Home > Jawa > Jajah Desa Milang Kori

Jajah Desa Milang Kori

March 26th, 2012 Leave a comment Go to comments

Jajah Desa Milang Kori adalah ungkapan dalam Bahasa Jawa yang punya makna sama dengan safari atau touring, yaitu melakukan perjalanan panjang ke beberapa tempat secara simultan. Secara umum jajah desa artinya keliling desa dan milang kori adalah menghitung pintu.

Kemarin dan sekian hari ke depan, saya juga akan melakukan jajah desa milang kori. Setelah pulang kampung ke Kudus tanggal 24 Maret, hari berikutnya jalan2 ke daerah agrowisata Dieng Plateau dan kebun teh Tambi, maka tanggal 28 akan ke Jogja bersama Komunitas Matematika.

Tanggal 4 April menuju Semarang menyaksikan wisuda Si Bungsu di Hotel Patrajasa, tanggal 7 April ke Bandung memenuhi undangan Penerbit Mizan yang mengadakan gathering dengan para blogger. Kata panitianya sich ada beberapa sahabat yang juga diundang di acara tersebut.

Dari Bandung, kami akan langsung ke Jakarta nengok Si Sulung. Benar2 sebuah perjalanan panjang, benar2 safari dan benar2 jajah desa milang kori

~ Grazie ~
Categories: Jawa
  1. March 26th, 2012 at 16:51 | #1

    Itu sih sudah jajah kota mas…:D


    Tapi sambil lewat desa2 juga kok Mas

    [Reply]

  2. applaus
    March 26th, 2012 at 16:55 | #2

    waduh asyik tu jalan jalan ya… menarik … kapan ke jakarta nih…


    Saya Ke Jakarta kira2 tgl 7 April

    [Reply]

  3. March 26th, 2012 at 17:37 | #3

    hwaa, agendanya mbahKung padat.. dan semuanya menarik..!
    Ngai doakan semoga semuanya lancar.


    Makasih doanya ya Ngai

    [Reply]

  4. March 26th, 2012 at 19:39 | #4

    bakalan banyak kopdarkayaknya nih


    Iya Mbak, lumayan banyak

    [Reply]

  5. Imelda
    March 26th, 2012 at 20:32 | #5

    sayang saya tidak sedang berada di Jakarta :( Kalau tidak bisa kopdar deh kita…hiks


    Tapi saya nggak doyan Sushi lho bu… :D

    [Reply]

    nique Reply:

    ntar klo mbak pulang, kita yang sowan ke pakde terus ke pak’e ya :D


    Ketemu di tengah2 aja Ni…

    [Reply]

  6. March 26th, 2012 at 21:08 | #6

    Wah, insa Allah tanggal 7 kita ketemu, Pak.


    Mugo2 Mas…

    [Reply]

    Helda Reply:

    Pak Mars juga diundang. Sampai jumpa di sana, Pak. Semoga kita ketemu yahhh.. Bisa poto-poto dg Pak Mars. :D


    Iya Mbak, sampai jumpa ya

    [Reply]

  7. March 26th, 2012 at 21:10 | #7

    sekalian mampir ke Bekasi ya pak :)


    Maunya sich mampir kesetiap kota, tapi takut kalo murid saya protes karena terlalu lama saya tinggal Mbak :D

    [Reply]

  8. Evi
    March 26th, 2012 at 21:59 | #8

    Seru nih Pak Mars..Jajah kota milang kori juga kayaknya..Atau Jakarta bisa juga disebut Desa besar kali ya Pak…


    Sekarang Desa juga sudah ramai kok Mbak…
    Kumuhnya Jakarta juga kadang melebihi kumuhnya Desa

    [Reply]

  9. March 27th, 2012 at 00:51 | #9

    sayangnya masa itu saya pun sedang di belahan pulau lain
    jadi gak bisa ketemu deh pak :(


    Iya…
    Selamat Berlibur juga ya Ni…

    [Reply]

  10. March 27th, 2012 at 02:30 | #10

    Jalan-jalan dong…


    Iya, jalan2

    [Reply]

  11. March 27th, 2012 at 05:57 | #11

    Wah perjalanan yang menyenangkan dan melelahkan kayaknya. Hebat pak mars bisa di undang penerbit mizan. Berarti pak Mars adalah salah satu dari beberapa orang penting. Jangan jangan sudah pernah menerbitkan buku yang diterbitkan penerbit mizan ya pak?


    Hahahaha…
    Belum Mas.
    Tulisan saya belum layak diterbitkan
    Ini kumpul biasa kok.
    Sekedar sharing

    [Reply]

  12. March 27th, 2012 at 06:58 | #12

    wah.. menjelajah pulau jawa nih pak
    semoga perjalanannya lancar dan menyenangkan ya pak
    sementara saya sibuk nguprek2 KBBI


    Iya Mbak…
    Makasih doanya

    [Reply]

  13. March 27th, 2012 at 07:49 | #13

    Belum ada agenda ke Surabaya ya mas.
    Semoga perjalanan panjang sukses, selamat dan sehat.
    Salam hangat dari Surabaya


    Belum Dhe…
    Insya Allah nanti akan ke Surabaya dengan istri

    [Reply]

    nique Reply:

    lah? pakde gak ikut ke Bandung tah? Kan bisa sekalian mudik ke morotuo di Cimahi :D


    PakDhe nunggu di Surabaya

    [Reply]

  14. March 27th, 2012 at 09:07 | #14

    Membayangkan saja sudah capek, Pak.
    Semoga saja perjalanannya menyenangkan :)


    Masih capek kalo kerja Pak…

    [Reply]

  15. achmad sholeh
    March 27th, 2012 at 18:44 | #15

    mantabs pak di tunggu oleh2nya


    Nggih Mas

    [Reply]

  16. March 27th, 2012 at 18:55 | #16

    padat merayap neh kegiatannya Om:).
    Hati-hati aja n smoga slamat smpe tujuan


    Makasih Mas

    [Reply]

  17. March 27th, 2012 at 21:50 | #17

    Kok saya baru denger istilah Jajah Desa Milang Kori ya, Pakdhe? Apa karena saya sudah jajah kota? :)


    Wah, payah kalo gak tau

    [Reply]

    Sriyono Suke Reply:

    idem dengan mas Gie… :D


    Ini juga payah

    [Reply]

    krismariana Reply:

    Lah, wong Klaten nggak pernah dengar istilah “jajah desa milang kori”? Waktu pelajaran bahasa Jawa ada tuh…


    Iya, saat pelajaran Bahasa Jawa pasti muncul istilah itu

    [Reply]

  18. March 27th, 2012 at 22:57 | #18

    Jangan lupa temu lawak plus beras kencur bikinan bu Mars biar stamina dan daya tahan tetap bisa greng :lol:

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan


    Iya Mas…
    Ini sudah disiapkan

    [Reply]

  19. March 28th, 2012 at 09:36 | #19

    Saya pernah satu kali ke Kudus, Pak. Waktu itu ikut suami yg pelatihan.
    Oya, kalau ketemu dengan pihak Mizan, minta tolong pak, ditanyakan ttg bagaimana peluang blogger macam saya ini menerbitkan buku di Mizan?
    Insya Allah, buku saya hasil menang dari lomba Book Your Blog mau diterbitkan penerbit indie .. pingin juga ada buku kedua yang diterbitkan penerbit mayor seperti Mizan.
    Mita tolong ya pak Mars, ditanyakan … :)


    Mungkin bisa tanya langsung Mbak…
    Kan ada webnya

    [Reply]

    Mugniar Reply:

    *Maksudnya, yang isi blognya macam blog saya Pak. Bukan hanya blogger macam saya, rata2 yang komen di sini juga blogger yah hehehe*
    Kalau mereka mau menerbitkan buku bagi blogger, misalnya blog seperti apa yang mereka sukai ya …
    Terimakasih sebelumnya ya Pak :)


    Iya Mbak…

    [Reply]

  20. March 28th, 2012 at 10:18 | #20

    wahhh bentar lagi Pak Mars jalan2 menyusuri pulau jawa nech heheh…….smoga perjalanannya menyenangkan….


    Makasih doanya Mbak

    [Reply]

  21. March 28th, 2012 at 11:37 | #21

    Oleh2 cerita pas ke Dieng nanti ya Pak..


    Iya Mbak

    [Reply]

  22. March 28th, 2012 at 14:37 | #22

    foto foto nya mana pak :)


    Nanti kapan2 saya postingnya Mbak

    [Reply]

  23. arif
    March 28th, 2012 at 16:37 | #23

    wah bisa sambil tetirah Om ^_^


    Iya Mas

    [Reply]

  24. March 28th, 2012 at 17:54 | #24

    Wah selamat menikmati jajah desa milang kori pak Mars, Salam


    Makasih Mbak

    [Reply]

  25. March 29th, 2012 at 02:56 | #25

    Sukses untuk acaranya jelajahnya Pak.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog


    Makasih Pak

    [Reply]

  26. March 29th, 2012 at 11:24 | #26

    kemaren gagal komen disini


    Hahaha
    Kemarin ada sedikit error

    [Reply]

  27. March 30th, 2012 at 04:51 | #27

    Saya ingat istilah ini muncul waktu pelajaran bahasa Jawa. Entah zaman SD atau zaman saya SMP ya? Dalam bayangan saya, jajah desa milang kori itu seperti berpetualang ke desa-desa. Kayaknya keren hehehe.

    Semoga sehat-sehat selama dalam perjalanan ya Pak. :)


    Iya Mbak. Istilah itu memang sering digunakan saat pelajaran di sekolah, khususnya SD

    [Reply]

  28. puisipemula
    April 1st, 2012 at 07:46 | #28

    ikutan mengekor jajah desa milang kori dibelakangnya Pak Guru….
    tapi ………… mulainya dr jakarta ke bandung saja … :P
    pingin kopdar di bandung sambil wisata kuliner sama Pak Guru anti biasa … :)
    salam


    Denger2 Bunda juga diundang kan?

    [Reply]

    puisipemula Reply:

    nanti kopdar di Dago atau Gedung Sate saja ya Pak Guru …. :P
    salam


    Iya Bun

    [Reply]

  29. Diandra
    April 1st, 2012 at 11:41 | #29

    menginap di Patrajasa
    pasti malamnya jalan-jalan di Dago donk ?


    Iya Mbak, mumpung lagi ada waktu longgar
    Makasih kunjungannya

    [Reply]

  30. April 3rd, 2012 at 14:15 | #30

    wah, Pak Mars ke Jogja nggih? saya pas sakit sih :( *apa hubungannya?


    Semoga sudah sembuh

    [Reply]

  31. dorf
    January 3rd, 2013 at 07:08 | #31

    di jerman namanya dorfleidenschaft itu mas :)
    http://faridmustofa.wordpress.com/


    Ternyata di Jerman juga ada istilah yang sama maknanya dengan itu ya Mas

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~