Matematika Itu Konsisten, Independen dan Enjoyable

Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang diperoleh dengan bernalar. Ilmu lain juga iya tapi lebih menekankan pada observasi dan eksperimen.

Matematika itu konsisten.
Ketika matematika mengatakan semua bilangan genap itu habis dibagi dua, maka tak ada satupun yang tidak seperti itu. Ketika matematika bilang bahwa kubus punya 12 rusuk, maka kubus manapun, entah besar entah kecil, entah asli atau imitasi, semua rusuknya pasti 12.

Ini sangat beda dengan Biologi. Disana dikatakan bahwa manusia berkembang biak dengan pembuahan, padahal kenyataannya dengan stek. Bukankah yang ditanam adalah batangnya dan bukan buah atau bijinya?. Di Geografi diajarkan pada kita bahwa bulan Maret itu musim kemarau. Nyatanya sampai bulan Mei masih terjadi banjir dimana2.

Matematika itu independen.
Matematika tak dipengaruhi oleh ilmu lain. Tak terpengaruh musim, inflasi atau politik. Mau musim dingin, musim gugur, musim rambutan, kalau dua tambah tiga ya lima. Mau yang kuasa Golkar, Demokrat, atau Partai Tjap Koepoe, kalau lima dikurang satu ya empat.

Matematika itu enjoyable
Pemahaman yang sepotong2 terhadap matematikalah yang menyebabkan orang bingung, takut dan akhirnya tak menyukainya. Padahal matematika itu enjoyable. Tak sekedar mencerdaskan, tapi dapat ditransver ke ilmu lain, misalnya sikap disiplin, independen, menghargai keteraturan, berpikir logis, jujur, mengembangkan ketajaman penalaran dll. Bahkan matematika juga memiliki fungsi sebagai bahasa!.

85 thoughts on “Matematika Itu Konsisten, Independen dan Enjoyable

  1. nek masalah ngene iki cepet tanggape 😛

    [Reply]

    Mars Reply:

    Milih tak dadekke Bu Mars opo dadi dewe…

    [Reply]

    oyen Reply:

    nek nanggapi komeng ki yo sing mutu sitik ngono lho 😛

    [Reply]

  2. Meh tak dadekke Bu Mars opo dadi dewe

    [Reply]

    oyen Reply:

    Bu Marsssss…..ki lho Pak Mars nakal karo aku…ojo dimasakke semingguuu 😛

    [Reply]

    mars Reply:

    Tak pek mantu lho… 😉

    [Reply]

  3. Mungkin cara pengajarannya membuat kita pada saat itu menjadi sulit. metode yangtepat dan meyenangkan membuat kita senag dan menjadi mudah.

    [Reply]

  4. [wakil pak Mars]
    Bisa mas,
    film yang berjudul Numbers garapan Fox Studio menceritakan pemecahan persoalan kriminal, medical, political, Science wah bejibun dan seru deh..
    [maaf pak Mars]

    [Reply]

  5. kalau matematikanya di Genetika menjadi berbagai macam kemungkinan Pak, satu ditambah satu belum tentu dua, bisa jadi hanya satu, bisa pula menghasilkan sepuluh, mungkin juga bisa nol karena mandul tak punya keturunan

    [Reply]

  6. saya hanya sampe SMP semangat matematika ini Pak … SMAnya mulai malas2an belajar he he
    Tapi saya sependapat dengan pendapat pak mars di atas 🙂

    [Reply]

  7. Pingback: Desi Ratnasari Bakal Maju di Pilkada Depok? | Sekilas INFO
  8. Pingback: metaMARSphose » Minggu Cepat Berlalu
  9. ilmu matematika adalah ilmu yg dihasilkan dari penalaran seseorang. orang yg menemukan matematika ia sangat bekerja keras memutarkan otaknya guna menghasilkan ketentuan yang pasti pada matematikanya.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *