Manasuka Siaran Niaga

Ketika itu sebagian yang baca tulisan ini mungkin belum lahir, suatu masa dimana ada makhluk yang bernama Manasuka Siaran Niaga, sebuah acara di TVRI yang isinya iklan melulu. Semua iklan dikumpulkan dan ditayangkan dalam jam tertentu, tidak berada di sela2 sebuah acara.

Itulah salah satu keajaiban dunia yang tak ada di negara lain, sama ajaibnya seperti Ujian Nasional yang soalnya dibikin 5 macam. Alasan yang dijadikan dalih oleh pengambil kebijaksanaan adalah agar masyarakat tidak menjadi konsumerisme, yang kebenarannya juga masih absurd.

Karena satu2nya televisi yang ada cuma TVRI, maka pemasang iklan tak punya pilihan lain selain menerima. Semua acara, mulai dari berita, film maupun hiburan terbebas dari gangguan iklan. Baru setelah tiba waktunya acara Manasuka Siaran Niaga, iklan itu mengalir sambung menyambung.

Seandainya hal itu diberlakukan di jaman sekarang, maka pro kontra akan muncul dan TVRI pasti dikritik habis2an. Tapi karena tak ada media untuk menyalurkan kritik, maka Manasuka Siaran Niaga berjalan dengan nyamannya.

Beberapa iklan yang saya ingat antara lain Rinso, Lux, Tiga Berlian, Obat Batuk Bronchicum, Rokok Filtra, Neofon dan Viva. Iklannya nggak banyak tapi diulang2. Kalau nggak salah acara Manasuka Siaran Niaga tayang dua kali dalam semalam.

Adakah diantara sahabat yang masih ingat acara Manasuka Siaran Niaga itu?

34 thoughts on “Manasuka Siaran Niaga

  1. Saya lupa lupa ingat pak soalnya nggak suka acara manasuka siaran niaga hehehe. yang sering ditunngu film the a team habis dunia dalam berita. kalau ada laporan khusus biasanya kegiatan kelompencapir jadi bikin ngantuk akhirnya nggak jadi nonton film


    Rin Tin Tin…
    Paling malas kalau berita

    [Reply]

  2. sy ga tahu acara itu, tp klo skrg ada kayaknya channelnya langsung diganti deh, skrg aja gitu klo ada iklan ganti channel ke stasiun lain, males liat iklan, mana klo iklannya di prime time, iklannya khan lama.


    Iya hahaha
    Kalau sekarang pasti langsung pindah channel

    [Reply]

  3. hehehe dulu ga sempet nonton yang ada iklannya kok pak guru…. kapan ya TVRI pake iklan ya…


    Itu tahun 75 Mas
    Belum pada lahir

    [Reply]

  4. wah, waktu itu belum punya tipi pak, nonton tipinya nebeng di tentangga, di kampung juga cuman satu yang punya, belum ada listrik lagi, masih pake aki, yang klo abis harus digendong untuk disetrum ke lokasi terdekat yang jaraknya 2 KM, jadi kagak tau acara begituan pak, soalnya tipi cuman disetel pas acaranya bagus tok, kartun jelang maghrib, ketoprak, tinju dan cuman malem minggu hingga pilem akhir pekan…
    #melas banget ya pak…


    Saya juga belum punya TV, nebeng di tetangga
    TV nya item putih

    [Reply]

  5. Kalau acara manasuka nggak ngalamin ane pak. Soalnya sudah ada 2 stasiun. Paginya tpi, malamnya tvri.


    Nah begitu ada TPI inilah iklannya dikasihkan TV lain…
    TVRI ngalah, terima bersih dari TV swasta

    [Reply]

  6. waktu dulu siaran niaga jadi hiburan tersendiri bagi eMaknya Ngai.. saat itu masih belum ada listrik dan kadang2 di rumah rame orang kampung nonton bareng.

    usia eMak lebih tua dr mbahKung ya..? pantesan.


    Saya juga suka

    [Reply]

    Ngai Reply:

    Ngai gak berani liat C****
    jadinya komen sini ajah..

    lain kali pasang gambar kupu aja ya, mbahKung.


    Kan bisa di switch ke mode mobile…
    Di kiri bawah ada pilihan untuk ubah tampilan… 😀

    [Reply]

    Ngai Reply:

    pokoknya Ngai gak mau buka link yang itu, mbahKung.

    lainkali jangan pasang gambar itu lagi yaa..
    gambar K***K juga Ngai gak mau liat
    pasang gambar burung piaraan bu Mars ajah
    lebih cantik.


    Okelah kalo bejitu

    [Reply]

  7. Saya masih ingat P Mars
    ..ingat iklan obat sakit kepala, dokter konimex apa paramex gitu, kepalanya goyang2 karena sakit. Kalau obat batuk vicks lain lagi, seisi pasar berantakan saat penderita mengalami batuk


    Iya hahahaha
    Yang orang batuk itu orangnya gemuk, tua dan batuknya menggelegar.
    Lalu ada Tancho Mandom, bintangnya Charles Bronson…

    [Reply]

  8. Yak TVRI tahun berapa itu?


    75 Mas 😀

    [Reply]

    arif Reply:

    wah tahun segitu bapak ibu saya masih umur 19 tahun-an pak hehehe


    Hehehe…
    Masih remaja ya

    [Reply]

  9. kalo sekarang mas, lebih banyak station tv yang menayangkan iklan yang diselingi dengan menayangkan film……


    Hahaha…
    Malah ada juga iklan yg semi terselubung.
    Ada artis yg menceritakan kehidupan sehari2nya lalu diselipi iklan obat

    [Reply]

  10. saya malah baru tahu hahahaha maklum jarang juga nonton tv


    Saat itu TV masih langka, di kecamatan biasanya ada TV umum itupun hitam putih

    [Reply]

  11. Waduh saya kok gak inget yaaaa …. ingetnya dulu TVRI gak ada iklannya


    Iya Mas…
    Setelah itu, lalu gak ada iklannya

    [Reply]

    Dwi Cahyo Saputro Reply:

    Untuk referensi : cari iklannya Kodak ver. Eyang Titiek.

    [Reply]

  12. Dari sebuah arsip tulisan Pak Ishadi SK tahun 2003:

    Tahun 1970, Alex Leo Zulkarnaen, tokoh televisi pulang dari sekolah broadcasting di Jerman dan menjadi Kepsta TVRI Jakarta. Ia kemudian meniru konsep televisi ARD dan WDR, Jerman yang meskipun merupakan televisi publik menayangkan iklan. TVRI mentayangkan berbagai iklan dalam satu paket selama 30 menit yang diberi nama “Manasuka Siaran Niaga”.

    Tahun 1980, karena terjadi persaingan pribadi antara Ali Murtopo dan Sudharmono. “Manasuka Siaran Niaga” TVRI dihapus dan pada waktu yang bersamaan berubah dari sebuah stasiun, televisi publik menjadi televisi stasiun pemerintah. TVRI sepenuhnya menjadi alat propaganda pemerintah, khususnya semenjak Harmoko menjadi Menteri Penerangan selama 15 tahun (1982 – 1997).


    Terima aksih atas tambahan infonya
    Salam!

    [Reply]

  13. Wah saya baru tahu nih. pasti pemirsanya juga pada lari pada tayangan iklan jadi satu tersebut. haha


    Sekarang sudah tak ada

    [Reply]

  14. Saya ga tau tentang acara itu mas, wah kalau sekarang ada tayangan kaya gitu, pasti ga bakalan di liat tuh sama pemirsanya .. hehe


    KAla itu nggak ada pilihan saluran lain sehingga ya tetep ditonton

    [Reply]

  15. wah ini belum jamannya saya deh kayanya…
    kalo jaman sekarang seperti di koran-koran di mana ada 2-3 halaman khusus iklan seperti iklan baris. Alhasil halaman itu yang paling dilewati…


    Iya, seperti koran

    [Reply]

  16. pak, itu acara tahun berapa yak?
    jangan2 ditahun ketika saya belum punya TV….
    😆


    Tahun berapa ya…
    Mungkin tahun 75 an 😀

    [Reply]

  17. Koq Rusa gak tahu ya acara ini? Kalau acara jaman dulu sih yg Rusa suka sih Kuis Siapa Dia 😀


    Mungkin belum lair Mas

    [Reply]

  18. mulainya setengah delapan dan setengah sembilan…


    Hehehe
    Iya Mbak
    Saya lupa jamnya, tapi ingat kalau 2 kali tayang

    [Reply]

  19. Tentu saya masih ingat …
    Dan iklan yang nancep adalah …. Eeehhh ketemu lagi (tiga berlian kalau tidak salah…)
    Sama … Bakso noooonnn (ajinomoto)

    Salam saya


    Iklannya nggak gampang dan mudah diingat…
    Tancho Mandom Charles Bronson itu….
    Hmmmm…. Mandom

    [Reply]

    Dwi Cahyo Saputro Reply:

    Kalo aku “Bagaimanapun juga, Honda lebih unggul”.

    [Reply]

  20. Saya masih ingat karena Sandy suka ngacir ke depan TV kalau ada acara itu. Dia senang banget.

    Salam hangat dari Surabaya


    Saya juga termasuk yg suka manasuka itu Dhe

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *