Home > Anti Biasa, Kabar > Mandi Asam Sitrat

Mandi Asam Sitrat

Tak pernah terbersit sedikitpun dibenak saya jika suatu hari bakal mandi pakai serbuk kristal warna putih yang bernama Asam Sitrat atau C6H8O7. Tapi hal itu benar2 terjadi tepat tanggal 1 April 2012 kemarin. Sungguh merupakan peristiwa tak terlupakan yang layak disebarluaskan.

Latar Belakang…
Meski ada bak mandi, tapi saya lebih suka mandi pakai air yang baru keluar dari kran. Selain hangat, rasanya juga lebih segar dibanding yang sudah mengendap semalaman dalam bak. Dan karena nggak punya shower dan belum beli bathtub, maka saya menggunakan ember dan mandinya pakai gayung. Sambil mandi, air dari kran tetap mengucur dalam ember.

Pagi itu…
Saya mandi seperti biasanya. Menyiram sekujur tubuh dengan air, shampoan, sabunan, membilasnya lalu gosok gigi. Ketika kumur2 itulah terasa ada yang aneh. Ada rasa masam campur asin. Karena ini bukan kali pertama, maka saya yakin bahwa istri saya mengulangi kecerobohan yang sama.

Malam sebelumnya, ember yang saya pakai buat mandi itu dibubuhi Asam Sitrat oleh istri agar lumut yang nempel akan larut pada pagi harinya. Tapi istri saya lupa membilasnya. Karena asam sitrat bisa mengikat kotoran, maka airnya tampak jernih sehingga tanpa pikir panjang langsung saya isi.

Yang menjengkelkan adalah bahwa ini sudah ketiga kalinya. Pada kejadian pertama dan kedua, saya sudah wanti2 ke istri agar lain kali kalau nyuci ember langsung dibilas, atau cari waktu yang kira2 saya tidak lagi dirumah. Saya pikir tak terjadi lagi, tapi ternyata saya salah besar

Dan ketika saya marah, istri saya malah ketawa2 tanpa merasa bersalah sambil berkata bahwa zat itu nggak berbahaya karena sering dipakai untuk campuran bikin koktail. Merasa kejengkelan saya nggak direspon, terpaksa saya ngomong sekenanya dan mengatakan bahwa Asam Sitrat dapat merontokkan rambut dan membutakan mata. Akhirnya istri minta maaf dan berjanji tak melakukannya lagi.

Apakah rambut saya rontok dan mata terganggu?
Hahahaha… Tentu tidak !!
Asam Sitrat adalah zat pembersih yang ramah lingkungan dan berfungsi sebagai antioksidan, aman digunakan dan diakui oleh semua badan pengawasan makanan nasional maupun internasional. Kelebihan lainnya adalah mudah dimetabolisme dan dihilangkan dari tubuh.

Tapi kalau dipakai buat mandi ya jangan…
Atau ada yang mau coba ?

~ Grazie ~
Categories: Anti Biasa, Kabar
  1. April 2nd, 2012 at 08:46 | #1

    Istrinya sengaja memberikan kejutan kali kang ha..ha..ha…
    Tapi syukurlah sang istri meminta maaf. Itulah keharmonisan suatu rumah tangga. Rambut rontok makin ganteng kali kang. Nggak ada duanya he..he…


    Mungkin April Mop Mas

    [Reply]

  2. applaus
    April 2nd, 2012 at 09:21 | #2

    hahahaha,,, lucu nih hubungan berkeluarganya… ternyata tidak cuma teh yang bisa bikin kita berkomunikasi dengan istri… ternyata asam sitrat juga bisa…;)


    Lha ini sudah ketiga kalinya Mas…

    [Reply]

  3. April 2nd, 2012 at 10:28 | #3

    kayanya saya gak mau deh Pak, mandi pakai asam sitrat..


    Saya juga nggak mau…
    Tapi karena nggak tau, akhirnya terpaksa mau

    [Reply]

  4. Sriyono Suke
    April 2nd, 2012 at 10:38 | #4

    aku masih belum mudeng pak, wong dimakan saja boleh kok, malah buat mandi jangan iq…


    Lha kecap juga bisa dimakan, tapi kan nggak baik buat mandi…

    [Reply]

    Sriyono Suke Reply:

    wahahahha… malah nglucu bapakke…


    Hahahaha

    [Reply]

  5. April 2nd, 2012 at 11:11 | #5

    Asam sitrat, kedengarannya lezat ya.. :p


    Di warung disebutnya sitrun Mas

    [Reply]

  6. April 2nd, 2012 at 11:27 | #6

    Salah sendiri!, wong mau mandi ndak pake teliti dulu. Hehehhe….besok-besok diulangi lagi mbak, simpan dibeberapa ember yang sering digunakan untuk mandi, biar masnya mandi lebih bersih, lagian ramah lingkungan :D


    Setelah ketiga kalinya kayaknya nggak bakal kena jebakan Batman lagi

    [Reply]

  7. April 2nd, 2012 at 13:20 | #7

    ohh asam sitrat bisa untuk ngilangin lumut2 gitu ya di ember. boleh deh dicoba.
    hehe kasian istri nya dimarahin gitu.

    mudah2an beliau gak lupa lagi ya ngebilas ember yang udah ditaburi asam sitrat, amin..:D


    Bisa buat ngrendem pakaian putih yang sudah kusam Mas

    [Reply]

  8. Akbar PU
    April 2nd, 2012 at 13:29 | #8

    Makasi’ pak inponya … ntar Asem-nya buat mbersihin “toren air”


    Bisa juga buat ngrendam pakaian

    [Reply]

  9. April 2nd, 2012 at 14:36 | #9

    pasti sekarang kulit mbahKung putih cemerlang spt putri keraton.

    Ngai sih setuju dgn langkah yang sudah dilakukan bu mars.. tiga kali tsb :P


    Hahahaha…
    Kalau liat air rendamannya itu jernih sekali Ngai, lebih jernih dibanding air yg dari kran.
    Cuman rasanya asin2 gimana gitu

    [Reply]

  10. Djangkies
    April 2nd, 2012 at 14:42 | #10

    anak saya yang SD kalo pulang sekolah seringkali baju putihnya sudah nggak berwarna selayaknya ketika berangkat, menjadi ‘klawu’, makanya istri saya seringkali pake bubuk putih ini untuk merendam, ditempat saya akrab dipanggil sitrun. Nah kalo Pak Mars dipakai mandi (nggak sengaja), ambil hikmahnya saja, mungkin efeknya bisa membuat kulit lebih bersih dan membuatg Bu Mars lebih sayang. Ini sebagai bentuk timbal balik yang indah


    Sama Pak, ditempat saya kalau beli juga bilangnya “sitrun sur”… :D
    Selain untuk membersihkan kamar mandi dan ember, seringnya memang dipakai untuk nyuci baju

    [Reply]

  11. April 2nd, 2012 at 14:50 | #11

    wah jadi Es Buah Om Mars dung, xixixi…eeh ndak licin tuh om kan ada asam sitrat nya, leg ndak salah nama ne sitrunsur *Eeh bener ndak yaa* :D


    Iya bener sekali.
    Kalau diwarung, disebutnya sitrunsur

    [Reply]

  12. April 2nd, 2012 at 15:34 | #12

    Mantan murid panjenengan itu memang layak dimarahi kok.
    Seandainya rambut panjenengan rontok saya pasti tak bisa menahan tertawa jika kopdar lagi dengan panjenengan.

    Sekedar saran : kalau bisa bak kamar mandinya yang bocor segera ditembal sehingga bisa mandi dari bak mandi, bukan dari ember. Bukan apa-apa, kalau ember habis dipakai untuk ngaduk pupuk dan mbilasnya kurang sip kan rambut panjenengan jadi lebat banget termasuk rambut yang disana dan disitu.

    Salam hangat dari Surabaya


    Hahahaha…
    Rasane asin Dhe.
    Airnya sich tampak jernih sekali kinclong2

    [Reply]

  13. April 2nd, 2012 at 15:54 | #13

    jangan2 April Mop :D


    Kalau April Mop kan setaun sekali
    Lha ini setaun tiga kali

    [Reply]

  14. chocoVanilla
    April 2nd, 2012 at 16:08 | #14

    Wuahahahaha…… Bu Nok lutju :lol:

    Gini aja Pak’e, kalo sekali lagi kejadian berhadiah piring :lol:


    Bhuahahaha…
    Padahal sudah saya wanti2 agar kalo ngrendem segera dibilas, atau pilih waktu dimana saya nggak ada dirumah

    [Reply]

  15. April 2nd, 2012 at 16:21 | #15

    habis mandi langsung diicip gak kulitnya sama Bu Mars Pak,
    seger kayak koktail juga ga? :D


    Kecut2 gimana… :D

    [Reply]

  16. Edso
    April 2nd, 2012 at 16:29 | #16

    wakakakakakka……. :D
    kejadian yang bisa mengocok perut mas :D :D


    Hahahaha
    Yang baca akan ketawa, tapi yang kena jebakan menderita Mas

    [Reply]

  17. achmad sholeh
    April 2nd, 2012 at 19:59 | #17

    bisa sebagai pemutih juga kayaknya pak, istri saya biasanya kalau seragam anak2 yg putih di rendam dulu pakai asam sitrat


    Iya Mas.
    Ibuknya juga memakainya untuk ngrendem cucian baju.
    Murah dan nggak ada efek sampingnya

    [Reply]

  18. April 2nd, 2012 at 20:14 | #18

    Mungkin pikir Bu Mars, biar sekalian mengikat jamur2 dan kotoran yang ada di tubuh pak Mars. Biar kulitnya jadi licin dan kinclong.


    Hahahaha…
    Mas Alamendah meh njajal po…
    Mengko tak kirimi Sitrunsur kuwi

    [Reply]

  19. Imelda
    April 2nd, 2012 at 20:57 | #19

    masa sih pak eM lumutan? hihihi
    BTW “rambut” nya beneran rontok ngga sih pak? :D


    Hahahaha…
    Belum lah

    [Reply]

  20. TuSuda
    April 2nd, 2012 at 22:13 | #20

    waduhh…dapat kejutan spesial di awal april ya Pakde… :)


    Iya Bli…
    Bukan kejutan tapi jebakan

    [Reply]

  21. April 2nd, 2012 at 22:16 | #21

    saya menggunakan citrun untuk merendam pakaian putih juga pak, lumayan bersih jadinya


    Iya Mbak
    Istri saya juga menggunakan untuk pakaian

    [Reply]

  22. Bunga Mesa Ananda
    April 2nd, 2012 at 23:03 | #22

    Syukur asam sitrat ya mas, kalo asam nitrat bisa bolong itu mulut (mulut emang udah bolong dari sananya kali ya)


    Ngeri sekali kalo asam nitrat

    [Reply]

  23. April 2nd, 2012 at 23:04 | #23

    Waduh …
    saya sampai merinding …
    walaupun ini ramah lingkungan … tetapi tetap saja …
    namanya juga asam …

    hehehe

    salam saya Pak Mars


    Iya Om
    Dan tiga kali saya mengalami :D

    [Reply]

  24. April 2nd, 2012 at 23:48 | #24

    awalnya saya kira sang istri akan dimarahi dgn hebatnya ternyata hanya sekedar diingatkan saja. salam… pak.


    Enggaklah Mas
    Kan ini tak terlalu bahaya

    [Reply]

  25. April 3rd, 2012 at 06:45 | #25

    asam sitrat kan bisa mengikat kotoran.. siapa tahu jadi lebih bersih mandinya pak mars #eh


    Iya Mbak

    [Reply]

  26. irmarahadian
    April 3rd, 2012 at 09:52 | #26

    citrun sir y pak….
    biasa kalo beli diwarung bilangnya gitu, **setelah liat fotonya**
    biasa klo saya sering buat rendam seprei pak…
    biar kotorannya rontok….maaf, anak2 masih sering main di temapt tidur je…
    hehehehe


    Iya Mbak
    Sitrunsir

    [Reply]

  27. puisipemula
    April 3rd, 2012 at 10:10 | #27

    waduh….pantesan Pak Guru jadi rasa asam sitrat ….
    (asin asin gimanaaa gitzuuu……. )
    heheheh … :P
    salam


    Hahahaha

    [Reply]

  28. yuniarinukti
    April 3rd, 2012 at 13:45 | #28

    Lho kan enak Pak, jarang-jarang lho bisa mandi pke air rasa begitu, biasanya kan tawar.. biarpun rasanya asam anggap aja mandi pke air sirup rasa jeruk Pak hehe..


    Hahahaha
    Tiga kali lho Mbak

    [Reply]

  29. April 3rd, 2012 at 14:00 | #29

    wkwkwkwkwk.. ada-ada saja nih, Pak Mars.. :mrgreen:

    catatan: layak disebarluaskan :lol: dan lagi kalau dipakai mandi berarti akan senasib dengan koktail dunk, Pak :lol


    Disebarluaskan biar jadi pembelajaran bagi yg lain Mbak

    [Reply]

  30. April 3rd, 2012 at 14:37 | #30

    Senyum makin manis dong pak, giginya nambah putih juga kan?


    Justru makin kecut Mbak…
    Kan rasanya masam banget :D

    [Reply]

  31. Diandra
    April 3rd, 2012 at 16:43 | #31

    kalau di daerahku asam ini dikenal juga dengan nama citrun
    dan aku selalu menggunakannya untuk memutihkan pakaian
    sering aku gunakan karena tidak berbau,tdk seperti bayclin yg baunya menyengat

    btw…pa guru skrg jadi putih donk?
    hihihi…
    *piss ah*


    Sama Mbak
    Kalau beli di warung juga bilangnya sitrun

    [Reply]

  32. April 3rd, 2012 at 16:52 | #32

    kalau wanita ang kena ustru berterimakasih pak kalau bisa merontokkan bulu, bulu kaki dan ketiak kan jadi masalah wanita :D


    Hahahaha

    [Reply]

  33. April 3rd, 2012 at 21:09 | #33

    Kebanyakan orang mandi kembang, pak Mars yang anti biasa ‘siram sitrun’. Salam


    Hahahaha

    [Reply]

  34. April 4th, 2012 at 02:05 | #34

    ha….ha….bisa-bisa aja Bpk.melabui istri…


    Kan saya terjebak duluan Mas

    [Reply]

  35. April 4th, 2012 at 02:42 | #35

    Wah. . .
    Istrinya dibohongi tuh kang, hehe
    kasian tuh.

    Tapi, karna istri pula lah akang jadi pengalaman untuk di sharing. :)


    Kan saya juga kena jebakan

    [Reply]

  36. April 4th, 2012 at 06:08 | #36

    hihihi lagian meski kelihatan bersih harusnya kalau mau mandi tetep aja dibilas dulu..
    kelihatannya bersih bellum tentu bersih :-)

    mudah2an tidak terulang untuk yang ke 4 kalinya :-D


    Semoga nggak lagi Mbak

    [Reply]

  37. April 4th, 2012 at 11:05 | #37

    Mandi Asam Sitrat pahalanya dobel, jadi besok gak perlu mandi lagi….. :D


    Iki socheh opo ora?

    [Reply]

  38. April 4th, 2012 at 11:48 | #38

    jadi tmbah bersih nggak sih mandinya kalau pake asam sitrat? :D


    Sing jelas tambah kecut

    [Reply]

  39. April 5th, 2012 at 08:18 | #39

    asam sitrat bisa memutihkan baju
    kalau dipake mandi mungkin bisa juga memutihkan kulit pak mars

    kan lumayan gak perlu pke whitening
    hehehe :D


    Hahahaha
    Putihnya kayak baju

    [Reply]

  40. arif
    April 5th, 2012 at 08:59 | #40

    wah mau sekalian dijadikan koktail pak xixixi :D


    Hahahaha

    [Reply]

  41. April 5th, 2012 at 13:20 | #41

    hahahahaha, buk mars keren yaa pak.. apalagi reaksinya yang malah ketawa ngakak pas pak mars protes.. salamin ya pak untuk bu mars, salam damai selalu dari Palembang.. gk ada hubungannya sih memang, cuma pengen nitip salam aja.. :D


    Hahahaha
    Iya Mbak
    Tiap kali kejadian, Bu Mars seakan tak merasa salah :lol:

    [Reply]

  42. Abi Sabila
    April 5th, 2012 at 14:03 | #42

    masih beruntung hanya asam sitrat, bagaimana kalau soda api? Astaghfirulloh, jangan sampai terjadi.
    Mungkin lain kali Pak Mars juga harus membiasakan diri membilas ember sebelum dipakai untuk mandi.


    Ngeri Bi, kalau soda api…

    [Reply]

  43. April 5th, 2012 at 16:21 | #43

    Niku ndak sami kaliyan tawas, Pak Mars?
    Ogah ah mandi pake itu,,, terlalu bersih bersih enggak baik bagi pria. Mending banyak keringet, biar bisa nebar2 feromon ke para wanita haha :D Lagian kata Mbah Kliwon, weton saya enggak cocok ama air :D *ngomyang opo sih aku ki*


    Mboten sami Mas
    Asam Sitrat itu buat campuran bikin koktail, jadi memang untuk dikonsumsi

    [Reply]

  44. April 6th, 2012 at 06:53 | #44

    wah iso mlebu muri mas
    mandi dengan asam sitrat ampe 3x.. *mlayu*


    Hahahaha
    Tinggal ngundang Jaya Suprana

    [Reply]

  45. Cara Mengobati Glaukoma
    April 6th, 2012 at 15:12 | #45

    oo walah pak,,
    yang penting gak terjadi apa-apa kan pak,,

    asam sitrat emang gak perbahaya, tapi apa gak pedih pak saat kena mata ?


    Dimata nggak pedih. Dilidah dowang yg masam

    [Reply]

  46. April 7th, 2012 at 18:14 | #46

    Saya baru tahu kalau Asam Sitrat dipakai untuk menghilangkan lumut, Pak Mars. Wah,bagus ya ibu punya pengetahuan itu. Mungkin perlu saya contek ilmunya ibu ini.

    Lalu untuk masalah Asam Sitrat yang tertinggal…
    Apakah mungkin Ibu berpikir bahwa di kulitnya Pak Mars juga tumbuh lumut? Sehingga Asam Sitrat barangkali dibutuhkan juga sekalian untuk mandi? he he he.. maaf Pak Mars – becanda.


    Hahahaha…
    Yang membikin saya terkecoh itu air rendaman asam sitrat jernih sekali Mbak, padahal kotorannya terikat disitu.
    Jadi orang gak bakal nyangka kalau itu air kotor

    [Reply]

  47. April 8th, 2012 at 09:36 | #47

    saya yakin si mba Mars nya tak akan mengulangi lagi mas… terutama setelah mas beritahu bahwa asam sitrat ini bisa ngefek ‘membuat rontok rambut dan mengganggu penglihatan’, hahaha…. mana rela si mba jika suami tercinta terganggu kesehatannya… hihi. Langkah jitu tuh mas…

    semoga tak terulang lagi ya… saya yakin, setelah tiga kali mandi asam sitrat, pasti kulit mas Mars jadi kinclong nih…. hehe


    Tapi kalai ingat rasanya yang masam2 itu jadi eneg Mbak…
    Mana air itu pastinya kotor meski kalau dilihat tampak jernih :D

    [Reply]

  48. April 12th, 2012 at 16:24 | #48

    Wahahaha… kalau tak dibaca sampai habis bisa terjerumus mau coba buat mandi
    nice share Pak Dhe


    Mestinya memang harus segera dibersihkan Mas

    [Reply]

  49. slamet camry
    November 28th, 2013 at 19:41 | #49

    jd ada ide.. :D

    [Reply]

  1. December 27th, 2012 at 07:04 | #1

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~