Home > Realita > Listrik Indonesia

Listrik Indonesia

October 21st, 2013 Leave a comment Go to comments

Tulisan ini tidak diikutkan dalam lomba menulis tentang “PLN Bersih”, tidak juga sedang mengkritik kinerja PLN dalam memenuhi pasokan listrik di sebagian wilayah Sumatera yang byar-pet. Ini tentang penggalan perjalanan sejarah listrik di Indonesia.

Dulu, tegangan listrik di Indonesia adalah 110 Volt. Menurut para ahli, tegangan 110 Volt jauh lebih aman ketimbang yang 220 Volt. Tapi atas tekanan Amerika pada masa itu (sebagai kompensasi atas dolar yang dipinjamkannya), maka era tegangan 110 Volt itu berakhir.

Berikut cuplikan tulisan yang dimuat Majalah Tempo tanggal 7 Oktober 1972 :
“Satu di antara rencana pengembangan perlistrikan di Indonesia oleh PLN adalah merubah tegangan 110 volt menjadi 220 volt. Rencana perubahan ini termasuk dalam persyaratan kredit 15 juta dollar AS dari Bank Dunia pada Indonesia.”

Ternyata intervensi negara luar (baca : Amerika) terhadap Indonesia sudah terjadi sejak jaman dahulu hingga sekarang, bahkan sampai ke tegangan listrik segala. Anehnya, Amerika Serikat sendiri masih bertahan pada tegangan 120 Volt.

Berikut daftar negara dengan voltase listriknya

Afghanistan
Albania
Algeria
Am.Samoa
Andorra
Angola
Anguilla
Antigua
Argentina
Armenia
Aruba
Australia
Austria
Azerbaijan
Azores
Bahamas
Bahrain
Balearic Is.
Bangladesh
Barbados
Belarus
Belgium
Belize
Benin
Bermuda
Bhutan
Bolivia
Bosnia Herzegovina
Botswana
Brazil
Brunei
Bulgaria
BurkinaFaso
Burundi
Cambodia
Cameroon
Canada
Canary Is.
Cape Verde
Cayman Is.
Central African
Chad
Chile
China
Colombia
Comoros
Congo
Cook Islands
Costa Rica
Croatia
Cuba
Cyprus
Czech Rep.
Dem. Rep.ofΒ Congo
Denmark
Djibouti
Dominica
Dominican Republic
East Timor
Ecuador
Egypt
El Salvador
Equatorial Guinea
Eritrea
Estonia
Ethiopia
Faeroe Is.
Falkland Is.
Fiji
Finland
France
Fr. Guyana
Gabon
Gambia
Gaza
Georgia
Germany
Ghana
Gibraltar
Greece
Greenland
Grenada
Guadeloupe
Guam
Guatemala
Guinea
Guinea-Bissau
Guyana
Haiti
Honduras
Hong Kong
Hungary
Iceland
India
Indonesia
Iran
Iraq
Ireland
Isle of Man
Israel
Italy
Jamaica
Japan
Jordan
Kazakhstan
Kenya
Kiribati
Korea, North
Korea, South
Kosovo
220V
230V
230V
120V
230V
220V
110V
230V
220V
230V
120V
230V
230V
220V
230V
120V
230V
230V
220V
115V
220V
230V
110V/220V
220V
120V
230V
230V
230V
230V
127V/220V
240V
230V
220V
220V
230V
220V
120V
230V
230V
120V
220V
220V
220V
220V
110V
220V
230V
240V
120V
230V
110V/220V
230V
230V
220V
230V
220V
230V
120V
220V
120V
220V
115V
220V
230V
230V
220V
230V
240V
240V
230V
230V
220V
220V
230V
230V
220V
230V
230V
230V
230V
230V
230V
230V
110V
120V
220V
220V
240V
110V
110V
220V
230V
230V
230V
230V
230V
230V
230V
230V
230V
230V
110V
100V
230V
220V
240V
240V
110V/220V
110V/220V
230V
Kuwait
Kyrgyzstan
Laos
Latvia
Lebanon
Lesotho
Liberia
Libya
Liechten stein
Lithuania
Luxembourg
Macau
Macedonia
Madagascar
Madeira
Malawi
Malaysia
Maldives
Mali
Malta
Martinique
Mauritania
Mauritius
Mexico
Micronesia
Moldova
Monaco
Mongolia
Montenegro
Montserrat
Morocco
Mozambique
Myanmar
Namibia
Nauru
Nepal
Netherlands
Netherlands Antilles
New Caledonia
New Zealand
Nicaragua
Niger
Nigeria
North Korea
Norway
Oman
Pakistan
Palau
Panama
Papua New Guinea
Paraguay
Peru
Philippines
Poland
Portugal
Puerto Rico
Qatar
RΓ©union Island
Romania
Russian Federation
Rwanda
Samoa
San Marino
Saudi Arabia
Senegal
Serbia
Seychelles
Sierra Leone
Singapore
Slovakia
Slovenia
Somalia
South Africa
South Korea
Spain
Sri Lanka
St. Lucia
St. Vincent
Sudan
Suriname
Swaziland
Sweden
Switzerland
Syria
Tahiti
Taiwan
Tajikistan
Tanzania
Thailand
Togo
Tonga
Trinidad & Tobago
Tunisia
Turkey
Turkmenistan
Turks & Caicos Is.
Uganda
Ukraine
United Kingdom
Uruguay
USA
Utd. Arab Emirates
Uzbekistan
Venezuela
Vietnam
Virgin Islands
Yemen, Rep. of
Zambia
Zimbabwe
240V
220V
230V
230V
230V
220V
120V
127V/230V
230V
230V
230V
220V
230V
127V/220V
230V
230V
240V
230V
220V
230V
220V
220V
230V
127V
120V
230V
230V
230V
230V
230V
220V
220V
230V
220V
240V
230V
230V
127V/220V
220V
230V
120V
220V
230V
110V/220V
230V
240V
230V
120V
120V
240V
220V
220V
220V
230V
230V
120V
240V
230V
230V
220V
230V
230V
230V
127V/220V
230V
230V
240V
230V
230V
230V
230V
220V
230V
110V/220V
230V
230V
230V
230V
230V
127V
230V
230V
230V
220V
220V
110V
220V
230V
220V
220V
240V
115V
230V
230V
220V
120V
240V
230V
230V
220V
120V
240V
220V
120V
220V
110V
230V
230V
240V

Ada beberapa negara yang mampu menyediakan dua alternatif pilihan tegangan untuk warganya, seperti Korea Selatan, Arab Saudi, Brazil. Tapi yang paling hebat dalam melindungi warga negaranya pastilah Jepang, satu2nya negara dengan tegangan listrik 100 Volt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Tegangan 110 Volt, bukalah Google kemudian ketik “Tegangan 110 Volt” dan lihat hasil pencariannya.

~ Grazie ~
Categories: Realita
  1. October 21st, 2013 at 12:46 | #1

    kirain Pak MArs ikutan GA PLN πŸ™‚

    Hahahaha
    Belum tertarik ikut lomba review PLN Mbak…
    Layanan PLN masih jauh dibawah standar

    [Reply]

  2. lieshadie
    October 21st, 2013 at 13:59 | #2

    Bisa minjem tulisan nih Pak Mars… πŸ™‚

    Boleh saja Mbak πŸ˜€

    [Reply]

  3. October 21st, 2013 at 14:01 | #3

    ternyata kita dijajah dalam segala bidang ya pak

    Iya Mas…
    Sudah sejak dulu kita di stir Amerika

    [Reply]

  4. Intan Sudibjo
    October 21st, 2013 at 14:18 | #4

    memang hubungannya apa tegangan listrik sama bank Dunia pak? maklum belum paham kalo masalah beginian pak ehehe

    Hubungannya ya Indonesia makin dicengkeram Mas…
    Disatu sisi Indonesia butuh pinjaman, dan yang ngasih pinjaman mendikte keperuntukannya

    [Reply]

  5. October 21st, 2013 at 15:20 | #5

    Hati2 aah.. takut nyetrum.

    220 memang setrumnya lebih mematikan Bu πŸ˜€

    [Reply]

  6. October 21st, 2013 at 15:47 | #6

    makanya sering terjadi korsleting dan kebakaran akibat listrik pak

    Itu salah satu efeknya Mas…
    Masyarakat masih mempertimbangkan murahnya, sehingga kabel yg dipakai sangat dibawah standar.
    Dan ini sangat bahaya untuk tegangan 220 V

    [Reply]

  7. October 21st, 2013 at 16:42 | #7

    saya masih ingat, ketika PLN mengubah voltase menjadi 220 banyak barang menjadi tidak terpakai lagi. Bahkan karena lupa dan tidak tahu beda antara 220 dan 110, barang lama ditancapkan begitu saja di jalur yang baru akibatnya peralatan jadi rusak.
    Ssaya baru tahu sekarang Pak kalo perubahan itu karena berhubungan dengan politik dan interfensi amrika

    Selain banyak alat rusak, juga banyak masyarakat yang bingung karena pengetahuan pada saat itu belum cukup untuk mensiasati bagaimana ngakali voltase agar alat 110 bisa jalan di voltase 220.
    Selain itu belum banyak tersedia alat untuk mengubah voltase di pasaran.
    Kalaupun ada, harganya tak terjangkau Pak…

    [Reply]

  8. October 21st, 2013 at 17:45 | #8

    saya masih belum ngeh nih Pak Mars, kira2 apa ya keuntungan amrika sehingga pln harus pindah pake 220 v diluar selain alat listrik baru yang 220 v harus ambil dari perusahaan amrika..

    Mungkin uang pinjaman yang dikucurkan itu salah satunya ya untuk biaya pengadaan peralatan baru Mas… πŸ˜€

    [Reply]

  9. October 21st, 2013 at 22:09 | #9

    Top page …
    Halaman pertama

    Mantap !!!

    Salam saya Pak Mars

    Itu tercapai secara nggak sengaja Om.
    Postingannya sudah lama sekali dan ternyata banyak dicari.
    Terima Kasih dan salam kembali

    [Reply]

  10. October 22nd, 2013 at 06:24 | #10

    pernah setrikaan dan tape recorder rusak gara2 nggak ngerubah voltase,
    jaman dulu alat elektronik kan ada tombol2 itu,
    setrikaan baru yg 110 langsung rusak krn listrik di rumah udah 220

    Saat itu sebagian orang masih sangat awam akan dual voltage ya Bu…

    [Reply]

  11. October 22nd, 2013 at 07:58 | #11

    Saya termasuk yang dirugikan waktu itu, banyak peralatan listrik yang dibeli dengan menabung tak berfungsi lagi. Indonesia memang milik negara lain, kita penduduknya hanya dapat sisa-sisanya, saya jadi meragukan diri sendiri apakah saya benar-benar Warga Negara Indonesia karena untuk memenuhi kebutuhan hidup dapat uang dan menghabiskan uang dari dan kembali lagi ke Warga Negara Asing.

    Saat perubahan dari 110 ke 220 volt itu pemberitaan di media masa belum luas seperti sekarang sehingga gejolaknya juga tidak sampai ke daerah.
    Andai itu terjadi di era sekarang, pasti mahasiswa pada demo πŸ˜€

    [Reply]

  12. October 22nd, 2013 at 11:48 | #12

    Wah…wah…kok kita manut saja to yo, Om? Nek gak manut gak diutangin gitu yak? Memprihatinkan ya. Padahal kan kita negara kaya raya, punya emas, minyak, uranium, lha kok masih ngutang saja πŸ™

    (komen ngelantur)

    Listrik di kawasan rumah saya juga kadang byar pet ndak karuan. mati cuma 10 detik, idup lagi. Ntar 4 ja kemudian gitu lagi. Kalo kulkas rusak gak boleh di klaim πŸ™

    Di setiap masa, pemilik modal selalunya yang lebih berkuasa Mbak πŸ˜€
    Apalagi kalau itu modal asing. Di dunia ini nggak ada dolar yang dipinjamkan tanpa embel2…

    [Reply]

  13. October 22nd, 2013 at 18:37 | #13

    baru tahu kalau tegangan 220V intervensi dari amerika

    Saat itu pemberitaan belum seperti sekarang Mas, sehingga rakyat banyak yang nggak tau jika itu adalah permintaan Amerika

    [Reply]

  14. October 22nd, 2013 at 18:38 | #14

    Biyen pas jik 110 nek kesetrum gak wedi mati. Trus pas teganganne diganti 220 nek kesetrum rodok wedi nek mati. Dadine pas 220 luwih ngati ati ben gak mati. Hahaha..

    Saat 110 volt nyetrumnya cuma bikin terkejut…
    Nek jaman saiki setrumane nyokot… (malah mbrakot)

    [Reply]

  15. October 22nd, 2013 at 22:11 | #15

    reverensinya mantab, pak …

    Makasih Mas Haris…

    [Reply]

  16. October 23rd, 2013 at 07:24 | #16

    Klo ameriqa mengintervensi agar kita ke 220 volt, ameriqa sendiri kok malah nggak 220 kenapa pak?

    Hahahaha
    Ini mental makelar.
    Makelar bis malam bengak-bengok pulogadung-Pulogadung, tapi ketika orang lain pada naik, dia sendiri malah nggak ikut naik.

    [Reply]

    achmad sholeh Reply:

    emang ame rika kan sukanya nggak ingin di samain dg negara lain mas

    Kita diakali Amerika sejak Orde Baru…

    [Reply]

  17. October 25th, 2013 at 17:38 | #17

    wah ternyata tegangan saja harus sendiko dawuh sama orang asing nggih Pak

    Iya Mas…
    Mesti monat-manut pada yang ngasih utangan πŸ˜€

    [Reply]

  18. October 25th, 2013 at 22:28 | #18

    dulu 110 berubah jadi 220, kalau sekarang 220 apa mungkin akan naik lagi tegangannya ya?

    Kalaupun naik, yang naik adalah taripnya Mas πŸ˜€

    [Reply]

  19. October 28th, 2013 at 13:14 | #19

    saya sepertinya nggak ngalami masa tegangan 110 volt Pak Mars.

    Mengenai listrik di Sumatra yang byar pet, sungguh, warga daerah sini yang menggunakan listrik dari PLN selalu mengalami kejadian itu. Tak tanggung-tanggung, pemadaman bisa berlangsung hingga 10 jam (pemadaman atau bener-bener padam ya?) tapi untuk kabupaten Pelalawan, Riau, pasokan listrik sebagian dibeli Pemda dari perusahaan tempat kami tinggal. Secara perusahaan tersebut memiliki pembangkit sendiri berkekuatan lebih dari 20 mega watt, dari turbin gas.

    Yang kasihan adalah daerah yang kemampuan anggarannya rendah ya Mbak, bisanya nunggu apa yang tewrjadi saja alias pasrah…

    [Reply]

  20. October 28th, 2013 at 23:17 | #20

    wah benar2 keterlaluan ya…masalah tegangan listrik aja ditentuin negara asing…bisa jadi hal2 besar lainnya banyak yang ditentuin negara asing,ini juga peran petinggi kita yang masih senang diakalin ya pak…

    Jika itu terjadi pada masa sekarang mungkin akan menimbulkan demo dan gejolak di mana2 ya Mas.
    Tapi karena saat itu penyebaran informasi belum seperti saat ini, maka ya aman2 saja.
    Saat itu belum ada TV swasta

    [Reply]

  21. October 29th, 2013 at 07:45 | #21

    yg byar pet bukan Sumatra aja pak, Kalimantan juga sama parahnya πŸ™

    Jawa juga ada byarpetnya tapi ndak begitu parah

    [Reply]

  22. asepsaiba
    October 29th, 2013 at 13:59 | #22

    Wah, baru tahu sejarahnya kenapa kita pake voltase 220 Volt…

    Lama tak berkunjung nih… Salam pak Mars..

    Salam kembali Mas Asep…

    [Reply]

  23. October 30th, 2013 at 06:38 | #23

    Mantab pak…..

    Yang repor kalau berkunjung ke negara lain yang tegangan nya berbeda….nomor satu yang dicek tegangan nya dulu, kalau tidak alat-alat yang kita bawa rusak>

    Padahal yang berkunjung ke negara lain itu belum tentu paham perbedaan tegangan listrik ya Bu

    [Reply]

  24. EventJogja
    October 30th, 2013 at 07:23 | #24

    wah ternyata dulu ceritanya begitu tho, baru tau lho pak, standar kualitas keamanan perlistrikan nasional memang perlu perbaikan πŸ˜€

    Yang lebih memprihatinkan adalah mutu kabel yang dijual di pasaran Mas.
    Banyak yang di bawah standar

    [Reply]

  25. October 30th, 2013 at 18:55 | #25

    dumeh ngutangi ya Pak, wenang ndikte. Salam

    Asumsi bahwa uang bisa ngatur segalanya makin jelas ya Bu…

    [Reply]

  26. October 30th, 2013 at 19:32 | #26

    Hutang memang membuat kita jadi mudah disetir ya..

    Dalam skala kecil juga begitu…
    Pemberi pinjaman biasanya juga menyertakan persyaratan…
    Dipinjami dana buat beli pupuk tapi kalo panen musti dijual ke dia dll.

    [Reply]

  27. slamet camry
    November 1st, 2013 at 10:55 | #27

    biar semua pembangkit dan jaringan ganti yg baru g’ nglungsur peninggalan belanda.

    Nah mungkin seperti itu Mas πŸ˜€

    [Reply]

  28. November 1st, 2013 at 14:23 | #28

    kok ya bisa dapet data tegangan tiap negara itu lho.. pftt..

    Kalau data seperti itu kan banyak yang jual Pak πŸ˜€

    [Reply]

  29. November 2nd, 2013 at 12:51 | #29

    Pak Mars hebat, bisa dapat data segitu banyak. Meksipun di Google ada tapi apa nggak males nulis satu-satu begitu wkwk
    Sampe nemu koran Tempo jadul segala, ckck..

    Hahahaha
    Itu saya copy ke Excel, trus dari Excel baru didistribusikan ke postingan Mbak πŸ˜€

    [Reply]

  30. November 6th, 2013 at 16:57 | #30

    nice pos gans kunjungan sore

    [Reply]

  31. November 7th, 2013 at 22:28 | #31

    mungkin yang menjadi pertanyaan #saya adalah mengapa usa memaksa indo moving ke 220v? Apa tujuannya agar sumber energi di indonesia lekas habis? Gimana menurut #mister?

    [Reply]

  32. November 8th, 2013 at 10:32 | #32

    baru tahu sejarah voltase 220 di sini.. jempol pak mars, bisa nampilin data bejibun gitu

    [Reply]

  33. November 13th, 2013 at 10:48 | #33

    voltase 220 memang sangat merugikan sekali untuk negara indonesia, karena timbul efek yang jelek, dan yang lebih parah nya lagi di daerah pik.kopti pernah mati selama 3 hari berturut-turut sampai pada akhirnya warga demo, karena mereka tidak bisa jualan di akibatkan kekurangan air dan lain sebagainnya…

    [Reply]

  34. November 17th, 2013 at 07:28 | #34

    Kalau gak salah tegangan rendah justru lebih berbahaya dalam transmisi listrik krn arus (current) jadi tinggi sekali.

    [Reply]

  35. November 29th, 2013 at 06:37 | #35

    lah baru tahu kalau 110V lebih aman. cuma kenapa lebih aman ?
    tapi logikanya membangkitkan 110V lebih hemat daripada 220V , he he he bener gak ya ?

    [Reply]

  36. December 5th, 2013 at 15:33 | #36

    trus kalo sdh terlanjur bawa alat elektronik dr amrik kl mau disetel disini gmn ya pak biar ga rusak? apa cukup pake stabilizer aja? thanks

    [Reply]

  37. listrik
    August 13th, 2016 at 13:55 | #37

    hahaha tidak ada hubungannya, Indonesia (dan banyak negara lain di dunia) pindah ke standar 220-240v karena memang standar ini dinilai paling efektif dan efisien dalam transmisi listrik dari gardu listrik ke konsumen. Dengan tegangan yang lebih tinggi (220v) maka besaran kabel yang digunakan lebih kecil dibandingkan bila menggunakan tegangan lebih rendah (110v) untuk mentransmisikan daya yang sama, memang benar tegangan 220v lebih mematikan jika tersentuh manusia tapi kerugian ini jauh lebih kecil (dan jarang terjadi) dibandingkan biaya yang dikeluarkan untuk membangun infrastruktur listrik 110v. Lalu mengapa amerika dan jepang masih menggunakan 110-120v? pada awalnya memang untuk alasan keamanan tetapi pada saat era 220-240v dimulai infrastruktur dan peralatan elektronik disana sudah terlanjur berkembang pesat dengan standar 110-120v, di amerika pada tahun 50-60an mayoritas penduduknya sudah menggunakan AC, kulkas, microwave, pemanas ruangan listrik dll sehingga biaya untuk berpindah ke 220-240v sangat besar. Meski mayoritas peralatan listrik rumah tangga di amerika masih 110v tapi listrik yang mengalir ke rumah sudah mulai menggunakan 240v yang terbagi menjadi 2 fasa, 120v untuk alat-alat ringan dan 240v untuk alat-alat berdaya tinggi seperti pemanas ruangan.

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~