Konversi Ukuran Image


Peringatan :
Tulisan ini sangat tidak populis, apalagi bagi yang nggak suka baca – hitung. Membaca tulisan ini hanya akan menyebabkan mata berkunang2 dan mual. Terpaksa saya munculkan karena alasan ketercukupan antara postingan review dengan postingan natural saja. Jadi cukup dibaca sampai disini saja.


Memasang gambar pada postingan selain memberi keindahan juga bisa memperkuat isi tulisan. Akan tetapi jika ukuran gambar tidak proporsional dan peletakannya tidak tepat, justru bisa berakibat sebaliknya.

Bagi yang terbiasa dengan software pengolah gambar hal itu tidak jadi kendala, tapi bagi yang pengin praktis biasanya lewat jalan pintas dengan cara mengubah ukuran gambar. Apabila tidak hati2, cara tersebut bisa mengakibatkan gambarnya mengalami penurunan kualitas, karena antara ukuran semula dan ukuran setelah diedit tidak menggunakan perbandungan yang tepat.

Contoh yang gampang, bila ukuran semula adalah 250 X 150, maka kalau disusutkan harus tetap berbanding lurus, misalnya 125 X 75 atau 200 X 120. Dengan kata lain perbandingan lebar dan tingginya tetap 5 : 3

Untuk menghitung konversi ukuran gambar, lihat dulu ukuran aslinya (klick kanan – properti), lalu kita tetapkan lebar yang dikehendaki. Langkah selanjutnya adalah menghitung tinggi yang baru dengan formula tinggi awal dibagi lebar awal dikalikan lebar baru.

Kalau saya seringnya menggunakan file MS Excel sederhana yang bisa dilihat disini. Tinggal dimasukkan ukuran semula dan ukuran lebar yang dikehendaki, maka tinggi yang baru akan menyesuaikan. Ini hanya alternatif saja, kalau dianggap nggak praktis ya jangan dipakai.

23 thoughts on “Konversi Ukuran Image

  1. Kalau di photoshop sudah ada constrains proprortionsnya ya pak.. Jadi perbandingannya tetap konsisten dan proporsional.. Kalo ngga, gambarnya bisa terlihat tidak indah lagi, meskipun tujuannya untuk memperindah..hehe

    [Reply]

  2. Pingback: Tweets that mention metaMARSphose ยป Konversi Ukuran Image -- Topsy.com
  3. setahuku saat ini hampir software pengolah gambar secara default setiap merubah ukuran lebar misalnya maka yang tinggi sudah otomatis mengikuti begitupun sebaliknya. CMIIW

    [Reply]

  4. Itu kalkulator untuk nghitung perbandingan ya pak? Bisa juga tuh diunduh. Tapi biasanya sy resize pake PS.

    [Reply]

  5. Beberapa aplikasi image editor biasanya sudah menyediakan tool untuk konversi image secara proporsional, bahkan aplikasi online yang free juga begitu. Tapi kalau kita tidak punya tool yang oke di notebook kita, boleh juga pakai perhitungan begini. Makasih tipsnya mas.

    [Reply]

  6. Saya pake picture manager karena gak bisa ngitung je
    Terima kasih tipnya mas
    salam hangat dari Surabaya

    [Reply]

  7. crop ae nggawe photoshop.. tentukan lebar imagenya saya, nanti ukuran tingginya akan menyesuaikan..

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *