Home > Ekspresi, Realita > Lebih Mengenal Susu

Lebih Mengenal Susu

Dari banyak peribahasa, ada dua yang sangat terkenal dan kebetulan keduanya memuat kata “susu”. Peribahasa tersebut adalah “Air susu dibalas air tuba” dan “Gara-gara nila setitik rusak susu sebelanga“.

Terkait dengan dua peribahasa tersebut, saya melakukan survey kecil2an terhadap 120 siswa. Secara mutlak 100% responden mengaku pernah mendengar dan mempelajari peribahasa itu. Demikian pula kesemua mereka tau dan mengerti apa itu susu.

Hasil memprihatinkan muncul ketika saya tanya tentang tuba, belanga dan nila. Yang menjawab tau tentang 3 kata tersebut tak lebih dari 20 orang. Itu berarti sebagian besar siswa tak begitu tau tentang apa yang dipelajari dan dihafalkannya selama ini.

Mereka tak kenal belanga karena telah punah tergusur oleh aluminium dan teflon. Mereka tak kenal tuba karena nggak pernah jalan-jalan ke pematang sawah. Lalu Nila, setau mereka itu adalah jenis warna dan bahkan ada yang mengira nama perempuan.

Peribahasa adalah warisan yang perlu dijaga kelestariannya. Saya khawatir jika peribahasa cuma sekedar dihafal tanpa tau arti kata yang ada di dalamnya. Bagaimana bisa memahami peribahasa “Seperti telur di ujung tanduk” jika tak tau apa itu telur dan apa itu tanduk.

Jangan sampai peribahasanya menjadi “Gara-gara narkotika setitik rusak susu sekontainer” atau “Air susu dibalas dengan air comberan“. Biarlah tetap seperti aslinya.

~ Grazie ~
Categories: Ekspresi, Realita
  1. July 29th, 2013 at 14:00 | #1

    terus terang Pak MArs, saya sendiri juga belum seberapa ngeh dengan arti tuba dan belanga, kalau nila pernah tahu meskipun masih ngawang-ngawang..

    Belanga itu peralatan masak, tuba itu sejenis rumput beracun

    [Reply]

    Bung Eko Reply:

    Tuba biasa dipake ngeracun ikan di sungai. Karena perkembangan jaman, sekarang ngeracunya pake strum. Medeni..

    Jaman saya kecil, tuba malah dipakai untuk obat gudhig Mas… :D

    [Reply]

  2. July 29th, 2013 at 14:19 | #2

    Ini betul sekali pak …
    percuma hafal seribu peribahasa dan maknanya
    bila tidak mengetahui arti kata per kata dari peribahasa tersebut

    salam saya Pak Mars

    Iya Om…
    Bukan cuma kata2 tanpa makna, tapi memang perlu tau apa yg dimaksud oleh sebuah kata

    [Reply]

    nh18 Reply:

    BTW …
    Tuba juga berarti alat musik tiup
    Nila juga berarti salah satu nama Ikan :)

    Tuba itu juga nama danau terkenal Om :D

    [Reply]

  3. lieshadie
    July 29th, 2013 at 15:24 | #3

    Ulasan Pak Mars selalu menarik..dan selalu bikin saya..o iya ya..

    Hahahaha
    Oooo, iya ya… :D

    [Reply]

  4. July 29th, 2013 at 15:38 | #4

    survey yang menarik pak mars :D

    kalo saya sudah tahu arti belanga, tuba, dan nila pak mars :D

    Berarti masuk kategori yang 20 siswa itu… :D

    [Reply]

  5. July 29th, 2013 at 16:00 | #5

    huahahaha… aku dewe yo ra tau pasti apa itu nila, tuba, dan belanga hahaha..

    *berati aku anak jaman saiki ya..*

    Peribahasane ra pati sokheh

    [Reply]

  6. July 29th, 2013 at 16:24 | #6

    Seiring perkembangan jaman, mungkin akan berubah juga. Karena nggak ada yang mengenal.

    Tapi kalau berubah kayak gitu kayaknya kok nggak familiar di telinga. Soalnya kan sudah turun-temurun darisananya sudah begitu. Meskipun nggak tahu benda aslinya, tapi tahu makna yang disampaikan.

    Familiar tidaknya itu karena belum disosialisasi Mas…

    [Reply]

  7. July 29th, 2013 at 17:58 | #7

    air susu dibalas dengan air kopi = kopi susu #sruputkebul

    Plus Gudang Garam Internasional

    [Reply]

  8. bend
    July 29th, 2013 at 19:46 | #8

    nduwurku iki poso2 ngajaki ngopi ae? :(

    Sudah saatnya buka karena jamnya sudah jam 17.58 :D

    [Reply]

  9. July 29th, 2013 at 20:21 | #9

    meningkatnya kata serapan baru agak menenggelamkan kosa kata yang sebelumnya tenar Pak.
    Susu lebih dikenal karena lagu pok ame-ame ada lirik..kalau malam minum susu
    Salam

    Kupu2 juga minum susu Bu…

    [Reply]

  10. July 29th, 2013 at 21:56 | #10

    air susu dibalas dengan air sirup.. #buka puasa

    Dibalas lagi dengan es kolak :D

    [Reply]

  11. July 29th, 2013 at 22:30 | #11

    assalamu alaikum pak mars, mau tanya nih.
    kalau di blogspot, membuat daftar isi jumlah postingan seperti di katalog punya pak mars gimana ya? Mau tak taruh di laman mandiri/static page gitu pak mars. Biar halaman depan nggak terlalu banyak.

    makasih sebelumnya :-)

    Bisa lihat di http://warung-html.blogspot.com/2013/03/kode-daftar-isi.html

    [Reply]

  12. July 30th, 2013 at 03:29 | #12

    nila saya tuba itu apa sih pak? jujur saya ga tau. cuma tau belanga.

    Tuba itu sejenis rumput beracun Mas…
    Kalau nila saya juga nggak tau secara pasti :D

    [Reply]

  13. July 30th, 2013 at 04:40 | #13

    Sepakat sm Pak Mars :)
    wkt itu saya ga tau artinya belanga itu apa, lalu saya tanyakan ke papa saya hihihi

    Orang jaman sekarang pastinya sudah nggak tau apa itu belanga, karena barangnya sudah langka Mbak

    [Reply]

  14. July 30th, 2013 at 09:00 | #14

    Masalahnya peribahasa mengambil benda-benda atau logika jaman lahirnya sebagai analogi, Pak Mars..Jaman sekarang mana ada periuk belanga..Jadi bisa dimaklumi jika siswa gak ngerti banget apa makna di belakang peribahasa. Kecuali saat mengajarkan pada siswa, para guru membawa alat peraga :)

    Iya Bu…
    Jaman sekarang sudah beda era, sehingga guru musti pandai jadi mediator untuk menyambungkan antara era yg berbeda.
    Kalau guru nggak berusaha menjelaskan, lama2 semua ikut punah. Nggak cuma bendanya tapi juga peribahasanya

    [Reply]

  15. miko
    July 30th, 2013 at 09:35 | #15

    hha, aku juga ga tau air tuba itu apa, tapi dari pribahasanya konotasinya negatip

    Tuba itu rumput yang mengandung racun Mas

    [Reply]

  16. July 30th, 2013 at 09:47 | #16

    Saya bersyukur menjadi wong nDeso pak. Jadi mengerti arti ketiga kata tersebut.

    Wong nDeso biasanya malah lebih tau hal2 yang sudah langka ya Mas.
    Saya juga Wong nDeso

    [Reply]

  17. July 30th, 2013 at 09:47 | #17

    Karena susu lebih mudah diingat, Pak. ;))
    Kalau pribahasa, biasanya saya hanya menerawang saja, Pak. Ampuun deh. . .

    Hahahaha
    Iya, saya juga termasuk yang ingat susu

    [Reply]

  18. July 30th, 2013 at 10:10 | #18

    kebanyakan orang suka susu mungkin ya pak jadi diambil kata susu untuk peribahasa

    Mungkin karena “susu” disukai semua umur Mbak :D

    [Reply]

  19. July 30th, 2013 at 10:12 | #19

    mereka lebih kenal susu karena “manis” pak, hehehhehehehehe

    Nila juga manis…
    Namanya Nila Ubaidah, murid saya :D

    [Reply]

  20. July 30th, 2013 at 13:57 | #20

    Soalnya guru bahasanya galak galak pak, nggak berani tanya, coba gurunya kaya pak Mars, pasti tanya, apa itu tuba pak?, apa itu nila pak?, apa itu belanga pak? :D

    Pok ame2, belanga kupu-kupu

    [Reply]

  21. July 30th, 2013 at 16:20 | #21

    yang dihapal murid2 biasanya: guru kencing berdiri murid kencing ditoilet

    Murid kencing di toilet tapi kalau nggak berdiri ya bisa basah kuyup Mas…
    Tetap harus berdiri

    [Reply]

  22. July 30th, 2013 at 16:50 | #22

    belanga itu artinya mulus ya pak, ga belang sih..?
    kalo susu ya susulah
    kalo tuba alat reproduksi ya, fallopian tuba…

    Kalau nggak belang itu a-belang :D
    Sama seperti a-moral atau a-susila

    [Reply]

  23. July 31st, 2013 at 20:33 | #23

    Tuba sering dipakai untuk meracun ikan pada jaman dulu. Kolam ikan saya pernah dituba oleh tetangga yang nakal
    Hanya nila saya yang belum tahu
    Salam hangat dari Surabaya

    Jaman dulu tuba dipakai juga buat ngobati kudis Dhe

    [Reply]

  24. August 6th, 2013 at 11:29 | #24

    Saya baru tahu arti tuba di sini :oops:
    Nila itu warna biru, Om. Nek susu sak belangan ditetesi warna biru setitik ya ancur kabeh :D

    Nggak gitu2 hancur. Justru jadi susu berwarna.

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~