Home > Ekspresi > Merdeka atau Mudik?

Merdeka atau Mudik?

August 17th, 2012 Leave a comment Go to comments

Jika ditanya pilih Merdeka atau Mudik, maka saya jawab dua2nya. Merdeka iya, mudik juga iya. Sudah sangat jelas kita telah lama merdeka. Salah satunya adalah kemerdekaan saya dalam menulis. Itulah sebabnya tagline blog ini saya ubah dengan kalimat “menulis secara merdeka”.

Meski terikat oleh rambu2, tapi saya merasakan kemerdekaan dalam menulis. Saya bebas menulis apa saja yang saya pikirkan. Tak hanya saya yang merdeka tetapi sahabat yang berkomentar juga bebas merdeka mengomentari tulisan saya.

Mudik?
Ritual yang satu ini juga rutin saya lakukan. Belum lengkap lebaran saya jika belum pulang kampung ke kota kelahiran. Karena untuk tahun ini peringatan HUT kemerdekaan RI dan lebaran berdekatan, maka dua even tersebut saya jalani dalam rentang waktu yang hampir bersamaan pula.

Setelah mengikuti upacara mengenang detik2 proklamasi, rencananya dilanjut dengan acara mudik. Beruntung jarak antara domisili dengan kota kelahiran nggak terlalu jauh, sehingga dalam waktu 2 sampai 3 jam sudah sampai ke kampung halaman tercinta.

Selamat memperingati HUT RI yang ke 67 dan selamat mudik bagi yang mudik.

~ Grazie ~
Categories: Ekspresi
  1. August 17th, 2012 at 04:13 | #1

    Merdeka dan Mudik dong judulnya :D

    eh tapi klo pertanyaan itu dikasih ke saya, maka jawaban saya MERDEKA aja pak.
    soale udah pasti gak mudik sih hehehe

    met mudik ya pak


    Iya Ni
    Dalam logika Matematika, namanya Konjungsi dan Disjungsi.
    Kalau sifatnya masih pilihan, maka kata hubungnya pakai “atau”
    Tapi kalau pilih dua2nya, kata hubungnya pakai “dan”

    [Reply]

  2. August 17th, 2012 at 04:19 | #2

    Merdeka dan Mudik juga,


    Toss

    [Reply]

  3. August 17th, 2012 at 05:24 | #3

    Aku juga pilih dua-duanya aja deh :P
    Meski gak mudik juga @.@


    Kamu mudik ke Jakarta…
    Kan dari Jogja

    [Reply]

  4. August 17th, 2012 at 05:33 | #4

    Merdeka di tempat mudik
    Salam hangat dari Jombang


    Kalau saya Merdeka lalu mudik Dhe, karena harus upacara dulu

    [Reply]

  5. August 17th, 2012 at 05:50 | #5

    MERDEKA adalah hak segala bangsa.
    Dan MUDIK adalah HAK saya.

    MUDIK MERDEKA!!!!


    Merdeka!!!

    [Reply]

  6. August 17th, 2012 at 06:17 | #6

    selamat merdeka dan mudik ya Pak
    Ini saya juga persiapan mau upacara
    Mudiknya besok :)


    Selamat Upacara juga
    Nggak harus pas detik2nya karena akan panas sekali :D

    [Reply]

  7. achmad sholeh
    August 17th, 2012 at 06:35 | #7

    nggak mudik ke kudus pak


    Lha itu kan sudah saya tulis Mas

    [Reply]

  8. August 17th, 2012 at 06:57 | #8

    nanti sore mbahkung buka puasa bareng ibu kudus.. menunya pasti sushi.. kesukaan mbahKung.


    Saya suka nasgor…

    [Reply]

    nique Reply:

    nasgor pake pete gak pak’e? :D


    Kalo ada ya pasti pake pete…

    [Reply]

  9. arif
    August 17th, 2012 at 07:03 | #9

    uda mudik, tinggal merdeka nya :D


    Merdeka!!!

    [Reply]

  10. August 17th, 2012 at 07:31 | #10

    pak mars mesti upacara dulu ya sebelum mudik


    Iya Mbak…
    Karena muridnya upacara, maka saya upacara juga

    [Reply]

  11. August 17th, 2012 at 07:50 | #11

    Merdeka …


    Mudik…

    [Reply]

  12. August 17th, 2012 at 08:16 | #12

    Ati ati pak nggih.. mugi2 slamet sampe tujuan.. MELDEQAH! eh MERDEKA!!!!


    Nggih Mas…
    Mari kita mudik

    [Reply]

  13. Irfan
    August 17th, 2012 at 09:50 | #13

    Merdeka untuk mudik . . . *lho?


    Mudik secara merdeka :D

    [Reply]

  14. August 17th, 2012 at 09:58 | #14

    Merdeka pakde….


    Merdeka juga Bli

    [Reply]

  15. August 17th, 2012 at 10:54 | #15

    Selamat mudik, Om Mars. Ke Kudus? Ah, betapa merdekanya bisa menikmati soto kudus nan suegerrr. MERDEKA!


    Kalau pulang ke Kudus saya malah jarang beli Soto Kudus karena kalau Soto Kudus ada dimana2…
    Saya suka masakan lain yg khas Kudus tapi nggak ada di tempat lain Mbak.
    Ada Lenthog, ada garang asem.

    [Reply]

    nique Reply:

    saya mah kangen sama sate kerang yang sering ditemui di soto kudus mba choco :D
    sayang, harganya mahal pisan. sate kerang di medan cuma 2rb perak, tapi sate kerang di soto kudus 5rb aja gitu hiks


    Kalau Soto Kudusnya yg di Kudus, sate kerangnya pasti nggak sampai 5 ribu…
    Kayaknya masih 2 ribuan gitu.
    Kalau mau murah lagi bisa coba sate tutut :D

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Sama sate telur puyuh yo, Jeng :D
    Om Mars, tolong diposting dan difoto lenthog itu dong… Aku baru dengar namanya, lom pernah lihat. Syukur2 gak cuma diposting tapi dikirimi hihihihihi… :mrgreen:


    Ini gambar Lentog Kudus Mbak.
    Mirip lontong tapi besar2.
    Lauknya khas yaitu sayur nangka muda campur tahu

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Kalo garang asem, waaahhh ngefans bangget! Apalagi buatan MbahTieku :D
    Sejak tinggal di sini belum pernah lagi makan garang asem yang wuenak dan sueger :((


    Kuahnya memang seger dan ada kecut2nya yang dihasilkan dari belimbing wuluh kalo gak salah

    chocoVanilla Reply:

    Wuiih, kayaknya enak banget ya, Om. Aahh, itu cabenya mentheles gitu. Trus pake sate telur puyuh, ambooiiii…ngelih tenaaannn :(


    Bumbunya pedes dan ada kuahnya…
    Dan setau saya malah nggak ada ikannya

  16. August 17th, 2012 at 12:27 | #16

    idah pilih merdeka dulu, karena gak pernah mudik. ;)
    Walaupun macet tapi tetap merasakan merdeka saat mudik kan, Pak? :lol:


    Mudik dan merdeka punya sejuta rasa…

    [Reply]

  17. August 17th, 2012 at 12:46 | #17

    merdeka dulu baru mudik hahah

    [Reply]

  18. August 17th, 2012 at 13:43 | #18

    mari kita merdeka untuk mudik dan terbebas dari segala pertanyaan.. :D


    Pertanyaan apa ya?

    [Reply]

  19. August 17th, 2012 at 14:24 | #19

    Semoga mudiknya menyenangkan, pak… :D


    Makasih Mbak Erwin

    [Reply]

  20. August 17th, 2012 at 15:59 | #20

    selamat bermudik pak guru…. MERDEKA…..!!!!


    Makasih Mas
    Merdeka juga :D

    [Reply]

  21. August 17th, 2012 at 16:30 | #21

    Lama ga jalan-jalan ke blog ini mas


    Makasih kunjungannya
    Semoga sehat dan sejahtera
    Salam kembali

    [Reply]

  22. Masyhury
    August 17th, 2012 at 17:14 | #22

    Wah, sama pak.. Saya juga abis upacara langsung mudik,, aseek… :D


    Mudiknya kemana Mas?
    Apa sekitar Medan juga?

    [Reply]

  23. August 17th, 2012 at 19:52 | #23

    mudik dengan merdeka, memperhatikan keamanan rumah yang ditinggalkan, keamanan di jalan dan dimerdekakan dari kerinduan berjumpa kerabat. Sugeng kondur ke Kudus Pak.


    Matur nuwun doanya Bu…
    Saya di Kudus hanya 1 sampai 2 hari karena ada acara lagi di Kendal

    [Reply]

  24. August 17th, 2012 at 20:43 | #24

    Merdeka tahun ini kurang lengkap aku rasakan pak, soalnya aku gak ikut renungan suci kayak tahun kemaren.. jadi, gak ikut berdiri di depan makam pahlawan deh.

    Kalau soal mudik, belum bisa merasakan Ritual yang satu itu


    Saya juga sering ikut Renungan Suci di TMP.

    [Reply]

  25. August 17th, 2012 at 20:50 | #25

    Merddeka pa mudik…? bingung ni lagi musim peceklik.hhe


    Paceklik Asyik… :D

    [Reply]

  26. August 17th, 2012 at 21:47 | #26

    Tahun ini memang istimewa bisa merayakan kemerdekaan dan mudik dalam waktu yang berdekatan. Selamat mudik Pak Marsudiyanto.


    Makasih Mas Endar
    Met mudik juga

    [Reply]

  27. Djangan Pakies
    August 17th, 2012 at 22:06 | #27

    Sudah lama saya nggak mekik merdeka, karena sudah sanggaaaat lama pula saya nggak ikut upacara. Soalnya di pasar nggak ada yang koordinir ngajak upacara bendera. Tapi kalo karnavalan, orang-orang pasar justru paling seru.
    Soal mudik, kita tunggu akhir-akhir karena seringkali mudik hhh. Jadi merdeka ato mudik ? saya jawab merdeka ya mudik ya, jualan juga ya


    Pekik merdeka memang hanya ada di upacara Pak.
    Kalaupun ada di event lain biasanya amat langka
    Semoga dagangannya laris

    [Reply]

  28. August 17th, 2012 at 22:25 | #28

    merdeka ..!
    juga mudik…

    Hehe..

    Salam kenal..


    Salam kenal dan Merdeka!!!

    [Reply]

  29. Andy MSE
    August 18th, 2012 at 00:41 | #29

    saya mudik dengan merdeka…


    Mudik ke Limbangan Pak?

    [Reply]

  30. August 18th, 2012 at 11:41 | #30

    mudik dulu … sungkem ama orangtua …
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1433 Hijriyah
    Mohon Maaf Lahir dan Batin


    Selamat mudik
    Selamat merayakan lebaran juga
    Mohon maaf lahir batin

    [Reply]

  31. Kaget
    August 18th, 2012 at 16:35 | #31

    Merdeka Tanpa Mudik….
    Itu saya Pak Mars, beberapa kali lebaran ngga pernah mudik :(
    Skarang 17-an masuk di Ramadhan, serasa bener2 ngga Merdeka #eh…


    Semoga tahun depan ada kesempatan buat mudik

    [Reply]

  32. August 23rd, 2012 at 16:59 | #32

    saya merdeka saja deh. mudiknya besok kalau tiket sudah murah :)


    Mudiknya bisa lain waktu

    [Reply]

  33. April 9th, 2014 at 20:22 | #33

    Pemudik yang merdeka…. :)

    [Reply]

  1. August 18th, 2012 at 01:02 | #1

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~