Merenung, Melamun dan Menghayal

Sebagai perenung, pelamun sekaligus penghayal, saya coba menulis tentang makna merenung, melamun dan menghayal sebatas pemahaman yang saya miliki.

Merenung adalah memikirkan dengan sungguh2 pada sesuatu sambil mencari dan menemukan hubungan yang terkait dengan masalah yang direnungkan.

Dalam merenung harus ada keterlibatan antara pikiran, perasaan dan emosi secara proporsional. Merenung sangat berbeda dengan melamun. Melamun hanya berangan2 terhadap sesuatu dan biasanya berlanjut dengan menghayal.

Selamat merenung, apakah kita ini termasuk perenung, pelamun ataukah penghayal…

49 thoughts on “Merenung, Melamun dan Menghayal

  1. Sedang merenung…

    Seandainya Mr.Mars tidak memulai dengan malamun dan menghayal…

    Mungkin tak akan ada yang namanya Koran Tjap Koepoe Biroe..

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Yang penting proporsional Mas…
    Menghayal ya perlu, wong gratis…

    [Reply]

  2. Beberapa hari ini,

    Postingane Pak’e lagi banyak muterin kata2-nya.
    Kalo ngga dibaca bener2, bisa jadi malah nambahi puyeng.

    Wonten nopo to, Pak’e.???

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Mboten wonten menopo2 Mas…
    Libur telung minggu meh nggo opo nek rak nggo muter2… πŸ˜€

    [Reply]

    ImamS Reply:

    oh gitu ya…

    ndak sekalian aja muteri kampung jengkol.???

    [Reply]

  3. nek tanggal enom merenung, gajiane arep dige opo….nek tanggal pertengahan melamun, piye carane duite iso tekan tanggal tuwo, lhaa…nek tanggal tuwo agek menghayal, ono sing ngutangi tanpa mbayar tagihan πŸ˜›

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Sakjane ki peneliti opo analis to, kok opo2 iso…
    Ceramah bisa, menek lincah, berkelit opo maneh… πŸ‘Ώ

    [Reply]

    oyen Reply:

    diomongi mantan calon artis awit nduissik hora precoyoo..beuhhh πŸ‘Ώ

    [Reply]

    mars Reply:

    Bahasane jan jengkol tenan…
    Kok jek ono kata “dige” to…
    Kuwi kan wis dihapus ko kamus πŸ˜€

    Nduk Ram Reply:

    xixixi… paling seneng nek ono sing engkel2an πŸ˜†

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Lha kuwi Nduk…
    Bahasane nggilani…
    Jowone Jowo Jengkol Je…

    [Reply]

    Nduk Ram Reply:

    kasar yo Pak?
    durung njowo soale <- ❓

    Mars Reply:

    Dudu nDuk Ram…
    Nduwure nDuk Ram kuwi lho…
    Nek aku sich paham bahasane πŸ˜€

    [Reply]

    Nduk Ram Reply:

    ooo.. ngono tho Pak, tak kiro ngene kuwi mau πŸ˜€

    ImamS Reply:

    beuuuhhh…

    kajeun weh… rek ngabeja naon wae…
    aing mah ngilu weh…

    Lieur… Lieur…

  4. menghayal sambil merenung pak mars…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Asal nggak mbayangkan yg nggak2 Mas…

    [Reply]

  5. kalo saya bukan perenung, pelamun, apalagi penghayal, saya cuma pembaca setia tulisannya pak Mars.. heheh… πŸ˜›

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Sambil mbayangkan sesuatu mesti
    Xixixixi…. πŸ˜€

    [Reply]

  6. sepertinya saya orang yang penidur πŸ˜€

    [Reply]

    ImamS Reply:

    Maksudnya apa nih.???

    Xixixixixi… Jadi pengen…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Maksudnya, Mbak Julie itu suka tidur, gitu Mas…

    [Reply]

    ImamS Reply:

    Tapi bahasanya ga gitu kok pak..!

    [Reply]

  7. mas..kebetulan saya bukan ketiga nya..perenung, pelamun ataukah penghayal..sama sekali saya ga suka tiga2nya ini.. πŸ™‚

    [Reply]

    Mars Reply:

    Itulah pilihan Mas…
    Kan saya juga nggak mengatakan ketiga hal tadi harus ada.
    Tapi kayaknya kok nggak umum kalau ada yg nggak pernah merenung

    [Reply]

  8. ketiganya punya kesamaan
    sama2 abstrak n gak kelihatan. sama2 menggunakan perasaan, sama2 berawalan me-….
    hihihihi

    dari ketiganya mempunyai efek tersendiri menurut saya
    mengkhayal membuat manusia seperti bukan manusia
    melamun membuat manusia sering kesurupan setan heheheh
    merrenung membuat manusia jadi manusia yang anti biasa

    pak mars termasuk yang mana pak?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Termasuk pernah melakukan ketiga2nya Mas…
    Enak semua je… πŸ˜€

    [Reply]

  9. jangan kebanyakan ‘songgo wang’ pak..
    ga usah pake ina inu..

    [Reply]

    Mars Reply:

    Iyo Le…

    [Reply]

  10. Semua inspirasi muncul ketika kita sedang buang air besar di toilet,, izin tukeran link boleh maz? link anda sudah saya pasang…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih Mas…
    Blognya juga sudah saya masukkan agregator

    [Reply]

  11. sepertinya saya lebih banyak melamun dan menghayalnya dari pada merenung yang memerlukan energi dan obyektivitas ekstra itu.

    [Reply]

    Mars Reply:

    Wah, kedatangan tamu dari jauh nich…
    Makasih Pakacil jauh2 datang kemari.
    Salam Hangat untuk keluarga di banjarbaru

    [Reply]

  12. aku sering merenung , kenapa ya Pak Guru kok pinter dan paham banget sama yg namanya html itu?
    lalu, menghayal , kapan ya aku bisa kayak Pak Guru ? πŸ™‚
    akhirnya, melamun sambil menunggu posting selanjutnya πŸ˜€
    salam

    [Reply]

    Mars Reply:

    Bundo pinter menyanjung…
    Jadi malu saya…
    Makasih atas semua komentarnya di postingan saya.
    Semoga Bundo sekeluarga selalu sehat bahagia.

    [Reply]

  13. @pakacil
    Pakacillll…………………… apa kabar?
    semoga selalu sehat,amin.
    salam .

    Pak guru aku numpang menyapa Pakacil ya
    terimakasih Pak Guru πŸ™‚
    salam

    [Reply]

    Mars Reply:

    Iya Bun…
    Saya tadi juga sempat kaget saat Pakacil muncul…

    [Reply]

  14. setelah melamun yang asik asik, kemudian dihayalkan sampai tuntas, kalo udah tuntas tinggal merenung menyesali lamunan dan hayalan

    [Reply]

    Mars Reply:

    Setuja dan setuju…

    [Reply]

  15. Selamat pagi sahabat tercinta
    Saya datang lagi untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
    Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

    Saya juga menyampaikan kabar gembira bahwa sahabat mendapatkan tali asih dari manajamen BlogCamp Group atas partisipasi anda pada acara Kontes Mini Keluarga Blogger. Silahkan cek di http://abdulcholik.com/2010/06/29/tali-asih-untuk-keluarga-blogger/
    Salam hangat dari BlogCamp yang saat ini sedang menggelar acara :
    1. ” Kontes Menulis Opini ”
    2. ”The Amazing Picture ”, dan
    3. ” The Twin Contest”
    4. β€œ Kontes Menulis Peribahasa β€œ
    dalam rangka menyambut 1st BlogCamp’s Anniversary.
    Silahkan bergabung di BlogCamp dan raihlah hadiah yang menarik.

    Terima kasih

    [Reply]

  16. Pingback: metaMARSphose » Ensiklopedia Metamarsphose

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *