Home > Inspirasi > Mencari Kebenaran

Mencari Kebenaran

Tolok ukur sebuah kebenaran banyak ragamnya. Ada yang berdasar kesepakatan, ada yang berdasar kaidah atau hukum dan ada pula yang berdasar pertimbangan hati nurani. Dan entah berdasar yang manapun, tak ada salahnya jika kita berlomba mencari kebenaran.

Kali ini saya mengajak sahabat untuk mencari sebuah kebenaran lewat lomba kecil2an yang saya beri judul Mencari Kebenaran. Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, lomba kali ini adalah tentang Bahasa kita, Bahasa Indonesia yang kebenarannya diatur oleh kaidah.

Tema ini saya pilih semata agar kita tahu mana yang benar dan mana yang kurang benar atau tidak benar. Kalaupun tidak dipakai sehari-hari, paling tidak bisa menambah wawasan kita.
Bukankah mencari kebenaran adalah sebuah kewajiban?

Peserta memilih jawaban yang paling benar sesuai Kaidah Penulisan Bahasa Indonesia.
Untuk soal kelompok I pilih A atau B dan untuk kelompok II pilih A, B atau C

I.
1). A. ijin
B. izin
7). A. kuatir
B. khawatir
2). A. mengonsumsi
B. mengkonsumsi
8). A. kuitansi
B. kwitansi
3). A. keinggris-inggrisan
B. ke-Inggris-Inggrisan
9). A. karir
B. karier
4). A. sangking
B. saking
10). A. geladi bersih
B. gladi bersih
5). A. diproklamasikan
B. diproklamirkan
11). A. isap
B. hisap
6). A. antarkota
B. antar kota
12). A. nasihat
B. nasehat

II.
1). 32,32 dibaca…
A. tiga dua koma tiga dua
B. tiga puluh dua koma tiga puluh dua
C. tiga puluh dua koma tiga dua
5). Sinonim dari antun
A. sahabat
B. rapi
C. sehat
2). 1.000.000.000 dibaca
A. satu miliar
B. satu milyar
C. satu miliyar
6). Sinonim dari dawat
A. tinta
B. paku
C. celana
3). 5 % dibaca…
A. lima prosen
B. lima persen
C. lima presen
7). Sinonim dari cikut
A. bersin
B. menguap
C. cegukan
4). Angka Romawi dari 469 adalah…
A. CDLXIX
B. CDLIX
C. CMLXIX
8). Sinonim dari terala
A. mulia
B. gembira
C. sembunyi

Cara mengikuti
Tulis nama pengirim beserta jawabannya di kotak komentar postingan ini misalnya

Nama Pengirim : Sudimaryanto
Jawaban : I. AABABAAAABBA
II. CBCACCAA

Komentar yang berisi jawaban akan tersimpan secara otomatis dalam locker dan tidak muncul di kotak komentar.

Lima penjawab dengan tingkat kebenaran paling tinggi akan jadi pemenang dan berhak mendapatkan sebuah buku yang pastinya juga tentang Bahasa Indonesia.


Lomba dibuka mulai terbitnya postingan ini dan ditutup tanggal 8 Juli 2012 jam 20.00. Pengumuman pemenangnya pada tanggal 10 Juli 2012. Selamat mengikuti.

Catatan :
Soal yang digunakan dalam kuis ini telah mendapat rekomendasi dari TE Solution dan dinyatakan valid

Kuis ini tidak berlaku bagi keluarga besar pemilik Blog Tjap Koepoe Biroe
dan blog Twilight Express tentunya

~ Grazie ~
Categories: Inspirasi
  1. June 30th, 2012 at 19:44 | #1

    Saya coba jawab ya Pak…

    KELOMPOK I:
    B A A B B A B A B B A A

    KELOMPOK II:
    C B B A B A C A

    Semoga benar…
    Keringetan juga njawabnya, haha.. :D


    Makasih jawabannya Da

    [Reply]

  2. July 1st, 2012 at 00:13 | #2

    deadlinenya masih lama, asyik, ntar balik lagi ngerjain soalnya ya pak… :)


    Masih satu minggu Mbak

    [Reply]

  3. Deny Gnasher
    July 1st, 2012 at 08:41 | #3

    Nama Pengirim: Deny Gnasher Setiyadi
    Jawaban: I. BAABBBBAABAB II. BBBABAAC

    Coba-coba aja :)


    Makasih jawabannya

    [Reply]

  4. July 1st, 2012 at 09:15 | #4

    Nama Pengirim : Cahya
    Jawaban : I. BBABAABABBAA
    II. CABABACA


    Makasih jawabannya

    [Reply]

  5. July 1st, 2012 at 09:30 | #5

    Nama Pengirim : Kharisma
    Jawaban : I. BAABAA
    II. CABABACA


    Soal Kelompok I kan ono rolas… :D
    Saya kasih kesempatan remidi satu kali

    [Reply]

    cer Reply:

    eh? iya ya pak.. :D
    I. BAABAABBBABA
    II. CABABACA


    Xixixixi… :D

    [Reply]

    cer Reply:

    pantesan jawabanku muncul ya pak, wkwk :D


    Xixixixi
    Iya, jawabannya nongol karena nggak lengkap.

    [Reply]

    cer Reply:

    alah biarin wes :D


    Lha itu kan sudah saya biarin :D

    [Reply]

  6. July 1st, 2012 at 14:57 | #6

    Panik…panik…

    Ikutan Om Mars, tapi tak cari contekan dulu. Waaaa, banyak yang susah ternyata, bentar ya, Om….


    Masih lama Mbak…
    Saya tunggu partisipasinya

    [Reply]

  7. July 1st, 2012 at 17:42 | #7

    haduh typo pak..ini jawabannya :
    Nama Pengirim : aprie
    Jawaban : I. BAABAABABAAA
    II. CABABACA


    Makasih jawabannya

    [Reply]

  8. July 2nd, 2012 at 10:56 | #8

    punya saya udah masuk kan… :)


    Sudah masuk Mas

    [Reply]

  9. July 2nd, 2012 at 22:20 | #9

    waaah … mesti buka kamus lagi hahaha. saya nggak pede ikutan :D :D


    Saya tunggu partisipasinya Mbak

    [Reply]

  10. July 3rd, 2012 at 13:30 | #10

    OM mars niar ikutan yaa….

    Nama : Niar Ningrum
    Jawaban : I = BAAABBBBBBBB
    II = BABABACA


    Makasih jawabannya

    [Reply]

  11. July 3rd, 2012 at 13:32 | #11

    Harus niar akui, ini keren banget………
    Berusaha melototin KBBI online sampek ngebliyer om #akibat belum makan, heheheheh…

    heheheheh…..pkok e Om Mars, ANTI BIASA :)


    Mugo2 Niar menang

    [Reply]

  12. July 3rd, 2012 at 14:00 | #12

    sejauh ini baru 2 blogger yang sudah pasti menjawab secara benar.

    masih banyak kesempatan, ayo pada ikutan..!


    Belum ada yang benar semua :D

    [Reply]

  13. Gandi
    July 3rd, 2012 at 14:27 | #13

    Nama Pengirim : Gandi Fauzi
    Jawaban : I. BAABAABAAAA
    II. CABABACA


    Makasih jawabannya

    [Reply]

  14. July 3rd, 2012 at 14:28 | #14

    Nama pengirim : Elvira Sukandar

    jawaban : I. BABBBBAAAABB
    II. BBBCBACB


    Makasih jawabannya

    [Reply]

  15. July 3rd, 2012 at 14:31 | #15

    Wuaaa… soal nomer dua susah pak.. :(


    Xixixi
    Agak susah Mbak

    [Reply]

  16. July 3rd, 2012 at 19:10 | #16

    Nama: Titik Sutanti
    Jawaban: I. BAABAABABAAA
    II. CABABACA


    Makasih jawabannya

    [Reply]

  17. July 3rd, 2012 at 19:12 | #17

    Kuis yang unik, menarik, ciamik.
    Terimakasih Pak Mars, semoga jawaban saya sudah masuk :).


    Jawabannya sudah masuk Mbak

    [Reply]

  18. July 3rd, 2012 at 20:12 | #18

    Nama: Aji Jayanti
    Jawaban:
    I: BAABAABABAAA
    II: CABABACA

    Semoga dapet kamus… Aamiiin…


    Makasih jawabannya

    [Reply]

  19. July 3rd, 2012 at 22:51 | #19

    Nama Pengirim : Muhammad Ali Mudzofar
    Jawaban
    I. B A A B A A B A A A A A
    II. C C B A B A C B


    Makasih jawabannya

    [Reply]

  20. Rahel Simbolon
    July 4th, 2012 at 10:00 | #20

    Nama Pengirim : Rahel Simbolon
    Jawaban : I. BBABAABABAAA
    II.CABABACA


    Makasih jawabannya

    [Reply]

  21. Sholihin
    July 4th, 2012 at 13:03 | #21

    Sudah terlmbat apa belum ini pak? Mencoba ikutan ah,
    Bissmillah……
    Nama Pengirim : SHOLIHIN
    Jawaban :
    I. BAABAABABAAA
    II. BABABACA


    Makasih jawabannya

    [Reply]

    Sholihin Reply:

    Loh jawaban saya muncul pak Mars, formatnya salah ya pak?


    Muncul dimana Mas?
    Kalau yang komentar bisa melihat, tapi tidak akan terlihat oleh yg lain :D

    [Reply]

  22. yuniarinukti
    July 4th, 2012 at 13:28 | #22

    Nama Pengirim : Yuniari Nukti
    Jawaban : I. BABBBBAAAABB
    II. BABABACA


    Makasih jawabannya

    [Reply]

  23. July 4th, 2012 at 15:50 | #23

    Langsung deh… :D
    Nama : Haris Samaranji
    Jawaban : I. BAABBBBABABB
    II. CBBCBACA


    Makasih jawabannya

    [Reply]

  24. July 4th, 2012 at 15:51 | #24

    Test…
    yang ini kena moderasi nggak? :D


    Kalau tidak jawaban pastinya muncul

    [Reply]

    Samaranji Reply:

    jawaban nyaaaa…


    Kalau kosongan tetep muncul

    [Reply]

  25. July 4th, 2012 at 15:52 | #25

    Nama :
    Jawaban :
    Hihi… maaf, Pak MArs… *siap dijewer*


    Sudah di setting untuk meloloskan jawaban palsu :D

    [Reply]

  26. July 4th, 2012 at 20:48 | #26

    Nama : Ila Rizky Nidiana
    Jawaban :

    Bagian I :
    A A A B B B B B A B B A

    Bagian II
    C A B A B A C A


    Makasih jawabannya

    [Reply]

  27. July 4th, 2012 at 21:08 | #27

    mau ikutan ah, sekalian belajar hehe

    nama : jay boana

    jawabanya adalah : 1 : BBABBBBAABBA
    II : BBBBBACA

    SILAHKAN DINILAI pak guru..


    Makasih jawabannya

    [Reply]

  28. July 5th, 2012 at 16:24 | #28

    jawaban saya juga muncul pak… salah mana ya? :D


    Kalau ditempat Mbak Elvira muncul, tapi orang lain nggak melihat Mbak…
    Jadi yg bisa lihat hanya penjawabnya dan saya saja :D

    [Reply]

    elvira157 Reply:

    oou.. njih pak njih :D


    Xixixi :D

    [Reply]

  29. Ijal Fauzi
    July 5th, 2012 at 19:19 | #29

    Nama Pengirim : Ijal Fauzi
    Jawaban : I. BAAABABBAABA
    II. BABACACB


    Makasih jawabannya

    [Reply]

  30. July 6th, 2012 at 07:00 | #30

    Ane juga mau ikut meramaikan pak. Beberapa hari nyari jawabannya. Kalau salah tolong dibetulkan dalam postingannya pak Marsudiyanto saat pengumuman pemenang.

    Nama Pengirim: Hadi Prayitno
    Jawaban:
    I. BAABAABABAAA
    II. CABABACA


    Makasih jawabannya

    [Reply]

  31. July 7th, 2012 at 19:42 | #31

    Wuih, kuis anti biasa berikutnya dari pak Mars, aku ikutan Pak, pgn nyoba ah ga googling atau buka kamus, banyak yang salah apa sedikit benernya yaa.. hohohoho


    Makasih Mbak Orin

    [Reply]

  32. July 7th, 2012 at 19:53 | #32

    Bismillah…
    Nama : Orin
    Jawaban : I. ABABBABBBBA
    II. AABABCCB

    Kalo sala semua jgn dihukum ya Pak :D


    Makasih jawabannya

    [Reply]

  33. July 8th, 2012 at 00:45 | #33

    Hihihi Aji Jayanti itu perempuan,
    pak turu turu,
    eh salah… sare…
    apa tilem ya? Gak tau >,<
    Nunggu idol po pak?


    Oooo
    Lha muridku jenenge Aji kuwi lanang je :D

    [Reply]

  34. July 8th, 2012 at 16:13 | #34

    haduh itu test bikin puyeng hahaha sering muncul loh di soal2 psikotes


    Hehehe…
    Ini sekedar buat latihan saya juga, karena kayaknya kita juga perlu tau mana yg benar

    [Reply]

  35. mars
    July 8th, 2012 at 19:00 | #35

    Terima kasih pada :
    Mbak Orin, Mas Hadi Prayitno, Mas Ijal Fauzi, Mas Jay Boana, Mbak Ila Rizky Nidiana, Mas Haris Samaranji, Mas Sholihin, Mbak Yuniarinukti, Mas Rahel Simbolon, Mas Muhammad Ali Mudzofar, Mas Aji Jayanti, Mbak Yustha Tt, Mbak Niar Ningrum, Mas Gandi Fauzi, Mbak Elvira Sukandar, Mas Aprie, Mbak Cahya, Mbak Kharisma, Mas Deny Gnasher Setiyadi, Mas Dany Farid Habibi, Uda Vizon, Mas Aditya Eka Prawira, Om NH, Mas Citro Mduro, Mas Arif Nurrahman, Mas Hari Mulyanto, Bu Prih, Mbak Melly, Mbak Millati Indah, Mbak Una, Mas Rifki, Mas Zaim, Mbak Idah Ceris, Mas Pencerah, Mbak Palupi Jatuasri, Mas Walank Ergea, Mbak Nchie Hanie, Mas Applaus Romanus, Abi Sabila, Wong Cilik, Ngai Phingai, Mas Sugeng Harjono, Ibu Evi Indrawanto, PakDhe Cholik dan Mas Affan Ibnu
    yang telah mengirimkan jawaban.

    [Reply]

  36. Rahel Simbolon
    July 10th, 2012 at 10:21 | #36

    hhu.
    kog mas?
    saya perempuan mas.T.T
    Rahel kan nama perempuan toh dimana-mana.
    Simbolon itu marga saya mas.
    Saya orang Batak. :)


    Duh…
    Maaf beribu maaf :D

    [Reply]

Comment pages
1 2 39295
  1. July 8th, 2012 at 18:45 | #1
  2. July 10th, 2012 at 08:15 | #2
  3. December 27th, 2012 at 15:59 | #3
  4. January 20th, 2013 at 05:45 | #4

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~