Home > Intermeso > Lokalisasi

Lokalisasi

January 30th, 2009 Leave a comment Go to comments

A

papun kalau dilokalisir, èfèk negatif yang ditimbulkan akan bisa terkendalikan. Saya tidak sedang melokalisir Penjaja Seks Komersial atau Wanita Tuna Susila, tidak pula melokalisir api yang membakar hutan tropis kita. Saya bukan petugas sosial, bukan pula anggota pasukan pemadam kebakaran.

Lalu apa yang pengin saya lokalisir?.
Saya pengin melokalisir umpatan, pisuhan, kata2 kotor tak senonoh tapi mangstaff untuk diucapkan dan lega ketika sudah diungkapkan.
Tiap daerah punya spesifikasi kata yang berbeda untuk mengungkapkan ekspresi rasa jèngkèl yang memuncak. Kebanyakan kita, umumnya memperoleh ilmu umpatan ini secara turun temurun, tapi dengan era globalisasi, akhirnya berkembang tanpa kendali.

Tak banyak yang saya ketahui, tak banyak pula yang sering saya ucapkan, karena walaupun saya bukan kiyai, tapi karena saya tak fasih mengucapkannya, maka saya memang jarang menggunakannya. Kalaupun itu terjadi, semata karena untuk tujuan menyempurnakan posisi saya sebagai manusia, karena cuma manusialah makhluk yang bisa mengumpat atau memisuh…

Ada satu benang merah yang bisa kita tarik, bahwa umpatan paling klasik adalah umpatan dengan menyebut nama binatang. Mulai dari Anjing, Asu, Wedhus, Cèlèng, Babi, Garuda, Onta, Gajah, Kamprèt, Monyèt, Juangkrik dll. Belum pernah saya dengar orang mengumpat dengan Nyamuk atau Lalat, padahal dua binatang itulah yang paling mengganggu dan menjèngkèlkan kita, baik yang di kota ataupun di desa.

Orang terlalu gampang menyebut Cèlèng untuk mengumpat, padahal ketemu Cèlèng aja belum. Saya juga heran, kenapa nama tumbuhan atau buah2an jarang dipakai dalam umpatan, padahal, banyak juga tumbuhan yang merugikan kita. Paling2 cuman satu, yaitu Asem!. Saya belum pernah dengar orang mengumpat dengan kata Alang2!, Tuba!, Lombok!, Durèn!…

Ada beberapa kata yang ndak jelas maknanya tapi sering dipakai dalam umpatan. Sebut saja Diamput!, Diancuk!, Semprul, Sontholoyo. Yang agak punya makna misalnya Kakèkané!, Bajingan!, Matamu!.

Bagi sampéyan yang punya uneg2 atau memang hobby mengumpat, silakan dituangkan di sini, biar terlokalisir.
Selamat Mengumpat. Sétan!, Diamput!!

Hormat saya
Photobucket

N.B
Saya harap tak ada yang alergi. Saya tak bermaksud mengumbar atau mau nyusun kamus umpatan. Saya hanya ingin melokalisir, agar bisa saya karantina, bisa kita hindari.
Saya berasumsi, tulisan saya ini ibarat orang mengulas korupsi atau kriminal. Korupsi dan tindakan kriminal sangat2 tidak baik, tapi kalau diangkat dalam tulisan kan sah2 saja dan biasa2 saja. Bukan berarti kita boleh korupsi atau bebas lakukan perbuatan kriminal, tapi justru untuk menghindarinya. Orang yang tidak korupsi kan tidak tabu untuk tau mana2 yang termasuk korupsi…

~ Grazie ~
Categories: Intermeso
  1. January 30th, 2009 at 13:54 | #1

    tengkyu..tengkyuu…

    saya PERTAMAX disinii

    Jelas Pertamax, wong tak kabari…

    [Reply]

    bre Reply:

    (lmao)(lmao) aku ndisiki demange…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Jaman ini Mbak Bre belum kenal Demange :D

    [Reply]

  2. January 30th, 2009 at 14:22 | #2

    saya biasanya kalo misuh juga nama tumbuhan malah yang saya sukai yaitu..

    KOBIS…

    udah puas hatinya… sambil mbayangke sayurnya… kekekke

    Sungguh Anak yang Sholeh…

    [Reply]

    xitalho Reply:

    @suryaden
    ora percoyo…hahahaha…..

    [Reply]

  3. January 30th, 2009 at 14:25 | #3

    pabuuuuu

    pabuu

    Pabuu juga!

    [Reply]

  4. phery
    January 30th, 2009 at 15:13 | #4

    saciladh! dagadu! pabu! ngodhwe!

    Makin lengkap…

    [Reply]

  5. azaxs
    January 30th, 2009 at 15:25 | #5

    NYAMUK!
    LALAT!

    Baygon!

    [Reply]

  6. azaxs
    January 30th, 2009 at 15:25 | #6

    Ada lagi pak.. BUDHAL!!

    (kyai Slamet banget) :lol:

    melu….

    [Reply]

  7. January 30th, 2009 at 15:43 | #7

    Mbahjiman ngangsu genthong

    Ini agak halus… Pisuhan Kromo Inggil

    [Reply]

  8. January 30th, 2009 at 16:32 | #8

    hihi, a2i3s malah mengumpat presiden baru Amrik tempo hari, (rock) *bangga* :D

    Kalau ndak biasa ya jangan dipaksakan…

    [Reply]

  9. gajah_pesing
    January 30th, 2009 at 16:38 | #9

    Tidak mampu berkomentar lebih banyak *asli nguakak puol*

    Ini baru orang alim… Rak tau misuh!

    [Reply]

    addiehf Reply:

    IDnya di coret seeh di tulisandi atas, jd ga bisa komen (rofl)

    [Reply]

  10. Bawor
    January 30th, 2009 at 16:54 | #10

    Bajingux!!!

    Oke Juga…

    [Reply]

  11. January 30th, 2009 at 17:06 | #11

    Asli…
    tiap baca postingan pak Mar selalu saja ngakak..
    harusnya pak Mar nih ikutan srimulat he..he…

    Saya bangga, Mbak Atca ndak kikuk masuk di postingan saya yang ini…

    [Reply]

  12. denologis
    January 30th, 2009 at 17:11 | #12

    saya misuh ya Pak… :D

    mantan kyai!!!! :p

    [lah itu di-link ke sana danc##nya] :mrgreen:

    Pisuhan anyar!

    [Reply]

  13. mantan kyai
    January 30th, 2009 at 17:11 | #13

    kakekane !!! itu khas tuban banget :-D

    Nek ning Kudus paling mantap misuh “dian***i…”

    [Reply]

  14. Ikkyu_san
    January 30th, 2009 at 17:22 | #14

    BAKAYAROOOOO…
    ups itu bahasa Jepang….
    salah masuk

    Kalau di sini jadi Ayo Bakarrrrr Bu…

    [Reply]

  15. January 30th, 2009 at 17:29 | #15

    asem, ik
    tak kiro opo…jebule wadah misuh2 :D

    Asem Tenan kok…

    [Reply]

  16. January 30th, 2009 at 17:37 | #16

    sepertinya perlu mbahas tentang asal mula kata jan**k pak :-D

    Baru nyari referensi… Di Kamusnya Pak Purwodarminto belum ada…

    [Reply]

    xitalho Reply:

    Ndak bakal ketemu pak…. kecuali di PLURK . (lmao)

    [Reply]

  17. mata hati
    January 30th, 2009 at 17:48 | #17

    mending nyanyi treak2 aj mas..paling di timpuk hihi

    Banyak cara buat lampiaskan kekesalan…

    [Reply]

  18. January 30th, 2009 at 17:48 | #18

    Kampret …. bisa diganti lowo … tapi kok aneh … enake diganti umpatan orang Inggris …. SPIDER …. SPIDERMAN po …

    Cruicketttt… Juangkrikkkk!!!

    [Reply]

  19. genthokelir
    January 30th, 2009 at 18:03 | #19

    hahaha harus ditanyakan ke pak Sawali tuh ada enggak cara mengumpat yang sastra selain Haks

    Ning Kamus Besar Bahasa Indonesia yang disusun WJS Purwodarminto gak ono Mas.
    Mulane Pak Sawali gak biso misuh. Paling pol cuman haks

    [Reply]

  20. January 30th, 2009 at 18:06 | #20

    Ciyeleng, kok malah dilokalisir ki piye to? Ora iso misuh maneh ki!

    Pisuhan Limbangan kuwi…
    Nek Solo mesti “Ciyelengipun…”

    [Reply]

  21. January 30th, 2009 at 18:22 | #21

    pak.. pak…nguakak bacanya. Saya ndak suka misuh pak… Nek ngece seneng pak… Gimana kalo bikin ece2an juga dilokalisir pak?

    Memang kalau ndak biasa, dengarpun rasanya risih…

    [Reply]

  22. January 30th, 2009 at 18:32 | #22

    walah pak Mar, tak juluki the man with 1000 ideas gimana ya?? semua hal yang ringan bila sudah dipostingan oleh pak Mar jadi makin segar dan penuh arti (kayak ice juice aja kali ya?? heheeh)

    Makasih Mbak Penny…

    [Reply]

  23. January 30th, 2009 at 19:33 | #23

    Support Local Pisuhan !!!

    Trembelane…

    jadi inget daftar pisuhan lokal di wikiandong… http://wiki.cahandong.org/Pisuhan

    Makasih referensinya!

    [Reply]

  24. bang diod
    January 30th, 2009 at 19:52 | #24

    kampret………
    WTS ???????
    wakakakakakaka
    cuma negor n ada post baru di blog ane

    Siap, laksanakan!

    [Reply]

  25. Milla Schumacher
    January 30th, 2009 at 20:30 | #25

    permisiiii numpang misuh jugaa…
    SOMPRETTT !!… SIA’UL ! SUWEK! ONCOM! DASAR BODOHHH! NAJONG DEH…
    oke cukup sekian terima kasih ^_^
    MERDEKA!! (rock)

    Marem kalau sudah diungkapkan.

    [Reply]

  26. January 30th, 2009 at 21:56 | #26

    Lebih baik tdk mengumpat dari pada mengumpat…
    Tobe or not tobe…

    Benar Tengku…
    Awalnya saya juga ragu mengangkat masalah ini. Tapi saya berasumsi, tulisan saya ini ibarat orang mengulas korupsi atau kriminal. Korupsi dan tindakan kriminal sangat2 tidak baik, tapi kalau diangkat dalam tulisan kan sah2 saja dan biasa2 saja. Bukan berarti kita boleh korupsi atau lakukan perbuatan kriminal, tapi justru untuk menghindarinya. Orang yang tidak korupsi kan tidak tabu untuk tau mana2 yang termasuk korupsi…
    Begitu kan, Tengku….

    [Reply]

  27. Ani
    January 30th, 2009 at 22:04 | #27

    Alhamdulillah tak satupun ‘kata2 mutiara’ di atas menjadi ‘hafalan’ saya…mungkin karena dari kecil tidak dibiasakan dan tidak pernah mendengar orang tua saya mengucap itu ya..

    Sama Mbak, dengan posisi saya yang tiap waktu ngajar murid, juga sejak kecil emang ndak pernah dengar begituan. Kebetulan Kakek dan Bapak saya juga guru seperti saya, jadi umpatan2 apapun hampir2 ndak pernah saya dengar. Saya agak kikuk ketika kost dan mulai mendengar kosa-kata aneh2 seperti yang saya tulis itu. Walaupun tak biasa mengucap, tapi tak ada salahnya kita tau perkembangan, agar kita bisa mengarahkan, minimal menghindarinya. Saya yakin semua tau, masalahnya cuman pilihan. Tega apa tidak…
    Makasih mampir kembali di tempat saya…

    [Reply]

  28. January 31st, 2009 at 01:59 | #28

    Ahahaha … aya-aya wae pak mar neh ..
    ikutan ah, mohon dikarantinakan pak:
    “DODOL GARUT!”

    Kalau dodol garut saya karantinakan di mulut saya…

    [Reply]

  29. January 31st, 2009 at 02:36 | #29

    mau misuh2 kok jadi mikir, pak mar. malu kebaca muridnya pak mar. dah, pisuhan saya tak relokasi saja di tempat yang jauh, kekeke …

    Padune ning kamus ndak ada…

    [Reply]

  30. boyin
    January 31st, 2009 at 08:47 | #30

    emang misuh ala indonesia itu lucu pak..kebon binatang disebut semua..kalo di luar biasanya alat vital cowo ama cewe aja yg di sebut..

    Kok ndak dicontohkan Mas…

    [Reply]

  31. doelsoehono
    January 31st, 2009 at 09:36 | #31

    Salam …

    kalau saya pak ngupatnya cukup oooo,,,, Hasem …

    Hasem Tenan!

    [Reply]

  32. January 31st, 2009 at 15:13 | #32

    Saya orang Cirebon dan kalo orang Cirebon ngumpatnya cuma satu (praktis):
    Kirik!!!
    Tidak pernah ngumpat ‘lonte’ ‘asu’ dll..
    the only one and only.
    Kirik…!!
    PS. Saya juga?

    Di Kudus juga itu yg paling ngetop dok…

    [Reply]

  33. goenoeng
    January 31st, 2009 at 18:04 | #33

    Asem Tenan !!!
    ternyata ini postingan pisuh2an ta ?
    tiwasan tak baca serius.

    Bukan postingannya tapi commentnya.
    Itupun bukan untuk mengumpat, tapi cuman saya pakai buat referensi, sehingga bisa saya hindari…
    makasih Mas Goenoeng

    [Reply]

  34. Blog Ijo – Bukan Buto Ijo
    February 1st, 2009 at 12:49 | #34

    lokalisasi = khusus yang lokal gitu ya om?
    yang jepang, brazil, philipine ditaruh dimana?
    hehehe..
    hahahaha..

    Saya tak buka Kamus dulu ya…

    [Reply]

  35. G.a.i.a
    February 2nd, 2009 at 08:53 | #35

    Blisteringbarnicles
    *hehehe.. saya gak tau apa artinya.. tanya aja sama kapten Haddock di komik Tintin*

    Btw, kalo perempuan disebut Penjaja Seks Komersial, apa laki2 disebutnya: Pembeli Seks Komersial?
    Kalo perempuan disebut Wanita Tuna susila, mustinya “pemakai”nya juga Laki2 Tuna Susila dong ya :D
    *blisteringbarnicles*

    Tentang Istilah PSK atau WTS, nggak tau itu lembaga mana yang dulu memproklamirkan…

    [Reply]

  36. February 4th, 2009 at 18:45 | #36

    saru ahh…he..he

    [Reply]

  37. alifahru
    February 4th, 2009 at 21:35 | #37

    sinten engkang kados “segawon”? wkwkwk..

    [Reply]

  38. March 7th, 2010 at 00:49 | #38

    saya malah gak berani takut di pukul :oops:

    selamat berakhir pekan

    -salam hangat-

    [Reply]

  39. Ason
    July 5th, 2010 at 19:44 | #39

    …Cangkemmu… …ndhasmu… … Dengkulmu njebluk wiiiii… …phejoh jaran… …utek’ke…

    [Reply]

  40. riFFrizz
    July 5th, 2010 at 20:14 | #40

    ALHAMDULILLAH, link diancuk nggak teko neng blogku

    [Reply]

  41. PRofijo
    July 5th, 2010 at 20:14 | #41

    PLendhus…!!!! <—– pisuhan paling kasar sedunia akherat (lmao)

    [Reply]

    xitalho Reply:

    Gluguuuuu !!!! <—– pisuhan paling saru sedunia akherat ke dua (rofl)

    [Reply]

  42. itempoeti
    July 5th, 2010 at 20:16 | #42

    tumben kok postingannya gak panjang…
    pas dibaca…, tetep aja pak Mars bangeeeettt!!!

    sik tak mikir sik…, arep misuh opo yoooo… (thinking)

    [Reply]

  43. itempoeti
    July 5th, 2010 at 20:17 | #43

    typo : tumben kok postingannya panjang…

    [Reply]

  44. Love4Live
    July 5th, 2010 at 20:19 | #44

    kehet siah!!!
    iki pisuhan sunda… hihihihi…

    [Reply]

  45. July 5th, 2010 at 20:25 | #45

    saya kalo misuh mung sop..bandeng..rawon…

    [Reply]

    bre Reply:

    koyok doyan bandeng wae..

    [Reply]

  46. addiehf
    July 5th, 2010 at 20:34 | #46

    dasar si borokokok maneh, indit siah kaditu anyinggg (lmao) *ngelirik om item pake pisuhan sunda*

    [Reply]

  47. July 5th, 2010 at 22:06 | #47

    MDRCCT <——— pisuhan sing marai wong mikir (lmao)

    [Reply]

  48. Mars
    July 6th, 2010 at 06:33 | #48

    @gajah_pesing
    tes

    [Reply]

  49. naruto sage mode
    October 14th, 2010 at 05:01 | #49

    segera musnahkan lokalisir.

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~