Mari Berbagi, Mari Membagi

Kalau mengingat salah satu lagu wajib yang ditulis oleh Pak Kusbini, saya kok jadi bingung. Judulnya yang bener itu Bagimu Negeri apa Padamu Negeri ya?.
Pokoknya yang liriknya begini :

Padamu Negeri Kami Berjanji
Padamu Negeri Kami Berbakti
Padamu Negeri Kami Mengabdi
Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami

Ternyata urusan bagi membagi memang nggak selamanya gampang. Untuk memenuhi syarat agar tulisan saya berhubungan dengan judul, maka saya akan berbagi tentang pembagian.
Bukan mbagi2 uang atau daging kurban, tapi pembagian bilangan.

Masih ingat pembagian kan?. Yang kayak gini :
12 : 4 = 3
28 : 7 = 4
48 : 6 = 8
49 : 4 = 12 sisa 1
16 : 7 = 2 sisa 2
31 : 4 = 7 sisa 3

Ternyata pada pembagian tak selalu menghasilkan jawaban yang pas atau bulat. Untuk mengetahui sebuah bilangan bisa dibagi (istilah matematikanya adalah habis dibagi) oleh bilangan lain atau tidak, ada cara manualnya. Memang kita bisa pakai kalkulator, komputer atau mbayar karyawan buat menghitung. Tapi itu semua kita kesampingkan.

Bilangan habis dibagi 2
Cirinya pada angka terakhir atau bagian satuannya genap.
24578 habis dibagi 2 karena satuannya genap (8)
6583 tidak habis dibagi 2 karena satuannya ganjil

Bilangan habis dibagi 3
Cirinya jumlah angka dari bilangan tersebut kelipatan 3
32541 habis dibagi 3 karena 3+2+5+4+1=15 dan 15 adalah kelipatan 3
5743 tak habis dibagi 3 karena 5+7+4+3=19 dan 19 bukanlah kelipatan 3

Bilangan habis dibagi 4
Cirinya jika 2 angka terakhirnya kelipatan 4
54748 habis dibagi 4 karena 48 adalah kelipatan 4
688470 tak habis dibagi 4 karena 70 bukan kelipatan 4

Bilangan habis dibagi 5
Cirinya angka terakhirnya 0 atau 5, misalnya 5145, 7860 dll.

Bilangan habis dibagi 6
Cirinya jumlah angka dari bilangan tersebut kelipatan 3 dan satuannya musti genap.
32514 habis dibagi 6 karena 3+2+5+1+4=15 (habis dibagi 3) dan satuannya genap (4)
5715 tak habis dibagi 6 karena satuannya ganjil, meskipun 5+7+1+5=18 adalah kelipatan 3.

Bilangan habis dibagi 7
Lha ini yang paling rumit. Cara meneliti sebuah bilangan habis dibagi 7 apa tidak adalah sbb:
Pisahkan bagian angka yang lain dari satuannya. Kurangi bagian yang terpisah tadi dengan 2 kali satuannya. Jika sisanya habis dibagi 7, maka bilangan tadi habis dibagi 7 pula. Hal ini bisa dilakukan secara berulang.
Misal bilangannya adalah 5236, setelah dipisah akan menjadi 523 dan 6.
Kurangi 523 dengan 2X6, sehingga didapat 523 – (2X6) = 523 – 12 = 511.
Untuk mengetahui 511 habis dibagi 7 atau tidak, lakukan langkah seperti tadi
51 – (2X1) = 51 – 2 = 49. Kita tau bahwa 49 habis dibagi 7. Itu artinya 5236 juga habis dibagi 7.

Bilangan habis dibagi 8
Cirinya 3 digit terakhir habis dibagi 8.
241152 habis dibagi 8 karena 152 habis dibagi 8

Bilangan habis dibagi 9
Cirinya jumlah angka dari bilangan tersebut kelipatan 9
32544 habis dibagi 9 karena 3+2+5+4+4=18 dan 18 adalah kelipatan 9

Bilangan habis dibagi 10
Ini paling mudah diingat. Cirinya ya belakangnya nol.
Contohnya 1.000; 10.000; 100.000; 6.700.000.000.000… πŸ˜€

Ingat :
Manis jangan lekas ditelan, pahit jangan lekas dimuntahkan. Kalau apa yang saya tulis ini malah bikin stress, ya lupakan saja.
Ringan sama dijinjing, kalau berat ya dilepas saja… πŸ˜€

37 thoughts on “Mari Berbagi, Mari Membagi

  1. Kreatif sekali Mas, jadi ingat masa sekolah dulu, pelajaran Matematika paling di kerjakan mati-matian sampai habis daya, tetapi bagi saya tetap menarik dan menyenangkan, karena segala sesuatu mesti ada angka dan perhitungannya.
    Terimakasih telah berkenan berbagi cerita bersama

    Sama2 Mas TuSuda…
    Trims juga atas kunjungannya

    [Reply]

  2. anehnya nih pak, uang yg dikorupsi berapan pun jumlahnya, dibagi berapapun kok yo habis. mmg jmlh pembagiannya nggak sama sih… tergantung perannya masing2 πŸ˜›

    koruptor itu bisanya nambah dan ngurangi Mas…
    Kalau membagi nggak menguasai

    [Reply]

  3. Bener2 guru matematika yg pinter…
    buka les privat ya? πŸ˜†

    Panca jadi pesertanya ya… πŸ˜€

    .-= Postingan Mbah Gendeng : Film 2012 Menjadi Tranding Topic =-.

    [Reply]

  4. bilangan untuk membagi pagerank gimana mister ?
    .-= Postingan Panca : Download Film New Moon Gratis – The Twilight Saga New Moon =-.

    [Reply]

  5. apakah saia dibagi dengan daging kurban?
    Selamat Hari Raya Idul Adha 2009

    Daging Kurban hanya sampai batas Tuban.
    Tuban ngetan nggak kebagian.
    Selamat Hari Raya Idul Adha 2009 juga

    .-= Postingan gajah_pesing : Belajar Linux =-.

    [Reply]

  6. ternyata 7 paling sulit…
    itu sebabnya mungkin 7 dipilih untuk menggambarkan 7 lapis bumi, 7 lapis langit…
    Al Fathihah pun 7 ayat….

    Berarti angka 7 paling hebat.
    Bukan 9, bukan pula 17

    [Reply]

  7. 7 itu memang aneh dan penuh misteri.
    rumus untuk menghitung luas dan keliling lingkaran selalu mengunakan phe = 22/7.
    .-= Postingan Love4Live : Tips Cara Mudah Mengembalikan Sound Yang Hilang Setelah Upgrade Dari Ubuntu 9.4 Jaunty Jackalope ke Ubuntu 9.10 Karmic Koala =-.

    [Reply]

  8. Waktu di sekolah koq nggak pernah diberi pelajaran seperti ini ya, Pak?

    Iya Mas, saat saya sekolah ya nggak dapat ilmu kayak gitu.
    Ini saya ambil dari Catatan waktu kuliah Teori Bilangan

    .-= Postingan Edi Psw : Koneksi Internet Unlimited Termurah =-.

    [Reply]

  9. Hi hi hi, ingat pembagian dengan sistim poro gapit deh mas. awalnya susah,lama2 hafal.
    mantap pak Guru.
    Salam hangat dari Jombang

    [Reply]

  10. hehehehe bagi membagi ini yang susah bang klo nambahin masalah ato ngurangin hak orang lain nah ini banyak jagonya (termasuk saya) πŸ˜€

    [Reply]

  11. Salam silaturahim dari Lereng Muria di hari raya Idul Adha 1430H πŸ˜€

    Salamnya emPIISSSS sama emBEEEEKKKKKK. wokokokokkkk
    .-= Postingan cah ndeso : Menambah Gravatar Baru dalam Default List WordPress =-.

    [Reply]

  12. Yang paling males ternyata nyari ciri bilangan bisa dibagi 7 yo pak.
    .-= Postingan Wandi thok : Kulit Manusia bisa Mendengar =-.

    [Reply]

  13. Kui nek diteruske pembagine bilangan prima luwih ruwet yo pak πŸ˜†

    Iki aku ora mudik pak, ijik neng lab-pe kompi bocah kat wingi, ngeblogke lancir πŸ˜€

    [Reply]

  14. wah…. nice info pak… apalagi buat orang seperti saya yang kurang suka ama matematika…. hehehehe….. tapi kenapa pelajaran secanggih ini tidak diajarkan di sekolah yah….???

    oooh iya… blognya sudah saya masukin ke blogroll saya lho…. πŸ˜€
    .-= Postingan ranggagoblog : Hikmah Hidup DI Perantauan =-.

    [Reply]

  15. Ringan bawa aja sendiri, kalau berat bilang saja siapa tahu saya bisa bantu membawanya πŸ™‚
    .-= Postingan belajar blog : Jasa SEO, Sebuah Kerja Keras =-.

    [Reply]

  16. alah urusane matematika tobat aku, yang ringan-ringan saja dijinjing kalau kebagian yang manis-manis πŸ™‚
    .-= Postingan Balisugar : Semesta Yang Menamakanmu =-.

    [Reply]

  17. saya bingung banget ini, hehehe
    .-= Postingan Reza Fauzi : Orang Taiwan vs Bule – Cerita Humor =-.

    [Reply]

  18. Mari berbagi pak, sekalian mengucapkan selamat iedul adha 1430H, semoga kita bisa selalu memaknainya dalam keseharian kita.
    Salam hangat selalu
    .-= Postingan Wong Jalur : Memaknai, Bukan Sekedar Merayakan =-.

    [Reply]

  19. Mari berbagi pak, sekalian mengucapkan selamat iedul adha 1430H, semoga kita bisa selalu memaknainya dalam keseharian kita.
    Salam hangat selalu

    [Reply]

  20. Pendek saja Pak Mars, saya ijin print buat anak saya he he, terima kasih atas infonya.
    Salam πŸ™‚
    .-= Postingan arkasala : Dampak Makanan Berlebihan Bagi Kesehatan =-.

    [Reply]

  21. saya pernah mendapatkan soal seperti ini pak

    1x2x3x4x5x6x7x8x9x10x11x12x13x14 = 871782a12bc
    tanpa mengunakan kalkulator tentukan a, b, c

    bagian yang paling sulit adalah menjawab a karena ada 2 kemungkinan jawaban 0 dan 9
    bagaimana pak ?
    .-= Postingan mandor tempe : Susahnya cari kerja =-.

    [Reply]

  22. pak Mars lagi senang angka 6 dan 7 πŸ˜›

    aku ikut kelompok belajarnya pak Mars aja deh, tinggal nyalin aja yaa.. **matematikaku ancur pak!
    .-= Postingan nakjaDimande : Antara Mekah dan Madinah =-.

    [Reply]

  23. wew… iki gakdiajarno ning les lesan ketoke…

    *hayah ndop, awakmu khan gak tau les-lesan barang… wekekkek…*
    .-= Postingan ndop : Back To Nature =-.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *