Intuisi Matematika

Hitungan Matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sudah demikian biasa bagi orang yang pernah sekolah, menghitung 3 + 5 , 8 – 1 atau 4 × 3 juga merupakan hal yang sangat mudah tanpa perlu mikir yang susah payah.

Kali ini kita akan belajar hitung-hitungan yang sedikit anti biasa. Landasannya bukan teori tapi intuisi dan hati. Lambang yang dipakai bukan (+), (–) atau (×) tapi ⊕. Aturan yang digunakan sangat bebas tanpa batas dan wewenang penuh ada pada yang bikin soal.

Diberikan 4 contoh dan diikuti oleh soal yang harus dipecahkan. Untuk bisa menemukan jawabannya kita harus mampu melihat rahasia atau misteri yang tersembunyi di balik keempat contoh. Misteri itu hanya bisa dilihat pakai intuisi dan hati, bukan dengan teori.


Contoh I

4 ⊕ 6 = 9
1 ⊕ 5 = 8
7 ⊕ 2 = 10
4 ⊕ 3 = 7
5 ⊕ 4 = ?

Jawabannya adalah 8.
Disinilah peran intuisi dan ilmu otak-atik dibutuhkan. Jika kita mencermati 4 contoh yang diberikan, akan tampak aturannya yaitu “bilangan yang besar ditambah 3“. Darimana aturan tersebut, tentu saja bukan dari teori tapi merupakan “ulah” si pembikin soal


Contoh II

2 ⊕ 6 = 4
5 ⊕ 2 = 10
1 ⊕ 6 = 2
4 ⊕ 3 = 8
5 ⊕ 4 = ?

Jawabannya adalah 10.
Aturannya : “Bilangan depan dikalikan 2


Contoh III

3 ⊕ 4 = 5
4 ⊕ 2 = 6
1 ⊕ 6 = 9
2 ⊕ 5 = 7
7 ⊕ 5 = ?

Jawabannya adalah 6.
Aturan yang dipakai : “Selisihnya ditambah 4


Nah yang ini soal yang harus dikerjakan.

Soal A
1 ⊕ 3 = 5
4 ⊕ 2 = 8
6 ⊕ 1 = 8
2 ⊕ 7 = 11
3 ⊕ 5 = ?

Soal B
5 ⊕ 3 = 10
4 ⊕ 2 = 4
1 ⊕ 6 = 5
2 ⊕ 5 = 8
3 ⊕ 4 = ?

Soal C
5 ⊕ 3 = 5
3 ⊕ 4 = 2
7 ⊕ 5 = 5
4 ⊕ 6 = 4
2 ⊕ 8 = ?


Tahukah sahabat, berapa jawaban soal A, soal B dan soal C?
Aturan seperti apa yang berlaku pada soal tersebut?

Untuk 3 sahabat yang mau bersusah payah mengernyitkan dahi serta ikhlas meluangkan waktunya dan menjawab dengan benar akan dapat bingkisan. Selamat berintuisi…

41 thoughts on “Intuisi Matematika

  1. Moderasi komentar diaktifkan.
    Komen yang berisi jawaban akan ditampilkan sekedarnya,
    komen aslinya dikarantina di tempat tersembunyi

    [Reply]

  2. Soal A: bilangan pertama ditambah bilangan kedua ditambah bilangan terkecil
    Jawaban: 11
    Soal B: bilangan pertama dikalikan bilangan kedua trus dikurangi bilangan pertama lagi.
    Jawaban: 9
    Soal C: nyusul ya, Om. Mau lunch dulu 😛

    Jawaban asli sudah di save ditempat lain
    Jawaban yang C ditunggu 😀

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Kebetulan saya lunch nya di Hongkong, Om. Jadi kemungkinan baru nanti malam muncul jawabannya :mrgreen:
    (padune sing C angel banget)

    Kalau lunch di Hongkong, setelah pulang bakal lapar lagi…

    [Reply]

    vizon Reply:

    Bu Choco lunch di Hongkong sambil nyari jawaban pake sempoa ya..? 😀

    Pas balik ke tanah air jawabannya lupa Da 😀

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Wkwkwkw…. 😆 udah pakai aneka macam sempoa tetep lom nemu, DaZon 😛

    Jawabannya ketinggalan di warung bakmi, Om 😛

    Harusnya pakai sempoa yang digital

    chocoVanilla Reply:

    OmMars, aku wis nyerah iki. Baiklah, ini senjata pamungkasku nek salah berarti ijasah SMA saya kemaren bajakan 😆

    Soal C: hilangkan saja puluhannya (piye yak ngomonge 😛 )
    Jawaban: 6
    Gini contohnya:
    5 x 3 = 15 –> 5
    3 x 4 = 12 –> 2
    7 x 5 = 35 –> 5
    4 x 6 = 24 –> 4
    maka 2 x 8 = 16 –> 6

    Hehehehe… baiklah sekarang saya akan tidur dengan nyenyak …… Zzzzzzz…….

    Selamat menuju “peraduan”

    [Reply]

    Ngai Reply:

    tuh bude bisa.. berdasarkan intuisi dan terawanganku,
    jawaban bude itu ud bener.

    Ini kok saling membenarkan, padahal belum ketahuan siapa yang benar…
    Saya yang jelas2 benar ajah belum berani membenarkan 😀

  3. sebenarnya nilai matematika saya tidak terlalu bagus saat sekolah dulu, cuman dapat rata2 delapan, ….saya tunggu jawaban yang benar saja dari sahabat-sahibit blogger lainnya dech….boleh khan 🙂

    Harusnya nyoba njawab Mas

    [Reply]

  4. Kok angel yoo Pak Mars..hehehe..

    Hehehe
    ANgel sithik-sithik Mbak…
    Kudu tlaten 😀

    [Reply]

  5. Wow…menarik nih pak Mars, tapi betul2 harus dianalisis hohoho.

    Walaupun terlambat, mohon maaf lahi dan batin ya Pak^^

    Saya juga mohon maaf lahir batin juga Mbak…

    [Reply]

  6. Asyik Pak Mars…. sudah memulai dengan pengolahan intuisi dasar dalam merangsang otak yang sudah mulai buntu. Tapi sayangnya saya lagi males mikir nih Pak. He… he… he….
    Salam wisata

    Yang ini memang butuh otak-atik Pak… 😀

    [Reply]

  7. Hmmmm …. otak saya sudah berkarat … duh ..

    Btw, maaf lahir batin pak MArs. Maaf baru main ke mari. Akkhir2 ini jarang BW saya ….

    Saya juga mohon maaf kalau ada salahnya Mbak.
    Salam

    [Reply]

  8. A = 11 (bilangan kecil kali dua, lalu tambahkan bilangan besar)
    B = 9 (jumlah perkalian, lalu kurangi bilangan pertama)
    C = 6 (jumlah perkalian, ambil satuannya saja)

    aturannya harus dijelasin lagi..? kan mbahKung ud tau.. 😛
    aquwh gak bisa ngejelasinnya dgn kalimat matematika yg benar
    krn matematikaku dulu jeblog mulu.. pokoknya intusi aquwh ya begitu itu.

    makasi olah otaknya mbahKung..

    Saya bisa memahami banyak bahasa, termasuk bahasa yang Ngai pakai 😀

    [Reply]

    vizon Reply:

    Ngai minta dong sama si eMak buat ngadain kuis ngitung jumlah giginya spongebob 😀

    Kak Adel mana berani sama Spongebob Da…
    Ngitung gigi cicak aja takut

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Kata eMak giginya Spongebob yang kliatan ada 2 dengan jarak 2,5 spasi, DaZon 😆

    Emak yang mana nich 😀

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Ngaiiii, kamu kok bisa kerjain yg C to? Waahh karena masih pake seragam putih abu2 siihh, masih anget, aku kan wis tuwo 😆
    (Psst, kasih contekan duooong)

    Apa Ngai bisa soal C?
    Tanda bintang belum tentu jawabannya benar…
    Tanda bintang bisa juga sebagai pengecoh 😀

    [Reply]

    Ngai Reply:

    justru yang terakhir itu paling gampang, bude,
    malah kurang matematika menurut aquwh.

    xixi, emang mgkn aku yg ngasal..
    soale klo liat logika para ahli di bawah,
    kayaknya yang C itu lumayan panjang jalannya.

    Ketiga-tiganya nggak matematis Ngai…

    [Reply]

    Ngai Reply:

    jml gigi spongebob = [gigi mbahKung x gigi inyiak]² – ukuran celana bude.

    Gigi saya ada 3.
    Gigi seri, taring dan geraham

  9. ini mah kita disuruh membaca pikiran mbahKung ya..?
    td aquwh udah coba kira2 ajah,
    klo masih salah nanti aquwh nyontek jawaban bude Choco.

    #tes komeng tanpa jawaban.. biar muncul.. 😛

    Ya iyalah…
    Intuisi ini memang baca apa maunya yang bikin soal 😀
    Komen yg tak memuat jawaban akan langsung tampil

    [Reply]

    vizon Reply:

    yang nyontek dapat hadiah sebungkus nasi kapau.. 😀

    Yang nyontek dapat CD bajakan

    [Reply]

  10. Soal A

    Jawaban: 11
    Rumus: (Angka yg besar) + (2xAngka yg kecil)
    (1×2) + 3 = 5
    4 + (2×2) = 8
    6 + (2×1) = 8
    (2×2) + 7 = 11
    Jadi 5+(2×3) = 11

    ——————–

    Soal B

    Jawaban: 9
    Rumus = (ab) – a
    (5×3) – 5 = 10
    (4×2) – 4 = 4
    (1×6) – 1 = 5
    (2×5) – 2 = 8
    (3×4) – 3 = 9

    ————————-

    Soal C

    Jawaban: 6
    Rumus: c = Angka terakhir pada perkalian ab
    5×3 = 15, c = 5
    3×4 = 12, c = 2
    7×5 = 35, c = 5
    4×6 = 24, c = 4
    2×8 = 16, c = 6

    —————–

    Bismillah mugo2 menang..

    Detail Membahana

    [Reply]

  11. Setelah otak-atik dengan coretan antah berantah, maka didapatlah hasil sebagai beriktu:

    Soal A:
    jawabannya adalah: 11
    aturan yang dipakai: hasil penjumlahan bilangan depan dan belakang ditambahkan bilangan terkecil

    Soal B:
    jawabannya adalah: 9
    aturan yang dipakai: hasil perkalian bilangan depan dan belakang dikurangi bilangan pertama

    Soal C:
    jawabannya adalah: 6
    aturan yang dipakai: hasil perkalian bilangan depan dan belakang hilangkan puluhannya.

    Bagaimana, Pak? Apakah jawaban saya sudah anti biasa? hahaha… 😀

    Sangat anti biasa Da 😀

    [Reply]

  12. A: 9 ==> dengan aturan penambahan 1 atau 2 tiap penjumlahan soal bergantian kebawah
    B: 9 ==> dengan aturan perkalian dua bilangan tersebut dikurangi bilangan depan
    C: 2 ==> dengan aturan jika tidak ada bilangan genap maka kurangi depan dengan belakang jika negatif jumlahkan dengan bilangan yang besar diantara keduanya.

    heheh nyoba ya pak mars intuisi saya

    Percobaan diterima Mas

    [Reply]

  13. waduh, mikir dulu nih pak mars 😀

    Soal A = 11 –> bilangan kecil dikalikan 2 dulu, kemudian ditambah bilangan besar

    Soal B = 9 –> bilangan depan dikalikan bilangan belakang dulu, kemudian dikurangi bilangan depan

    Soal C = 6 –> bilangan depan dikalikan bilangan belakang, kemudian hasilnya ditulis angka satuannya saja, misalkan 5×3 = 15, maka ditulis 5, atau misalkan 3×4 = 12, maka ditulis 2

    akhirnya bisa juga menyelesaikan soal soal ini
    semoga bener pak Mars 😀

    Kita tunggu jawaban yang benar 😀

    [Reply]

  14. aku kmaren uda jawab
    yang a. 11 *pasti masih salah juga ya pak?

    b dan c uda pusing duluan jadi ajah ga ikutan jawab 😀
    **aelasaan aja yah pak,padahal emang mate matematika aku dari dl 🙁

    Kalau 3 soal cuma jawab 1 berarti nilainya masih D 😀

    [Reply]

  15. jawaban A. 11 , Aturan : Nilai angka kecil ditambah jumlah kedua angka.
    Jawaban B. 9 , Aturan : Kedua angka dikalikan kemudian di kurangi angka depan.

    Jawaban C. Wallahu alam pak.. kalau sudah ketemu jawabannya menyusul. 🙂

    Jawaban disimpan di brankas

    [Reply]

  16. Begh, beginilah klo master Matematika memberikan soal, dahi sudah gak bisa dibilang ngernyit lagi tapi kelipat-lipat :))

    Eh tapi baiklah saya coba kerjakan, asal klo jawabannya salah mboten kena setrap toh Pak? 😀

    Semoga kesini lagi dengan membawa jawaban 😀

    [Reply]

  17. pertamakali bertamu langsung ikutan kuis hihihi…

    Soal A : 11
    Bilangan pertama + bilangan kedua + bilangan terkecil

    Soal B : 9
    Bilangan pertama X bilangan kedua – bilangan pertama

    Soal C : 6
    Nilai satuan dari hasil perkalian bilangan pertama X bilangan kedua

    Jawaban lengkap tersimpan di brankas

    [Reply]

  18. manstab qiqiqi…

    hebat euy logika moderasinya 😛

    Moderasinya pakai kata kunci minimal tapi spesial Mas

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Lhadalah, wong Master HTML kok dites ki lhooo :mrgreen:

    (eh, ada hubungannya gak sih ama HTML qiqiqiqi 😛 )

    Master Tukul jalan2

    [Reply]

  19. kalau…

    Soal A : XX

    Soal B : X

    Soal C : X

    kena moderasi ga yaaaa 😛 sorry Pak Mars sedikit nyampah buat test aja 🙂

    Nah yang gini kena moderasi 😀

    [Reply]

  20. cukup lama mengamati teka teki ini….mulai bolak balik intuisi…tapi masih belum juga bisa memecahkannya…

    Musti dicoba lagi Mas…
    Makasih sudah mau berintuisi di sini.
    Salam

    [Reply]

  21. wow,, artikelnya menarik…

    butuh konsentrasi penuh buat ngejawab semua teka-teki ini…

    salam kenal,, dan di tunggu kunjungannya…

    Salam kenal kembali dan terima kasih atas kunjungannya

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *