Kasih Sayang Sejati

Semua pasti sepakat, bahwa “kasih sayang” orang tua pada anaknya adalah contoh paling nyata dari kasih sayang sejati. Meski ada kasus orang tua yang sampai hati membunuh anaknya, tapi itu semua tak cukup untuk mengingkari kesejatian kasih sayang orang tua secara umum.

Bapak yang rela diambil ginjalnya demi menyelamatkan jiwa anaknya, ibu yang menjual perhiasan satu2nya yang dimiliki demi beli seragam sekolah anaknya atau orang tua yang rela “telanjang kaki” demi sang buah hati seperti gambar di bawah ini cukup menjadi bukti.

kasih-ortu

Tapi jangan salah mengerti.
Kasih sayang sejati bukan berarti semua kemauan anak dipenuhi.
Kalau belum dewasa ya jangan boleh mengemudi di jalan raya…

26 thoughts on “Kasih Sayang Sejati

  1. Kesejatian tidak harus semuanya di beri ya Pak. Tapi yang namanya kesejatian juga harus melalui proses untuk mencapai apa yang menjadi kodratnya. Itu sih kata Pak guru Pak.

    Salam wisata

    Dibalik kesejatian harus terselip pendidikan Pak. Tak hanya memberi tapi juga mengendali…

    [Reply]

  2. sy tersentuh dg gambar di atas, Pak.

    Dan sangat setuju sekali, kasih sayang jangan disamakan dengan menuruti segala kemauan anak. Ada kalanya marah atau melarang itu juga bagian dari kasih sayang

    Kalau kasih sayang diartikan dengan ketersediaan materi, maka kasihan bagi orang tua yang pas-pasan. Untung saja ukuran kasih sayang tak seperti itu

    [Reply]

  3. kasih sayang itu justru orang tua harus tegas dan tega terhadap anak2nya khususnya waktu mendidik mereka….

    Iya Mas…
    Di balik kasih sayang harus ada ketegasan

    [Reply]

  4. Sebagai orang tua dan sebagai anak, kita ambil sebagai pelajaran kejadian di atas.
    Trims ibu bapakku! Yang selalu memberiku sesuatu yang tidak membahayakanku dan orang lain!

    Umur 13 tahun saya baru belajar naik sepeda… ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  5. Bener Pak. Tapi menurut beliau, kasih sayang itu mungkin seperti itu ๐Ÿ™‚
    Memberikan segala yang diinginkan

    Semoga “beliaunya” menjadi terbuka cara pandangnya dan segera mawas diri untuk lebih hati2 dalam sikap dan bicara…

    [Reply]

  6. leres Pak. Kasih sayang sejati di antaranya bisa bilang tidak ke anak..

    Sayangnya, SI Anak sering kurang suka kalau orang tuanya bilang “tidak”

    [Reply]

  7. intinya sebagai orang tua juga harus mengajarkan tata aturan dan norma2 yang berlaku kepada sang anak Pak

    gambarnya keren pak, nemu dimana?? ๐Ÿ˜€

    Gambarnya nemu di FB nya anak saya ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  8. Sentilan …
    dan pengingat yang halus khas Pak Mars

    Terima kasih Pak Mars
    Semoga kita semua bisa lebih berhati-hati lagi dan lebih mentaati peraturan demi keselamatan bersama

    salam saya

    Semoga Ahmad Dani mulai membiasakan diri terhadap sentilan yang halus Om…

    [Reply]

  9. Kasih sayang tdk berarti ngujo baik harta benda maupun moral.
    Cah sak gitu kok boleh bawa mobil malam2 pula. Gak ono sing kelangan po yo? ๐Ÿ™

    Mungkin sudah kebiasaan, atau mereka melihat kebiasaan bapak ibuknya

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Halah nulise pating clepret hihihihi maklum Om, dari ponsel ๐Ÿ˜›

    Sudah saya editkan ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  10. Setuju.
    Anak yang belum waktunya mengendarai sepeda motor ya jangan dibelikan, nanti malah mencelakai diri sendiri dan orang lain
    Salam hangat dari Surabaya

    Saya, umur 13 tahun baru belajar nyepeda Dhe. Itupun karena mau sekolah di kota. Karena rumah saya di pegunungan, maka dari kecil nggak pernah punya sepeda. Ajaran sepeda sekedar persiapan saat mau kost di kota

    [Reply]

  11. Inggih Pak Mars ๐Ÿ™‚
    Sedih tapi juga miris melihat berita di TV itu. Dan lagi-lagi pelakunya adalah orang terkenal yang seharusnya memberi contoh yang baik

    Yang janggal itu anaknya Pak Hatta Radjasa.
    Kok lolos dari penahanan ya.
    Gimana caranya ๐Ÿ˜€

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Kan sakti mandraguna, Om ๐Ÿ˜›

    Iya…
    Punya Pendukung Dukun Sakti Berambut Putih… ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  12. Masukan yang baik untuk kita semua sebagai orang tua yang bijak ya pak. Terimakasih sudah saling mengingatkan dan memotivasi ๐Ÿ™‚

    Pengawasan terus menerus dari orang tua amat diperlukan.
    Anak saya yang umur 20 dan 25 tahun saja masih saya pantau terus…

    [Reply]

  13. Sayang itu juga harus mengajarkan bagaimana anak-anak agar survive manakala kita tak lagi di sisi mereka. Terutama survive dalam beribadah.

    Nah seperti itu yang seharusnya Bu…

    [Reply]

  14. Patuhi aturan. Semua ada masanya ya, Pak?
    Ada saatnya nanti menikmati helikopter. . . :mrgreen:

    Kalau naik helikopter malah makin loncat2…
    Lha naik mobil biasa saja bisa loncat ke jalur lain kok

    [Reply]

    Idah Ceris Reply:

    Menikmati, Pak. Gak naik lho. . :mrgreen:

    Berarti cuma nonton atau pegang2 saja ya Mbak ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  15. seperti yang terjadi kemarin itu ya pak..
    *huff..mari kita lihat proses hukumnya apakah sesuai atau tidak..

    gambarnya lucu,orang tua akan melakukan apa saja demi anaknya..dan benar harus tegas ๐Ÿ™‚

    Sepanjang itu adalah yang terbaik buat anaknya, maka orang tua pasti melakukannya.
    Tapi kalau membahayakan jiwanya maupun orang lain, orang tua harus tegas!

    [Reply]

  16. Sambil leyeh leyeh ndengerin lagu,

    Rocker juga manusiaaaa….
    Anaknya juga manusiaa…
    Jangan samakan dengaaan…
    Anak *** ******…. ๐Ÿ˜€

    Nggak cuma sama dengan pisau belati, tapi malah melebihi. Pisau belati paling2 cuma melukai atau membunuh 1 orang. Nggak bisa dalam sekali gerakan 6 nyawa melayang

    [Reply]

  17. sudah banyak contoh di sekitar kita tentang hal ini, hanya saja sebagian orang masih menutup mata hati bahwa yang namanya kasih saya tidak selalu mengiyakan apa yang diminta anak. Apa yang menurut anak baik, belum tentu menurut ukuran orang dewasa dan peraturan

    Masih ratusan bahkan ribuan anak2 yang belum layak tapi bawa mobil di jalan raya…
    Kalau di sirkuit sich silakan saja, tapi kalau di jalan raya kan merugikan pengguna lainnya

    [Reply]

  18. Terkadang, tidak mengabulkan permintaan anak justru bentuk kasih sayang sejati. Karena orang tua menilai belum waktunya.

    Iya Mas…
    Kabul tak hanya sekedar mengabulkan… ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  19. Sangat sepakat…menyayangi dan mengasihi anak,, bukan berarti menuruti segala keinginannya..juga segala kemauan dan ke egoisan orang tuanya.

    Semoga semua dapat mengambil hikmah dariperistiwa ini.

    Anak saya punya sim A saat umur 20 tahun…
    Saya malah ketika umur 30 tahun ๐Ÿ˜€

    [Reply]

  20. miris juga, ada tingkah anak 13 tahun yang sembrono menyetir mobil yang menyebabkan banyak orang hancur dan buram masa depannya karena kehilangan tulang punggung keluarga.

    mainan mobil remote kontrol kan malah aman to nak….

    Dan justru anak usia segitu itu Mbak, yang paling rawan kecelakaan

    [Reply]

  21. bukan masalah bisa atau tidak, tapi soal kecakapan mengemudi, kecakapan emosional serta kecakapan crisis management

    Bisa jadi bisa (bisa jadi racun maksudnya)

    [Reply]

  22. Emang benar pak, terkadang orang tua dianggap keras padahal itu salah satu cara mereka melindungi anaknya: )

    Beda generasi biasanya beda sudut pandang ya Mbak

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *