger tuh pak…
    itu bukan hasil klaim bahasa orang kan?
    wakakakaka…

    [Reply]

  35. wahyubmw.yehia.org:

    sing ngisor tulisanne xixixix kuwi nggwe dhewe po ning kamus yo
    .-= Postingan wahyubmw.yehia.org : Face Book, SMS dan Ramadhan =-.

    [Reply]

  36. wieda:

    wah…wah…bahasa Indonesia yg paling susah yg pernah saya baca…..
    (hehehehe baru sekali ini saya dengar istilah2 ini……)

    sama bahasa masa kini aja saya binun koq….palagi bahasa ini….ndak mudeng blas
    .-= Postingan wieda : Puasa =-.

    [Reply]

  37. dhodie:

    Hahahaha keren keren..
    saya masih ingat yang mangkus dan sangkil saja :D
    .-= Postingan dhodie : BBC, Komunitas Blogger Bekasi =-.

    [Reply]

  38. Anang:

    iki pirang tahun lek goleki ning kamus
    .-= Postingan Anang : Makna Kemerdekaan Indonesia =-.

    [Reply]

  39. tuyi:

    hehe…product googele ternyata masih kurang kumplit ya Pak De…?

    [Reply]

  40. deni:

    bahasanya kok belum familiar ya…
    .-= Postingan deni : Lagu Indonesia Raya Diplesetkan Orang Usil Negeri Sebelah =-.

    [Reply]

  41. Kika:

    Wah perlu ini Pak Mar, perlu banget… Benar-benar perlu dipelajari..
    .-= Postingan Kika : Teras Waktu =-.

    [Reply]

  42. BrenciA KerenS:

    ngomong opo to?
    .-= Postingan BrenciA KerenS : hnngggggggg (apa ya?) =-.

    [Reply]

  43. m3lq:

    Baru tau aku ada istilah itu tp itu beneran kan? Doh! Ketinggalan jaman saia, salam kenal ya sama orang yang baru belajar ngeblog…
    .-= Postingan m3lq : Mengembalikan jati diri bangsa. =-.

    [Reply]

  44. Mengembalikan Jati Diri Bangsa:

    sungguh aneh bahasa itu….
    lagian siapa pula yang sudi menggunakan kata2 itu
    Kata ribang, didaerah saya sangat familiar sekali
    saya ribang sama mister mars everytime
    .-= Postingan Mengembalikan Jati Diri Bangsa : Opera dan Google Chrome Browser Dodol =-.

    [Reply]

  45. genthokelir:

    walah walah kenapa mesti ribut mengenai klam bahasa pak sedangkan kita aja mengambil beberpa bahasa dari luar pak seperti arab cina dll toh mereka nggak ribut wakakakakaka yang asli gunungkelir bahasa kambing
    .-= Postingan genthokelir : Jadilah Bapak =-.

    [Reply]

  46. Pakde Cholik:

    Banyak kata-kata dalam kamus kita yang jarang atau hampir tak pernah digunakan. Dulu kata efektif-efisien akan dijadikan sangkil-mangkus, ternyata laku hanya beberapa saat, setelah itu hilang. Sangkil-manhkus kayaknya kurang keren yaa.
    Salam hangat dari Surabaya.

    [Reply]

  47. Pradnasatunya:

    basa gaul aja gue ndak dong, apelagi basa endonesia kayak ginian…mumeeet dah
    .-= Postingan Pradnasatunya : Cerpen Viper =-.

    [Reply]

  48. achmad sholeh:

    aku kok ra paham
    .-= Postingan achmad sholeh : Arrahmah Dot Com Kian Populer =-.

    [Reply]

  49. tentangrifai:

    waow… baru tau looh saya ada bahasa indonesia kayak gini

    [Reply]

  50. ndop:

    blas gak enek sing tak kenal!

    hohoho…
    .-= Postingan ndop : Selamat Pagi Semuanya… =-.

    [Reply]

  51. ciwir:

    kapan ya presiden indonesia diklaim oleh malaysia>
    :D
    .-= Postingan ciwir : Balada Angkutan BUMEL =-.

    [Reply]

  52. Mencari Blogpreneur Sejati:

    mana pak sawali ya? :mrgreen:
    .-= Postingan Mencari Blogpreneur Sejati : Mencari Blogpreneur Sejati =-.

    [Reply]

  53. metaMARSphose » Koran Nomor 4:

    [...] = sedikit sekalitangar = hati-hatiumun = masih dirahasiakanwarid = urat nadiSelengkapnya baca [di sini] RUANG [...]

  54. Agen Koran Tjap Koepoe « I:

    [...] = sedikit sekalitangar = hati-hatiumun = masih dirahasiakanwarid = urat nadiSelengkapnya baca [di sini] ANEKA [...]

Leave a comment





Current month ye@r day *