Home > Intermeso, Realita > King

King

May 31st, 2009

K

ing itu Raja. Bisa raja apa saja. Raja betulan, raja judi, raja hutan atau raja yang lain. Band Raja juga boleh.

Kang
Cuma beda di vokal, tapi nasibnya sangat kontras dengan King.
Kang adalah sinonim dari Mas, sebuah kata sapaan buat lelaki yang lebih tua atau kakak.

Di Jawa istilah Kang demikian akrab, mulai dari Jawa Barat sampai Jawa Timur, terutama oleh masyarakat pedesaan. Namun akhir2 ini sapaan tersebut dipakai juga buat para selebriti maupun blogger nasional semisal Kang Ibing, Kang Deddy, Kang Ebed, Kang Rohman, Kang Nawar dll yang terkesan lebih akrab dan ngetren.

Kong
Ini singkatan dari Engkong, dipakai masyarakat Betawi untuk sebutan Kakek. Dulu Itje Trisnawati pernah mempopulerkan lagu Duh Engkang. Karena Engkangnya dah tua, mungkin sekarang lagu itu jadi Duh Engkong

Kung
Mirip suara kodok ya…
Di Jawa, banyak para cucu memanggil Kakeknya dengan Yang Kung, singkatan dari Eyang Kakung. Buat para lelaki yang baca ini, semoga sampai ke masa dimana kita jadi Eyang Kakung alias Yang Kung…

Keng
Lha ini yang saya nggak bisa mendiskripsikan. Sudah keluarkan segala daya upaya tapi tetap gagal mengulas apa makna Keng…
Memang disebagian masyarakat Jawa ada yang memakianya walaupun sudah jarang, misalnya Keng Raka untuk sebutan suami, Keng Putra untuk anak dan Keng Rayi untuk menyebut adik. Ini termasuk Bahasa Jawa halus, kalau nggak salah artinya “ingkang” atau dalam bahasa Indonesianya adalah “nya“.

Pertanyaannya
Masuk kategori yang manakah Anda?
King, Kang, Kung, Kong apa Keng??

Semoga kita semua termasuk King !
[teriring salam buat King Sulumits Retsambew dari Akang Tukang Nggame…]

~ Grazie ~
Categories: Intermeso, Realita
  1. denologis
    May 31st, 2009 at 15:53 | #1

    saya, sebagai King, suka makan KangKung dan juga memelihara KengKong.

    Wew…
    Berarti sudah nggak biasa saja dong…

  2. M. Surya Iksanudin
    May 31st, 2009 at 16:15 | #2

    Diem aja ach bingung!

    diem itu emas…

  3. May 31st, 2009 at 16:21 | #3

    wong ndeso, tapi masih Keng rakanipun garwo kawulo… hahaha

    Mantaps Bahasa Jawanya…
    Siep!

  4. ircham
    May 31st, 2009 at 17:00 | #4

    Yang jelas saya bukan King dan Kong…. alias Kingkong

    hehehehe….

  5. May 31st, 2009 at 17:08 | #5

    saya masih kengkeng… hhhmmmm…

    Ngengkengi Linux opo ngengkengi Bu Noor?

  6. May 31st, 2009 at 17:34 | #6

    paling lucu soal lagu itje trisnawati itu.
    kalau nggak silap, engkongnya udah jadi almarhum tuh, mas.
    jadi bilangnya apa, dong?

    Apa ya?
    Saya malah ikut bingung juga Mbak…
    Duh Jrangkong kali ye…

  7. May 31st, 2009 at 18:54 | #7

    wkekekekekke kung kong kung kong, ada kang kung di makan king kong

    kuwi sing kang-kung-kang-kung ono kodoke lho…

  8. May 31st, 2009 at 20:18 | #8

    saya bukan king.. juga bukan kong.. tapi yg jelas saya nggak gitu suka ama Kangkung.. apalagi yg dijual oleh Kang Parman, penjual Kleng Keng di depan pasar hihihiiii

    Saya masih suka kangkung Mbak…

  9. May 31st, 2009 at 20:23 | #9

    saya masuk king pak, soale sering ditanyain king pundi mas guru? ya tak jawab king komen teng metamorphose
    Lha opo dikengken makan sayur kang-kung? atau nonton filem keng arok kang?

    Yang aneh dialog ini Mas:
    + : Njing nopo tindake?
    - : Njing Ngat Ngajeng…

  10. ciwir
    May 31st, 2009 at 21:15 | #10

    king kuwi motorku mbiyen…

    Jaman mbiyen nek tuku RX King entuk bonus clurit…

    ciwir’s last blog post..Museum Haji Widayat

  11. May 31st, 2009 at 22:07 | #11

    dulu ceKing di KangKung, sekarang jadi Kangmas…

    Maaf Mas Jaliteng…
    Commentnya tertangkap Akismet…
    Saya juga nggak tau knapa begitu.
    Ini sudah saya munculkan.

    masjaliteng’s last blog post..kangen

  12. May 31st, 2009 at 22:08 | #12

    kalau saya suka me kang kang

    Nek aku seneng nyawang wong mekangkang…

    endar’s last blog post..Setting Smart Modem di Ubuntu 8.10

  13. May 31st, 2009 at 22:26 | #13

    aku wis kadung nyapa pak mar dg sapaan pak, hehe … meh ganti kang mar kok rasane ora pantes, hiks.

    Keng Raka wae Pak…

    sawali tuhusetya’s last blog post..Sang Togog yang Terkebiri dan Terpinggirkan

  14. May 31st, 2009 at 22:53 | #14

    dulu ceKing pas di KangKung, sekarang Kangmas saja…

    Sekali lagi maaf, sampai commentnya harus mengulang…
    Semoga nggak terjadi lagi…

    masjaliteng’s last blog post..kangen

  15. kucrit
    June 1st, 2009 at 00:09 | #15

    sak niki kulo kaleh ka-kung kulo keng – ken kung kum golek kang kung nyambi me kang kang. salam kenal mas.. komentator baru nih..

    Salam kenal kembali Mas…
    Makasih sudah mampir kesini.
    Segera saya masukkan daftar.

    kucrit’s last blog post.."Apalah Arti Sebuah Nama" Refleksi Calon Pemimpin Bangsa

  16. Taktiku
    June 1st, 2009 at 00:22 | #16

    kyknya saya masuk kategori Kang :D

    Saya juga Kang kok Mas
    Kang Guru

    Taktiku’s last blog post..Pertarungan yang Dramatis

  17. ariosaja
    June 1st, 2009 at 02:57 | #17

    klo kaing.. apan tuh

    Kaing itu suara kodok bukan ya?
    Kodok yang lagi belajar Bahasa Asing…

  18. CSDW
    June 1st, 2009 at 04:01 | #18

    Kui Kengelan pak

    CSDW’s last blog post..Kenapa FB di hujat?

  19. June 1st, 2009 at 06:04 | #19

    Duh Engkong…
    Jadi inget Itje Trisnawati

  20. June 1st, 2009 at 06:05 | #20

    Postingan untuk Juni ditunggu lho Pak

  21. June 1st, 2009 at 06:29 | #21

    kalo Itje nyanyi duuhhh engkang .. itu maksudnya ke saya pak,
    tapi kalo dah duuhh engkong … sepertinya lebih pas ke pak mar deh hehehe …piss ah :)

    mascayo’s last blog post..Tidak Bisa Meninggalkan Komentar

  22. tuyi
    June 1st, 2009 at 07:29 | #22

    Kang…king….kong…
    saya masuk kategori..Kang yang nantinya jadi king setelah tua pasti jadi kong…

    tuyi’s last blog post..BH Yu Karti…

  23. June 1st, 2009 at 08:18 | #23

    abca komen-komennya jadi kongklok

  24. June 1st, 2009 at 09:24 | #24

    Hmmm, Kang King goleki As

    rayearth2601’s last blog post..Situs Mahkamah Agung di Hack

  25. June 1st, 2009 at 09:47 | #25

    “Kang ndi?” (dari mana / mas, mana?)
    “Keng pundi?” (dari mana / Say, (mana) pundi?)
    “Ko-ngono” (dari sana)

    Pradna’s last blog post..Tamu Allah

  26. June 1st, 2009 at 09:53 | #26

    sepertinya saya termasuk KingKong yang suka makan KangKung.. hohoho..

  27. June 1st, 2009 at 09:55 | #27

    komenku kok ilang terus Pak..
    apa salah dan dosaku? hikz..

  28. June 1st, 2009 at 10:31 | #28

    Pilih kwak,kwik,kwek aja .. he he kurang satu
    Kwok dah wakakakakakakak salama kenal (tuh salah lagi salam maksudnya)

    Net Surfer’s last blog post..Malware/Trojan di Bajakan MP3 Samson!

  29. June 1st, 2009 at 11:40 | #29

    saya asuk kategori “kang”. he2. ulasannya lucu tapi bagus.

    haris’s last blog post..Manunggaling Musik dan Gosip

  30. June 1st, 2009 at 12:00 | #30

    Kengeng nopo pak?

    *syukurlah saya tidak menemukan King Kong

    aprie’s last blog post..Pria Tanpa Rokok

  31. achmad sholeh
    June 1st, 2009 at 13:42 | #31

    enakan kang lebih akarb pak,tapi

    achmad sholeh’s last blog post..Tiada Orang Hebat Tanpa Orang lain

  32. achmad sholeh
    June 1st, 2009 at 13:44 | #32

    pak saya sudah nyoba yg njenengan ajari kemarin tapi kok bayang2nya ndak bisa dihilangin ya pakai apa pak ngilanginnya

    achmad sholeh’s last blog post..Tiada Orang Hebat Tanpa Orang lain

  33. masDan
    June 1st, 2009 at 15:36 | #33

    Saya kayaknya masuk Keng, Soalnya Susah Dideskripsikan …

    masDan’s last blog post..1 Juni : Mengejar “Istiqomah” dengan Baju Baru

  34. June 1st, 2009 at 16:35 | #34

    idenya ada aja teh buat nulis. salut salut!

    sinta’s last blog post..Tengok Balik Bulan Mei ^^v

  35. June 1st, 2009 at 17:36 | #35

    saya ndak masuk yang manapun, apalagi KING, karena saya QUEEN (blush)

  36. June 1st, 2009 at 17:59 | #36

    saya adalah kyng…
    hehe
    masih bisa terbaca juga kan

  37. June 1st, 2009 at 18:58 | #37

    yang enak biar orang lain yang menentukan mana yang pantas untuk kita…
    piye Kang?

    itempoeti’s last blog post..Neolib -Neoliberalisme-

  38. June 1st, 2009 at 19:28 | #38

    klo saya sih mw jadi KANG aja ag…
    siapa tw bisa jadi aKANGnya KING hehehe…

    bisa aja si mamang ngepost ini…
    unik banget postnya…

    lam kenal ya mang :D

  39. gajah_pesing
    June 1st, 2009 at 20:52 | #39

    Saia suka dipanggil Cak

  40. Cak Shon (mukhlason)
    June 1st, 2009 at 21:05 | #40

    aku kang hehe….. asli wong JOWO.

    Cak Shon (mukhlason)’s last blog post..bisakah: menghisap pil pahit, tanpa meringis kepahitan?

@marsudiyanto
silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~