Home > Jawa > Lungsuran

Lungsuran

Ternyata susah juga cari padan kata lungsuran dalam Bahasa Indonesia. Lungsuran itu mirip warisan atau hibah tapi lebih simpel karena tanpa dokumen resmi dan nggak pakai saksi. Umumnya berupa barang bekas tapi masih layak digunakan. Contohnya baju, tas, sepatu, HP, sepeda dll.

Dengan budaya lungsuran bisa hemat uang milyaran. Sayang disayang tradisi melungsur sudah mulai luntur. Buku pelajaran nggak bisa dilungsur adik kelasnya, pejabat baru nggak mau ngelungsur mobil dinas pejabat sebelumnya, si adik nggak mau lungsuran baju kakaknya dll.

Ngomong2 tentang lungsuran, saya termasuk orang yang sering mendapatkan, terutama dari anak sulung saya. Bukan karena minta tapi anak sayalah yang memberi. Beberapa barang lungsuran yang sudah saya dapat antara lain tas gendong Deuter, HP Nokia X5530 dan laptop Lenovo IdeaPad Y450.

Masih ada satu barang lagi yang segera menyusul yaitu kamera Canon PowerShot SX210. Anak saya ada rencana mau beli yang model baru. Saya lagi nunggu lungsuran
Berdasarkan penjelasan dari Bu Imelda, ternyata bahasa Jepangnya lungsuran adalah osagari.

~ Grazie ~
Categories: Jawa
  1. May 9th, 2011 at 13:47 | #1

    Kalau saya boleh beli camera pocket, atau saya ditanya orang kamera pocket yang bagus, saya jawab: canon sx210! Itu kamera bagus pak! Cepet disegerakan lungsurannya! wuakakakakaka


    Itulah makanya saya nunggu paket dari anak saya…

    [Reply]

  2. May 9th, 2011 at 14:51 | #2

    wah,… Lungsurane iso dibagi-bagi no mas ?..he..he..


    Berarti estafet lungsuran

    [Reply]

  3. May 9th, 2011 at 14:58 | #3

    Laptopnya sama dengan tipe yang saya pake, kebetulan juga lungsuran dari sekolah yang saya utak-atik sendiri.


    Saya suka keyboardnya Bang…
    Empuk

    [Reply]

  4. niQue
    May 9th, 2011 at 16:25 | #4

    ya wis lah opo ae
    dadi keputusane piye ki? *ting ting*


    Lha nunggu fatwane kyaiku…
    Durung ketemu je…

    [Reply]

  5. May 9th, 2011 at 19:45 | #5

    saya dulu njabat mobilnya lungsuran terus. Belum pernah dapat mobil dinas baru.
    saya gak pernah dapat lungsuran dari anak, karena wedok semua.
    malah Kaos saya yg suka di lunsur paksa oleh mereka, termasuk HP.
    Salam hangat dari Surabaya


    Paling enak memang nglungsur Dhe…

    [Reply]

  6. May 9th, 2011 at 20:52 | #6

    Dulu jaman saya kecil saya sering menerima buku lungsuran dari kakak saya. Nah, kalau lungsuran lain selain buku saya jarang menerima, Pak Mars. Kalau lungsuran baju dari kakak saya jelas tak mungkin karena kakak saya perempuan 🙂


    Saya malah dapat lungsuran dari kakek saya Mas…
    Jas putih, topi bulat dan jam saku

    [Reply]

  7. mediatangsel
    May 10th, 2011 at 07:36 | #7

    kalau di kampung saya, lungsuran itu sama dengan barang bekas mister. Baju lungsuran, itu berarti toko yang khusus menjual baju-baju bekas :))


    Kalau itu di Kendal namanya loakan…

    [Reply]

  8. May 10th, 2011 at 09:17 | #8

    saya juga mau terima lungsuran Digital SLR pak…………….hehehehe


    Xixixi…

    [Reply]

  9. May 10th, 2011 at 11:09 | #9

    wuah, barang2 lungsurannya pak mars keren2 🙂 aku juga mau dilungsurin dari pak mars hi..hi..


    Mau beli baru saya nggak mampu Mbak…
    Uangnya bisa untuk keperluan lain

    [Reply]

  10. May 10th, 2011 at 13:14 | #10

    kata orang sunda mah lungsur itu bisa berarti turun kebawah atau berpindah …., pak mars enak juga tuh lungsurannya … siapa tahu kalau dah bosen mau melungsur ke saya ya hehe


    Mungkin masih ada korelasinga Om…
    Lungsuran kan biasanya dari yang atas ke bawahan…

    [Reply]

  11. May 10th, 2011 at 15:19 | #11

    baru ini denger, ada bapak nglungsur punya anak hehe…


    Sangat anti biasa ya Mbak…

    [Reply]

  12. May 11th, 2011 at 02:30 | #12

    wah,kalau saya mau nunggu lungsuran pusakne mbah kakung sob,hehehe


    Saya juga punya keris warisan Mas

    [Reply]

  13. May 11th, 2011 at 07:17 | #13

    keren euuuy dapat warisan dr anak g kebalik ya? 😀


    Mana yang ada mas…

    [Reply]

  14. May 11th, 2011 at 07:22 | #14

    lungsuran sama longsoran sama gak pak?


    Beda lagi lengseran

    [Reply]

  15. ciwir
    May 11th, 2011 at 13:35 | #15

    nunggu lungsuran dari pak marsudiyanto saja ahh
    😀


    Iya…
    nanti kalau saya sudah selesai

    [Reply]

  16. May 14th, 2011 at 21:18 | #16

    Wah saya nunggu lungsuran siapa ya ini, laptopnya Pak Mar mau di lungsurin ga he…he…tetep sumringah


    Xixixi…
    Laptop saya juga warisan kok Mas

    [Reply]

  17. May 27th, 2011 at 10:53 | #17

    bagus,

    postingan yang menarik,

    good job! 🙂

    [Reply]

  18. obat diabetes melitus
    June 28th, 2011 at 08:03 | #18

    maaf…
    jujur saja saya baru dengar dengan kata lungsuran,, hehehe…
    baru tau karang,, hehe..
    makasi y atas informasinya..

    [Reply]

Comment pages
1 2 20275
  1. May 13th, 2012 at 15:23 | #1

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~