Lomba Buru Kata

Siapa yang mau peduli pada Bahasa Indonesia kalau bukan kita sendiri?. Oleh karena itu lewat lomba aneh ini saya mengajak sahabat sedikit luangkan waktu dengan berburu kata. Tak ada maksud lain kecuali agar kita tau seberapa banyak kosa kata yang ada pada kita.

Perburuan Dimulai !!!
Tugas peserta cuma satu, berburu kata sebanyak-banyaknya. Kata yang dimaksud adalah kata dasar, nama sesuatu atau istilah dalam Bahasa Indonesia yang memuat huruf M, A, R dan S. Letak hurufnya bisa dimana saja, tak harus berurutan. Contoh kata yang dimaksud misalnya

SEMINAR – PERMAISURI – MARKISA – ASMARA – KERAMAS

Kata seperti kemesraan, meremas, miras, merasa tidak dihitung karena bukan kata dasar, tetapi kata2 seperti markisa, rames, mars dan lainnya bisa diterima karena termasuk kata dalam Bahasa Indonesia. Kata serapan juga diperbolehkan sepanjang dikenali oleh alat pendeteksi dibawah ini

Cara Mengikuti
Nama peserta dan kata2nya ditulis pada kotak komentar postingan ini dengan format

Nama Pengirim : ………….
Jawabannya : …………..

Contoh:
Nama Pengirim : Lady Gaga
Jawabannya : remas, mesra, seram, asmara, keramas, semarak, markisa, …

Diambil 5 (lima) pemenang, yaitu peserta yang berhasil mengumpulkan kata valid paling banyak.
Lomba ditutup tanggal 10 April 2012 jam 24.00 WIB, diumumkan tanggal 12 April 2012.
Hadiahnya berupa Buku tentang Bahasa Indonesia dan Kamus Bahasa Indonesia.

Yang perlu diperhatikan
Karena ini adalah adu cerdas dan adu cermat, maka peserta tak perlu adu cepat maupun adu siasat.
Ini persaingan sehat. Peserta diberi kesempatan memperbaiki atau menambah jawabannya.

Untuk menjaga kerahasiaan jawaban, maka khusus di postingan ini sudah disetting otomatis, jawaban yang masuk akan termoderasi dan baru bisa muncul setelah lomba berakhir.

Selamat Berburu Kata !!

158 thoughts on “Lomba Buru Kata

  1. dalam rangka apa nih pak mars?


    Nggak dalam rangka apa2 Mbak, hanya untuk seneng2 aja πŸ˜€
    Mari kalau mau ikutan

    [Reply]

  2. longmars – remas – mesra – seminar – markisa – asmara – keramas – mars – rames – markisa – rimas – primas – marakas – markas – maras – matras – madras – madrasah – perimbas – mengkaras – rampas – temberas – temperas – muras – pemuras – temuras – samurai – sempuras – rembas – rimbas – ekstremitas – marwas – rempelas – sekeram – semaram – seram – miskram – suram – seragam – sergam – sirkam – palmarosa – romusa – marsekal – marsose – masyarakat – musyawarah – masyhur – masyrik – matros.

    mbahKung, kelompok di bawah ini masih meragukan.. apakah diperbolehkan..?

    isogram – stenogram – seismogram – osilogram – formalitas – moralitas – minoritas – mayoritas – darusalam – permeabilitas – maturitas – margasatwa.

    #Insya Allah, di hari terakhir nanti Ngai tambahin lagi..

    [Reply]

  3. Insya Allah aku nanti ikut pak πŸ™‚


    Ditunggu dan nggak harus buru2…
    Kalau sehari dapat 18 kata, 2 minggu sudah mencapai 252 kata πŸ˜€

    [Reply]

  4. Nama pengirim: Dany Farid H.
    Jawaban:
    Es, senar, sinar, mari, maki, masa, mara, asam, rasa, rama, amar, resam, kemas, semak, kera, rak, era, ras, semar, kasa, samar, emas, seram.


    Hahahaha…
    Knapa kata2nya jadi gini?
    Perintahnya berburu “babi”, yg ditembaki malah “kucing” πŸ˜€

    [Reply]

    danyf5habibi Reply:

    Waduh, kok saya jadi oon begini ya??
    Kurang memahami mungkin.
    #Rasa malu campur bingung jadi satu pak ini. 😳


    Gpp…
    Kan contohnya sudah ada.
    Jadi tiap kata harus memuat huruf M, A, R dan S… πŸ˜€

    [Reply]

  5. itu markisa keulang dua kali.. maaf ya mbahkung.
    asli kuis ini bikin Ngai lieur.. πŸ˜›

    #komen yg ini jgn ditampilkan ya..


    Kan nanti akan ada verifikasi pada jawaban yg salah atau berulang… πŸ˜€

    [Reply]

  6. aku mau ikutan ah pak, tak puter2 otak dulu..


    Oke…
    Ojo suwe2…

    [Reply]

    cer Reply:

    nama orang boleh jg to pak?


    Kan bisa di cek pakai alatnya itu…
    Sepanjang diterima oleh mesin koreksi itu ya boleh saja

    [Reply]

    cer Reply:

    mesinnya lg ga aktif


    Ganti traktor…

    [Reply]

    cer Reply:

    boleh buka kamus ndak ini pak?
    nek buka kamus kan dpt banyak.


    Ya boleh saja
    Kan saya nggak liat πŸ˜€

    cer Reply:

    tapi di kamus kata-katane susah o,
    tak ngarang aja wes..


    Bagus itu…
    Siep!

  7. Si Ngai udah duluan aja tuh
    Insya Allah ikut juga, kutulis di oret2an dulu, udah ada 3 kata (segitu aja bangga)


    Kalau besok dapat 1000. berarti akan jadi 1003

    [Reply]

    Ngai Reply:

    Bunda sbg satpam EYD-nya Ngai, kudu dapat lebih banyak dari Ngai.. πŸ˜›


    Harusnya…

    [Reply]

  8. PakDhe, saya mau tanya dulu. Kalau dimuat di sini apa kolom komentar sampean nanti nggak kepenuhan? Soalnya malam ini saya sdh dapat 300 kata πŸ˜› *ngompori*


    Hahahaha
    Tenang Bli, hosting saya masih sisa 2.5 Gb
    Masih cukup untuk 1 kamuspun πŸ˜€

    [Reply]

    budiastawa Reply:

    Sampai hari ini saya sudah dapat 435 lebih kata dengan kombinasi M-A-R-S. Tapi nggak saya kirim dulu. Takut nanti dibocorin sama jurinya ha ha ha ha *ngompori jilid 2*


    Hahahaha…
    Tebar ranjau nich Bli

    [Reply]

    giewahyudi Reply:

    Wah Bli Budi bagi-bagi dong jawabannya kok bisa sebanyak itu..


    Bli Budi paling2 belum ada 15 kata Mas πŸ˜€

    [Reply]

  9. Wah ikutan pak,
    #pesen tempat dulu, sambil nyari oret-oretan xixixix


    Nggak perlu buru2 Mas

    [Reply]

  10. Nama Pengirim : NH18

    Jawabannya :
    ASMaRa
    ASRaMa
    AMaRiliS

    MARS
    MAtRaS
    MARakaS
    MARkaS
    MARkiSa
    MARSose
    MAkasSaR (ini tidak ada di kamus … tapi ada di Peta) hehehe
    MASiR
    MASyaRakat
    MuSyawARah
    MARuS
    MARoS (ini tidak ada di kamus … taopi ada juga di Peta)

    MeSRA

    SAMuRai
    SAMpeR
    SAMpaR
    SeMAR
    SeMARang
    SeMARak
    SeMentARa
    SeMinAR
    SeMbuRAt
    SeMbaRAng
    SeMbARi
    SeRAM
    SeRAMbi
    SeRAMpang

    SuRinAMe
    SuMAteRa

    RAMeS
    RAnSuM
    RAMpaS
    ReMAS

    peRMAiSuri
    pRAMeswaRi
    pRAMuSiwi
    pRAMuwiSata
    pRAMu

    iMigRASi
    eMigRASi
    ReforMASi
    tRAnSforMasi
    foRMASi
    tRAnSMigrasi
    MigRASi

    qiqiqiq asik juga nih …


    Jawaban di acc Om…
    Makasih

    [Reply]

  11. Nama Pengirim: Marscahyo hehehe…
    Jawabannya: asli hasil 1,5 jam menyisir kamus indonesia-inggris
    Ini jawaban pertama pak mar:
    Astronomi asmaragama asrama darusalam darmasiswa darmawisata deformasi demografis demokrasi demarkasi demiliterisasi demokratis demokratisasi demonstran demonstrasi demoralisasi determinasi dinamisator disharmoni diskriminasi diskriminatif dramatis dramatisasi eksaminator eksperimental emigrasi fermentasi formalitas formulasi formasi glosarium ,harmonis , harmonisasi , imperialis , imperialisme, imigrasi , impregnasi , improvisasi , instrumentasi instrumental , komersial , komersialisasi , komputerisasi , konservatisme , konsumerisme , madrasah , mandataris , margasatwa , marakas , marhaenis , marhaenisme , markas , markis , markisa , marsekal , masyarakat , masdar , maskara , masyhur , matras , mesra , migrasi , minoritas , misionaris , moralis , mukhtasar , musafir , musyawarah , observatorium , pemrasaran , prasmanan , pragmatis , pragmatism , prameswari , pramuwisata , pramuwisma , proklamasi , radikalisme , rampas , rampus , reformasi , reklamasi , rekomendasi , rimbas , romantis , romantikus , romusa , romansa , sakaratulmaut , samar , sambar , sambur , samudra , sampir , sampur , samurai , saptamarga , sayembara , sedarum , seismograf , selumbar , semandera , semarak , sembarang , sembari , sembrani , sementara , semerbak , seminaris sempurna , semburat , seragam , serambi , serampang , serentak , serempak , silaturahim , sinematografi , sumirat , supremasi , transformasi , transformator transmigran , transmigrasi


    Jawaban di acc

    [Reply]

  12. Ikoooot, Pak Mars… ^^
    Nama Pengirim : Haris Samaranji
    Jawaban :
    4. Mars
    5. Mesra, Marus, Rames, Remas, Rasam, Samar, Siram, Suram, Seram
    6. Markas, Masker, Asmara, Asrama, Ransum, Matris, Matras, Sambar
    7. Romansa, Semarak, Keramas, Samudra, Serambi, Formasi, Farmasi, Seminar, Seminari, Markisa, Matriks
    8. Semburat, Kremasi, Rasamala, Kasmaran
    9. Informasi, Praasmanan, Sementara, Komersial, Demokrasi, Mercusuar, Supremasi
    10. Masyarakat, Musyawarah, Konfirmasi, Permaisuri, Prameswari
    11. Demonstrasi, Makrokosmos, Metamorfosis

    [Reply]

  13. Kapan2 boleh ditambahi lagi enggak, Pak Mars?
    Eh Pak Mars dari Pemalang ya?

    Salam sungkem dari Semarang
    Maturnuwuun.


    Boleh ditambah terus menerus Mas…
    Makasih kunjungannya.
    Saya bukan dari Pemalang tapi dari Kendal saja Mas, deket to dari Semarang

    [Reply]

  14. Sodara-sodara sekalian …
    untuk diketahui saja …
    Saya sudah berhasil menemukan kurang lebih 329 kata-kata dengan kombinasi huruf M A R S ini …
    (sebuah psywar …)
    hahahaha
    salam saya


    Hahaha…
    Adu jumlah

    [Reply]

    Samaranji Reply:

    Saya 392, Om… hehe…
    perang psyichology nih~….


    Saya ada sekira 3.765

    [Reply]

    budiastawa Reply:

    Saya 447 *kompor mode : on*


    Masih kalah dengan saya Bli

    [Reply]

  15. tanya dong pak mars.. kalau kata seperti rasisme atau multirasial dihitung tidak? soalnya dalam kbbi kan dianggap sebagai satu kata tersendiri.. tapi kalau ditilik dari asal katanya dia sebenarnya berasal dari multi-rasial dan ras-isme.. bagaimana pak mars?
    mohon pencerahan


    Menurut saya sich, rasisme itu bukan kata dasar, karena kata dasarnya adalah “ras”
    Jadi rasisme itu sudah dapat imbuhan

    [Reply]

    budiastawa Reply:

    Hah? berarti yang ada isme-isme itu gak bisa dipakai PakDhe. Itu imbuhan atau kata bentukan sih? Ada juga kata bentukan yang ada ‘itas’ atau ‘asi’ di belakangnya. Itu juga gak bisa dipakai ya? Kalau gitu kata-kata saya bisa berkurang 30 presen nih… πŸ™


    Yg saya maksud kata dasar itu yg tanpa tambahan apa2 Bli, bisa imbuhan seperti prefiks, sufiks dll, juga termasuk yg isme atau tor gitu2 itu…

    [Reply]

    ~Amela~ Reply:

    sama bli.. punya saya juga -.-”

    tapi saya masih bingung pak mars..
    di atas kan tertulis: Kata yang dimaksud adalah kata dasar, nama sesuatu atau istilah dalam Bahasa Indonesia
    nah.. rasisme itu kan memang bukanlah kata dasar, tapi menurut saya itu termasuk suatu istilah dalam bahasa indonesia.. karena mengacu pada kata benda..
    begitu pula multirasial misalnya yang mengacu pada kata sifat

    karena istilah sendiri berarti: kata atau gabungan kata yg dng cermat meng-ungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yg khas dl bidang tertentu.

    begitu juga dengan taksimeter misalnya.. yang merupakan gabungan dari kata taksi dan meter. memang bukanlah kata dasar.. tapi memenuhi poin sebagai “nama sesuatu” barang..

    aduuh, maaf ya pak mars.. tanya2 terus saya.. hehehe
    sekalian belajar bahasa Indonesia lagi ini


    Pokoknya ditulis semua saja gpp, toch nanti bisa didiskusikan secara terbuka. Tapi yang saya maksud istilah atau nama itupun sesungguhnya ya yang kata dasar, belum dapat imbuhan maupun tambahan seperti “tor” atau “isme”
    Seperti markisa, itu menurut saya bukan kata dasar tapi istilah atau nama.

    [Reply]

    budiastawa Reply:

    Amela, coba ini bisa dipakai pedoman nggak :
    http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/lamanv42/sites/default/files/Pedoman_Umum%20Pembentukan_Istilah_(PBN).pdf


    Yang gampang2 dan sederhana2 saja…

    Samaranji Reply:

    Wuaduh… koq pada ngambil kata serapan dari Londo sana ya…
    Kayaknya yang asli dari Indonesia masih banyak dee..
    contoh : SAMARANJI
    itu termasuk dalam poin “nama sesuatu” *eh seseorang ding ^^a
    iya kan, Pak Mars?

    haha… psywar psywar…
    kalah menang pokoke rameee…
    lan bermanfa’at mestine πŸ˜‰


    Pokoknya asal tulis sebanyak2nya…
    Nanti juri akan memilah2…
    Kalau ada satu atau dua kata yg dianulir tak akan menggugurkan kata yg lainnya kok

  16. satu lagi pak mars.. di kata masarakat kan sebenarnya bentuk lain dari masyarakat.. (namun yang baku adalah masyarakat)..
    masarakat dihitung tidak?


    Kalo masarakat dan masyarakat dihitung satu saja Mbak.
    Dan saya pikir yg sudah menulis masarakat pasti sudah nulis masyarakat juga πŸ˜€

    [Reply]

    Samaranji Reply:

    “mayoritas” “masyarakat” kita sering “musyawarah” sebagai jalan “konfirmasi” pada segala “informasi” sebagai jalan menuju “demokrasi” yang berjiwa pancasila. *eh nulis opo iki akyuuu πŸ˜‰


    Musyawarah untuk Musrakat

    [Reply]

  17. masih nungguin siapa yang jadi pemenang nya πŸ˜›
    salam


    Nggak keliatan karena jawabannya dimoderasi Bun

    [Reply]

  18. uuuh masih lama ini hehehe. (Satu hari 10 kata…kalo ada :D)


    Masih lama dan boleh ditambah atau dilengkapi manakala dapat kata baru lagi

    [Reply]

  19. sedang dalam perjalanan pulang kampung, sementara nunduk dulu sambil ngintip…(semoga gak bintilan)


    Disini bebas ngintip

    [Reply]

  20. huh hah.. dhe berburu kata dulu pak Mars di pasar 16, siapa tahu ada.. hehe πŸ˜€

    masih lama, insya Allah bisa ikutan berburu kata.. do’akan saya pak.. (loh?)


    Saya pernah ke pasar itu…
    Tapi banyak yg pakai Bahasa Mandarin kalo gak salah πŸ˜€

    [Reply]

  21. ccckcckkk….ini toh yg bikin penasaran itu. liat bli budi udah 400 kata aja, jd keder hehe


    Itu 400 nya cuma nakut2i peserta yg lain Mbak πŸ˜€

    [Reply]

  22. Pak eM, aku kirim via email aja ya, soalnya satu file sendiri sih ….hihihi


    Via email juga boleh…
    Makasih atas keikutsertaan Bu eM

    [Reply]

  23. hahahaha … gara2 keluar seharian kemarin, telat deh kesininya

    siap2 buka KBBI yang udah 2senti tinggi debunya


    Hahaha…
    Ni ikut2an menabuh genderang perang

    [Reply]

    nique Reply:

    inilah bukti pak’e sangat narsis hahaha


    Kalau pakai huruf N-I-Q-U-E bakalan susah nyari kata2nya πŸ˜€

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *