Lomba Buru Kata

Siapa yang mau peduli pada Bahasa Indonesia kalau bukan kita sendiri?. Oleh karena itu lewat lomba aneh ini saya mengajak sahabat sedikit luangkan waktu dengan berburu kata. Tak ada maksud lain kecuali agar kita tau seberapa banyak kosa kata yang ada pada kita.

Perburuan Dimulai !!!

Tugas peserta cuma satu, berburu kata sebanyak-banyaknya. Kata yang dimaksud adalah kata dasar, nama sesuatu atau istilah dalam Bahasa Indonesia yang memuat huruf M, A, R dan S. Letak hurufnya bisa dimana saja, tak harus berurutan. Contoh kata yang dimaksud misalnya

SEMINAR – PERMAISURI – MARKISA – ASMARA – KERAMAS

Kata seperti kemesraan, meremas, miras, merasa tidak dihitung karena bukan kata dasar, tetapi kata2 seperti markisa, rames, mars dan lainnya bisa diterima karena termasuk kata dalam Bahasa Indonesia. Kata serapan juga diperbolehkan sepanjang dikenali oleh alat pendeteksi dibawah ini

Cara Mengikuti

Nama peserta dan kata2nya ditulis pada kotak komentar postingan ini dengan format

Nama Pengirim : ………….

Jawabannya : …………..

Contoh:

Nama Pengirim : Lady Gaga

Jawabannya : remas, mesra, seram, asmara, keramas, semarak, markisa, …

Diambil 5 (lima) pemenang, yaitu peserta yang berhasil mengumpulkan kata valid paling banyak.

Lomba ditutup tanggal 10 April 2012 jam 24.00 WIB, diumumkan tanggal 12 April 2012.

Hadiahnya berupa Buku tentang Bahasa Indonesia dan Kamus Bahasa Indonesia.

Yang perlu diperhatikan

Karena ini adalah adu cerdas dan adu cermat, maka peserta tak perlu adu cepat maupun adu siasat.

Ini persaingan sehat. Peserta diberi kesempatan memperbaiki atau menambah jawabannya.

Untuk menjaga kerahasiaan jawaban, maka khusus di postingan ini sudah disetting otomatis, jawaban yang masuk akan termoderasi dan baru bisa muncul setelah lomba berakhir.

Selamat Berburu Kata !!

158 comments on this post.
  1. mintarsih:

    dalam rangka apa nih pak mars?


    Nggak dalam rangka apa2 Mbak, hanya untuk seneng2 aja :D
    Mari kalau mau ikutan

    [Reply]

  2. Tebak ini siapa!:

    Sebanyak-banyaknya? Sepiro kuwi? Hihihi…
    Insyallah meramaikan Pak, ntaran aja tapi hihi :D


    Sak mampune…
    Sak bodonge… :D

    [Reply]

  3. Ngai:

    longmars – remas – mesra – seminar – markisa – asmara – keramas – mars – rames – markisa – rimas – primas – marakas – markas – maras – matras – madras – madrasah – perimbas – mengkaras – rampas – temberas – temperas – muras – pemuras – temuras – samurai – sempuras – rembas – rimbas – ekstremitas – marwas – rempelas – sekeram – semaram – seram – miskram – suram – seragam – sergam – sirkam – palmarosa – romusa – marsekal – marsose – masyarakat – musyawarah – masyhur – masyrik – matros.

    mbahKung, kelompok di bawah ini masih meragukan.. apakah diperbolehkan..?

    isogram – stenogram – seismogram – osilogram – formalitas – moralitas – minoritas – mayoritas – darusalam – permeabilitas – maturitas – margasatwa.

    #Insya Allah, di hari terakhir nanti Ngai tambahin lagi..

    [Reply]

  4. Evi:

    Insya Allah aku nanti ikut pak :)


    Ditunggu dan nggak harus buru2…
    Kalau sehari dapat 18 kata, 2 minggu sudah mencapai 252 kata :D

    [Reply]

  5. achmad sholeh:

    boleh juga tuh pak


    Boleh apa Mas??

    [Reply]

  6. Sugeng:

    Ngintip, kalee saja dapat pangsit :lol:


    Ngintip orang ngintip

    [Reply]

  7. danyf5habibi:

    Nama pengirim: Dany Farid H.
    Jawaban:
    Es, senar, sinar, mari, maki, masa, mara, asam, rasa, rama, amar, resam, kemas, semak, kera, rak, era, ras, semar, kasa, samar, emas, seram.


    Hahahaha…
    Knapa kata2nya jadi gini?
    Perintahnya berburu “babi”, yg ditembaki malah “kucing” :D

    [Reply]

    danyf5habibi Reply:

    Waduh, kok saya jadi oon begini ya??
    Kurang memahami mungkin.
    #Rasa malu campur bingung jadi satu pak ini. :oops:


    Gpp…
    Kan contohnya sudah ada.
    Jadi tiap kata harus memuat huruf M, A, R dan S… :D

    [Reply]

  8. Ngai:

    itu markisa keulang dua kali.. maaf ya mbahkung.
    asli kuis ini bikin Ngai lieur.. :P

    #komen yg ini jgn ditampilkan ya..


    Kan nanti akan ada verifikasi pada jawaban yg salah atau berulang… :D

    [Reply]

  9. cer:

    aku mau ikutan ah pak, tak puter2 otak dulu..


    Oke…
    Ojo suwe2…

    [Reply]

    cer Reply:

    nama orang boleh jg to pak?


    Kan bisa di cek pakai alatnya itu…
    Sepanjang diterima oleh mesin koreksi itu ya boleh saja

    [Reply]

    cer Reply:

    mesinnya lg ga aktif


    Ganti traktor…

    [Reply]

    cer Reply:

    boleh buka kamus ndak ini pak?
    nek buka kamus kan dpt banyak.


    Ya boleh saja
    Kan saya nggak liat :D

    cer Reply:

    tapi di kamus kata-katane susah o,
    tak ngarang aja wes..


    Bagus itu…
    Siep!

    cer Reply:

    pak mar.. aku ultah ni -.-


    Selamat Ulang Taun, semoga sukses, selalu bahagia sejahtera

    cer Reply:

    ahahaha.. terimakasih pak ^^
    amin


    Sama2

    cer Reply:

    “kata2ku” paling dikit ya pak? -__-


    Siapa tau ada kategori paling sitik :D

    [Reply]

  10. Monda:

    Si Ngai udah duluan aja tuh
    Insya Allah ikut juga, kutulis di oret2an dulu, udah ada 3 kata (segitu aja bangga)


    Kalau besok dapat 1000. berarti akan jadi 1003

    [Reply]

    Ngai Reply:

    Bunda sbg satpam EYD-nya Ngai, kudu dapat lebih banyak dari Ngai.. :P


    Harusnya…

    [Reply]

  11. Tina Latief:

    aku boleh ikut ya pak…
    kebetulan lagi suka buka-buka kamus…


    Boleh sekali Mbak…
    Saya tunggu

    [Reply]

  12. budiastawa:

    PakDhe, saya mau tanya dulu. Kalau dimuat di sini apa kolom komentar sampean nanti nggak kepenuhan? Soalnya malam ini saya sdh dapat 300 kata :P *ngompori*


    Hahahaha
    Tenang Bli, hosting saya masih sisa 2.5 Gb
    Masih cukup untuk 1 kamuspun :D

    [Reply]

    budiastawa Reply:

    Sampai hari ini saya sudah dapat 435 lebih kata dengan kombinasi M-A-R-S. Tapi nggak saya kirim dulu. Takut nanti dibocorin sama jurinya ha ha ha ha *ngompori jilid 2*


    Hahahaha…
    Tebar ranjau nich Bli

    [Reply]

    giewahyudi Reply:

    Wah Bli Budi bagi-bagi dong jawabannya kok bisa sebanyak itu..


    Bli Budi paling2 belum ada 15 kata Mas :D

    [Reply]

    ysalma Reply:

    saya juga order sama Bli Budi, 20 juga gak apa2 deh Bli :D


    Bli Budi sendiri aja kekurangan :D

  13. Fahrie sadah:

    Merasa tertantang nih.. huh semangat! ^^ Besok tak kirim yo Pak..


    Oke, ditunggu

    [Reply]

  14. Sholihin:

    Wah ikutan pak,
    #pesen tempat dulu, sambil nyari oret-oretan xixixix


    Nggak perlu buru2 Mas

    [Reply]

  15. mascayo:

    waduh mau ikutan,
    susah kirim jawabannya nih pak
    test


    Pelan2 nggak apa2 Mas

    [Reply]

  16. nh18:

    Nama Pengirim : NH18

    Jawabannya :
    ASMaRa
    ASRaMa
    AMaRiliS

    MARS
    MAtRaS
    MARakaS
    MARkaS
    MARkiSa
    MARSose
    MAkasSaR (ini tidak ada di kamus … tapi ada di Peta) hehehe
    MASiR
    MASyaRakat
    MuSyawARah
    MARuS
    MARoS (ini tidak ada di kamus … taopi ada juga di Peta)

    MeSRA

    SAMuRai
    SAMpeR
    SAMpaR
    SeMAR
    SeMARang
    SeMARak
    SeMentARa
    SeMinAR
    SeMbuRAt
    SeMbaRAng
    SeMbARi
    SeRAM
    SeRAMbi
    SeRAMpang

    SuRinAMe
    SuMAteRa

    RAMeS
    RAnSuM
    RAMpaS
    ReMAS

    peRMAiSuri
    pRAMeswaRi
    pRAMuSiwi
    pRAMuwiSata
    pRAMu

    iMigRASi
    eMigRASi
    ReforMASi
    tRAnSforMasi
    foRMASi
    tRAnSMigrasi
    MigRASi

    qiqiqiq asik juga nih …


    Jawaban di acc Om…
    Makasih

    [Reply]

  17. mascayo:

    Nama Pengirim: Marscahyo hehehe…
    Jawabannya: asli hasil 1,5 jam menyisir kamus indonesia-inggris
    Ini jawaban pertama pak mar:
    Astronomi asmaragama asrama darusalam darmasiswa darmawisata deformasi demografis demokrasi demarkasi demiliterisasi demokratis demokratisasi demonstran demonstrasi demoralisasi determinasi dinamisator disharmoni diskriminasi diskriminatif dramatis dramatisasi eksaminator eksperimental emigrasi fermentasi formalitas formulasi formasi glosarium ,harmonis , harmonisasi , imperialis , imperialisme, imigrasi , impregnasi , improvisasi , instrumentasi instrumental , komersial , komersialisasi , komputerisasi , konservatisme , konsumerisme , madrasah , mandataris , margasatwa , marakas , marhaenis , marhaenisme , markas , markis , markisa , marsekal , masyarakat , masdar , maskara , masyhur , matras , mesra , migrasi , minoritas , misionaris , moralis , mukhtasar , musafir , musyawarah , observatorium , pemrasaran , prasmanan , pragmatis , pragmatism , prameswari , pramuwisata , pramuwisma , proklamasi , radikalisme , rampas , rampus , reformasi , reklamasi , rekomendasi , rimbas , romantis , romantikus , romusa , romansa , sakaratulmaut , samar , sambar , sambur , samudra , sampir , sampur , samurai , saptamarga , sayembara , sedarum , seismograf , selumbar , semandera , semarak , sembarang , sembari , sembrani , sementara , semerbak , seminaris sempurna , semburat , seragam , serambi , serampang , serentak , serempak , silaturahim , sinematografi , sumirat , supremasi , transformasi , transformator transmigran , transmigrasi


    Jawaban di acc

    [Reply]

  18. Samaranji:

    Ikoooot, Pak Mars… ^^
    Nama Pengirim : Haris Samaranji
    Jawaban :
    4. Mars
    5. Mesra, Marus, Rames, Remas, Rasam, Samar, Siram, Suram, Seram
    6. Markas, Masker, Asmara, Asrama, Ransum, Matris, Matras, Sambar
    7. Romansa, Semarak, Keramas, Samudra, Serambi, Formasi, Farmasi, Seminar, Seminari, Markisa, Matriks
    8. Semburat, Kremasi, Rasamala, Kasmaran
    9. Informasi, Praasmanan, Sementara, Komersial, Demokrasi, Mercusuar, Supremasi
    10. Masyarakat, Musyawarah, Konfirmasi, Permaisuri, Prameswari
    11. Demonstrasi, Makrokosmos, Metamorfosis

    [Reply]

  19. Samaranji:

    Kapan2 boleh ditambahi lagi enggak, Pak Mars?
    Eh Pak Mars dari Pemalang ya?

    Salam sungkem dari Semarang
    Maturnuwuun.


    Boleh ditambah terus menerus Mas…
    Makasih kunjungannya.
    Saya bukan dari Pemalang tapi dari Kendal saja Mas, deket to dari Semarang

    [Reply]

  20. nh18:

    Sodara-sodara sekalian …
    untuk diketahui saja …
    Saya sudah berhasil menemukan kurang lebih 329 kata-kata dengan kombinasi huruf M A R S ini …
    (sebuah psywar …)
    hahahaha
    salam saya


    Hahaha…
    Adu jumlah

    [Reply]

    Samaranji Reply:

    Saya 392, Om… hehe…
    perang psyichology nih~….


    Saya ada sekira 3.765

    [Reply]

    budiastawa Reply:

    Saya 447 *kompor mode : on*


    Masih kalah dengan saya Bli

    [Reply]

  21. ~Amela~:

    tanya dong pak mars.. kalau kata seperti rasisme atau multirasial dihitung tidak? soalnya dalam kbbi kan dianggap sebagai satu kata tersendiri.. tapi kalau ditilik dari asal katanya dia sebenarnya berasal dari multi-rasial dan ras-isme.. bagaimana pak mars?
    mohon pencerahan


    Menurut saya sich, rasisme itu bukan kata dasar, karena kata dasarnya adalah “ras”
    Jadi rasisme itu sudah dapat imbuhan

    [Reply]

    budiastawa Reply:

    Hah? berarti yang ada isme-isme itu gak bisa dipakai PakDhe. Itu imbuhan atau kata bentukan sih? Ada juga kata bentukan yang ada ‘itas’ atau ‘asi’ di belakangnya. Itu juga gak bisa dipakai ya? Kalau gitu kata-kata saya bisa berkurang 30 presen nih… :(


    Yg saya maksud kata dasar itu yg tanpa tambahan apa2 Bli, bisa imbuhan seperti prefiks, sufiks dll, juga termasuk yg isme atau tor gitu2 itu…

    [Reply]

    ~Amela~ Reply:

    sama bli.. punya saya juga -.-”

    tapi saya masih bingung pak mars..
    di atas kan tertulis: Kata yang dimaksud adalah kata dasar, nama sesuatu atau istilah dalam Bahasa Indonesia
    nah.. rasisme itu kan memang bukanlah kata dasar, tapi menurut saya itu termasuk suatu istilah dalam bahasa indonesia.. karena mengacu pada kata benda..
    begitu pula multirasial misalnya yang mengacu pada kata sifat

    karena istilah sendiri berarti: kata atau gabungan kata yg dng cermat meng-ungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yg khas dl bidang tertentu.

    begitu juga dengan taksimeter misalnya.. yang merupakan gabungan dari kata taksi dan meter. memang bukanlah kata dasar.. tapi memenuhi poin sebagai “nama sesuatu” barang..

    aduuh, maaf ya pak mars.. tanya2 terus saya.. hehehe
    sekalian belajar bahasa Indonesia lagi ini


    Pokoknya ditulis semua saja gpp, toch nanti bisa didiskusikan secara terbuka. Tapi yang saya maksud istilah atau nama itupun sesungguhnya ya yang kata dasar, belum dapat imbuhan maupun tambahan seperti “tor” atau “isme”
    Seperti markisa, itu menurut saya bukan kata dasar tapi istilah atau nama.

    [Reply]

    budiastawa Reply:

    Amela, coba ini bisa dipakai pedoman nggak :
    http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/lamanv42/sites/default/files/Pedoman_Umum%20Pembentukan_Istilah_(PBN).pdf


    Yang gampang2 dan sederhana2 saja…

    Samaranji Reply:

    Wuaduh… koq pada ngambil kata serapan dari Londo sana ya…
    Kayaknya yang asli dari Indonesia masih banyak dee..
    contoh : SAMARANJI
    itu termasuk dalam poin “nama sesuatu” *eh seseorang ding ^^a
    iya kan, Pak Mars?

    haha… psywar psywar…
    kalah menang pokoke rameee…
    lan bermanfa’at mestine ;)


    Pokoknya asal tulis sebanyak2nya…
    Nanti juri akan memilah2…
    Kalau ada satu atau dua kata yg dianulir tak akan menggugurkan kata yg lainnya kok

  22. ~Amela~:

    satu lagi pak mars.. di kata masarakat kan sebenarnya bentuk lain dari masyarakat.. (namun yang baku adalah masyarakat)..
    masarakat dihitung tidak?


    Kalo masarakat dan masyarakat dihitung satu saja Mbak.
    Dan saya pikir yg sudah menulis masarakat pasti sudah nulis masyarakat juga :D

    [Reply]

    Samaranji Reply:

    “mayoritas” “masyarakat” kita sering “musyawarah” sebagai jalan “konfirmasi” pada segala “informasi” sebagai jalan menuju “demokrasi” yang berjiwa pancasila. *eh nulis opo iki akyuuu ;)


    Musyawarah untuk Musrakat

    [Reply]

  23. puisipemula:

    masih nungguin siapa yang jadi pemenang nya :P
    salam


    Nggak keliatan karena jawabannya dimoderasi Bun

    [Reply]

  24. Imelda:

    uuuh masih lama ini hehehe. (Satu hari 10 kata…kalo ada :D)


    Masih lama dan boleh ditambah atau dilengkapi manakala dapat kata baru lagi

    [Reply]

  25. Ne Margane:

    Insya Alloh ikutan Pak Mars :-)

    sekalian jadi belajar ya, yang tadinya gak tahu jadi tahu deh :-D


    Iya Mbak…

    [Reply]

  26. die:

    sedang dalam perjalanan pulang kampung, sementara nunduk dulu sambil ngintip…(semoga gak bintilan)


    Disini bebas ngintip

    [Reply]

  27. mascayo:

    @nh18
    pyswar yang menohok! .. hohoho…


    Hahahaha

    [Reply]

    nh18 Reply:

    Ampun Mas …
    namanya juga psywar …
    (itu pasti bluffing …)
    qiqiqiqi


    Berhasil Om… :D

    [Reply]

  28. prih:

    ya pak, persiapan meramaikan perburuan kata. Salam


    Ditunggu jawabannya Mbak

    [Reply]

  29. Dhenok Habibie:

    huh hah.. dhe berburu kata dulu pak Mars di pasar 16, siapa tahu ada.. hehe :D

    masih lama, insya Allah bisa ikutan berburu kata.. do’akan saya pak.. (loh?)


    Saya pernah ke pasar itu…
    Tapi banyak yg pakai Bahasa Mandarin kalo gak salah :D

    [Reply]

  30. Endi:

    unik neh lombanya Om:)


    Iya Mas

    [Reply]

  31. mimi radial:

    ccckcckkk….ini toh yg bikin penasaran itu. liat bli budi udah 400 kata aja, jd keder hehe


    Itu 400 nya cuma nakut2i peserta yg lain Mbak :D

    [Reply]

  32. Budi Arnaya:

    hikhik ternyata seru…brow saya yang satu itu pasti semangat pakde heeee


    Pastinya begitu bro…

    [Reply]

  33. Imelda:

    Pak eM, aku kirim via email aja ya, soalnya satu file sendiri sih ….hihihi


    Via email juga boleh…
    Makasih atas keikutsertaan Bu eM

    [Reply]

  34. nique:

    hahahaha … gara2 keluar seharian kemarin, telat deh kesininya

    siap2 buka KBBI yang udah 2senti tinggi debunya


    Hahaha…
    Ni ikut2an menabuh genderang perang

    [Reply]

    nique Reply:

    inilah bukti pak’e sangat narsis hahaha


    Kalau pakai huruf N-I-Q-U-E bakalan susah nyari kata2nya :D

    [Reply]

    nique Reply:

    udah dapet 240kata pak itu baru dari awalan MARS … mo tak terusin lagi dari sisa 26abjad itu :D


    Jek kalah jauh Ni…
    Kancane wis 3 ribuan

    [Reply]

  35. advertiyha:

    hihihihi,,,, asik nih kontesnya…
    pak, saya ikutan ya?? gak minta dipangku dan digendong kok, bisa jalan sendiri,, hahaha
    tunggu daku :)


    Waktunya masih cukup buat nyusun kata sebanyak2nya Mbak…
    Tapi nanas, lele, gurami nggak bisa lho :D

    [Reply]

  36. khay:

    emang kenapa, MARSalah buat loe?? hehehehe…. sy ikutan mister..tapi nunggu dapet kata2 yang valid dolo…


    Marsa Bodohlah :D

    [Reply]

  37. khay:

    SAYA SUDAH DAPAT 599 KATA KOMBINASI DARI MARS..TAPI BELUM BERANI KIRIM, TAKUT DI CONTEK PESERTA LAIN (KKN MODE ON) HAHAHAHAHA


    Nggak ada yg bisa liat jawabannya selain saya Om…
    Begitu ada jawaban masuk, nggak akan bisa nongol :D
    Khusus postingan ini, begitu ada kata kunci, maka komen langsung terpending

    [Reply]

  38. nique:

    pak’e, sy udah kirim email kok blom dimasukin sbg pendaftar? ihiks


    Ini saya lagi di Kudus, belum sempat nengok email :D

    [Reply]

  39. nh18:

    Waduh …
    pada pake E mail ngirimnya ?

    wwwaaahhhhh … itu pasti banyak tuh

    Salam saya


    Belum tentu juga Om :D
    Ini kan dalam rangka “pesi-war” :D

    [Reply]

  40. budiastawa:

    Hah? Aturannya sudah diubah kirim pake email kah?


    Nggak ada yang berubah.
    Kirim langsung boleh, lewat email juga boleh.
    Lewat SMS kalau mau juga boleh :D

    [Reply]

  41. Imelda:

    aku udah kirim loh pak e….lewat gmail tuhhhhh… semoga aku yang menang hahaha


    Sudah saya baca Bu… :D

    [Reply]

  42. Ni Made Sri Andani:

    Wah.. kalau gitu saya nonton aja, Pak Mars. Kalau semua bertanding kan susah…
    Apalagi kayanya harapannya sudah makin tipis ini. Soalnya sudah ada yang dapat 200 an kata, ada yang 300 an , 400 an… saya pasti kalah deh.
    Kecuali … boleh nggak kata-kata dalam Bahasa Bali juga diikutkan? barangkali bisa sedikit ngedongkrak perolehanku…he he..


    Yang 300 atau 400 itu cuma nggertak dowang Mbak… :D

    [Reply]

    nique Reply:

    hahahahahahahaha


    Hahahaha

    [Reply]

    budiastawa Reply:

    Wahahaha, ternyata ada korban akibat psy-war juga neh….


    Hahaha
    Iya :D

    [Reply]

  43. die:

    Jumlah kata dasar dengan gabungan huruf mars total jendral ada 836 kata…[jangan ter-provokasi...]


    Kalau kata yg memuat huruf D; I dan E malah ada 6.126 kata, sedangkan kalau hurufnya N; I; Q; U dan E malah tak satu katapun

    [Reply]

    nique Reply:

    wkwkwkwk betolllll


    Yo mesti betul

    [Reply]

  44. ndop:

    ada yang pakek taktik sudah menemukan ratusan kata, biar yg lain mundur duluan nih, hahaha.. yaudah deh, supaya taktiknya berhasil, saya mundur aja deh, hahahahaa

    peace…


    Hahahaha
    Lha malah belum ngirim jawaban

    [Reply]

  45. Tebak ini siapa!:

    Nama Pengirim : Una
    Jawabannya : Ntar ya Pak huhuhu masih dikiiittt T.T
    *masuk moderasi nggak komen begini*


    Nek hanya seperti ini ya nggak dimoderasi

    [Reply]

  46. Imelda:

    Tapi untung loh CUMA M,A,R,S kalau lengkap MARSUDIYANTO bisa muampuuuus bin JERENG hahahhaa


    Paling susah lagi kalau huruf2nya N, I, Q, U dan E bu… :D

    [Reply]

  47. Monda:

    Nama : Monda
    Jawaban : sempurna, asrama, marsekal, farmasi, harmonis, geramsut, sarkoma, glosarium, samsara, ambasador

    [Reply]

  48. Monda:

    udah nyoba setor jawaban, baru aja 5, tenang aja Ngai, lalu kalau mau nambahin kata caranya seperti apa pak


    Nambahnya ditulis di kotak komentar lagi Mbak… :D
    Nanti diakhir acara akan saya gabungkan

    [Reply]

  49. Heri Bejo:

    Nama Pengirim : Heri Bejo Slamet Untung
    Jawabannya : serambi, seragam, semrawut, sembari, sakramen,sitaresmi, masdar, musyafir, menstruasi, ramus, masyhur, magister, administrasi, markas, matras, migrasi, ambasador, samsir, asmara, asrama, mursal, sampar, romansa, romantis, maskara, ransum, megantropus, remunerasi, semerbak, marsekal, samurai, master, matros, sayembara, sarkoma, matriks, masturbasi, mesra, samper, samsara, mediokritas, masyarakat, masturi, madrasah, maestro, mahsyar, ….


    Jawaban di acc

    [Reply]

  50. Tebak ini siapa!:

    Pak Mars aku udah send file lewat contact ya ^^
    Bingung kalo nulisnya di kolom komentar soale.
    Terimakasih…


    Oke, sudah saya liat :D

    [Reply]

  51. Pengamat Kontes:

    Sudah 5 jam kok baru dapat 2308 kata ya


    Waktunya masih lama kok Dhe

    [Reply]

  52. pakde Cholik:

    Nama Pengirim : Abdul Cholik
    Jawabannya :

    Mars
    Marsekal
    Markas
    Markonis
    Marhaenis
    Margasatwa
    Transmigrasi
    Transmigran
    Transformasi
    Reformasi
    Proklamasi
    Formasi
    Migrasi
    Numerasi
    Moderator
    Modernisasi
    Metamorfosis
    Imigrasi

    Remas
    Keramas
    Kremasi
    Mesra
    Mendasar
    Farmasi
    Formulasi
    Fermentasi
    Fragmentasi
    Marginalisasi
    Konfirmasi

    Asmara
    Asrama
    Afimarsi
    Afirmatif

    Rampas
    Prisma
    Prasmanan
    Prameswari
    Pramusaji
    Pramuwisma
    Pramusiwi
    Pramuwisata

    Sambar
    Sampur
    Sempurna
    Serambi
    Serampangan
    Serampang

    Serambut
    Semburat
    Sumbar
    Simbar
    Samir
    Seram
    Samar
    Samaran

    nanti nambah lagi.


    Matur Nuwun Dhe

    [Reply]

  53. tunsa:

    nama pengirim: ari tunsa
    jawabannya:

    suram, samar, seram, siram, semarak, semrawut, muras, maras, samar, serambi, sembari, sembarang, semburat, samurai, termasuk, mesra, masyarakat, musyawarah, sambar, sumbar, simbar, sembar, simbur, sampar, sampir, prasmanan, semarak, samaran, kremasi, reformasi


    Jawaban di acc

    [Reply]

  54. tunsa:

    nggak ada tulisan moderasinya ya? :D


    Hahahaha…
    Ini sudah di setting secara anti biasa Mas.
    Yg dimoderasi cuma komen yang berisi jawaban. Kalo komen biasa ya lolos langsung
    Jadi ini bukan moderasi total

    [Reply]

    tunsa Reply:

    boleh menambahkan lagi kan pak? :D
    caranya gimana kalo mau nambahin lagi?


    Boleh, langsung ditulis dikotak komen saja

    [Reply]

  55. Ejawantah's Blog:

    Walau hadirnya telat Pak pada acara ini, saya ingin mungucapkan bahwa acaranya ini sangat inspiratif untuk menggali kecerdasan kreatifitas.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog


    Dan bikin mumet Pak

    [Reply]

  56. alifahru:

    kok gak ada ide ya? waduh… kosakata indonku payah… hehe


    Nek hurufe L-E-L-E pastinya biso yo

    [Reply]

  57. Ely Meyer:

    aku nggak ikut pak
    turut mendokan semoga lomba buru kata nya sukses ya :)


    Mboten nopo2 Mbak…
    Matur nuwun dongane

    [Reply]

  58. ysalma:

    Ikut jadi asisten pemburu Pak.

    Nama Pengirim : YSalma.
    Jawabannya : ambasador, asmara, farmasi, kremasi, marsekal, markas, masyarakat, maskara, masyhur, masker, maskara, marawis, markas, matras, menstruasi, mesra, mistar, musyawarah, rampas, rames, romusa, samar, sambar, samudra, samurai, semar, sembarang, seram, sempurna.


    Jawaban di acc

    [Reply]

  59. narno:

    semoga masih sempat ikutan


    Ditunggu Mas

    [Reply]

  60. Hari Mulya:

    klasemen sementara nya, Pak
    paLing banyak udah ngumpuL berapa kata? :D


    Klasemen sementaranya belum keliatan

    [Reply]

    nique Reply:

    paling banyak itu 1203 kata … :D


    4.560 kata :D

    [Reply]

  61. applaus:

    aduh siap siap nih.. coba deh ikutan ah… buka kamus dulu…


    Ditunggu partisipasinya

    [Reply]

  62. chocoVanilla:

    Aku ikooot, Paaaakk…. Sik…sik…tak golek sik, nanti pasti mbalik :D


    Oke Mbak, ditunggu.
    Waktunya masih lumayan lama

    [Reply]

    Pakde Cholik Reply:

    biasane jarang balik


    Tapi mudah2an sekali ini balik lagi Dhe

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Wakakakakaka…..


    Hahahaha

    [Reply]

  63. Samaranji:

    Usul Pak Mars….
    Juaranya dapet ucapan “Terima kasih” soalnya kan pasti udah punya kamus itu
    Yang dapet buku yang kalah ajah,,,, :D #mulaiminder.dot.com


    Kamusnya pasti beda dengan kamus yg hadiah ini Mas

    [Reply]

    nique Reply:

    hihihi …. nek sing entuk hadiah sing kalah … piye carane? hahaha … wes tak submit 1 kata wae hahaha


    Bayangkan kalau lomba lari pemenangnya adalah yg paling belakangan sampai.
    Jurinya kelamaan nunggu

    [Reply]

  64. kyaine:

    sungguh, saya pernah menulis tentang MARS di sini ;)


    Hahahaha…
    Makasih Gus, nama saya pernah direview dan di condro di Padeblogan

    [Reply]

    nique Reply:

    saya juga pernah membacanya disana :D


    Opo iyo?

    [Reply]

  65. chocoVanilla:

    Klo marshmallow boleh gak, Pak?
    Karena menurut KBGMK (Kamus Besar Galau Masa Kini) itu artinya Pak Mars lagi melloooow….. hihihihihi…. :mrgreen:

    (kabooor, golek kata-kata lagiii)


    Jadi kangen Bu Marsmallow yang tiba2 hiatus

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Wakakakaka….. ha mbok kamarnya diketuk trus ditanya to, Pak?
    “Nok, kok hiatus kenapa to? Aku kan rinduuuu, yok mari sini tak dampingi menulis sambil tak pijeti wis….”
    Hihihihihihi…… :mrgreen:


    Nggak tau juga sudah lama menghilang :D

    [Reply]

  66. chocoVanilla:

    Ikoot Pak, tapi baru dikiiiiit. Nanti boleh ditambah kan?

    Nama pengirim: chocoVanilla

    Jawabannya: marsekal, resam, supremasi, kremasi, samara, asrama, prameswari, prasmanan, semara, demokrasi, sementara,

    Haduuuh, itu sik ya, Pak. Tak golek lagi…


    Jawaban di acc

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Pak, nambah lagi yaa…

    Jawabannya: demonstrasi, demonstran, demarkasi, embarkasi

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Lho, tadi saya ngirim masuk gak ya? Nambah lagi, Pak….

    Jawabannya: demonstrasi, demonstran, demarkasi, embarkasi,

    Segitu dulu Pak, kalo ada lagi boleh nambah lagi kan? :D

    [Reply]

  67. Orin:

    Ikoootttt

    Nama : Orin
    Jawaban : samar, pemirsa, semar, asrama, madrasah, semerbak, rampas, seragam, prasmanan, ransum, serambi

    [Reply]

  68. cha onie:

    semar – remas – seram – meras – rames – mesra – merasa – rames (nasi rames) – auh ah lap


    Kok au ah…

    [Reply]

  69. Mugniar:

    DAFTAR Pak Mars … :)

    Nama Pengirim : Mugniar
    Jawabannya:

    Seram, Serambi, keramas, asrama, metamorfosis, metamorfis, mesra, remas, menstruasi, mensurasi, menserendahi, megaspora, mayoritas, matris, matrikulasi, matriks, maturasi, masyhur(=mashur), masyrik, marsepen, masyarakat, master, masterplan, magister, masrum, masker, maskara, maser, masdar, marwas, marus, marsekal, mars, marsaoleh, markusip, markonis, markisa, markas, markis, marsose, markasit, marhaenisme, marginalisme, margasatwa, maras, marakas, manuskrip, manikdepresi, manerisme, mandataris, madrasah, makrosefalik, makrosmatik, makrokosmos, makroftalmus, makrogametosit, makrohistori, mahsyar, magistrat, magersari, asmara, transvertisme, transmutasi, transmigrasi, transmigran, transmisi, transmiter, transmogrifikasi, transformasi, transformator, atmosfer, rames, ramus, ransum, rasionalisme, rasialisme, rasam, realisme, rampas, parasitoman, paronomasia, parlementarisme, prasmanan, praseminar, samar, suram, siram, matras, terimakasih, tiramisu, farmasi, fermentasi, perikemanusiaan, permutasi, permeabilitas, permaisuri, petromaks, plagiarisme, pluralisme, argumentasi, polimerisasi,pragmatis, Fragmentaris, prameswari, pramusaji, pramusiwi, pramuwisata, pramuwisma, preasetabulum, primas, primordialisme, prisma, profesionalisme, proklamasi, proksimal, prominensia, pronominalisasi, protestantisme, protoplasma, provinsialisme, psamolitoral, psikodarma, psikofarmakologi, psikometrika, purintanisme, sakratulmaut, sakarimeter, sakramen, sakramental, sakramentalia, sakrum, sakrolumbal, salinometer, samara, samarium, samanera, sambar, sambur, sampar, sampir, sampur, sempurna, samsara, samsir, samudra, samurai, sanatorium, sesumbar, semringah, semrawut, sarkasme, sarkoderma, sarkolema, sarkoma, sarkoplasma, saturometer, sedarum, seismograf, sekularisme, sektarianisme, selumbar, selumbari, semafor, semara, semarak, semaram, semarmendem, semarai, semawar, sembar, sembarang, sembari, sembrani, semberap, sembirat, semburat, semendarasa, semerbak, semerdanta, seminar, seminari, semipermanen, sempuras, sentigram, separatisme, serama, seragam, serampang, Seranometer, serbasama, serbamacam, serembah-serembih, seremban, serempak, serengam (=sengam), sergam, serimala, sermangin, sertamerta, serumat, setirman, sfigmograf, sfigmomanometer, sianometer, sianometri, silaturahmi, simbar, simulator, sinematografi, sinematograf, geramsut, harmonis, darmawisata, orgasme, soarma, sperma, spermaseti, spermatid, spermatofobia, spermatofora, swadarma, suwarnabumi, swapemurnian, swasembada, mirasidium, reformasi, formasi, musafir, spermatozoa, spektogram, spektrokimia, spiritualisme, stenogram, submarine, arsenikum, asidimeter, asimetris, asetimeter, asmaradanta, asortimen, asmaradana, asmaragama, asmaraloka, astronom, aspartame, auksanometer.


    Jawaban di acc

    [Reply]

  70. nia/mama ina:

    wahh ketinggalan berita nech…ternyata kontesnya sudah dimulai…mudah2an bisa ikutan…


    Yang ikut masih sedikit Mbak

    [Reply]

  71. anny:

    Boleh dicoba nih,masih kan lomba nya?
    Kebetulan saya lagi butuh banget kamus B Indonesia hehehe, sapa tau dapat satu :D


    Ditunggu Mbak

    [Reply]

  72. arif:

    lomba nya unik, *nyari kata2 dulu*


    Mari…

    [Reply]

  73. Lomba Blog 2012 « nurrahman's blog:

    [...] Lomba Buru Kata by MetaMarsphose Rate this: sebarkan pula di :ShareFacebookTwitterLike this:Suka6 bloggers like this [...]

  74. narno:

    kemaren sudah mendaftarkan diri tetapi gagal, semoga kali ini bisa


    Sudah terkirim Mas

    [Reply]

  75. narno:

    Nama Pengirim : sunarno
    Jawabannya : Metamorphose , sempurna, sembarang, limaratus, markas, marsose, amarilis, ambassador, ambergris, amebiasis, ameliorasi, amerisium, amfiortrosis, artemis, asmara, asmaradana, asrama, astronomi, atmosfer, campursari, mursal, marsal, darmasiswa, darmawisata, demarkasi, madrasah, madras, maestro, magesari, magister, magistrate, maharesi, maheswara, majistrat, makrosefalik, makroskopis, malnutrisi, mandataris, manerisme,manikdepresif, marakas, markasit, markis, markisa, markonis, markusip, marsaoleh, marsekal, marus, marwas, marxis, mars, masyarakat, masdar, maser, maserasi, masyhur, masir, maskara, masker, musyawarah, masori, masrum, master, masturbasi, minoritas, mistar, moderasi, mudasir, musafir, rames, mesra, rampus, ramus, rasam, rasamala, romantis, rembas, remas, romusya, samanera, samar, samarium, sumeria, sambar, sumbar, sambur, Samir, samiri, sampar, samper, sampurna, sempurna, samsara, samsir, samudra, samurai, samroh, sanatorium, sarcasme, sarkoderma, sarkolema, sarkoplasma, semar, samara, semarak, semaram, sembarang, sembari, semberani, semburat, seminar, seminari, seragam, serama, srambi, serempak, serampang, serampin, serampu, serengam, sergam, serimala, syamsir, rampas, ramus,


    Makasih jawabannya

    [Reply]

  76. aming:

    waduh…riweuh juga yak..di coba dulu deh pak…


    Kalau dibikin riweuh ya riweuh Mas

    [Reply]

  77. Niar Ningrum:

    Baru mampir di sini lha kuq udah ada ajah kontes2 lagi… :)

    Niar mencoba mengikuti ini sebagai salah satu orang yang banci tampil, sapa tau dapet tuh buku biar makin semangat ngeblog nya :D

    Nama Pengirim : Niar Ningrum

    Jawaban :
    1. SaMAR
    2. pluRAliSMe,
    3. MeSRA,
    4. SeMRAwut,
    5. MaSyaRAkat,
    6. MadRASah,
    7. SeMARang,
    8. MetamoRfoSis
    9. ….

    Boleh berlanjut lagi kan om di komentar selanjut nya:D kan bingung ini memeras otak dulu mencari kata dasar :D


    Makasih

    [Reply]

  78. Niar Ningrum:

    @cha onie
    itu ndak masuk moderasi toh om Mars… :D


    Gpp, kan sedikit dowang :D

    [Reply]

  79. Abi Sabila:

    Wah, ada ajakan untuk menjadi cerdas nih, tentunya nda boleh dilewatkan. Insya Allah ikutan, Pak.


    Ditunggu partisipasinya Bi

    [Reply]

  80. teknisi komputer:

    hahaha… lomba yang sangat unik sekaligus sebagai bentuk kepedulian terhadap bahasa Indonesia yang notabene sebagai kepribaidan bangsa yang perlu dijaga. salut deh….


    Makasih Mas

    [Reply]

  81. budiastawa:

    Nama Pengirim: budiastawa
    Jawaban : marsekal, marsose, marsepen, marsaoleh, geramsut, masrum, asrama, samsara, prasmanan, rasam, rasamala, paramasastra, remas, rimas, primas, kremasi, supremasi, komisar, komisaris, komisariat, musara, temesar, srimanganti, madrasah, madras, sumirat, seram, serama, serambi, serampang, serampin, serampu, serampuk, suram, struma, serumat, masdar, maser, maserasi, masir, maskara, masori, masker, master, masterplan, masturbasi, masyarakat, masyhur, masyrik, afirmasi, antarmaster, darmasiswa, deformasi, reformasi, disinformasi, farmasi, formasi, informasi, keramas, konfirmasi, namaskara, paronomasia, pascareformasi, permasan, proklamasi, reklamasi, spermaseti, transformasi, transformasionalis, masjidilharam, maramus, maras, margasatwa, marginalisasi, marginalisme, marhaenis, marhaenisme, markas, markasit, markis, markisa, markonis, markusip, mars, marus, marwas, amarilis, asmara, asmaradanta, asmaragama, asmaraloka, asmarandana, resam, demarkasi, ekstramarital, legitimaris, palmarosa, samar, samara, samarium, semarai, semaram, semarmendem, soarma, submarine, mesra, sumarah, supermarket, sarkasme, sarkoderma, sarkolema, sarkoma, sarkoplasma, glosarium, magersari, mahsar, mudasir, mukhtasar, rasem, rasialisme, rasionalisme, rasisme, administrasi, aglomerasi, ameliorasi, demabrasi, demokrasi, demonstrasi, demonstran, dismembrasio, emigrasi, enumerasi, imigrasi, transmigrasi, komparasi, konglomerasi, maulidurasul, mensurasi, mengkaras, merasi, migrasi, mobokrasi, monokrasi, multirasial, multirasialisme, muras, narasumber, nomokrasi, pemuras, praseodimium, praseminar, prasmanan, darmawisata, farmakologis, farmakoseutika, harmonis, harmonisasi, psikofarmakologi, saptadarma, swadarma, karsinoma, mempelasari, samsir, rames, siram, rampas, rampis, ramus, desigram, dramatikus, dramatis, dramatisasi, elektroensefalogram, ensefalogram, frambusia, hiperamnesi, intramuskuler, isogram, keramikus, melodramatis, osilogram, menstruasi, pramenstruasi, stratokumulus, stratum, administratif, administrator, demonstrativa, ekstraparlementer, magistrat, nimbostratus, karisma, karismatik, krisma, makrosmatik, pramuwisma, biprisma, prisma, birsam, mursal, impresariat, impresario, merserisasi, komersial, komersialisasi, ambergris, narsisme, metatarsus, rampus, ramulus, ramus, geramus, miskram, paramedis, prameswari, pramujasa, pramusaji, pramusiwi, pramuwisata, psikodrama, sakramen, sakramental, sakramentalia, seismogram, sekeram, sekiram, sentigram, sambar, sambur, samidra, samir, samovar, sampar, samparan, samper, sampir, sampur, samudra, samurai, eksaminator, heksameter, psamolitoral, endomiokarditis, monosakarida, sempurna, samanera, romansa, romantis, romantikus, elektromagnetisme, feromagnetisme, kromatis, mikromanipulasi, monokromatis, nekromansi, pankromatis, petromaks, serimala, seteriman, rematisme, romusa, musafir, dinamisator, misantrop, semarak, darusalam, demiliterisasi, komputerisasi, motorisasi, polimerisasi, krisantemum, barbarisme, sayembara, selumbar, selumbari, sembar, sembarang, sembari, sumbar, simbar, largisimo, eksemplar, sekularisme, solarimeter, plagiarisme, anarkisme, misionaris, seminari, seminaris, paradigmatis, paralelisme, paraplasme, parasetamol, parasitisme, parasitoma, paradidimis, parkinsonisme, parlementarisme, parokialisme, partikularisme, apartemenisasi, departementalisasi, egalitarisme, fragmentaris, hipopituitarisme, mandataris, mistar, musytari, unitarisme, vegetarisme, maheswara, semawar, musyarik, yaumulmahsyar, ambasador, perimbas, rembas, rimbas, rekomendasi, mufasir, epigastrium, megaspora, megasporangium, megasporofil, orgasme, orgasmik, stomatogastrik, neodarwinisme, sedarum, semendarasa, disharmoni, maharesi, misdinar, oseanarium, separatisme, suprarenoma, sektarianisme, musyawarah, embarkasi, marakas, oversimplikasi, transmogrifikasi, matrikulasi, neuroblastoma, osmoregulasi, plastometer, protoplasma, rempelas, termoplastik, determinasi, diskriminasi, impregnasi, rekombinasi, terminasi, pascamodern, pascamodernisme, prodemokrasi, amortisasi, dekriminalisasi, demineralisasi, demokratisasi, demoralisasi, kriminalisasi, lamtoronisasi, mineralisasi, metropolisasi, modernisasi, moralisasi, overkompensasi, pronominalisasi, abnormalitas, argumentasi, ekstremitas, fermentasi, fragmentasi, impersonalitas, importasi, instrumentasi, konfirmitas, kriminalitas, maturitas, mayoritas, metasenter, minoritas, modernitas, moralitas, morbiditas, mortalitas, ornamentasi, permeabilitas, permutasi, muasir, vasomotor, normalisasi, serbamacam, makrogametosit, pusparagam, seragam, sergam, serengam, sirkam, selampuri, anamorfosis, termodinamis, aspartame, hipervitaminosis, syamsir, hermafroditisme, semafor, permaisuri, makroftalmus, makrohistori, makrokosmos, makrolinguistik, makrosefalik, makroskopis, makrososiologi, malabsorpsi, maldistribusi, malnutrisi, formalistis, isotermal, manerisme, manikdepresi, manuskrip, materialis, materialisme, materialistis, matras, matres, matriks, matros, maturasi, maturitas, dermatitis, dermatofitosis, reumatismos, sinematograf, sinematografi, sinematografis, spermatofora, spermatogenesis, spermatosit, spermatozoa, spermatozoid, transformatif, transformator, sakratulmaut, radikalisme, gradualisme, tradisionalisme, demografis, grafemis, kosmografi, seismograf, sfigmograf, sinemikrografik, pragmatis, pragmatisme, daerahisme, mesotoraks, musyarakah, sumarak, bilateralisme, federalisme, generalisimo, liberalisme, mineralogis, moralisme, moralistis, multikulturalisme, naturalisme, neoliberalisme, netralisme, pluralisme, strukturalisme, ransum, prapromosi, trapesium, birokratisme, demonstratif, demonstrativa, kooperativisme, korporatisme, semburat, sidratulmuntaha, siratulmustakim, strategem, seraumeter, semerawang, semrawut, musafirin, sahmura, sakarimeter, sakrolumbal, salinometer, sanatorium, auksanometer, saturometer, selumar, arsenikum, maestro, magister, sakrum, merangsi, temuras, komisura, termaestesia, mahsyar, supraalmi, metamorfis, metamorfisme, metamorfosis, amerospora, homospora, klamidospora, mikrospora, monstera, muspra, semandera, sementara, angiosperma, endosperma, merdesa, konformitas, alomerisme, aforisme, altruisme, amatirisme, anakronisme, aneurisme, antropomorfisme, antroposentrisme, apheliotropisme, arkaisme, universalisme, dormansi, semipermanen, sermangin, setirman, spermatogenesis, taksidermi, termostat, semringah, asimetris, asketisisme, asortimen, astronomis, kursemangat, amerisium, amfiartrosis, arkileksem,


    Jawaban di acc

    [Reply]

  82. budiastawa:

    Stok kata-kata saya tak tinggal Hiatus. Hampir saja lupa ngirim. Barusan tak kirim sekalian. Tapi itu masih babak pertama lho Pak Dhe. Masih banting-banting kamus lagi nih….


    Oke, ditunggu Bli

    [Reply]

  83. yuniarinukti:

    Nama Pengirim: Yuniari Nukti
    Jawabannya: Abnormalitas, Abstraksionisme, Absorpsiometer,

    Absorsiometer, Aforisme, Aglomerasi, Agroekosistem, Akselerometer,

    Akromatoplasma, Akromosom, Transformator, Alelomorfisme,Altruisme,

    Amaurosis, Ambasador, Ameliorasi, Amortisasi, Anakronisme, Androsom,

    Angiospermae, Antiserum, Aransemen, Argumentasi, Samudera, Sembrani,

    Sembarang, Serampang, Sembari Serambi, Romusa, Masbro, Asetimetri,

    Asetimeter, Asidimeter, Mayoritas, Minoritas, Asmaradanta, Asortimen,

    Astrokimia, Astronom, Atmosfer, Auksometri, Automorfisme,

    Isomorfisme, Mezosopran, Biprisma, Birsam, Sumatranum, Darmawisata,

    Mudasir, Darwinisme, Dasimeter, Megasporofil, Sumatrana, Isotermal,

    Deformasi, Deformilasi, Defragmentasi, Demiliterisasi, Demonstratif,

    Demografis, Demokrasi, Demoralisasi, Demokratis, Demonstran,

    Dermatitis, Desigram, Dinamisator, Disharmoni, Diskriminasi,

    Rekomendasi, Dramatis, Dramatikus, Eksaminator, Eksperimental,

    Ekstremitas, Elastometer, Embarkasi, Ensefalogram, Kompresibilitas,

    Transmisi, Farmasi, Favoritisme, Feromagnetisme, Pragmatis, Formasi,

    Formilasi, Formulasi, Fragmentasi, Fragmentaris, Frambusia, Fransium,

    Fruktosamina, Demarkasi, Gemeresak, Geopotensialmeter, Geramsut,

    Girokompas, Ransum, Sampir, Rampas, Rampes, Halokrimisme, Heksameter,

    Hemakromatosis, Hermafroditisme, Hermiasi, Hidrodinamis,

    Hidroksikobalamin, Hidroksimetilase, Hiperamnesi, Hiperglisemia,

    Hiperkalsemia, Hipervitaminosis, Histeruspasme, Histogram,

    Homoserina, Archimides, Imigrasi, Migrasi, Imperialis, Impersonal,

    Impersonalia, Importasi, Impregnasi, Impresariat, Impresario,

    Improvisasi, Informasi, Instrumentasi, Instrumental, Jurnalisme,

    Karisma, Klamidospora, Kodeterminasi, Kofermentasi, Komersial,

    Komisaris, Komisariat, Komparasi, Komplementaritas, Komputerisasi,

    Konfirmasi, Konglomerasi, Konservatisme, Konservatorium, Kosmografi,

    Kremasi, Kriminalitas, Kristalogram, Kristianisme, Kromatis,

    Kromatisitas, Maskara, Kuasimiliter, Lakrimasi, Lamarkisme,

    Petromaks, Masyarakat, Leptospongarium, Leukositometer, Liberalisme,

    Musara, Mutamerisme, Mutirasialisme, Naturalisme, Nekromansi,

    Organisme, Oseanarium, Ornamentasi, Pankromatis, Paralelisme,

    Paramasastra, Paramedis, Paramesium, Parasitisme, Parlementarisme,

    Patriotisme, Pemirsa, Pemuras, Perfeksionisme, Permasan,

    Permeabilitas, Permaisuri, Permutasi, Plastometer, Polimerfisme,

    Pramusaji, Pramusiwi, Pramuwisata, Praseodimium, Prasmanan,

    Premanisme, Preeklamsia, Prisma, Problematis, Proklamasi, Proksimal,

    Protoplasma, Protestantisme, puritanisme, Pusparagam, Radikalisme,

    Radiotropisme, Seragam, Merais, Ramas, Rames, Rampas, Rampis, Rampus,

    Ramus, Rasam, Sahmura, Rasemisasi, Rasionalisme, Rasialisme,

    Reformasi, Regionalisme, Rekomendasi, Reklamasi, Remas, Rembas,

    Rempelas, Remunerasi, Resam, Rimas, Rimbas, Romanistik, Romantikus,

    Romantis, Romantisisme, Ruminasia, Sakratulmaut, Sakarimeter,

    Sakarimetri, Sakarometer, Salinometer, Samar, Sambar, Samir, Sampar,

    Sampir, Samurai, Sampur, Sampurna, Sempurna, Samsara, Samsir,

    Sanatorium, Sarkasme, Sarkoderma, Sarkolema, Sarkoma, Sarkoplasma,

    Sayembara, Sayur-mayur, Sedarum, Seismograf, Seismogram, Seismometer,

    Sektarianisme, Sekularisme, Selumbar, Selumbari, Semafor, Semandera,

    Semaram, Semarmendem, Semarak, Semarai, Semaram, Semawar, Sembar,

    Sembirat, Semendarasa, Semburat, Sementara, Semerawang, Semerbak,

    Semerdanta, Seminari, Seminaris, Seminar, Sempuras, Semrawut,

    Sentigram, Separatisme, Seragam, Seram, Serambi, Serama, Serampat,

    Serampin, Serampuk, Serbaemas, Serbamacam, serbarumah, serbasama,

    serdam, seremban, serembah-serembih, seremonial, serempak, serengam,

    sergam, serimala, sermangin, serta-merta, setirman, silaturahmi,

    simbar, simpang-siur, simprak, simulator, sinematografi,

    sinemikrografik, sinkronisme, siram, siratalmustakim, sirkam,

    solarimeter, salinometer, Sosiodemokrasi, sosiodrama, spektogram,

    spektropolarimeter, Spektrokimia, spermaseti, spermatid, sperma,

    spermatofobia, spermatozoa, spermatozoid, spermisida, sporangium,

    srimanganti, stalagmometri, stenogram, stenotermal, stereokomparator,

    Strabotomi, strategem, Stratokumulus, stratum, spektogram,

    spektrokimia, spiritualisme, submarine, sumbar, sumirat,

    superlativisme, supermewah, superorganisme, supremasi, suwarnabumi,

    swapemurnian, syamsir, Taksometrika, Temberas, Temperas, Temuras,

    terima-kasih, termoplastik, Tradisionalisme, Transformasi,

    Transmigrasi, Transmisi, Transmiter, Transitivismus, Transmutasi,

    Trapesium, Ultramikroskop, Vegetarisme, venarismus, Verbalisme,

    Yaumulmahsyar,Markisa, Asmara, Keramas, Rames, Mars, Mesra, Smart,

    Menstruasi,Metamorfosa,Metamorfosis,Samosir,Samurai,Marsekal,Marawis,

    Rumangsa, Romansa, anarkisme, maheswara, mahsyar, malnutrisi,

    makrokosmos, makrolinguistik, makroskopis, madrasah, mandataris,

    hidrodinamis, marhaenisme, markonis, Marsepen, masdar, masturbasi,

    masyrik, musyrik, masyhur, materialis, materialisasi, materialisme,

    materialistis, matra, matras, matrikulasi, matris, matros, matriks,

    maulidurasul, melodramatis, mempelasari, merkantilisme,

    merserisasi,rasisme, metropolisasi, mineralisasi, mineralogis,

    misionaris, miskoordinasi, miskram, mistar, moderasi, modernitas,

    modernisasi, moralitas, asimetris, monokromatis, monosakarida,

    moralis, moralisasi, morbiditas, mortalitas, motorisasi, mufasir,

    mukhtasar, multitafsir, multirasial, musafir, musafirin, muspra,

    musyarik, musyrikin, musytari, samovar, sarimbit, sampur,

    sekularisme, selumbar, semafor, semaram, sembar,semberap, semberip,

    sembirat, semar, sempuras, semrawut, sempurna, Siram, Suram, Ransum,

    Samar, Samir, Muras, Sarimi, Serama, paternalis, pemirsa, Moderasi


    Jawaban di acc

    [Reply]

  84. Afrianti:

    kirimnya kemana pak?.. apa dengan coment disini aja


    Disini saja Mbak

    [Reply]

  85. elvira157:

    1o april? belum ketinggalan kayaknya saya… mikir dulu ahh :D *buka kamus*


    Masih ada waktu Mbak

    [Reply]

  86. aieza:

    assalamu’alaikum
    bertamu mas


    Waalaikumsalam
    Makasih kunjungannya

    [Reply]

  87. puisipemula:

    tambah camilan dan kopi lagi ….
    karena belum ada pengumuman pemenangnya ….. :P
    salam


    Masih beberapa hari lagi Bun

    [Reply]

  88. dony:

    permisi mas mau bertamu n salam kenal


    Hahahaha
    Kan kita sudah kenal lama Mas.
    Tadi saat pas buka blog lama saya, iseng2 saya klick komen masuk, dan salah satunya adalah blognya Mas Dony.
    Kalau gak salah komen di blog saya taun 2008 atau 2009…

    [Reply]

  89. ririe khayan:

    jumlah katanya gak ada batasan minimal berapa ya pak Mars…
    #bertapa dulu ah..cari pangsit..


    Nggak ada batasan Mbak

    [Reply]

  90. Hari Mulya:

    dah kirim barusan,
    hasiL ngubek2 kamus seLama 7 hari,
    dah masuk kan Pak?


    Sudah terkirim Mas

    [Reply]

  91. Hai April « Dunia Pagi:

    [...] saya segera menemukan dokter yang tepat dan Karnita bisa segera sembuh. Biar saya bisa ikutan Lomba Buru Katanya Pak MArs. Huaaa, saya udah ngumpulin ratusan kata sampe mata jereng liatin KBBI, filenya masih saya titipin [...]

  92. Idah Ceris:

    saya harus ikut


    Mari…

    [Reply]

    Idah Ceris Reply:

    om, idah udah kirim dari kemarin lho?

    masuk kan kiriman katanya?


    Sudah masuk Mbak.
    Kan di running text juga sudah ada

    [Reply]

  93. Sholihin:

    Pak sementara ini dulu, mohon maaf kalo cuma sedikit, ada yang sama, atau malahan tidak memenuhi syarat. Yang penting usaha dan partisipasinya hehehe……..
    administrasi,
    afirmasi,
    aglomerasi,
    amarilis,
    ambasador,
    ameliorasi,
    antarmaster,
    asmara,
    asmaradanta,
    asmaragama,
    asmaraloka,
    asmarandana,
    asrama,
    darmasiswa,
    darmawisata,
    deformasi,
    demokrasi,
    disinformasi,
    ekstramartial,
    emigrasi,
    enumerasi,
    farmakologis,
    farmasi,
    formasi,
    imigrasi,
    informasi,
    kasmaran,
    kasmir,
    keramas,
    komisar,
    komisariat,
    komisaris,
    konfirmasi,
    konglomerasi,
    kremasi,
    legitimaris,
    maras,
    markisa,
    mars,
    marsaoleh,
    marsekal,
    marsepen,
    marsose,
    marus,
    masarakat,
    maser,
    maserasi,
    masir,
    masori,
    masrum,
    masterplan,
    merasi,
    mercusuar,
    mesara,
    mesra,
    metamorfosis,
    migrasi,
    monstera,
    muras,
    musara,
    musyawarah,
    namaskara,
    narasumber,
    palmarosa,
    paramasastra,
    pascareformasi,
    pemuras,
    permaisuri,
    permasan,
    prameswari,
    praseminar,
    rames,
    rasam,
    rasamala,
    reformasi,
    remas,
    remunerasi,
    resam,
    romansa,
    romantis,
    romusa,
    samar,
    samara,
    samarium,
    sambar,
    samir,
    samsara,
    samudera,
    samurai,
    semara,
    semarak,
    semaram,
    semarang,
    semarmendem,
    seminar,
    seminari,
    seminaris,
    seram,
    serama,
    serambi,
    serambi,
    serampang,
    serampat,
    serampin,
    serampu,
    serampuk,
    siram,
    spermaseti,
    sumarah,
    sumarak,
    supremasi,
    suram,
    temesar,
    temuras,
    transformasi,
    transformasionalis,
    transmigrasi,

    [Reply]

  94. Sholihin:

    Lho kok muncul jawabannya,
    eh tadi lupa nulis
    Nama: ……….
    jawaban: ……………


    Hahahaha

    [Reply]

  95. maminx:

    coba ikutan ah siapp..tqu


    Mari Mas

    [Reply]

  96. Farijs van Java:

    Nama Pengirim : Farijs van Java
    Jawabannya : kriminalis, kriminalisasi, kriminalitas, kharisma, karismatik, kursemangat, lamusir, asrama, asmara, kasmaran, asmaradanta, asmaragama, asmaraloka, asmarandana, angiosperma, antromorfis, antropomorfisme, antroposentrisme, apartemenisasi, aransemen, argumentasi, arkaisme, astronom, astronomi, astronomis, atmosfer, atmosferis, amortisasi, ameliorasi, administrasi, administratif, administrator, absurdisme, abnormalitas, afirmasi, akselerometer, amarilis, amatirisme, ambasador, anakronisme, anamorfosis, asimetris, aspartame, birsam, birokratisme, barbarisme, biprisma, darusalam, kasmir, daerahisme, darmasiswa, darmawisata, auksanometer, deformasi, dekriminalisasi, demabrasi, demiliterisasi, dekriminalisasi, demoralisasi, demarkasi, markas, demineralisasi, demografis, demokrasi, demokratis, demokratisasi, demonstran, demonstrasi, demonstratif, demonstrativa, margasatwa, departementalisasi, dermatitis, desigram, diskriminasi, diskriminatif, distriminator, dormansi, komersial, komersialisasi, dramatikus, dramatis, dramatisasi, egalitarianisme, egalitarisme, eksaminator, eksemplar, marginalisasi, marginalisme, marhaenis, marhaenisme, marjinalisasi, eksperimental, ekstramarital, ekstraparlementer, komputerisasi, paradigmatis, paralelisme, matriks, matrikulasi, matris, matros, maturasi, maturitas, mayoritas, megaspora, megasporangium, megasporofil, melodramatis, mawas diri, menstruasi, masturbasi, orgasme, organisme, organismus, observatorium, materialis, materialistis, materialisme, matres, mercusuar, masarakat, masyarakat, masdar, marus, markisa, masyhur, minoritas, modernisasi, modernitas, moralitas, moralisasi, moralisme, moralistis, mortalitas, motorisasi, musafir, musafar, musafirin, musara, narasumber, musyawarah, musyawarat, misionaris, …


    Jawaban di acc

    [Reply]

  97. isnuansa:

    Wooohoooo, saya nyerah kalo yang beginian. :)


    Hahahaha
    Nggak cocok buat ibu hamil

    [Reply]

  98. elfarizi:

    wiii … asyik asyik asyik … kemana-mana bawa KBBI hehehe :D


    Iya Mas

    [Reply]

  99. anazkia:

    Ubek2 kamus bahasa melayu
    Soale nggak bawa kamus Indonesia


    Selamat ngubek2

    [Reply]

  100. anazkia:

    Nama: Anazkia
    Jawaban: Seminari , Seminaris, Semiparasit , Mengeras, Maheswara, Mahsyar, Malnutrisi, Markas, Marxisme, Masjidilharam, Masyarakat, Masyhur, Materialistik, Matriks, Asrama, Romusa, Romantis, Meretas, Permasan

    [Reply]

  101. Farijs van Java:

    Nama Pengirim : Farijs van Java
    Jawabannya : sama rata, sanatorium, samanera, sambar, sambur, samara, samarium, samar, samsara, samsir, samudera, samudra, samurai, romanistik, romansa, romantikus, romantisisme, romantis, romusa, rumah sakit, manuskrip, sakaratulmaut, sakratulmaut, remunerasi, enumerasi, permaisuri, plagiarisme, petromaks, pluralisme, paramedis, personalisme, prisma, primas, proklamasi, prodemokrasi, profesionalisme, farmasi, farmakologis, farmakoseutika, primordialisme, mesra, metaforis, metalurgis, metamorfis, metamorfosis, metamorfisme, mineralisasi, migrasi, moralitas, morbiditas, masjidilharam, marsekal, masker, maskara, mengkaras, madrasah, madras, madarsah, maestro, magister, magistrat, marakas, formasi, formulasi, formalistis, formalitas, fragmentasi, fragmentaris, frambusia, fermentasi, fragmentasi, fragmentaris, pascamodern, pascamodernisme, prapromosi, praseminar, prasmanan, pramenstruasi, overkompensasi, oversimplifikasi, normalisasi, normalitas, netralisme, perikemanusiaan, pragmatis, pragmatisme, sekularisme, sektarianisme, pramusaji, pramujasa, pramusiwi, pramuwisma, pramuwisata, radikalisme, pusparagam, rasisme, realisme, reformasi, rasialisme, rasionalisme, regionalisme, reklamasi, rekomendasi, rekombinasi, relativisme, remas, rematisme, sampar, samparan, sampur, samper, seismograf, seismogram, selumar, selumbar, selumbari, ruminansia, sementara, semerbak, semrawut, sempurna, semringah, semudera, sentigram, separatisme, seragam, serah terima, seram, serama, serambi, serampat, serampin, serampu, serampuk, serbamurah, serbaemas, serbakeemasan, serbamacam, serbarumah, serbameriah, seremonial, serempak, sergam, serimala, sesumbar, silaturahim, silaturahmi, simpang siur, simulator, sinematograf, sinematografi, sinematografis, sinemikrografik, siram, sirkam, sonogram, sperma, spermatid, spermaseti, spermatofora, spermatogenesis, spermatosit, spermatozoa, spermatozoid, spiritualisme, sporangium, terima kasih, transmisi, transmiter, transmigrasi, transmigran, transmigran lokal, transformasi, transformatif, transformasionalis, transformator, tradisionalisme, totaliterisme, transmogrifikasi, transmutasi, transvetisme, trapesium, traumatis, unitarisme

    [Reply]

  102. noersam:

    coba inventory kata kata duluuuuuu…mantap lombanya


    Saya tunggu Mas

    [Reply]

  103. Sukajiyah:

    Nama pengirim : sukajiyah
    Jawaban : Administrasi, Afirmasi, Aforisme, Aglomerasi, Ambasador, Amerisium, Amerospora, Amfiartrosis, Aneurisme, Aransemen, Asmara, Aspartame, Asrama, Astronom, Atmosfer, Eksemplar, Farmasi, Fermentasi, Glosarium, Impresario, Improvisasi, Karisma, Madrasah, Marasmus, Margasatwa, Markas, Mars, Marsekal, Marsupial, Masturbasi, Masyarakat, Menstruasi, Migrasi, Mistar, Orgasme, Pragmatis, Prameswari, Prasmanan, Prisma, Rames, Rampas, Ransum, Reklamasi, Rekomendasi, Remas, Romantis, Sakramen, Samar, Sambar, Sampar, sampir, Sampur, Samudera, Samurai, Sanatorium, Sayembara, Semarak, Semarang, Semarmendem, Sembar, Semberap, Sementara, Semerbak, Seminar, Sempurna, Semrawut, Semringah, Seram, Serambi, Serampang, Serempak, Siram, Sperma,S umbar, Suram


    Jawaban di acc

    [Reply]

  104. Sukajiyah:

    ikutan pak… :)


    Monggo Bu…
    Jawaban sudah diterima
    Matur Nuwun

    [Reply]

  105. Lidya:

    Nama Pengirim : Lidya Fitrian
    Jawaban : afirmasi
    aglomerasi
    altruisme
    amarilis
    anakronisme
    anamorfosis
    asmarandana
    asrama
    astronomi
    darmasiswa
    debarkasi
    demabrasi
    demarkasi
    dermatitis
    desigram
    dormansi
    farmasi
    formalitas
    formasi
    geramus
    harmonis
    imigrasi
    informasi
    isogram
    isotermal
    karisma
    kharisma
    komisura
    konfirmasi
    kremasi
    krisma
    kromatis
    legitimaris
    madras
    madrasah
    maestro
    magister
    maheswara
    mahsyar
    marakas
    maramus
    maras
    markas
    markis
    markisa
    marsekal
    marsose
    marus
    marwas
    maser
    masir
    maskara
    masker
    master
    masyarakat
    masyhur
    matras
    matriks
    migrasi
    mikroskop
    muspra
    musyawarah
    namaskara
    palmarosa
    permaisuri
    petromaks
    prameswari
    prasmanan
    prisma
    proklamasi
    rampas
    rampus
    ramus
    ransum
    rasamala
    reklamasi
    reklamasi
    rimas
    samanera
    samar
    samara
    samarium
    samudra
    samurai
    sarkoma
    sayembara
    selumar
    semafor
    semara
    semarak
    semawar
    semawar
    semerbak
    seragam
    seram
    serama
    serama
    serambi
    silaturahmi
    siram
    sperma
    suram
    tamarinda
    terminasi


    Jawaban di acc

    [Reply]

  106. Lidya:

    Pak mars saya sudah ikutan, kalau mau menambahkan masih boleh kan?


    Boleh Mbak

    [Reply]

  107. Idah Ceris:

    waduuuuuuuuh. . . :(

    [Reply]

  108. cer:

    Nama Pengirim : Kharisma Widyastuti
    Jawabannya : karisma, karismatik, markas, sembarang, samurai, samir, samar, asrama, maskara, masker, romusa, serambi, seram, suram, siram, menstruasi, metamorfosis, imigrasi, migrasi, romantis, madrasah, maestro, keramas, prisma, farmasi, organisme, sperma, frambos, hamster, rampas, sampar, rasam, pemirsa, master, semarak


    Jawaban di acc

    [Reply]

  109. Farijs van Java:

    Nama Pengirim : Farijs van Java
    Jawabannya : masir, narsisme, raksabumi, raksamala, rampas, rampis, rampus, semara, semarak, Semarang, semawar, ornamentasi, maheswara, maharesi, malnutrisi, instrumental, instrumentasi, instrumentalis, instrumentalia, isogram, imigrasi, emigrasi, imperialisme, imperialis, informasi, karsinoma, improvisasi, komisaris, komisariat, komisar, komisura, komparasi, kremasi, embarkasi, glosarium, harmonis, harmonisasi, konfirmasi, konformitas, konglomerasi, krisantemum, krisma, pascareformasi, patriotisme, polimerisasi, orgasmik, sarkasme, sembari, sembar, sembarang, semberani, semberap, sembirat, sembrani, semburat, seminar, seminari, seminaris, semipermanen, stimulator, suram, temberas, supermarket, supremasi, pemuras, verbalisme, vegetarisme, metatarsus, metasenter, mobilisator


    Jawaban di acc

    [Reply]

  110. advertiyha:

    Pak Mars ijin ikutan ya pak, moga masih ada waktu, hehehe…

    Nama Pengirim :advertiyha
    URL : advertiyha.blogdetik.com
    Jawabannya :

    Abnormalitas, Administrasi, Aforisme, Asrama, Demarkasi, Demokrasi, Demonstran, Demonstrasi, Dramatis, Farmasi, Fermentasi, Formasi, Gastronomi, Harmonis, Imperialis, Impersonal, Importasi, Informasi, Kasmaran, Keramikus, Kerjasama, Kharisma, Komparasi, Konfirmasi, Kremasi, Madrasah, Maestro, Maheswara, Manuskrip, Markas, Marsekal, Masir, Masker, Masrum, Master, Masterplan, Masturbasi, Masyarakat, Masyhur, Materialis, Materialistis, Matras, Matriks, Matros, Maturitas, Menstruasi, Mercusuar, Metaforis, Metamorfosis, Misionaris, Miskram, Musafir, Musyawarah, Narasumber, Organisme, Permaisuri, Permasan, Petromaks, Prameswari, Pramuwisma, Prisma, Rampas, Rampus, Ransum, Rembas, Rempelas, Romansa, Romantis, Sakramen, Sakrum, Samar, Samara, Sambar, Sampar, Samper, Sampir, Sampur, Sampurna, Samudera, Samudra, Sayembara, Semarai, Sembarang, Sembari, Semberap, Semburat, Sementara, Semerawang, Semerbak, Seminar, Sempuras, Sempurna, Semrawut, Seragam, Serempak, Sesumbar, Siram, Sumringah, Supremasi, Suram, Transformasi

    makasih pak.. :)


    Jawaban di acc

    [Reply]

  111. advertiyha:

    apa sudah masuk ya kata-kata saya?? hehehe…
    ilang.. :)


    Nggak ilang tapi termoderasi Mbak :D

    [Reply]

  112. Abi Sabila:

    Sesuai janji saya, Pak Mars, bahwa saya akan berpartisipasi dalam kegiatan yang mengajak cerdas ini.
    Nama pengirim: Abi Sabila
    Jawabannya: Amsterdam, asrama, Banjarmasin, farmasi, formasi, imigrasi, informasi, madrasah, mahsyar, markas, Maros, mars, marsekal, masker, masyarakat, matras, mistar, musafir, musyawarah, rames, rampas, ransum, remas, samar, Samarinda, sambar, samudera, samurai, Semarang, sementara, Sumatera, sempurna, semrawut, seram, serambi, silaturahmi, siram, smart, sperma, suram, menstruasi, kremasi


    Makasih Bi

    [Reply]

  113. alamendah:

    Saya mencoba ikut meramaikan, Pak Mars. Sudah saya kirim. Meski mungkin ada beberapa kata yang menyalahi ketentuan tetapi ra popo, lah. Itung-itung sedikit menambah kesibukan Pak Mars untuk menjelimeti kata perkata. :)


    Saya menghargai usahanya

    [Reply]

  114. Ngai:

    setelah sekian hari ternyata kata yang yang terkumpul di KBBI ada ribuan.. :P

    menimbang supaya Ngai jangan sampai menang,
    maka untuk itu Ngai hanya menambah satu kata lagi saja :

    SeMpuRnA..!!!

    udah gitu aja, sukses wat mbahKung.


    Sempurna Hijau :D

    [Reply]

  115. Abi Sabila:

    Pak Mars, mau nambahin lagi nih, boleh kan?
    Nama pengirim: Abi Sabila
    Jawaban tambahan: atmosfir, makasar, semar, samratulangi, samosir, suriname, turkmenistan, Jerusalem, maestro, karisma, proklamasi, komisaris


    Boleh Bi

    [Reply]

  116. Sholihin:

    Kalah menang bukan masalah, yang penting sudah ikutan meramaikan lomba buru kata, kalo gak ikutan lomba buru kata mana belajar cari kata di kamus, iya gak pak?
    Moga sukses ya yang ikutan :)


    Iya Mas
    Makasih partisipasinya
    Kapan2 akan ada lomba Matematika disini…

    [Reply]

    Sholihin Reply:

    Wah harus ikutan nih Pak :D


    Iya Mas

    [Reply]

  117. metaMARSphose » Para Pemburu Kata:

    [...] harus menyampaikan siapa saja para pemburu kata yang berhasil mengumpulkan kata paling banyak dalam lomba berburu kata yang saya adakan beberapa saat [...]

  118. Cengir « Dunia Pagi:

    [...] jadi ikut kuis burukata. Bahkan sudah keluar pengumuman pemenangnya.. Hiks.. emang belum rezekinya kali ya, karena kok ya [...]

  119. Bang Aswi:

    subhanallah … mantap!


    Makasih Bang

    [Reply]

  120. Bingkisan Berharga Pak Mars: Tepat Saat Dibutuhkan | Budiastawa.Com:

    [...] alamat ke dia). Senang sekali rasanya.Saya mendapat bingkisan ini karena ikut perhelatan berburu kata yang diselenggarakan Pak Mars bulan lalu. Dan dari sekian nama yang diumumkan Pak Dhe, saya [...]

  121. metaMARSphose » Saya (di) Indonesia:

    [...] pengalaman kecil. Beberapa bulan yang lalu saya mengadakan kuis dan Bli Budiastawa menjadi salah satu pemenang. Hadiahnya Panduan EYD dan Tata Bahasa Indonesia. [...]

  122. Lomba Blog 2012:

    […] : FF TBI – Blogfam 23. Kontes Ngonoo 24. Lomba Review Film Negeri 5 Menara 25. Lomba Buru Kata by MetaMarsphose 26. Bangga Batikku Blog Competition 27. KeretaMiniku.Com SEO Kontes 2012Sumber : […]

Leave a comment





Current month ye@r day *