Latihan Ujian

SEKOLAH DASAR TJAP KOEPOE
NASKAH LATIHAN UJIAN
Mata Pelajaran : IPA, IPS dan Matematika
waktu : 15 menit
(dimulai jam lebih menit)


Petunjuk Umum:
Karena yang membaca soal ini sudah di atas SD, maka apa yang ada disini ini hanya sebatas untuk bernostalgi saja, sekalian mengenang Guru SD kita. Tapi kalau mau dikerjakan ya bolah boleh saja.

Aren dapat dimanfaatkan untuk pembuatan….
A. minyak
B. gula
C. kertas
D. garam

Tumbuhan yang hidupnya sangat tergantung dari tumbuhan lain adalah….
A. Benalu
B. Anggrek
C. Mawar
D. Putri malu

Bagian yang berfungsi untuk menyerap cahaya adalah nomor…
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Mawar melindung diri dari gangguan musuhnya dengan ….
A. warna bunga menarik
B. batang berduri
C. bunga yang harum
D. kelenjar madu

Dampak negatif penggunaan bahan kimia yang berlebihan adalah…
A. detergen yang mencemari air
B. pestisida dapat membunuh tumbuhan
C. pupuk mematikan kupu-kupu
D. sabun mandi menjadikan kulit kering

Pak Gunadi, SH memanen padi seberat 2 ton 4 kuintal, setelah dijemur berat padi itu menjadi 2.325 kg. Padi itu susut seberat …
A. 55 kg
B. 35 kg
C. 75 kg
D. 45 kg

Angka 5 pada bilangan 124,356 menempati tempat …
A. persepuluh ribuan
B. perseribuan
C. persepuluhan
D. perseratusan

Faktor persekutuan terbesar dan kelipatan persekutuan terkecil dari 40 dan 60 adalah …
A. 20 dan 120
B. 40 dan 120
C. 60 dan 180
D. 40 dan 180

Yang merupakan Kerajaan Hindu tertua di Indonesia adalah… .
A. Majapahit
B. Kutai
C. Mataram Lama
D. Singasari

Sriwijaya mencapai puncak kejayaan ketika diperintah oleh … .
A. Dapunta Hyang
B. Satyakirti
C. Kertanegara
D. Balaputradewa


© tjap koepoe biroe


48 thoughts on “Latihan Ujian

  1. Ternyata saya bisa menyelesaikannya dalam waktu 2 detik… 😀

    [Reply]

    Oyen Reply:

    kok ora ono soal kimono, napoleon, ptolomeus karo fernande olivier yo…kui soal jaman biyen kabeh, ndisik aku iso… 😀

    [Reply]

  2. walah saya kok gak paham dalam waktu 2 detiknya pak ? he he
    yang pasti saya selalu mendapatkan yang baru di sini 🙂

    [Reply]

  3. ingat waktu EBTANAS dulu pak … selalu ada yang unik di blog ini

    [Reply]

    Mars Reply:

    Mari bernostalgia semasa kita SD Mas.
    Mengenang masa itu bisa lewat media apa saja, termasuk mengenang soal2nya…

    [Reply]

  4. Ni pasti ada yang neko2, ntar balik lagi ah …. *jawabannya dah tak tulis*

    [Reply]

    Mars Reply:

    Nggak ada maksud lain selain mengajak pembaca bernostalgia…

    [Reply]

  5. Mangsutnya disuruh membaca ato njawab pak?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Iki nggo pengeling-eling thoke kok Pak.
    Sing nduwe anak cilik ben nyinaoni…

    [Reply]

  6. A, A, C, B, B, C, D, lali, B, C

    mbuh wi bener piro…

    sing penting nggarap tur gak nyonto google.. hahaha…

    [Reply]

    Hari Mulya Reply:

    NO 8 = A.. bener ga Pak?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Biji 10 dibagi wong 2… 😀

    [Reply]

  7. sek..sek…buku sekolahku wis mlebu karung, katone wis di gowo pemulung, tak njilih tonggo kampung, ngko nek wis nemu tak sinau ben ora bingung, sopo ngerti nek lulus iso di tembung, di dadekno pewaris tahta koepoe biroe…..bukan begitung?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Durung tau dipentung… 😆

    [Reply]

  8. yaakkkk, maap pak aku terlambat 3 menit..!
    akan aku kerjakan tugas ini dari BIM, Insya Allah ntar sampe di cengkareng tugas aku serahkan

    [Reply]

    Mars Reply:

    Ini bukan tugas kok Bun…
    Sebatas media mengenang masa indah di SD dowang…

    [Reply]

  9. weleeehhh kok “waktu ujian dimulai”-nya ganti siyh Pak..??????? jadi kapan mulainya neeeh?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Pengaruh magnet Selat Sunda Bun, jadi jamnya terganggu… 😀

    [Reply]

  10. jangan sampe pesawat-ku udah take off belum dimulai juga. :bingung: :takutnggalulus:

    [Reply]

    Hari Mulya Reply:

    Bundo dah seLesai beLum?
    aku nyontek dunk…!! 😆

    [Reply]

  11. ini disuruh jawab apa wat latihan ajah?

    hemm aku itun9 itun9an a9ak lemod jadi mun9kin salah 😀

    kebanyakannya jawabannya B dan A hehe

    [Reply]

    Mars Reply:

    Ini hanya untuk dilihat2 saja…
    Tapi kalau dikerjakan juga boleh, sambil nostalgia

    [Reply]

  12. Gampil tur sipil pak

    [Reply]

    Mars Reply:

    Jelas gampil lha wong iki Just For SD Dowang… 😀

    [Reply]

  13. jawaban soal sudah dikirimkan Pak Guru via T**I.
    lalu, kapan rahasianya bikin soalanya kan dibagikan ya 😀
    salam

    [Reply]

    Mars Reply:

    😀
    Ini hanya untuk bernostalgia saja Bun…
    Tapi kalau mau dikerjakan sungguhan ya malah siep!!

    [Reply]

  14. jadi inget acara orang gede lawan anak SD di TV…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Acara yg menarik Mas…
    Saya juga suka acara tersebut!

    [Reply]

  15. sek pak, tak tanya anakku dulu blm pulang sekolah ….

    [Reply]

    Mars Reply:

    Kerjasama yang diharapkan…

    [Reply]

  16. Mo jawab bingung om, cos nggak ada nomornya…. he…3x!!!, salam 🙂

    [Reply]

    Mars Reply:

    Nggak harus dijawab kok Mas…
    Sekedar mengakrabkan kita dengan suasana SD saja…

    [Reply]

  17. susah banget bagi diriku yang gaptek ini

    [Reply]

    Mars Reply:

    Wong sing ngerti nek dirine gaptek kuwi malah wong sing ora gaptek… 😀

    [Reply]

  18. Pak Mar… Blog saya dah jadi… Cara ganti Font dan Color Title Blog.nya bagaimana Pak?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Tak tuliske langsung ning Blogmu wae… 😀

    [Reply]

  19. lha.. mau nggak mau pikiran ini nggak sekedar baca je pak.. kok jd berusaha nyari jawabanya ha..ha…
    **aku sing ga isa perkara mata kuwi.. lali babar blas 🙂

    [Reply]

  20. Kalo soal pilihan kek gini sih gampang aja njawabnya… tinggal itung kancing, trus disilang deh :mrgreen:
    Jadi ingat jaman SD dulu, betapa seringnya saya itung kancing waktu ujian 🙂

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *