(Masih) Setia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian setia adalah
(1) tetap dan teguh hati (dalam persahabatan, pernikahan dsb);
(2) patuh; taat; misalnya rakyat tetap setia pada pemerintah;
(3) berpegang teguh (dalam pendirian, janji, dsb)

Jika didasarkan pada pengertian tersebut, maka tidak berlebihan rasanya jika saya merasa termasuk tipe orang yg setia, meski setianya ditulis di antara dua tanda petik. Seperti kita maklumi, bahwa kata yang ditulis dalam tanda petik biasanya masih diragukan kebenarannya.

Meski ada pasang surutnya, tapi pernikahan saya yang 27 tahun cukup untuk dijadikan bukti bahwa saya (masih) setia. 100% mulus sich tidak, tapi tetap solid dan bertahan sangat iya sekali.

Sebagai rakyat, saya juga merasa setia pada pemerintah. Meski kadang tak suka dengan perilaku dan keputusan pemerintah, tapi ketidaksukaan saya masih dalam batas kewajaran. Saya tak pernah turun ke jalan, saya tak pernah protes dengan cara arogan.

Sebagai pemilik blog, saya selalu mencoba setia dengan blog yang saya miliki. Update rutin tak pernah lupa, bertegur sapa dengan pengunjung tak pernah jeda. Sejak blog ini ada sampai sekarang, saya tak pernah berganti “theme“. Itu juga bisa dijadikan indikasi bahwa saya ini tipe setiahahahaha…

Lalu kenapa pada kata “setia” itu perlu ada kata “masih” di depannya?
Kenapa tidak “setia” saja?
Kenapa mesti ditulis (masih) setia?
Apakah saya ragu dengan “kesetiaan” saya?

Kenapa saya memberi judul tulisan ini dengan “(masih) setia“, itu semua karena kesetiaan yang ada pada saya masih berjalan dan masih perlu pembuktian untuk sisa waktu yang saya miliki.

Semoga saya bisa membuktikan bahwa setia saya adalah setia beneran, bukan setia2an dan bukan hanya “merasa setia” dowang.

Bagaimana dengan sahabat?
Masih setia, agak setia, merasa setia, setia2an atau sudah setia beneran?

44 thoughts on “(Masih) Setia

  1. Sekarang saya lagi “masih” belajar untuk menjadi orang yang setia, setia kepada blog, theme, semoga nantinya saya juga setia kepada orang yang dicintai. jiahahahahhahaha


    Selamat mempelajari “kesetiaan”, semoga lulus

    [Reply]

  2. wah, berarti saya termasuk yg tidak setia dengan theme, udah pernah kuganti sih … πŸ˜€


    Harus ditutup dengan kesetiaan dibidang lainnya πŸ˜€

    [Reply]

    Wong Cilik Reply:

    iya pak, setidaknya saya (masih) setia berkunjung ke blog yang anti biasa … πŸ˜€


    Semoga setia terus

    [Reply]

  3. saya sudah SETIA dari sononya Pak
    jadi tak perlu diragukan lagi hahaha


    Kalau setianya sudah dari SONO nya, biasanya di SINI nya setianya mulai memudar

    [Reply]

    nique Reply:

    Sana sini tetap setia pokoknya pak.:D


    Kalau setia dari sononya harusnya saat ini kamu di Boyolali πŸ˜€

    [Reply]

    nique Reply:

    itu kan karena orang boyolali gak setia maka saya gak ada di sana pak … hehehe


    Ntar saya nasehatinya Ni… πŸ˜€

    [Reply]

  4. Wah..kalau saya pikir-pikir satu per satu, kelihatannya banyak area abu-abunya ini, Pak. Nggak terlalu jelas, apakah bisa dikategorikan setia atau tidak he he.. Baru berjalan 18 tahun pak.. sementara sih masih baik-baik saja. Semoga ke depannya tetap baik-baik terus.
    Selamat ya Pak Mars, atas 27 tahun setianya.

    Saya ingat jaman dulu ada rokok yang bernama cap “Orang Setia”. jadi kalau yang merasa dirinya setia pada jaman itu , barangkali perlu mengekspresikan kesetiaannya dengan merokok itu Pak..


    18 tahun bukan waktu yang sebentar Mbak…
    Bayangkan jika di penjara selama 18 tahun itu
    Jadi menurut saya sudah bisa dikategorikan setia.
    Tentang merk itu…
    Itu memang jelinya si pembuat merk.
    Ada saja cara menjebak lewat merk.
    Sama kayak Orang Pintar minum tolak angin.
    Emang kalau minum yg lain nggak pintar gitu πŸ˜€

    [Reply]

  5. kalo saya lihat2 pak, setia dalam hal apa dulu. ada hal yang saya selalu untuk dan akan setia, tp ada hal yang tak perlu untuk di-setia-ni, meskipun dulu saya setia. πŸ˜€


    Dalam hal apapun, kita pasti lihat2 dulu Mbak. Itu pasti.
    Tapi ini adalah secara umum.
    Sama seperti kalau kita menilai seseorang itu pemalu apa bukan, boros apa bukan, cekatan apa bukan dll dll.
    Kalau semua harus lihat2, berarti kita tak akan pernah menyebut seseorang itu bagaimana.
    Bisa2 nggak ada orang kaya karena harus dilihat kaya apa dulu…
    Padahal saya juga nggak pernah liat, tapi saya berani berkata kalau Abu Rizal Bakri itu kaya…
    (lihat2 kaya apa dulu…)

    [Reply]

  6. saya mencoba setia menulis,. πŸ™‚ terkadang ndak punya ide, tapi mencoba setia lah..


    Semoga berhasil

    [Reply]

  7. kenapa tidak setia pada postingan yang pendek pak ? hari ini tulisannya panjang, hitung sendiri deh ada berapa paragraf ? πŸ˜›


    Hahaha
    Mbak Ely jeli.
    Padahal tadi sempat saya tulis di postingan bahwa kali ini saya nggak setia dengan postingan pendek lho… SUmpah!
    Tapi saya hapus lagi. Ternyata ada yg jeli juga melihat hal itu πŸ˜€

    [Reply]

    Ely Meyer Reply:

    nggak percaya pak sumpahnya hahhaha πŸ˜€


    Hahahaha
    Nanti saya emailkan draft aslinya Mbak πŸ˜€

    [Reply]

  8. sampai saat ini saya masih bertahan dengan status saya, Pak Mars. Apakah ini termasuk setia, ataukah karena belum bertemu yang pas di hati saja? Hehehe…
    Oh ya, mau sedikit komplain Pak. Apakah di Kendal sekarang sudah hari Sabtu, sedangkan di Serang masih hari Kamis? πŸ™‚


    Wah, kayaknya laptop yang Abi pakai setingan tanggalnya nggeser…
    Di Kendal juga Kamis lho…
    ===============================
    Kalau soal status Abi yg sekarang sich kayaknya harus segera direvisi…
    Kalau perlu segera minta rekomendasi pada Ananda Sabila πŸ˜€

    [Reply]

  9. Daku juga setia nih mampir di blognya Pak Mars. Terus daku juga setia nyumbang komeng. Hehe… πŸ˜€


    Makasih atas kesetiaannya Mbak πŸ˜€

    [Reply]

  10. wah kalau dibandingkan pak eM yang 27 th aku baru 13 th
    Ngeblog juga baru 4 th di TE, keseluruhan ngeblog ya baru 7 th
    hidup baru 44 tahun
    tinggal di Jepang baru 20 th
    baru punya 1 suami dan sudah punya 2 anak
    jadi? aku mau nunut pak eM aja deh
    aku masih setia πŸ™‚


    Paling aman memang menggunakan istilah “masih setia” saja Bu, karena kita tak bisa menjamin apa yang terjadi ke depan…

    [Reply]

  11. gimana sikon, pak…
    kalo gak kepepet ya setia dan menepati janji serta sumpah prajurit

    *makanya jadi suka mepet mepet…


    Agak capek juga kalau ngikuti sikon, karena sikonnya slalu berubah2

    [Reply]

  12. Pelesetan dari SETIA adalah Selingkuh Tiada Akhir atau Setiap Tikungan Ada..hahahahaa *alay-isme nya kental banget*

    Alhamdulillah saya masih setia dengan Islam .. dan enggak ada rencana buat selingkuh dengan yang lain.. horeeeeeee..

    salam kenal


    Salam kenal juga Mas

    [Reply]

  13. Menilai kesetiaan pada diri kita sendiri sepertinya Subjektif, orang lainlah yang menilai apakah kita masih setia, setia atau tidak setia


    Tapi harus diakui bahwa yang paling tau diri kita adalah kita sendiri…

    [Reply]

  14. H,, sdg mikir2 Pak Mars, apakah saya masih setia pd bekas pacar saya. Soalnya sering juga ingat pada mantan yg tak menikah dng saya hahaha..,


    Berarti masih setia dengan kenangan lama Bu… πŸ˜€

    [Reply]

  15. saya kok jadi malah jadi teringat dengan Setia Band ya pak, charly dkk masih “setia” untuk menjual musik berbau melayu pop πŸ˜€


    Charlie nggak setia dengan ST12, dan malah mendirikan Grup SETIA

    [Reply]

  16. Untuk postingan nya yg tumben panjang ini, aku ingin menjawab singkat, padat dan jelas pak….
    Ku masih setia….:)

    Ini juga aq n Una msh setia menunggu Ririe tiba …, πŸ˜€


    Tadi Mbak Ely juga mempertanyakan “kesetiaan” saya dengan postingan singkat Mbak…
    Dan memang iya, skali ini saya nggak setia dengan kebiasaan itu.
    ===========================
    Selamat menikmati Dieng Plateu…

    [Reply]

  17. Hehehe saya tersenyum membaca komen kak alaika …
    Ada yang lebih panjang kak …
    Yaitu postingan koran khas cap koepoe biru …

    Mengenai setia ?
    Saya juga ( masih ) tetap setia
    Dan semoga saya setia dirempat yang tepat …

    Salam saya Pak Mars


    Semoga perjalanan kita ke depan selalu ada di tempat yang tepat ya Om

    [Reply]

  18. setia ya… harusnya begitulah dirilku…. setia dengan segala sesuatu yang sudah ditekuni..


    Ketika kita sudah memutuskan menekuni sesuatu, kita memang harus fokus

    [Reply]

  19. Saya tetep setia mendengarkan Pak Mars nulis apa saja di Blog Pak Mars karena memang Emejing


    Makasih Mas…

    [Reply]

  20. masih setia ngeblog tentunya…

    tumben, postingannya agak panjang sedikit


    Hahaha
    Iya Mbak
    Kali ini saya nggak setia untuk nulis singkat

    [Reply]

  21. kalau saya tetap setia kok dg pak Mars πŸ™‚


    Makasih Mbak Melly.
    Tiap kali mau buka blognya Mbak Melly kok selalu gagal ya

    [Reply]

    nique Reply:

    alesan orang yang tidak SETIA ya kek gitu πŸ˜›
    selalu ada aja hahaha


    Kan setiap hal pasti ada alasannya Ni

    [Reply]

  22. Saya masih berusaha setia untuk ngeblog dan bw, walaupun sudah ga setia dengan ganti theme, musik, dan widget.


    Semoga kesetiaannya bertahan

    [Reply]

  23. Pernikahan saya berumur 9 tahun, selama ini masih setia dan terus berusaha untuk tetap setia.
    Kesetiaan pada negara, tak perlu diragukan lagi. Soalnya kalo gak setia, bakal kehilangan pekerjaan.. °º°=))HΒͺΒͺhΒͺΒͺhΒͺΒͺhΒͺΒͺ°°º
    Kalo setia sama theme, ini baru bwrusaha…


    Semoga pernikahannya langgeng Mas

    [Reply]

  24. Selamat pak Mars atas kesetiaan berumah tangga dengan satu istri. Orang lain bisa berganti pasangan sampai beberapa kali, sementara pak Mars selama 27 tahun setia dengan satu orang, salut saya. Semoga sampai diakhir hayat tetap setia.


    Makasih doanya Mas

    [Reply]

  25. kalau buat sistem pemerintahan amburadul saya ngga mau setia pak..
    buat pacar, kalau tidak memungkinkan ya ndak setia hahaha


    Kalau terhadap pacar memang nggak harus setia banget Mbak…
    Sekedarnya saja

    [Reply]

  26. Sama pemerintah, saya setia2an πŸ˜€ , sama theme blog agak setia, sama misua masih setia dunk ah..


    Berarti kita sama2 setia pada pasangan kita Mbak

    [Reply]

  27. kayak lagunya Jikustik pak…kalo dimedley sama Sheila on 7 jadinya “aku…masih di sini..untuk Sephia..” #nah


    Mari kita (mencoba) setia

    [Reply]

  28. Saya juga masih setia mas wong sudah punya cucu 4 je.
    Ngeblog juga masih setia.
    Kepada pemerintah saya juga masih setia wong pemerintah juga masih setia kepada saya dengan memberikan gaji pensiun walaupun saya sudah pensiun dan sarungan di rumah sambil ngeblog dan nonton TV.

    Salam hangat dari Surabaya


    Kapan saya punya cucu ya… πŸ˜€

    [Reply]

  29. saya pengennya tetap setia sampai besok2….
    setia sama suami dan keluarga wong dah 7 taon..
    setia sama pemerintah (maklum abdi negara, jadi tetap setia pada pemerintah ndak ra digaji hehe…),
    juga setia ngeblog wong bisa ngilangin stres kalau baca tulisan di blognya pak mars πŸ˜‰


    Semoga kita termasuk yang setia Mbak

    [Reply]

  30. wah saya tipe yg cepet bosen pak… tapi ujung2nya kangen juga sama yg dulu2 haha..

    hmm.. lebih tepatnya aku tuh setia untuk kreatif mungkin yah..


    Setia berubah-ubah…

    [Reply]

  31. Untuk urusan blog tak ada istilah setia bagi saya pak he he ….


    Kalau saya mencoba terus setia Mas, karena cuma ngeblog yg saya tekuni. Mau mendalami fotografi belum punya alat yang bagus πŸ˜€

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *