Merawat Blog

Membuat blog itu seperti menanam pohon. Seiring berjalannya waktu, ada pohon yang tumbuh subur tapi ada pula yang mati terbengkalai. Ada yang bilang bahwa salah satu cara merawat blog adalah dengan membuat postingan secara teratur. Saya setuju dengan pendapat itu.

Hanya Itu?. Tentu tidak!.
Masih banyak cara lain bergantung kebiasaan tiap individu. Saya melakukan sesuatu yang mungkin jarang dilakukan orang lain. Secara berkala saya buka tulisan lama. Selain membaca ulang, sesekali saya lakukan pengeditan. Tak hanya membetulkan ejaan yang salah tapi juga memperbaiki kalimat yang menurut saya nggak nyaman dibaca.

Nggak takut rugi secara SEO?. Tentu tidak!.
Saya tak pernah peduli jika apa yang saya lakukan itu merugikan secara SEO. Saya juga tak pernah peduli apakah hasil editan itu nantinya akan dibaca orang apa tidak. Semua saya kesampingkan demi kenyamanan. Ini hanya untuk kepuasan diri sendiri.

Ibarat merawat tanaman, apa yang saya lakukan adalah semacam memangkas ranting yang sudah tak rapi lagi. Itulah cara saya merawat blog. Bagaimana dengan sahabat?. Punya cara lain?

51 thoughts on “Merawat Blog

  1. Membaca postingan lama memang kadang kala memicu postingan lain yang baru pak …
    Dan ini juga sering saya lakukan


    Bisa mendatangkan inspirasi baru ya Om

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *