Maju Perut Pantat Mundur

Maju Terus Pantang Mundur biasanya diucapkan oleh orang atau kelompok yang sedang melakukan perjuangan atau memulai pekerjaan besar yang penuh tantangan. Bukan hanya tentara yang maju perang, kitapun bisa menggunakannya untuk menambah semangat dan rasa percaya diri.

Maju Perut Pantat Mundur lain lagi. Ini adalah gambaran orang yang mengalami kegemukan atau obesitas karena kelebihan lemak tubuh. Dari referensi yang pernah saya baca, kadar lemak ideal pada pria adalah 18 – 23% dan untuk wanita 25 – 30%.

Secara teori, ada formula atau rumus matematis untuk menentukan ideal tidaknya tubuh kita. Sepintas mirip Alexa. Rumus itu disebut BMI atau Body Mass Index dan ditulis :

w (weight) adalah berat badan dalam kilogram dan h (height) adalah tinggi badan dalam satuan meter. Seseorang dikatakan normal jika nilai BMI nya dari 18,50 s.d 24,99. Kurang dari 18,50 termasuk kurus aka tipis. Apabila nilainya 25,00 s.d 29,99 berarti gejala kegemukan sudah mengintip, kalau 30,00 s.d 34,99 = kegemukan stadium I, kalau 35,00 – 39,99 = kegemukan stadium II dan 40,00 ke atas = kegemukan stadium III.

Sebagai contoh berat badan saya 68 kg dan tinggi 178 cm. BMI saya adalah :

Itu maknanya saya belum masuk kategori gemuk tapi malah cenderung kurus dan saya sangat menikmati kekurusan saya. Bagi yang males menghitung, saya sudah buatkan tabel buat Anda.





Catatan :
Yang beratnya di bawah 55 kg dan tingginya nggak nyampai 160 cm nggak usah nyari tabelnya. Ini khusus buat yang over dowang…

Penyebab umum dari kegemukan antara lain keturunan atau genetik, terlalu banyak makan, terutama yang mengandung karbohidrat sederhana semisal gula, fruktosa, soft drink, bir atau anggur, frekuensi makan yang tinggi, metabolisme yang lambat, kurangnya aktifitas fisik, pengaruh obat, faktor psikologis atau karena suatu penyakit.

Orang gemuk berpotensi mengidap penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes mellitus, kanker, penyakit batu empedu, stroke dan osteoarthritis.

Bukan bermaksud menakut2i, tapi sekedar berbagi. Siapa tau bermanfaat, meski saya bukan ahli kesehatan apalagi dokter.

Pakai widget ini juga langsung keliatan. Pindah ke metric dulu biar familiar. Selamat mencoba.

51 thoughts on “Maju Perut Pantat Mundur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *