Makan Enak dan Enak Makan

Ini tak sekedar membolak-balik kata, tapi makan enak dan enak makan itu memang beda. Amat beda!.
Makan enak menitikberatkan pada jenis dan rasa makanannya yang secara umum masuk kategori lezat dan enak tapi mungkin saja justru tidak baik bagi kesehatan, sedangkan enak makan adalah keadaan yang terkait dengan selera atau nafsu makan yang lagi pada kondisi prima.

Makanan yang enak tak menjamin seseorang menjadi enak makan, sebaliknya rasa enak makan tak hanya ditentukan oleh enaknya si makanan. Jika kondisi tubuh tidak fit, maka makanan enak tidak otomatis membuat seseorang menjadi enak makan.

Orang yang bekerja dengan fisik biasanya lebih punya rasa enak makan, begitu juga dengan orang yang ada dalam masa pemulihan sehabis sakit. Amat beda ketika seseorang lagi ada masalah atau punya beban pikiran, meski makanannya enak tapi bisa jadi tak enak makan.

Orang yang makan enak pasti sedang makan, tetapi orang yang enak makan belum tentu punya kesempatan makan, bahkan bisa saja malah tak punya makanan untuk dimakan…

Dalam bahasa daerah di tempat saya, enak makan disebut dengan “ngemaruki“.
Adakah istilah itu ditempat sahabat?

40 thoughts on “Makan Enak dan Enak Makan

  1. enak makan enak aja deh pak eM…
    hmmm kalau kaki telanjang dan telanjang kaki beda ngga pak? hihihi


    Hahaha…
    Itu sama dengan “memalingkan muka” dan “memukakan maling” bu…

    [Reply]

  2. Hahaa..bolak balik tapi beda arti yo Pak..

    Aku sekarang lagi sarapan, enak mangan ne..*karena perut sedang bersahabat*
    Tapi makan enak, makan yang nikmat makan asin di cocol sambel+semur j****L, mantabs..


    Saat ini saya juga ada dalam keadaan enak makan Mbak…
    Meski menu yang saya makan nggak enak2 banget

    [Reply]

  3. Sedang enak-enak makan ada yang nganterin makanan enak, lalu teringat hasil lab kholesterol dan asam urat tinggi, jadi nggak enak makan.
    Selamat makan Pak Mars, masakan ibu pastinya jadi makan enak. salam


    Mari makan2 Bu…

    [Reply]

  4. pengen enak makan..ben opo wae doyan..hehe 😀


    Nah ini yang penting…
    Enak makan biasanya dimiliki oleh orang yang keadaannya sehat

    [Reply]

    Zaim Reply:

    SETUJU…


    Makasih persetujuannya 😀

    [Reply]

  5. cuma bolak-balik kata tapi beda arti ya pakde 🙂


    Iya Mas…
    Itulah knapa kita musti hati2 dalam membalik kata2.
    Contohnya memalingkan muka, pastinya beda jauh dengan memukakan maling

    [Reply]

  6. asalamualaikum
    benar ,enak makan hanya membayangkan saja belum tentu makan bahkan tidak ada makanan yg bisa dimakan


    Selamat makan2 di ultahnya Ananda ya Mbak…

    [Reply]

  7. kalau suasana hati sedang enak
    akan jadi enak makan walaupun makanannya sederhana


    Iya Mbak

    [Reply]

  8. Saya pengin enak makan makanan yang enak-enak.
    #lho jadi bingung 😀


    Hahaha
    Saya maunya juga gitu

    [Reply]

  9. enak makan aja pak….
    apalagi habis upacara 2 mei, rasane laperr je…
    hehehe


    Habis upacara langsung tumpengan Mbak

    [Reply]

  10. betul sekali mas, enak makan belum tentu makan enak, dan makan enak belum tentu enak makan… kalo enak makan itu tergantung mood dan pikiran yang sehat,….


    Suasana hati sangat berpengaruh pada selera makan…

    [Reply]

  11. betul sebagai orang yang suka makan saya faham sekali penjelasan diatas.. kalau lagi mood tidak baik makan apa saja tidak ada rasanya….


    Selera dan nafsu makan amat ditentukan oleh suasana hati ya Mas

    [Reply]

  12. Istilahnya?… ^_^a
    mmmmph…. su-me-go 😀


    Hahaha…
    Kalau semego itu biasanya untuk anak yg baru lahap2nya makan. Itilah lainnya Ondolisasi. Yg dipikir cuman makan dan makan

    [Reply]

  13. Paling enak, makanan enak, kondisi badan enak, suasana hati juga enak njih Pak Mars…

    Salam sungkem dari Semarang
    Kagem Bu Mars, selamat Hari Kartini *eh dah lewat gag yaa…


    Nah itu yg diinginkan smua orang…
    Enak makan ketemu makan enak.
    Makasih kiriman ucapannya buat Bu Mars
    Salam kembali

    [Reply]

  14. Kalo habis laper biasanya apa aja enak dimakan he he.. salam kenal


    Iya Mas…
    Salah satu penambah nafsu makan adalah lapar itu
    Salam kenal kembali

    [Reply]

  15. Menurutku sih makan cuma dua macam makan enak dan makan enak sekali, makanya nggak pernah nggak enak makan


    Beruntung sekali kalau seperti itu Mbak…
    Berarti termasuk enak makan juga

    [Reply]

  16. Alhamdulillah, diberi sehat sehingga bisa enak makan..

    istilah ‘ngemaruki’ itu bermakna positif atau negatif mbahkung..?


    Kalau diterapkan pada konteks ‘doyan makan’ kayaknya nggak negatif2 amat, tapi jika kata ‘ngemaruki’ diterapkan dalam hal lain bisa berkonotasi negatif.
    Secara ekstrim mirip dengan ‘maniak. Orang yg gila kerja bisa juga dikatakan ngemaruki…

    [Reply]

  17. Inginnya selalu enak makan makanan yang enak-enak 😀


    Nggih Pak
    Saya juga ingin yg seperti itu

    [Reply]

  18. wah aku yo lagi ngemaruki pak soale lagi bar loro kuping.
    opo meneh entok sego diteri yo makan enak lan enak makan.


    Hahaha
    Kalau sakit telinga kayaknya nggak ada hubungannya dengan ‘ngemaruki’ Bu…

    [Reply]

  19. merasakan enak makan jika kita sehat dan perut lapar


    Dan saat tak ada sesuatu yang mengganjal dipikiran…

    [Reply]

  20. istilahnya dalam Bahasa Bali, enak makan = “jaan ngajeng”

    BTW, kalau bedanya nyenyak tidur dengan tidur nyenyak, bagaimana ya pakde ?


    Tidur nyenyak dan nyenyak tidur sich kayaknya sama Bli…
    Itu cuma pakai hukum DM dan MD dowang

    [Reply]

  21. Kalau ditempatku di bilang “maruk” ada juga yang bilang “rambang mata” 😉


    Iya Mas…
    Maruk atau ngemaruki…

    [Reply]

  22. nggak ada foto makanan enaknya pak? 😀


    Kalo makanan enak kan susah disebutkan karena beda2 tiap orang

    [Reply]

  23. makan enak itu klo ada rasa enak makan.
    klo sdang tak enak makan wlo diajak makan enak tetep aja gak ketelen
    saya milih bisa enak makan ketimbang makan enak
    tapi klo mau maruk, ya enak makan, makan enak hehehe


    Saya termasuk yang sering enak makan Ni…
    Sayangnya jarang makan enak

    [Reply]

  24. ngemaruki itu juga bisa dipakai gak Pak Guru
    untuk orang yg enak makan sehabis sakit?
    karena biasanya kalau sakit, kan patah selera, pingin makan tapi gak selera.
    begitu sembuh, sampai rumah, kok ya segalanya enak dan enak sekali 😛
    salam


    Iya Bun…
    Nafsu makan yg meningkat saat masa pemulihan sehabis sakit itu ditempat saya disebut ‘ngemaruki’

    [Reply]

  25. Klo orang sedang enak makan nemu makanan enak trus makanannya dimakan semua yang lain gak dibagi namanya gragas Pak.. hihi


    Kalau apa2 mau alias pemakan segala saya menyebutnya Nggragasvora Mbak…

    [Reply]

  26. Di kampung saya disebut kemaruk. Ini biasanya ditujukan kepada orang yang baru saja sembuh dari sakit lalu telap-telep makan ini itu.
    Pengertian itu sekarang bergeser. Walaupun gak habis sakit tapi kalau dikasih ini, lalu minta ini-itu lagi bisa disebut juga kemaruk.
    Salam hangat dari Surabaya


    Iya Dhe
    Sama, ditempat saya juga kemaruk atau ngemaruki

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *