Home > Kabar > Lomba Buru Kata

Lomba Buru Kata

March 22nd, 2012 Leave a comment Go to comments

Siapa yang mau peduli pada Bahasa Indonesia kalau bukan kita sendiri?. Oleh karena itu lewat lomba aneh ini saya mengajak sahabat sedikit luangkan waktu dengan berburu kata. Tak ada maksud lain kecuali agar kita tau seberapa banyak kosa kata yang ada pada kita.

Perburuan Dimulai !!!
Tugas peserta cuma satu, berburu kata sebanyak-banyaknya. Kata yang dimaksud adalah kata dasar, nama sesuatu atau istilah dalam Bahasa Indonesia yang memuat huruf M, A, R dan S. Letak hurufnya bisa dimana saja, tak harus berurutan. Contoh kata yang dimaksud misalnya

SEMINAR – PERMAISURI – MARKISA – ASMARA – KERAMAS

Kata seperti kemesraan, meremas, miras, merasa tidak dihitung karena bukan kata dasar, tetapi kata2 seperti markisa, rames, mars dan lainnya bisa diterima karena termasuk kata dalam Bahasa Indonesia. Kata serapan juga diperbolehkan sepanjang dikenali oleh alat pendeteksi dibawah ini

Cara Mengikuti
Nama peserta dan kata2nya ditulis pada kotak komentar postingan ini dengan format

Nama Pengirim : ………….
Jawabannya : …………..

Contoh:
Nama Pengirim : Lady Gaga
Jawabannya : remas, mesra, seram, asmara, keramas, semarak, markisa, …

Diambil 5 (lima) pemenang, yaitu peserta yang berhasil mengumpulkan kata valid paling banyak.
Lomba ditutup tanggal 10 April 2012 jam 24.00 WIB, diumumkan tanggal 12 April 2012.
Hadiahnya berupa Buku tentang Bahasa Indonesia dan Kamus Bahasa Indonesia.

Yang perlu diperhatikan
Karena ini adalah adu cerdas dan adu cermat, maka peserta tak perlu adu cepat maupun adu siasat.
Ini persaingan sehat. Peserta diberi kesempatan memperbaiki atau menambah jawabannya.

Untuk menjaga kerahasiaan jawaban, maka khusus di postingan ini sudah disetting otomatis, jawaban yang masuk akan termoderasi dan baru bisa muncul setelah lomba berakhir.

Selamat Berburu Kata !!

~ Grazie ~
Categories: Kabar
  1. mintarsih
    March 22nd, 2012 at 18:06 | #1

    dalam rangka apa nih pak mars?


    Nggak dalam rangka apa2 Mbak, hanya untuk seneng2 aja :D
    Mari kalau mau ikutan

    [Reply]

  2. March 22nd, 2012 at 19:33 | #2

    Sebanyak-banyaknya? Sepiro kuwi? Hihihi…
    Insyallah meramaikan Pak, ntaran aja tapi hihi :D


    Sak mampune…
    Sak bodonge… :D

    [Reply]

  3. March 22nd, 2012 at 19:50 | #3

    longmars – remas – mesra – seminar – markisa – asmara – keramas – mars – rames – markisa – rimas – primas – marakas – markas – maras – matras – madras – madrasah – perimbas – mengkaras – rampas – temberas – temperas – muras – pemuras – temuras – samurai – sempuras – rembas – rimbas – ekstremitas – marwas – rempelas – sekeram – semaram – seram – miskram – suram – seragam – sergam – sirkam – palmarosa – romusa – marsekal – marsose – masyarakat – musyawarah – masyhur – masyrik – matros.

    mbahKung, kelompok di bawah ini masih meragukan.. apakah diperbolehkan..?

    isogram – stenogram – seismogram – osilogram – formalitas – moralitas – minoritas – mayoritas – darusalam – permeabilitas – maturitas – margasatwa.

    #Insya Allah, di hari terakhir nanti Ngai tambahin lagi..

    [Reply]

  4. Evi
    March 22nd, 2012 at 20:10 | #4

    Insya Allah aku nanti ikut pak :)


    Ditunggu dan nggak harus buru2…
    Kalau sehari dapat 18 kata, 2 minggu sudah mencapai 252 kata :D

    [Reply]

  5. achmad sholeh
    March 22nd, 2012 at 20:26 | #5

    boleh juga tuh pak


    Boleh apa Mas??

    [Reply]

  6. March 22nd, 2012 at 20:30 | #6

    Ngintip, kalee saja dapat pangsit :lol:


    Ngintip orang ngintip

    [Reply]

  7. March 22nd, 2012 at 20:35 | #7

    Nama pengirim: Dany Farid H.
    Jawaban:
    Es, senar, sinar, mari, maki, masa, mara, asam, rasa, rama, amar, resam, kemas, semak, kera, rak, era, ras, semar, kasa, samar, emas, seram.


    Hahahaha…
    Knapa kata2nya jadi gini?
    Perintahnya berburu “babi”, yg ditembaki malah “kucing” :D

    [Reply]

    danyf5habibi Reply:

    Waduh, kok saya jadi oon begini ya??
    Kurang memahami mungkin.
    #Rasa malu campur bingung jadi satu pak ini. :oops:


    Gpp…
    Kan contohnya sudah ada.
    Jadi tiap kata harus memuat huruf M, A, R dan S… :D

    [Reply]

  8. March 22nd, 2012 at 20:43 | #8

    itu markisa keulang dua kali.. maaf ya mbahkung.
    asli kuis ini bikin Ngai lieur.. :P

    #komen yg ini jgn ditampilkan ya..


    Kan nanti akan ada verifikasi pada jawaban yg salah atau berulang… :D

    [Reply]

  9. March 22nd, 2012 at 21:21 | #9

    aku mau ikutan ah pak, tak puter2 otak dulu..


    Oke…
    Ojo suwe2…

    [Reply]

    cer Reply:

    nama orang boleh jg to pak?


    Kan bisa di cek pakai alatnya itu…
    Sepanjang diterima oleh mesin koreksi itu ya boleh saja

    [Reply]

    cer Reply:

    mesinnya lg ga aktif


    Ganti traktor…

    [Reply]

    cer Reply:

    boleh buka kamus ndak ini pak?
    nek buka kamus kan dpt banyak.


    Ya boleh saja
    Kan saya nggak liat :D

    cer Reply:

    tapi di kamus kata-katane susah o,
    tak ngarang aja wes..


    Bagus itu…
    Siep!

    cer Reply:

    pak mar.. aku ultah ni -.-


    Selamat Ulang Taun, semoga sukses, selalu bahagia sejahtera

    cer Reply:

    ahahaha.. terimakasih pak ^^
    amin


    Sama2

    cer Reply:

    “kata2ku” paling dikit ya pak? -__-


    Siapa tau ada kategori paling sitik :D

    [Reply]

  10. March 22nd, 2012 at 22:07 | #10

    Si Ngai udah duluan aja tuh
    Insya Allah ikut juga, kutulis di oret2an dulu, udah ada 3 kata (segitu aja bangga)


    Kalau besok dapat 1000. berarti akan jadi 1003

    [Reply]

    Ngai Reply:

    Bunda sbg satpam EYD-nya Ngai, kudu dapat lebih banyak dari Ngai.. :P


    Harusnya…

    [Reply]

  11. March 23rd, 2012 at 00:00 | #11

    aku boleh ikut ya pak…
    kebetulan lagi suka buka-buka kamus…


    Boleh sekali Mbak…
    Saya tunggu

    [Reply]

  12. budiastawa
    March 23rd, 2012 at 00:05 | #12

    PakDhe, saya mau tanya dulu. Kalau dimuat di sini apa kolom komentar sampean nanti nggak kepenuhan? Soalnya malam ini saya sdh dapat 300 kata :P *ngompori*


    Hahahaha
    Tenang Bli, hosting saya masih sisa 2.5 Gb
    Masih cukup untuk 1 kamuspun :D

    [Reply]

    budiastawa Reply:

    Sampai hari ini saya sudah dapat 435 lebih kata dengan kombinasi M-A-R-S. Tapi nggak saya kirim dulu. Takut nanti dibocorin sama jurinya ha ha ha ha *ngompori jilid 2*


    Hahahaha…
    Tebar ranjau nich Bli

    [Reply]

    giewahyudi Reply:

    Wah Bli Budi bagi-bagi dong jawabannya kok bisa sebanyak itu..


    Bli Budi paling2 belum ada 15 kata Mas :D

    [Reply]

    ysalma Reply:

    saya juga order sama Bli Budi, 20 juga gak apa2 deh Bli :D


    Bli Budi sendiri aja kekurangan :D

  13. March 23rd, 2012 at 00:31 | #13

    Merasa tertantang nih.. huh semangat! ^^ Besok tak kirim yo Pak..


    Oke, ditunggu

    [Reply]

  14. March 23rd, 2012 at 07:47 | #14

    Wah ikutan pak,
    #pesen tempat dulu, sambil nyari oret-oretan xixixix


    Nggak perlu buru2 Mas

    [Reply]

  15. March 23rd, 2012 at 08:31 | #15

    waduh mau ikutan,
    susah kirim jawabannya nih pak
    test


    Pelan2 nggak apa2 Mas

    [Reply]

  16. March 23rd, 2012 at 08:32 | #16

    Nama Pengirim : NH18

    Jawabannya :
    ASMaRa
    ASRaMa
    AMaRiliS

    MARS
    MAtRaS
    MARakaS
    MARkaS
    MARkiSa
    MARSose
    MAkasSaR (ini tidak ada di kamus … tapi ada di Peta) hehehe
    MASiR
    MASyaRakat
    MuSyawARah
    MARuS
    MARoS (ini tidak ada di kamus … taopi ada juga di Peta)

    MeSRA

    SAMuRai
    SAMpeR
    SAMpaR
    SeMAR
    SeMARang
    SeMARak
    SeMentARa
    SeMinAR
    SeMbuRAt
    SeMbaRAng
    SeMbARi
    SeRAM
    SeRAMbi
    SeRAMpang

    SuRinAMe
    SuMAteRa

    RAMeS
    RAnSuM
    RAMpaS
    ReMAS

    peRMAiSuri
    pRAMeswaRi
    pRAMuSiwi
    pRAMuwiSata
    pRAMu

    iMigRASi
    eMigRASi
    ReforMASi
    tRAnSforMasi
    foRMASi
    tRAnSMigrasi
    MigRASi

    qiqiqiq asik juga nih …


    Jawaban di acc Om…
    Makasih

    [Reply]

  17. March 23rd, 2012 at 08:33 | #17

    Nama Pengirim: Marscahyo hehehe…
    Jawabannya: asli hasil 1,5 jam menyisir kamus indonesia-inggris
    Ini jawaban pertama pak mar:
    Astronomi asmaragama asrama darusalam darmasiswa darmawisata deformasi demografis demokrasi demarkasi demiliterisasi demokratis demokratisasi demonstran demonstrasi demoralisasi determinasi dinamisator disharmoni diskriminasi diskriminatif dramatis dramatisasi eksaminator eksperimental emigrasi fermentasi formalitas formulasi formasi glosarium ,harmonis , harmonisasi , imperialis , imperialisme, imigrasi , impregnasi , improvisasi , instrumentasi instrumental , komersial , komersialisasi , komputerisasi , konservatisme , konsumerisme , madrasah , mandataris , margasatwa , marakas , marhaenis , marhaenisme , markas , markis , markisa , marsekal , masyarakat , masdar , maskara , masyhur , matras , mesra , migrasi , minoritas , misionaris , moralis , mukhtasar , musafir , musyawarah , observatorium , pemrasaran , prasmanan , pragmatis , pragmatism , prameswari , pramuwisata , pramuwisma , proklamasi , radikalisme , rampas , rampus , reformasi , reklamasi , rekomendasi , rimbas , romantis , romantikus , romusa , romansa , sakaratulmaut , samar , sambar , sambur , samudra , sampir , sampur , samurai , saptamarga , sayembara , sedarum , seismograf , selumbar , semandera , semarak , sembarang , sembari , sembrani , sementara , semerbak , seminaris sempurna , semburat , seragam , serambi , serampang , serentak , serempak , silaturahim , sinematografi , sumirat , supremasi , transformasi , transformator transmigran , transmigrasi


    Jawaban di acc

    [Reply]

  18. March 23rd, 2012 at 10:06 | #18

    Ikoooot, Pak Mars… ^^
    Nama Pengirim : Haris Samaranji
    Jawaban :
    4. Mars
    5. Mesra, Marus, Rames, Remas, Rasam, Samar, Siram, Suram, Seram
    6. Markas, Masker, Asmara, Asrama, Ransum, Matris, Matras, Sambar
    7. Romansa, Semarak, Keramas, Samudra, Serambi, Formasi, Farmasi, Seminar, Seminari, Markisa, Matriks
    8. Semburat, Kremasi, Rasamala, Kasmaran
    9. Informasi, Praasmanan, Sementara, Komersial, Demokrasi, Mercusuar, Supremasi
    10. Masyarakat, Musyawarah, Konfirmasi, Permaisuri, Prameswari
    11. Demonstrasi, Makrokosmos, Metamorfosis

    [Reply]

  19. March 23rd, 2012 at 10:08 | #19

    Kapan2 boleh ditambahi lagi enggak, Pak Mars?
    Eh Pak Mars dari Pemalang ya?

    Salam sungkem dari Semarang
    Maturnuwuun.


    Boleh ditambah terus menerus Mas…
    Makasih kunjungannya.
    Saya bukan dari Pemalang tapi dari Kendal saja Mas, deket to dari Semarang

    [Reply]

  20. March 23rd, 2012 at 10:52 | #20

    Sodara-sodara sekalian …
    untuk diketahui saja …
    Saya sudah berhasil menemukan kurang lebih 329 kata-kata dengan kombinasi huruf M A R S ini …
    (sebuah psywar …)
    hahahaha
    salam saya


    Hahaha…
    Adu jumlah

    [Reply]

    Samaranji Reply:

    Saya 392, Om… hehe…
    perang psyichology nih~….


    Saya ada sekira 3.765

    [Reply]

    budiastawa Reply:

    Saya 447 *kompor mode : on*


    Masih kalah dengan saya Bli

    [Reply]

  21. March 23rd, 2012 at 11:02 | #21

    tanya dong pak mars.. kalau kata seperti rasisme atau multirasial dihitung tidak? soalnya dalam kbbi kan dianggap sebagai satu kata tersendiri.. tapi kalau ditilik dari asal katanya dia sebenarnya berasal dari multi-rasial dan ras-isme.. bagaimana pak mars?
    mohon pencerahan


    Menurut saya sich, rasisme itu bukan kata dasar, karena kata dasarnya adalah “ras”
    Jadi rasisme itu sudah dapat imbuhan

    [Reply]

    budiastawa Reply:

    Hah? berarti yang ada isme-isme itu gak bisa dipakai PakDhe. Itu imbuhan atau kata bentukan sih? Ada juga kata bentukan yang ada ‘itas’ atau ‘asi’ di belakangnya. Itu juga gak bisa dipakai ya? Kalau gitu kata-kata saya bisa berkurang 30 presen nih… :(


    Yg saya maksud kata dasar itu yg tanpa tambahan apa2 Bli, bisa imbuhan seperti prefiks, sufiks dll, juga termasuk yg isme atau tor gitu2 itu…

    [Reply]

    ~Amela~ Reply:

    sama bli.. punya saya juga -.-”

    tapi saya masih bingung pak mars..
    di atas kan tertulis: Kata yang dimaksud adalah kata dasar, nama sesuatu atau istilah dalam Bahasa Indonesia
    nah.. rasisme itu kan memang bukanlah kata dasar, tapi menurut saya itu termasuk suatu istilah dalam bahasa indonesia.. karena mengacu pada kata benda..
    begitu pula multirasial misalnya yang mengacu pada kata sifat

    karena istilah sendiri berarti: kata atau gabungan kata yg dng cermat meng-ungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yg khas dl bidang tertentu.

    begitu juga dengan taksimeter misalnya.. yang merupakan gabungan dari kata taksi dan meter. memang bukanlah kata dasar.. tapi memenuhi poin sebagai “nama sesuatu” barang..

    aduuh, maaf ya pak mars.. tanya2 terus saya.. hehehe
    sekalian belajar bahasa Indonesia lagi ini


    Pokoknya ditulis semua saja gpp, toch nanti bisa didiskusikan secara terbuka. Tapi yang saya maksud istilah atau nama itupun sesungguhnya ya yang kata dasar, belum dapat imbuhan maupun tambahan seperti “tor” atau “isme”
    Seperti markisa, itu menurut saya bukan kata dasar tapi istilah atau nama.

    [Reply]

    budiastawa Reply:

    Amela, coba ini bisa dipakai pedoman nggak :
    http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/lamanv42/sites/default/files/Pedoman_Umum%20Pembentukan_Istilah_(PBN).pdf


    Yang gampang2 dan sederhana2 saja…

    Samaranji Reply:

    Wuaduh… koq pada ngambil kata serapan dari Londo sana ya…
    Kayaknya yang asli dari Indonesia masih banyak dee..
    contoh : SAMARANJI
    itu termasuk dalam poin “nama sesuatu” *eh seseorang ding ^^a
    iya kan, Pak Mars?

    haha… psywar psywar…
    kalah menang pokoke rameee…
    lan bermanfa’at mestine ;)


    Pokoknya asal tulis sebanyak2nya…
    Nanti juri akan memilah2…
    Kalau ada satu atau dua kata yg dianulir tak akan menggugurkan kata yg lainnya kok

  22. March 23rd, 2012 at 11:09 | #22

    satu lagi pak mars.. di kata masarakat kan sebenarnya bentuk lain dari masyarakat.. (namun yang baku adalah masyarakat)..
    masarakat dihitung tidak?


    Kalo masarakat dan masyarakat dihitung satu saja Mbak.
    Dan saya pikir yg sudah menulis masarakat pasti sudah nulis masyarakat juga :D

    [Reply]

    Samaranji Reply:

    “mayoritas” “masyarakat” kita sering “musyawarah” sebagai jalan “konfirmasi” pada segala “informasi” sebagai jalan menuju “demokrasi” yang berjiwa pancasila. *eh nulis opo iki akyuuu ;)


    Musyawarah untuk Musrakat

    [Reply]

  23. puisipemula
    March 23rd, 2012 at 11:14 | #23

    masih nungguin siapa yang jadi pemenang nya :P
    salam


    Nggak keliatan karena jawabannya dimoderasi Bun

    [Reply]

  24. Imelda
    March 23rd, 2012 at 12:12 | #24

    uuuh masih lama ini hehehe. (Satu hari 10 kata…kalo ada :D)


    Masih lama dan boleh ditambah atau dilengkapi manakala dapat kata baru lagi

    [Reply]

  25. March 23rd, 2012 at 12:19 | #25

    Insya Alloh ikutan Pak Mars :-)

    sekalian jadi belajar ya, yang tadinya gak tahu jadi tahu deh :-D


    Iya Mbak…

    [Reply]

  26. March 23rd, 2012 at 12:33 | #26

    sedang dalam perjalanan pulang kampung, sementara nunduk dulu sambil ngintip…(semoga gak bintilan)


    Disini bebas ngintip

    [Reply]

  27. March 23rd, 2012 at 13:56 | #27

    @nh18
    pyswar yang menohok! .. hohoho…


    Hahahaha

    [Reply]

    nh18 Reply:

    Ampun Mas …
    namanya juga psywar …
    (itu pasti bluffing …)
    qiqiqiqi


    Berhasil Om… :D

    [Reply]

  28. March 23rd, 2012 at 20:46 | #28

    ya pak, persiapan meramaikan perburuan kata. Salam


    Ditunggu jawabannya Mbak

    [Reply]

  29. March 23rd, 2012 at 22:58 | #29

    huh hah.. dhe berburu kata dulu pak Mars di pasar 16, siapa tahu ada.. hehe :D

    masih lama, insya Allah bisa ikutan berburu kata.. do’akan saya pak.. (loh?)


    Saya pernah ke pasar itu…
    Tapi banyak yg pakai Bahasa Mandarin kalo gak salah :D

    [Reply]

  30. March 23rd, 2012 at 23:00 | #30

    unik neh lombanya Om:)


    Iya Mas

    [Reply]

  31. March 23rd, 2012 at 23:35 | #31

    ccckcckkk….ini toh yg bikin penasaran itu. liat bli budi udah 400 kata aja, jd keder hehe


    Itu 400 nya cuma nakut2i peserta yg lain Mbak :D

    [Reply]

  32. March 24th, 2012 at 05:13 | #32

    hikhik ternyata seru…brow saya yang satu itu pasti semangat pakde heeee


    Pastinya begitu bro…

    [Reply]

  33. Imelda
    March 24th, 2012 at 06:26 | #33

    Pak eM, aku kirim via email aja ya, soalnya satu file sendiri sih ….hihihi


    Via email juga boleh…
    Makasih atas keikutsertaan Bu eM

    [Reply]

  34. March 24th, 2012 at 09:25 | #34

    hahahaha … gara2 keluar seharian kemarin, telat deh kesininya

    siap2 buka KBBI yang udah 2senti tinggi debunya


    Hahaha…
    Ni ikut2an menabuh genderang perang

    [Reply]

    nique Reply:

    inilah bukti pak’e sangat narsis hahaha


    Kalau pakai huruf N-I-Q-U-E bakalan susah nyari kata2nya :D

    [Reply]

    nique Reply:

    udah dapet 240kata pak itu baru dari awalan MARS … mo tak terusin lagi dari sisa 26abjad itu :D


    Jek kalah jauh Ni…
    Kancane wis 3 ribuan

    [Reply]

  35. advertiyha
    March 24th, 2012 at 10:47 | #35

    hihihihi,,,, asik nih kontesnya…
    pak, saya ikutan ya?? gak minta dipangku dan digendong kok, bisa jalan sendiri,, hahaha
    tunggu daku :)


    Waktunya masih cukup buat nyusun kata sebanyak2nya Mbak…
    Tapi nanas, lele, gurami nggak bisa lho :D

    [Reply]

  36. March 24th, 2012 at 12:03 | #36

    emang kenapa, MARSalah buat loe?? hehehehe…. sy ikutan mister..tapi nunggu dapet kata2 yang valid dolo…


    Marsa Bodohlah :D

    [Reply]

  37. March 24th, 2012 at 12:25 | #37

    SAYA SUDAH DAPAT 599 KATA KOMBINASI DARI MARS..TAPI BELUM BERANI KIRIM, TAKUT DI CONTEK PESERTA LAIN (KKN MODE ON) HAHAHAHAHA


    Nggak ada yg bisa liat jawabannya selain saya Om…
    Begitu ada jawaban masuk, nggak akan bisa nongol :D
    Khusus postingan ini, begitu ada kata kunci, maka komen langsung terpending

    [Reply]

  38. March 24th, 2012 at 15:25 | #38

    pak’e, sy udah kirim email kok blom dimasukin sbg pendaftar? ihiks


    Ini saya lagi di Kudus, belum sempat nengok email :D

    [Reply]

  39. March 24th, 2012 at 15:48 | #39

    Waduh …
    pada pake E mail ngirimnya ?

    wwwaaahhhhh … itu pasti banyak tuh

    Salam saya


    Belum tentu juga Om :D
    Ini kan dalam rangka “pesi-war” :D

    [Reply]

  40. budiastawa
    March 24th, 2012 at 17:05 | #40

    Hah? Aturannya sudah diubah kirim pake email kah?


    Nggak ada yang berubah.
    Kirim langsung boleh, lewat email juga boleh.
    Lewat SMS kalau mau juga boleh :D

    [Reply]

  41. Imelda
    March 24th, 2012 at 20:52 | #41

    aku udah kirim loh pak e….lewat gmail tuhhhhh… semoga aku yang menang hahaha


    Sudah saya baca Bu… :D

    [Reply]

  42. March 24th, 2012 at 20:54 | #42

    Wah.. kalau gitu saya nonton aja, Pak Mars. Kalau semua bertanding kan susah…
    Apalagi kayanya harapannya sudah makin tipis ini. Soalnya sudah ada yang dapat 200 an kata, ada yang 300 an , 400 an… saya pasti kalah deh.
    Kecuali … boleh nggak kata-kata dalam Bahasa Bali juga diikutkan? barangkali bisa sedikit ngedongkrak perolehanku…he he..


    Yang 300 atau 400 itu cuma nggertak dowang Mbak… :D

    [Reply]

    nique Reply:

    hahahahahahahaha


    Hahahaha

    [Reply]

    budiastawa Reply:

    Wahahaha, ternyata ada korban akibat psy-war juga neh….


    Hahaha
    Iya :D

    [Reply]

  43. March 24th, 2012 at 21:33 | #43

    Jumlah kata dasar dengan gabungan huruf mars total jendral ada 836 kata…[jangan ter-provokasi...]


    Kalau kata yg memuat huruf D; I dan E malah ada 6.126 kata, sedangkan kalau hurufnya N; I; Q; U dan E malah tak satu katapun

    [Reply]

    nique Reply:

    wkwkwkwk betolllll


    Yo mesti betul

    [Reply]

  44. ndop
    March 24th, 2012 at 21:59 | #44

    ada yang pakek taktik sudah menemukan ratusan kata, biar yg lain mundur duluan nih, hahaha.. yaudah deh, supaya taktiknya berhasil, saya mundur aja deh, hahahahaa

    peace…


    Hahahaha
    Lha malah belum ngirim jawaban

    [Reply]

  45. March 24th, 2012 at 22:42 | #45

    Nama Pengirim : Una
    Jawabannya : Ntar ya Pak huhuhu masih dikiiittt T.T
    *masuk moderasi nggak komen begini*


    Nek hanya seperti ini ya nggak dimoderasi

    [Reply]

  46. Imelda
    March 25th, 2012 at 08:07 | #46

    Tapi untung loh CUMA M,A,R,S kalau lengkap MARSUDIYANTO bisa muampuuuus bin JERENG hahahhaa


    Paling susah lagi kalau huruf2nya N, I, Q, U dan E bu… :D

    [Reply]

  47. March 25th, 2012 at 10:06 | #47

    Nama : Monda
    Jawaban : sempurna, asrama, marsekal, farmasi, harmonis, geramsut, sarkoma, glosarium, samsara, ambasador

    [Reply]

  48. March 25th, 2012 at 10:10 | #48

    udah nyoba setor jawaban, baru aja 5, tenang aja Ngai, lalu kalau mau nambahin kata caranya seperti apa pak


    Nambahnya ditulis di kotak komentar lagi Mbak… :D
    Nanti diakhir acara akan saya gabungkan

    [Reply]

  49. March 25th, 2012 at 11:47 | #49

    Nama Pengirim : Heri Bejo Slamet Untung
    Jawabannya : serambi, seragam, semrawut, sembari, sakramen,sitaresmi, masdar, musyafir, menstruasi, ramus, masyhur, magister, administrasi, markas, matras, migrasi, ambasador, samsir, asmara, asrama, mursal, sampar, romansa, romantis, maskara, ransum, megantropus, remunerasi, semerbak, marsekal, samurai, master, matros, sayembara, sarkoma, matriks, masturbasi, mesra, samper, samsara, mediokritas, masyarakat, masturi, madrasah, maestro, mahsyar, ….


    Jawaban di acc

    [Reply]

  50. March 25th, 2012 at 12:24 | #50

    Pak Mars aku udah send file lewat contact ya ^^
    Bingung kalo nulisnya di kolom komentar soale.
    Terimakasih…


    Oke, sudah saya liat :D

    [Reply]

Comment pages
1 2 3 34568
  1. March 28th, 2012 at 16:47 | #1
  2. April 3rd, 2012 at 07:30 | #2
  3. April 12th, 2012 at 19:20 | #3
  4. April 15th, 2012 at 09:52 | #4
  5. June 19th, 2012 at 21:52 | #5
  6. June 21st, 2012 at 07:26 | #6
  7. November 4th, 2014 at 15:06 | #7

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~