Kisah Si Kartu Ujian

Kartu Ujian itu sederhana. Kalah besar dibanding Kartu Pos, kalah mewah dibanding kartu ATM dan kalah jumlah dibanding Kartu Tarot. Untuk mendapatkannya nggak pakai ATM, nggak perlu Kartu Pos dan nggak butuh Kartu Tarot.

Pemilik ATM belum tentu punya Kartu Tarot, ahli Kartu Tarot mungkin belum pernah pakai Kartu Pos dan pengguna Kartu Pos tidak wajib punya ATM. Tapi pemakai ATM, pemakai Kartu Pos dan pembaca Kartu Tarot pasti pernah pegang Kartu Ujian.

Dan inilah beberapa kisah dari Si Kartu Ujian tiap menjelang Ujian Nasional.

  1. Dibagi Jumat, Sabtu sudah hilang. Mungkin karena konsentrasinya terfokus pada pelajaran, maka kertas segi empat itu sering terabaikan.
  2. Biasanya ujian dilaksanakan hari Senin dan Kartu Ujian dibagi Jumat atau Sabtu. Hari Minggu seragam dicuci, padahal Kartu Ujiannya ada dalam kantong. Ini banyak terjadi pada murid lelaki.
  3. Ada sekolah yang sampai merasa perlu untuk tidak membagi Kartu Ujian. Pagi menjelang ujian kartu dibagikan tapi siang sebelum pulang, kartu ditarik kembali.
  4. Ada yang memanfaatkannya sebagai sarana untuk menyontek jawaban dengan cara menuliskan ringkasan materi disebalik kartu itu.

Dari sekian hal yang saya tulis itu, adakah yang pernah sahabat alami?

41 thoughts on “Kisah Si Kartu Ujian

  1. dulu jaman sekolah itu, kartu ujian disimpen lama, padahal ujian udah usai


    Banyak yg seperti itu Mas, untuk kenang2an

    [Reply]

  2. pengalaman saya dengan kartu ujian biasa-biasa saja, Pak. Tidak ada yang terlalu berkesan. Barangkali karena saya dulu terlalu fokus dengan pelajaran yang akan diujikan.


    Kalau saya termasuk yg punya kesan tersendiri pada Kartu Ujian Bi…

    [Reply]

  3. Kartu ujianku tersimpan sampai lima tahun setelah selesai ujian, apalagi kartunya dilaminating.


    Banyak yg menyimpan kartu ujiannya secara rapi karena penuh kenangan dan perjuangan

    [Reply]

  4. Hahaha. Yang nomer 4 aku banget tuh dulu waktu ujian akhir. Hahaha


    Hahaha…
    Ketauan !

    [Reply]

  5. ponakan lakilaki UAS minggu lalu, kartu ujian hilang setelah hari pertama,
    besoknya ujian tanpa kartu, taunya jatuh di kantin.. hedeehh!
    setuju juga klo kartu dibagi pagi hari, siang ditarik kembali.

    anak perempuan biasanya lebih apik, seperti aquwh
    gak pernah kehilangan kartu ujian. 😀


    Ngai hebatlah…
    Telitih !!!

    [Reply]

  6. hahaha, sebuah cerita yang menarik, kebetulan saya gk pernah ngalamin kartu ujian ilang gan, 🙂


    Hebat Mas…
    Berarti teliti

    [Reply]

  7. perasaan semalam saya sudah ngomen, tapi kok gk ada ya?
    Baiklah saya ulangi komen tadi malam.

    Tidak ada.
    Saya masih menyimpan kartu ujian SMP & SMA saya lho.
    Sayang kartu ujian SD & UMPTN saya ketlisut jadi gk ikut kesimpen.


    Hahaha…
    Kayaknya belum kok Mbak.
    Kartu Ujian memang punya kenangan tersendiri

    [Reply]

  8. tidak mengalami satupun pak 😀
    jadi aman tentrem pas mo ujian hehehe


    Hebat kamu Ni…
    Teliti banget.
    Cocok jadi kasir 😀

    [Reply]

  9. kartu ujianku waktu kuliah dulu sampe sekarang malah masih ada,padahal sudah hampir 10 tahun..


    Wah…
    Hebat Mas

    [Reply]

  10. kartu ujianku dulu masih sempat tersimpan sampai 3thn an ,Pak Guru 🙂
    setelah itu gak tau deh hilang kemana …. 🙁

    salam


    Kayaknya banyak sekali yg menyimpan Kartu Ujian ya Bun…
    Kartu yg penuh kenangan dan perjuangan

    [Reply]

  11. Hilangnya kartu ujian sebagai penyemangat berangkat lebih awal ke sekolah
    #minta kartu ganti


    Tapi ada sekolah yg menerapkan denda lho Mas

    [Reply]

  12. Alhamdulillah saya tidak pernah mengalaminya …
    yang namanya Kartu Ujian itu … wajib saya jaga … jangan sampai ketlisut atau ketinggalan atau ditulisi macem-macem …

    Salam saya Pak Mars


    Om NH termasuk murid yg teliti…
    (sama kayak sayahahahaha)

    [Reply]

  13. belum pernah ngalami, tapiiiiii selalu muncul dalam mimpi… seakan-akan kartunya lupa, jamnya salah dsb. trauma sebelum ujian tuh gitu.


    Kalau mimpi yang seperti itu sampai sekarang saya sering mengalami Bu…
    Telatlah, tugas belum selesailah, perlengkapan ketinggalanlah.
    Intinya mimpi itu mencekam dan menegangkan…

    [Reply]

  14. Alhamdulillah, saya belum pernah punya pengalaman buruk maupun menarik dengan kartu ujian. Semuanya berjalan dengan biasa-biasa saja, Pak.. 🙂


    Uda Vizon termasuk murid lelaki yang teliti 😀

    [Reply]

  15. kayaknya saya lom ngalami yang seperti itu pak, karena termasuk yg nggak neko2 alias tertib


    Hebat Mas

    [Reply]

  16. waktu zaman masih sekolah/kuliah justru aq selalu menyimpan kartu ujian dengan rapih dan sesudah tak terpakai gak pernah dibuang tapi disimpan bagaikan dokumen berharga…hehe
    *sbg kenang2an*


    Iya Mbak. Kartu Ujian punya kenangan tersendiri

    [Reply]

  17. Alhamdulillah,
    kalau kisah kartu ujian saya: “masih disimpan buat kenang2 an” hehe


    Kartu Ujian memang termasuk barang yg penuh kenangan dan perjuangan

    [Reply]

  18. kartu ujian selalu idah jaga, sampai ujian selesaipun masih idah jaga. . .
    samapi lulusan masih juga. .
    samapai sekarang masih om. . (yang SMA. 😉

    om, idah sudah ngirim alamat rumah ke email.


    Emailnya sudah saya terima, tapi belum sempat ngantar paketnya karena masih ngurusi murid yang ujian. Mohon maaf ya Mbak

    [Reply]

  19. dulu pernah kecuci kartu ujianya hehehe


    Seringnya begitu Mas, karena kartu dibagi hari Sabtu sehingga ketika celananya dicuci, kartunya ikutan kecuci 😀

    [Reply]

  20. Alhamdulillah P mars..
    Aku kan murid yang baik hati dan penurut terus rajin..
    Jadi ga pernah ampe kaya hal2 di atas..

    Bahkan ujiannya dah beres pun aku masih menyimpannya *koleksi*


    Saya juga masih menyimpan kartu ujian Mbak

    [Reply]

  21. Waah, alhamdulillah saya dulu aman2 saja,, paling keselip di tas sekolah, hehe… 😛


    Berarti termasuk golongan yang teliti Mas 😀

    [Reply]

  22. wah yang no 4 saya pernah ngalamin tuh mas heheheh….jadi senyum2 deh kalo inget kelakuan jaman dulu pas sekolah…..tapi dulu saya selalu nyimpen kartu ujian ny, sampe bertaun2….lumayan buat koleksi mah :p


    Sampai sekarang juga masih ada, tapi sebagian ganti pakai HP dan alat sejenis Mas

    [Reply]

  23. Saya Nomer 4 Pak! #bangga#
    Tapi nyontek begitu gak dosa kan Pak Mars? dibanding lihat kunci jawaban lo..


    Saya dulu juga pernah kok Mbak

    [Reply]

  24. biarpun ujian telat lewat kartu ujian masih ada ditempat pensil pak
    hehehe….**aman**


    Dan biasanya disimpan bersama ijasah ya Mbak

    [Reply]

  25. wah sedikit curhat kayanya nie… ane ga pernah tu gan. ane selalu di jaga baik baik, ketinggala… pernah ga ya? engga juga tu.


    Bukan curhat tapi prihatin dengan murid saya yg kartunya banyak yg hilang atau tercuci Mas

    [Reply]

  26. wah saya ga pernah tu seperti itu.. ketinggalan, juga ga pernah. spertinya ini semua pengalaman penulis ya.. hahay


    Ini Pengalaman saya tapi yg ngalami murid saya…

    [Reply]

  27. alhamdulillah gak ada, semua kartu ujian saya baik Ebtanas, UMPTN bahkan ujian masuk CPNS yg sekali2nya sy ikuti semua masih saya simpan kartunya di dalam dokumen penting saya sebagai kenang2an hehehhee


    Saya juga begitu Mbak…
    Saya simpan bersama ijasah dan bisa buat kenang2an

    [Reply]

  28. kartu ujian saya pakai peniti Pak,
    sepertinya belum mengalami yang diatas, malah kadang masih ada sampai kemudian akhirnya dibuang sendiri.


    Kecerobohan anak sekarang sudah dalam taraf parah Mbak.
    Hampir bisa dipastikan ada yg hilang atau kecuci

    [Reply]

  29. Ke depannya kartu ujian seperti yg dikalungin pas ada acara penting itu atau layaknya penanda para wartawan. Siapa tahu ya, Mas ^_^


    Hahahaha…
    Iya Pak.
    Anak sekarang kalau HP nggak pernah kelupaan, tapi kalau benda lain pasti ada yg lupa.
    Dibagi Jumat, hari Sabtunya sudah ada yg lapor kehilangan kartu

    [Reply]

  30. Saya sering cemas kalau kartu ujian sudah di bagi, takut hilang atau ‘ketlisut’ … ngurus nya itu lho, pasti akan ditanya macam-macam 😀


    Konsentrasinya kadang fokus ke pelajarannya, sehingga kartunya suka terabaikan

    [Reply]

  31. Kalau biaya UAN cukup banyak mungkin bisa dibuat kayak gantungan kunci di hotel yang terbuat dari mika. Jangan2 malah nggak dikembalikan karena untuk sopenir.

    Salam hangat dari Surabaya


    Di Kendal ada dokter yang nomor antreannya pakai mika tebal gitu Dhe, tapi pada ilang karena kebawa pasiennya

    [Reply]

  32. Duluuu, waktu SD, saya pernah lupa bawa kartu ujian Ebta kalau nggak salah. Waktu itu yg diujikan olahraga. Saya lalu disuruh pulang hehehe. Saya ngebut pulang naik sepeda. Hehehe


    Kok sama Mbak.
    Saat SD, saya juga nggak bawa kartu dan pulang sambil lari

    [Reply]

  33. Kartu ujian, Alhamdulillah gak pernah lupa… yang ada habis buat coret-coretann… pa lagi Waktu di SMEA yang hampi smua ujian .. hitungan semua


    Saya malah pernah ketinggalan Mbak

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *