Home > Realita > Menggambar Buah Simalakama di Tabularasa

Menggambar Buah Simalakama di Tabularasa

E

ntah kenapa, ada beberapa kata yang dipakai secara eksklusif dan tampaknya tidak dipakai dalam penggunaan lain.

Lihatlah kata tabula rasa yang katanya dari bahasa latin dan punya arti kertas kosong. Kata ini hanya dipakai untuk mengibaratkan bayi yang baru lahir.

Lalu kata simalakama yang disebut juga buah mahkota dewa. Kata ini hanya muncul dalam peribahasa “Seperti Makan Buah Simalakama” yang punya makna pilihan yang sangat sulit karena dimakan atau tidak, kita akan kehilangan salah satu orang tua.

Peribahasa ada ratusan, tapi kata yang dipakai tidak membingungkan, tidak seperti buah simalakama atau tabularasa. Peribahasa ‘Seperti Air di Daun Talas’ atau juga “Semut di Seberang Lautan Jelas Kelihatan, Gajah di Pelupuk Mata Tidak Kelihatan”. Kata air, daun talas, semut, lautan, gajah dan pelupuk mata maknanya jelas, nyata adanya, mudah dimengerti dan dipakai juga pada kalimat sehari2.

Saat sekolah dan mendapatkan pelajaran tentang tabula rasa dan buah simalakama, saya hanya ngangguk-angguk saja, tapi sekarang tiba2 muncul tanda tanya, kenapa kata2 tersebut tak pernah kedengaran dalam pemakaian lain?. Saya sangat tahu itu kiasan, tapi yang kiasan adalah peribahasanya, bukan tiap kata yang terkandung di dalamnya. Saya menjuluki dua kata tadi sebagai kata eksklusif

Untuk para ahli, tolong beri saya pencerahan agar saya bisa nggambar buah simalakama di tabula rasa

~ Grazie ~
Categories: Realita
  1. June 1st, 2009 at 22:33 | #1

    wah saya bagai makan buah simalakama, karna di posting ini kok tabula rasa, karna aq liat blm ada yg komen?

    entah, kl dah submit komen…biasanya lgs muncul buanyak buah pikiran para komentator

    Pradna’s last blog post..Tamu Allah

    [Reply]

  2. suryaden
    June 1st, 2009 at 22:34 | #2

    mungkin karena pengaruh liberalisme kapitalisme pak, jadi kalo diganti jadi kertas putih kosong dan mahkota dewa, harus mengganti copyrightnya dan mungkin bisa dituntut… :lol:

    [Reply]

  3. denologis
    June 1st, 2009 at 23:23 | #3

    Iya. Saya memang masih seperti bayi yang baru lahir. Jadi, masih innocent.

    Btw, postingan ini ndak ngrasani saya to?

    [Reply]

  4. ciwir
    June 1st, 2009 at 23:25 | #4

    jika makan simalakama – dimakan bapak mati tdk dimakan ibu mati, maka akhire dimut wae pak…. :D

    ciwir’s last blog post..Canon PowerShot A470 [Alnect Komputer]

    [Reply]

  5. June 1st, 2009 at 23:31 | #5

    saya juga terjebak pada postingan simalakama (penyanyi dangdut itu ya….,) mo komen salah gak komen kok wis kadung moco
    wis..tak mlaku alon-alon karo jinjit, sandale dijepit

    budies’s last blog post..SEDUMUK BATHUK, SENYARI BUMI

    [Reply]

  6. gajah_pesing
    June 1st, 2009 at 23:36 | #6

    Gajah’e sakti brarti, ora ketok

    [Reply]

  7. June 2nd, 2009 at 02:23 | #7

    Waduh pak…tambah bingung neh..Ora mudeng boso koyok ngono kuwih.
    Sepurone pak….Pangapunten

    HumorBendol’s last blog post..Konsultasi tentang Mimpi

    [Reply]

  8. June 2nd, 2009 at 02:24 | #8

    Lho…komenku ilang
    :(

    HumorBendol’s last blog post..Konsultasi tentang Mimpi

    [Reply]

  9. June 2nd, 2009 at 12:44 | #9

    mboten badhe komen pak! niki wonten bekling, dukungan kula kangge pak guru tukang nggame…

    Andy MSE’s last blog post..Nilai Tinggi, Harga Mati

    [Reply]

  10. June 2nd, 2009 at 13:03 | #10

    wah saya nggak ahli, jadi mau lihat juga yang mau mencerahkan…

    masjaliteng’s last blog post..kelahiran

    [Reply]

  11. June 2nd, 2009 at 13:22 | #11

    tabularasa itu apa ya, pak?? kok saya baru dengar/baca nih??
    jangan2 pas pelajaran ttg itu saya ketiduran atau ngga masuk kali ya?? hehehe

    Peni’s last blog post..Jadilah Diri Anda Sendiri

    [Reply]

  12. June 2nd, 2009 at 14:16 | #12

    kalo mo nggambar ya pake pensil..nanti kan bisa gambar..

    gituu aja kok repot..

    Bre’s last blog post..Repair The Credit

    [Reply]

  13. June 2nd, 2009 at 14:18 | #13

    kalo mo nggambar pake pensil..

    gitu aja kok repot..

    Bre’s last blog post..Repair The Credit

    [Reply]

  14. June 2nd, 2009 at 14:19 | #14

    kok komenku ga metu to??

    [Reply]

  15. grubik
    June 2nd, 2009 at 14:47 | #15

    saya bisanya menggambar tabularasa pake buah simalakama

    grubik’s last blog post..tentang 27 mEi

    [Reply]

  16. harianku
    June 2nd, 2009 at 15:39 | #16

    kok saya baru dengar tabula rasa yah mas, apa saya yang tidak penah mendengarkan disaat guru menjelaskan yha :P

    harianku’s last blog post..Tumbuhkan keharmonisan rumah tangga anda

    [Reply]

  17. June 2nd, 2009 at 18:12 | #17

    ngonceki

    senoaji’s last blog post..Mungkin pohon Matoa di Kebun Binatang itu telah berganti ubin dan batu. Namun akarnya takkan lupa bersaksi bahwa kecupan mesraku setulus ucapanku.

    [Reply]

  18. June 2nd, 2009 at 18:42 | #18

    sik…sik…sik… kula tak budhal rumiyin wonten ndaleme pak guru Bahasa Indonesia, pak Sawali, badhe nyuwun pirsa babagan woh simalakama… Sabar nggih pak! hehehe

    Andy MSE’s last blog post..Nilai Tinggi, Harga Mati

    [Reply]

  19. nA
    June 2nd, 2009 at 22:01 | #19

    waaahh pak, dulu saya paling O’ON pas dapet mata pelajaran yg nyangkut2 tabula rasa ini pak… :(

    [Reply]

  20. nA
    June 2nd, 2009 at 22:12 | #20

    komennya kok gak keliatan ya? idem sama mbahbendol

    [Reply]

  21. June 3rd, 2009 at 09:48 | #21

    wah, kalau menyangkut peribahasa dan sastra, saya ini bagai tabula rasa, mas. blas nggak ada isinya!
    jadi bagai makan buah simalakama deh mengomentarinya, memberi komentar jadi ketauan begonya, nggak berkomentar jadi penasaran. halahh…

    marshmallow’s last blog post..Concept of Heaven

    [Reply]

  22. ridwanox
    June 3rd, 2009 at 18:46 | #22

    wah kalo itu sih krg bisa nih bang hueehehe….

    salam nal bang :D

    ridwanox’s last blog post..15 Stadion terbesar di dunia termasuk Gelora Bung Karno

    [Reply]

  23. Blog Ijo
    June 3rd, 2009 at 20:02 | #23

    weh..
    silakan di-Googling aja pak.
    kali aja om gugel tau..

    [Reply]

  24. ndop
    June 6th, 2009 at 12:37 | #24

    gak mudeng, tabu lara rasa… panggah gak mudeng…

    mbuh kang… susah… tak komentar masalah king ae, khan komentare mbok klouz.

    Nek aku tergolong, king kong soale akeh wulune, tapi dudu sembarang king kong, tapi king kong sing keng king. Soale gak enek daginge! (bengkring diplesetne keng king, soale wonge lagi nyusur, dadi gak iso muni “Be”) Wekekek…

    ndop’s last blog post..Tutorial Edit Foto Ala Friendster

    [Reply]

  25. sulumits retsambew
    July 22nd, 2009 at 07:53 | #25

    hahah susah nggambarnya :D

    [Reply]

  1. June 2nd, 2009 at 12:43 | #1

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~