Home > Intermeso, Realita > Masjid Timur Tengah dan Masjid Indonesia

Masjid Timur Tengah dan Masjid Indonesia

October 12th, 2009 Leave a comment Go to comments

Konon katanya, Masjid di Timur Tengah dan di Indonesia tak jauh beda. Sama2 menghadap kiblat, berkarpet, ada mimbarnya, ada kaligrafinya.

Kubah dan ornamennya juga nyaris tak ada bedanya, karena dengan globalisasi di semua bidang, arsitek kita dapat dengan mudah terinspirasi rancang bangun dari manapun, termasuk dari Timur Tengah.

Gaya masjid yang sering dipakai adalah bentuk masjid Abbasi atau bentuk T. Lalu muncul gaya hypostyle yang dipelopori oleh Bani Umayyah. Masjid ini berbentuk persegi panjang dengan halaman tertutup dan tempat ibadah di dalam. Atapnya datar dan digunakan untuk penopang tiang, tapi ada juga yang memiliki atap melengkung.

Masjid bergaya arab-plan mulai dibangun pada masa Abbasiyah dan Umayyah, tetapi kurang disenangi sehingga Kesultanan Utsmaniyah memperkenalkan bentuk masjid dengan kubah besar di tengah yang melingkupi sebagian besar area shalat. Beberapa kubah kecil juga ditambahkan di area luar tempat ibadah.

Ciri Masjid modern biasanya terletak pada adanya menara serta kelengkapan lainnya seperti tempat bersuci yang representatif, perpustakaan dan klinik.

Perbedaan antara Masjid Timur Tengah dan masjid di Indonesia cuman dikit. Kalau di Indonesia pengeras suaranya merk TOA, di sana merknya AOT.
Knapa?. Lha kalau di sana kan bacanya dari kanan ke kiri.

Demikian laporan dari perwakilan Front Blogger Gurem Cabang Mesir yang beberapa waktu yang lalu mengadakan kontak senjata secara langsung dengan saya.

~ Grazie ~
Categories: Intermeso, Realita
  1. October 12th, 2009 at 00:30 | #1

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Tetapi di Indonesia (Terutama Jawa) sebenarnya mempunyai arsitektur masjid tersendiri yang unik karena merupakan akulturasi dengan budaya jawa. Tetapi sayangnya kini masjid-masjid itu banyak yang dipugar dan dirubah berarsitektur Turki (Timur Tengah)

    [Reply]

  2. October 12th, 2009 at 01:15 | #2

    saya kira fron blogger toa.. eh aot.. :D
    .-= Postingan suryaden : blood on blood =-.

    [Reply]

  3. October 12th, 2009 at 01:29 | #3

    padahal kubah itu asalnya dari eropa…hiks…..klo mesjid buleh pake kubah kok ada yg ngelarang pake beduk yah…tanya kenapa :mrgreen:
    .-= Postingan m4stono : Terjemahan Serat Wedhatama Pangkur 10-11 =-.

    [Reply]

  4. vikingBatam
    October 12th, 2009 at 05:43 | #4

    hehe reportase yang bagus
    salam.
    .-= Postingan vikingBatam : Kebersamaan Barudak Viking =-.

    [Reply]

  5. October 12th, 2009 at 07:03 | #5

    Mangtaff… Semoga hati kita slalu terpaut ke masjid

    [Reply]

  6. achmad sholeh
    October 12th, 2009 at 07:12 | #6

    intinya sama dengan dijamin tidak luntur dan luntur tidak dijamin pak
    .-= Postingan achmad sholeh : Cara Aman memakai Kartu Kredit =-.

    [Reply]

  7. Sarimin
    October 12th, 2009 at 07:31 | #7

    tumben ke Masjid pak…
    .-= Postingan Sarimin : Download AVG Versi 9.0 Windows 7 =-.

    [Reply]

  8. arihevea
    October 12th, 2009 at 08:01 | #8

    Hohohoho.. tak pikir serius perbedaannya.. ternyata TOA ma AOT.. hahahaha..
    .-= Postingan arihevea : Cangkrangen.. Chicken Pox.. Cacar air.. =-.

    [Reply]

  9. jurug
    October 12th, 2009 at 08:25 | #9

    ngakak dulu deh… :mrgreen:

    dasar guyonan lan dagelan.

    [Reply]

  10. Pak Narto
    October 12th, 2009 at 09:12 | #10

    Hah!! berarti kalau berkotbah kan sama2 pake sound sytem ya pak, nah pada jaman dulu belum ada teknologi elektro tentu ya kalau kotbah bersuara belum pake TOA atau AOT, terus kalau sekarang di kembangkan bila berkhotbah menngunakan Layar LCD boleh nggak pak, soalnya para jamaah sekarang ini kalau jumatan kok banyak yang ngantuk ya… nah kalau diberi layar LCD dan materi kotbah juga di susun dalam bentuk slide presentasi bagaimana? Semoga gak ngatuk saat mendengarkan kotbah.

    [Reply]

  11. October 12th, 2009 at 10:34 | #11

    Ora masalah bedane opo pak..nanging ojo lali podo ng masjid..percumah masjid dibangun apik2 nek mung dikosongi..
    .-= Postingan vb6mania : Integration of Google Earth and VB6 =-.

    [Reply]

  12. boyin
    October 12th, 2009 at 10:52 | #12

    ngikik aku…ngik ngik ngik…pak guru iso2 wae

    [Reply]

  13. October 12th, 2009 at 11:13 | #13

    wah senjatanya jenis apa pak :lol:
    .-= Postingan arifudin : Kejutan Ulang Tahun =-.

    [Reply]

  14. Wandi thok
    October 12th, 2009 at 11:48 | #14

    Aku dadi kelingan tulisanku iki pak http://wandisukoharjo.com/haji-indonesia-vs-arab.html

    [Reply]

  15. Wandi thok
    October 12th, 2009 at 12:00 | #15

    Kayaknya pak Mars ada keinginan ke sana ya pak? :lol:
    .-= Postingan Wandi thok : Manusia dengan fisik lemah tapi ditakuti di seluruh dunia =-.

    [Reply]

  16. October 12th, 2009 at 12:11 | #16

    kalo masjid Agung Semaarang tuh kira2 arsitekturnya bergaya mana ya pak?
    .-= Postingan Blog Ijo : Ngapain sih Pake Nyalain Lampu Motor di Siang Hari? =-.

    [Reply]

  17. October 12th, 2009 at 13:57 | #17

    YAng paling penting buat saya sama-sama menghadap Allah SWT Amiin
    .-= Postingan noershani : Pentingkah Dunia? =-.

    [Reply]

  18. Pradna
    October 12th, 2009 at 14:25 | #18

    gimana tulisan arabnya AOT itu ya?
    .-= Postingan Pradna : Belajar HTML 02 : Script Pertama =-.

    [Reply]

  19. Blogodolar
    October 12th, 2009 at 14:50 | #19

    Weleh-weleh, Pakde Mar bisa saja…(kayak Tawa Sutra)
    .-= Postingan Blogodolar : 6 Ciri Postingan Pilar yang Merupakan Generator Trafik Terbaik untuk Blog Anda =-.

    [Reply]

  20. October 12th, 2009 at 15:14 | #20

    haha..jadi bedanya cuma itu toh??
    .-= Postingan isti : Indonesia, The Truly Atlantis =-.

    [Reply]

  21. riFFrizz
    October 12th, 2009 at 17:05 | #21

    kalo merek spekernya simbadda disana jadi addabmis donk
    .-= Postingan riFFrizz : Format Dasar HTML =-.

    [Reply]

  22. October 12th, 2009 at 17:16 | #22

    sekali pun aku belum pernah lihat masjid timur tengah, pak mar. wew…. itu cara bikin postingan dengan gambar berada di bawah tulisan itu gimana caranya, pak? mantab bener!
    .-= Postingan sawali tuhusetya : Aksi-aksi Pendekar Open Source di Lembah Google =-.

    [Reply]

  23. si_nobi85
    October 12th, 2009 at 17:40 | #23

    Ikut absen aja

    [Reply]

  24. zenteguh
    October 12th, 2009 at 20:19 | #24

    whahahahaa…
    eko, eh, oke tenan postingane pak

    [Reply]

  25. kucrit
    October 12th, 2009 at 20:38 | #25

    seng penting kan isine kan pak…..
    .-= Postingan kucrit : Dunia Persilatan Blogger =-.

    [Reply]

  26. October 12th, 2009 at 21:17 | #26

    Desain2 masjid ori Indo jaman dulu banyak yg dipugar agar bisa disebut “masjid”. Tadinya sih disebut langgar krn kesederhanaannya. Padahal khas banget lho langgar tu…
    .-= Postingan BudiTyas : Beban Itu Untukku =-.

    [Reply]

  27. dasir
    October 12th, 2009 at 23:09 | #27

    Asslmu’alaikum wr.wb. Pak Guru,,yang penting indonesia g minjem toa yang aot pak..

    [Reply]

  28. dasir
    October 12th, 2009 at 23:16 | #28

    Hahahaha..aku mau bayangin bgmn keadaan murid2nya pak mars..imut2 kali ya pada ketawa mulu kalo diajar..lha gurunya saja unik begini..salam pak mars..

    [Reply]

  29. munawar am
    October 13th, 2009 at 09:15 | #29

    Masjid di Timur Tengah gak ada yang menghadap Qiblat, Pak,
    Yang ada menghadap Talbiq…. hayo, sopo sing ngajari?

    Masjid di Timur Tengah juga gak ada yang memiliki Mimbar, Pak,
    Mereka malah memiliki Rabmim…

    Iki Komen soko Rawanum :)
    .-= Postingan munawar am : Bencana Mendatangkan Berkah =-.

    [Reply]

  30. cerita hot
    October 13th, 2009 at 10:02 | #30

    Bisa aja Pak Mars

    [Reply]

  31. October 13th, 2009 at 10:03 | #31

    Wa, jadi inget Asia Tenggara, ini Timur Tengah pak, Waktu Mata angin

    [Reply]

  32. ndop
    October 14th, 2009 at 11:16 | #32

    dadi pingin melu kaji.. sopo gelem ngejak akuuuuuuuuuuu!!!!!!!!

    mengharapkan jawaban: akuuuuuuuuuuuu………..

    [Reply]

  33. October 14th, 2009 at 18:39 | #33

    TOA hanya ada di INDONESIA….
    .-= Postingan luxsman : Gender Laki-Laki dan Perempuan =-.

    [Reply]

  34. kerja keras adalah energi kita
    October 15th, 2009 at 20:39 | #34

    @ndop
    Aku juga ikuuut lah

    [Reply]

  35. kerja keras adalah energi kita
    October 15th, 2009 at 20:43 | #35

    TOA TOA berjiwa MODA MODA

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~