Home > Inspirasi > Matematika Itu Konsisten, Independen dan Enjoyable

Matematika Itu Konsisten, Independen dan Enjoyable

Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang diperoleh dengan bernalar. Ilmu lain juga iya tapi lebih menekankan pada observasi dan eksperimen.

Matematika itu konsisten.
Ketika matematika mengatakan semua bilangan genap itu habis dibagi dua, maka tak ada satupun yang tidak seperti itu. Ketika matematika bilang bahwa kubus punya 12 rusuk, maka kubus manapun, entah besar entah kecil, entah asli atau imitasi, semua rusuknya pasti 12.

Ini sangat beda dengan Biologi. Disana dikatakan bahwa manusia berkembang biak dengan pembuahan, padahal kenyataannya dengan stek. Bukankah yang ditanam adalah batangnya dan bukan buah atau bijinya?. Di Geografi diajarkan pada kita bahwa bulan Maret itu musim kemarau. Nyatanya sampai bulan Mei masih terjadi banjir dimana2.

Matematika itu independen.
Matematika tak dipengaruhi oleh ilmu lain. Tak terpengaruh musim, inflasi atau politik. Mau musim dingin, musim gugur, musim rambutan, kalau dua tambah tiga ya lima. Mau yang kuasa Golkar, Demokrat, atau Partai Tjap Koepoe, kalau lima dikurang satu ya empat.

Matematika itu enjoyable
Pemahaman yang sepotong2 terhadap matematikalah yang menyebabkan orang bingung, takut dan akhirnya tak menyukainya. Padahal matematika itu enjoyable. Tak sekedar mencerdaskan, tapi dapat ditransver ke ilmu lain, misalnya sikap disiplin, independen, menghargai keteraturan, berpikir logis, jujur, mengembangkan ketajaman penalaran dll. Bahkan matematika juga memiliki fungsi sebagai bahasa!.

~ Grazie ~
Categories: Inspirasi
  1. SealKaZz Mizzu
    June 9th, 2010 at 16:01 | #1

    Mohon sekiranya anda bersedia tukar link denga saya

    Link anda sudah saya taruh di http://www.mizzu.net/2010/06/tukar-link.html

    dengan nama : marsudiyanto

    Mohon kerjasamanya
    thank’s b4 ^_^

    [Reply]

    oyen Reply:

    mohon namanya diganti dengan : Oyen :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Sekali2 Oyen nggak pertamax…
    Ini sudah ginaris

    [Reply]

    oyen Reply:

    sing arep pertamax yo soppoooo…gak minat :P

    oyen Reply:

    lek ndang di update blog-e, ra usah ngrusuhi koemngtator ayu terus :P

    [Reply]

  2. June 9th, 2010 at 16:15 | #2

    yang bisa ngomong gini biasanya guru matematika..
    kalo muridnya belum tentu sama
    wakakaka…

    [Reply]

    oyen Reply:

    muridnya sudah jadi istrinya :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Yg bisa komentar gitu biasanya Pejantan. Kalau Pedaging atau Petelur nggak bisa begitu

    [Reply]

  3. June 9th, 2010 at 16:29 | #3

    (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    Matematika dudu matimatian

    [Reply]

    Mars Reply:

    Wew…
    Suka mati2an juga

    [Reply]

  4. June 9th, 2010 at 16:30 | #4

    (maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!
    Hidup matematika!!!!

    [Reply]

    oyen Reply:

    matematika gak idup mas alam, sing idup gurune :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Pandaku siji iki kok nakal… ;)

    [Reply]

    oyen Reply:

    PandaMu? sorry ye….. :P

    Mars Reply:

    Mengko tak gawe postingan lho…

    [Reply]

  5. June 9th, 2010 at 16:50 | #5

    manusia berkembang biak dengan cara stek?
    hhmmm.. bener jg ya…

    [Reply]

    oyen Reply:

    Mas Hari keto’e produk stek :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Semua kita adalah produk dari penanaman batang

    [Reply]

    oyen Reply:

    maksude opo Pak’e, aku dijelaske, ora mudheng :P

  6. June 9th, 2010 at 17:09 | #6

    saya juga suka matematika pak

    [Reply]

    Mars Reply:

    Saya juga suka orang yang suka matematika

    [Reply]

    oyen Reply:

    hiii..medeni, iso dadi gosip ki :P

    [Reply]

  7. June 9th, 2010 at 17:10 | #7

    semoga semuanya suka matematika

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih Mas

    [Reply]

  8. June 9th, 2010 at 17:40 | #8

    saya paling suka yang enjoyable itu…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Apik iki…
    Padahal gak ngerti artine

    [Reply]

  9. June 9th, 2010 at 18:09 | #9

    mari belajar matemetika bersama

    [Reply]

    Mars Reply:

    Film Anyar nyediakan yg Ariel & Cut Tari nggak :D

    [Reply]

    oyen Reply:

    nek masalah ngene iki cepet tanggape :P

    [Reply]

    Mars Reply:

    Milih tak dadekke Bu Mars opo dadi dewe…

    oyen Reply:

    nek nanggapi komeng ki yo sing mutu sitik ngono lho :P

  10. June 9th, 2010 at 18:09 | #10

    matematika bisa dibuat film gak ya? penasaran banget nich

    [Reply]

    Vyan RH Reply:

    [wakil pak Mars]
    Bisa mas,
    film yang berjudul Numbers garapan Fox Studio menceritakan pemecahan persoalan kriminal, medical, political, Science wah bejibun dan seru deh..
    [maaf pak Mars]

    [Reply]

  11. guskar
    June 9th, 2010 at 18:22 | #11

    matematika banyak dibenci murid karena mereka belum mengenalnya secara lebih dekat (jauh?). tak kenal maka tak sayang. :)
    aku cinta matematika!

    [Reply]

    Mars Reply:

    Matematika juga cinta Guskar

    [Reply]

  12. June 9th, 2010 at 19:04 | #12

    Seandainya guru guru matematika lebih banyak yang kaya pak Mars, tentu matematika itu jadi asik…. tidak ditakuti… hidup Stek… halah…. :D

    [Reply]

    mars Reply:

    :D

    [Reply]

  13. nakjaDimande
    June 9th, 2010 at 19:46 | #13

    Matematika sebagai bahasa, aku temui hal tersebut di sini
    hanya di Blog Tjap Koepoe Biroe.

    [Reply]

    mars Reply:

    Matematika sebagai Bahasa akan saya tulis lain waktu Bun…

    [Reply]

  14. nh18
    June 9th, 2010 at 20:24 | #14

    Konsisten …
    Independen
    Enjoyable …

    Jurus Tiga Hal …

    keren …

    salam saya Pak …

    [Reply]

    mars Reply:

    Nyuri Jurusnya Om Trainer :D

    [Reply]

    Vyan RH Reply:

    “nyuri” juga termasuk matematika yo pak.. :D

    [Reply]

  15. June 9th, 2010 at 20:37 | #15

    wah ngomogin matematika saya paling ga ngerti ….,

    [Reply]

  16. June 9th, 2010 at 20:50 | #16

    Ada yang sedikit mengusik ilmu biologi dari yg pernah saya terima di sekolah…(eh…saya pernah sekolah apa ngga ya..???)

    Kok manusia itu berkembang biak pake stek penanaman batang…
    Lah emang kalo batangnya dipotong bisa tumbuh lagi?

    [Reply]

    mars Reply:

    Batangnya ditanam seutuhnya Mas :D

    [Reply]

  17. anna
    June 9th, 2010 at 21:05 | #17

    ah.. betul juga ya..
    matematika tidak pernah berubah.. konsisten.
    dulu saya sangat gemar ama matematika..

    sekarang pun bekerja juga nggak jauh2 dari ngitung..
    tapi kalo sekarang di bidang akuntansi :)

    [Reply]

    oyen Reply:

    MBak Anna, apa kabar?

    Kalo mo ntraktir Oyen juga perlu ngitung Mbak :D

    [Reply]

    mars Reply:

    Saya juga konsisten lho Mbak…

    [Reply]

  18. jumialely
    June 9th, 2010 at 21:26 | #18

    bagi saya matematika bisa masuk kesegalaa ilmu pak mars, bukankah ekonomi butuh matematika, bahasa inggris butuh matematika, sosiologi butuh matematika, geografi butuh matematika. apalagi IT

    Ilmu apapun ajan ejoyble selama tidak membenci pelajarannya dan membenci gurunya….

    untungnya saya ga anti matematika, dulu saya hanya selalu antipati = anak tiga IPA tiga :D

    [Reply]

    Vyan RH Reply:

    mbak Lel kok sama dengan aku 3 IPA 3..
    [akhirnya ada yg sekelas dg ku]

    [Reply]

  19. June 9th, 2010 at 22:43 | #19

    pelajaran sekolah buatku sama saja… maksudnya sama-sama gak ada yang bisa…

    [Reply]

    oyen Reply:

    iki musti lulusan ALIBI :P

    [Reply]

  20. blogteater.com
    June 10th, 2010 at 03:00 | #20

    ga ikutan ah.. aku masih kecil tar kata ibu ga boleh…

    [Reply]

  21. Bloggerndeso
    June 10th, 2010 at 03:18 | #21

    matematika sebagai bahasa perlu dijelasin pak,bahasa pemograman html kah,yang sedang asyik2nya sampean geluti?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Bahasa Matematika Mas…
    Ada juga namanya Logika Matematika

    [Reply]

  22. June 10th, 2010 at 07:23 | #22

    sebenarnya matematika itu fun dan enjoy layaknya kita ngoprek mainan kesukaan kita (apa lagi untuk para pria yang pada dasarnya memang suka oprekan) tapi di indonesia enggak ada yang bisa ‘memformulasikan’ agar membuat matematika bisa dinikmati oleh semua orang….

    *ada sih orang seperti itu … tapi cuman ngurusin ‘atlit’ olimpiade matematika saja :mrgreen:

    [Reply]

  23. June 10th, 2010 at 07:37 | #23

    Matematika dinggo kabeh wong Pak’e, sanajan aku peneliti botani, anatomi lan morfologi, tapi nek arep gajian, arep mbayar utang, termasuk golek jodo, aku mesti nganggo rumus matematika :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Mbok sekali2 nek aku kesel muridku diulangke Matematika…
    Gantian aku sing penelitian

    [Reply]

    oyen Reply:

    ra cocok dadi peneliti, ngko tanduranku mati kabeh :P

    [Reply]

    Mars Reply:

    Meh tak dadekke Bu Mars opo dadi dewe

    [Reply]

    oyen Reply:

    Bu Marsssss…..ki lho Pak Mars nakal karo aku…ojo dimasakke semingguuu :P

    [Reply]

    mars Reply:

    Tak pek mantu lho… ;)

  24. June 10th, 2010 at 07:45 | #24

    Tapi ngopo yo ndisik aku horak seneng, buenciii, suebelll, mualezzz, mumeets, buinguuuung karo matematika? Padahal aku wonge apik’an lho :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Mergane sing mulang dudu aku

    [Reply]

  25. hanifilham
    June 10th, 2010 at 07:59 | #25

    bagaimana dengan fisika pak? saya fisika mipa nih, hehe, jadi matematika juga ngikut dipelajari…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Semua penting kok Mas Hanif

    [Reply]

  26. June 10th, 2010 at 10:46 | #26

    sapa pagi sebelum kontrak bw abis

    pagi pak mars, bu mars ga piket?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Kalau saya ada, yang disini saya sendiri Mbak…
    Bu Mars cuman sekali2 dowang

    [Reply]

  27. narno
    June 10th, 2010 at 11:16 | #27

    sebenarnya tak ada buah yang ditanam Pak, coba saja tanam buah pisang, buah mangga, buah durian, (tanpa biji) pasti hasilnya busuk semua

    [Reply]

    Mars Reply:

    :D
    Bukan saya yang ngomong begitu lho Mas…
    Justru saya bilang dengan stek, karena yg ditanam adalah batangnya.
    Bukan buah, bukan biji

    [Reply]

  28. narno
    June 10th, 2010 at 11:18 | #28

    pnjam matematikanya untuk menjelaskan tentang biologi ya Pak

    [Reply]

  29. June 10th, 2010 at 15:12 | #29

    Mungkin cara pengajarannya membuat kita pada saat itu menjadi sulit. metode yangtepat dan meyenangkan membuat kita senag dan menjadi mudah.

    [Reply]

  30. June 10th, 2010 at 16:06 | #30

    setujuh sedelapan dan sesembilan!!

    [Reply]

  31. riFFrizz
    June 10th, 2010 at 16:09 | #31

    kalau menurut saya, matematika itu menantang

    [Reply]

  32. June 10th, 2010 at 16:20 | #32

    Matematika?
    mengasyikkan..

    [Reply]

  33. TuSuda
    June 10th, 2010 at 23:17 | #33

    Karena ada kepastian itulah saya sangat senang sekali belajar matematika pak…

    [Reply]

  34. narno
    June 11th, 2010 at 05:14 | #34

    kalau matematikanya di Genetika menjadi berbagai macam kemungkinan Pak, satu ditambah satu belum tentu dua, bisa jadi hanya satu, bisa pula menghasilkan sepuluh, mungkin juga bisa nol karena mandul tak punya keturunan

    [Reply]

  35. BlogCamp
    June 11th, 2010 at 13:25 | #35

    masio enjoyable aku tetap sebel mas karena gak begitu bisa he he he eh

    [Reply]

  36. arkasala
    June 11th, 2010 at 18:26 | #36

    saya hanya sampe SMP semangat matematika ini Pak … SMAnya mulai malas2an belajar he he
    Tapi saya sependapat dengan pendapat pak mars di atas :)

    [Reply]

  37. June 11th, 2010 at 19:40 | #37

    saya dulu saat sma suka matematika karena bu gurunya cantik

    [Reply]

  38. June 12th, 2010 at 09:43 | #38

    fungsi matematika sebagai bahasa sudah kutemukan di koran tjap koepoe, Pak Guru :D
    salam

    [Reply]

  39. November 14th, 2010 at 06:21 | #39

    ilmu matematika adalah ilmu yg dihasilkan dari penalaran seseorang. orang yg menemukan matematika ia sangat bekerja keras memutarkan otaknya guna menghasilkan ketentuan yang pasti pada matematikanya.

    [Reply]

  1. June 17th, 2010 at 17:24 | #1
  2. July 15th, 2010 at 20:54 | #2
  3. June 14th, 2013 at 11:21 | #3

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~