Mandi Asam Sitrat

Tak pernah terbersit sedikitpun dibenak saya jika suatu hari bakal mandi pakai serbuk kristal warna putih yang bernama Asam Sitrat atau C6H8O7. Tapi hal itu benar2 terjadi tepat tanggal 1 April 2012 kemarin. Sungguh merupakan peristiwa tak terlupakan yang layak disebarluaskan.

Latar Belakang…
Meski ada bak mandi, tapi saya lebih suka mandi pakai air yang baru keluar dari kran. Selain hangat, rasanya juga lebih segar dibanding yang sudah mengendap semalaman dalam bak. Dan karena nggak punya shower dan belum beli bathtub, maka saya menggunakan ember dan mandinya pakai gayung. Sambil mandi, air dari kran tetap mengucur dalam ember.

Pagi itu…
Saya mandi seperti biasanya. Menyiram sekujur tubuh dengan air, shampoan, sabunan, membilasnya lalu gosok gigi. Ketika kumur2 itulah terasa ada yang aneh. Ada rasa masam campur asin. Karena ini bukan kali pertama, maka saya yakin bahwa istri saya mengulangi kecerobohan yang sama.

Malam sebelumnya, ember yang saya pakai buat mandi itu dibubuhi Asam Sitrat oleh istri agar lumut yang nempel akan larut pada pagi harinya. Tapi istri saya lupa membilasnya. Karena asam sitrat bisa mengikat kotoran, maka airnya tampak jernih sehingga tanpa pikir panjang langsung saya isi.

Yang menjengkelkan adalah bahwa ini sudah ketiga kalinya. Pada kejadian pertama dan kedua, saya sudah wanti2 ke istri agar lain kali kalau nyuci ember langsung dibilas, atau cari waktu yang kira2 saya tidak lagi dirumah. Saya pikir tak terjadi lagi, tapi ternyata saya salah besar

Dan ketika saya marah, istri saya malah ketawa2 tanpa merasa bersalah sambil berkata bahwa zat itu nggak berbahaya karena sering dipakai untuk campuran bikin koktail. Merasa kejengkelan saya nggak direspon, terpaksa saya ngomong sekenanya dan mengatakan bahwa Asam Sitrat dapat merontokkan rambut dan membutakan mata. Akhirnya istri minta maaf dan berjanji tak melakukannya lagi.

Apakah rambut saya rontok dan mata terganggu?
Hahahaha… Tentu tidak !!
Asam Sitrat adalah zat pembersih yang ramah lingkungan dan berfungsi sebagai antioksidan, aman digunakan dan diakui oleh semua badan pengawasan makanan nasional maupun internasional. Kelebihan lainnya adalah mudah dimetabolisme dan dihilangkan dari tubuh.

Tapi kalau dipakai buat mandi ya jangan…
Atau ada yang mau coba ?

51 thoughts on “Mandi Asam Sitrat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *