Home > Inspirasi > Merenung, Melamun dan Menghayal

Merenung, Melamun dan Menghayal

Sebagai perenung, pelamun sekaligus penghayal, saya coba menulis tentang makna merenung, melamun dan menghayal sebatas pemahaman yang saya miliki.

Merenung adalah memikirkan dengan sungguh2 pada sesuatu sambil mencari dan menemukan hubungan yang terkait dengan masalah yang direnungkan.

Dalam merenung harus ada keterlibatan antara pikiran, perasaan dan emosi secara proporsional. Merenung sangat berbeda dengan melamun. Melamun hanya berangan2 terhadap sesuatu dan biasanya berlanjut dengan menghayal.

Selamat merenung, apakah kita ini termasuk perenung, pelamun ataukah penghayal…

~ Grazie ~
Categories: Inspirasi
  1. June 28th, 2010 at 13:05 | #1

    Sedang merenung…

    Seandainya Mr.Mars tidak memulai dengan malamun dan menghayal…

    Mungkin tak akan ada yang namanya Koran Tjap Koepoe Biroe..

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Yang penting proporsional Mas…
    Menghayal ya perlu, wong gratis…

    [Reply]

  2. June 28th, 2010 at 13:08 | #2

    Beberapa hari ini,

    Postingane Pak’e lagi banyak muterin kata2-nya.
    Kalo ngga dibaca bener2, bisa jadi malah nambahi puyeng.

    Wonten nopo to, Pak’e.???

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Mboten wonten menopo2 Mas…
    Libur telung minggu meh nggo opo nek rak nggo muter2… :D

    [Reply]

    ImamS Reply:

    oh gitu ya…

    ndak sekalian aja muteri kampung jengkol.???

    [Reply]

  3. June 28th, 2010 at 13:17 | #3

    nek tanggal enom merenung, gajiane arep dige opo….nek tanggal pertengahan melamun, piye carane duite iso tekan tanggal tuwo, lhaa…nek tanggal tuwo agek menghayal, ono sing ngutangi tanpa mbayar tagihan :P

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Sakjane ki peneliti opo analis to, kok opo2 iso…
    Ceramah bisa, menek lincah, berkelit opo maneh… :evil:

    [Reply]

    oyen Reply:

    diomongi mantan calon artis awit nduissik hora precoyoo..beuhhh :evil:

    [Reply]

    mars Reply:

    Bahasane jan jengkol tenan…
    Kok jek ono kata “dige” to…
    Kuwi kan wis dihapus ko kamus :D

    Nduk Ram Reply:

    xixixi… paling seneng nek ono sing engkel2an :lol:

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Lha kuwi Nduk…
    Bahasane nggilani…
    Jowone Jowo Jengkol Je…

    [Reply]

    Nduk Ram Reply:

    kasar yo Pak?
    durung njowo soale <- :?:

    Mars Reply:

    Dudu nDuk Ram…
    Nduwure nDuk Ram kuwi lho…
    Nek aku sich paham bahasane :D

    [Reply]

    Nduk Ram Reply:

    ooo.. ngono tho Pak, tak kiro ngene kuwi mau :D

    ImamS Reply:

    beuuuhhh…

    kajeun weh… rek ngabeja naon wae…
    aing mah ngilu weh…

    Lieur… Lieur…

  4. Abdul Hakim
    June 28th, 2010 at 13:28 | #4

    menghayal sambil merenung pak mars…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Asal nggak mbayangkan yg nggak2 Mas…

    [Reply]

  5. advertiyha
    June 28th, 2010 at 13:33 | #5

    kalo saya bukan perenung, pelamun, apalagi penghayal, saya cuma pembaca setia tulisannya pak Mars.. heheh… :P

    [Reply]

    marsudiyanto Reply:

    Sambil mbayangkan sesuatu mesti
    Xixixixi…. :D

    [Reply]

  6. June 28th, 2010 at 14:11 | #6

    sepertinya saya orang yang penidur :D

    [Reply]

    ImamS Reply:

    Maksudnya apa nih.???

    Xixixixixi… Jadi pengen…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Maksudnya, Mbak Julie itu suka tidur, gitu Mas…

    [Reply]

    ImamS Reply:

    Tapi bahasanya ga gitu kok pak..!

    [Reply]

  7. julianusginting
    June 28th, 2010 at 14:55 | #7

    mas..kebetulan saya bukan ketiga nya..perenung, pelamun ataukah penghayal..sama sekali saya ga suka tiga2nya ini.. :)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Itulah pilihan Mas…
    Kan saya juga nggak mengatakan ketiga hal tadi harus ada.
    Tapi kayaknya kok nggak umum kalau ada yg nggak pernah merenung

    [Reply]

  8. budiarnaya
    June 28th, 2010 at 15:02 | #8

    Saya cuman merenung sekali – kali pakde kalau lagi sakit perut :)

    [Reply]

  9. riFFrizz
    June 28th, 2010 at 15:03 | #9

    jangan suka melamun, nanti kesambet lho

    [Reply]

    Mars Reply:

    Kesambet opo?

    [Reply]

  10. masndol
    June 28th, 2010 at 15:06 | #10

    ketiganya punya kesamaan
    sama2 abstrak n gak kelihatan. sama2 menggunakan perasaan, sama2 berawalan me-….
    hihihihi

    dari ketiganya mempunyai efek tersendiri menurut saya
    mengkhayal membuat manusia seperti bukan manusia
    melamun membuat manusia sering kesurupan setan heheheh
    merrenung membuat manusia jadi manusia yang anti biasa

    pak mars termasuk yang mana pak?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Termasuk pernah melakukan ketiga2nya Mas…
    Enak semua je… :D

    [Reply]

  11. Blog Ijo
    June 28th, 2010 at 16:31 | #11

    jangan kebanyakan ‘songgo wang’ pak..
    ga usah pake ina inu..

    [Reply]

    Mars Reply:

    Iyo Le…

    [Reply]

  12. June 28th, 2010 at 16:43 | #12

    hhhmmm …

    saya lantas mengkhayal …

    [Reply]

    Mars Reply:

    Saya juga ikut menghayal Om…

    [Reply]

  13. Reza
    June 28th, 2010 at 18:40 | #13

    Semua inspirasi muncul ketika kita sedang buang air besar di toilet,, izin tukeran link boleh maz? link anda sudah saya pasang…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih Mas…
    Blognya juga sudah saya masukkan agregator

    [Reply]

  14. pakacil
    June 28th, 2010 at 19:04 | #14

    sepertinya saya lebih banyak melamun dan menghayalnya dari pada merenung yang memerlukan energi dan obyektivitas ekstra itu.

    [Reply]

    Mars Reply:

    Wah, kedatangan tamu dari jauh nich…
    Makasih Pakacil jauh2 datang kemari.
    Salam Hangat untuk keluarga di banjarbaru

    [Reply]

  15. June 28th, 2010 at 19:48 | #15

    aku sering merenung , kenapa ya Pak Guru kok pinter dan paham banget sama yg namanya html itu?
    lalu, menghayal , kapan ya aku bisa kayak Pak Guru ? :)
    akhirnya, melamun sambil menunggu posting selanjutnya :D
    salam

    [Reply]

    Mars Reply:

    Bundo pinter menyanjung…
    Jadi malu saya…
    Makasih atas semua komentarnya di postingan saya.
    Semoga Bundo sekeluarga selalu sehat bahagia.

    [Reply]

  16. June 28th, 2010 at 19:49 | #16

    @pakacil
    Pakacillll…………………… apa kabar?
    semoga selalu sehat,amin.
    salam .

    Pak guru aku numpang menyapa Pakacil ya
    terimakasih Pak Guru :)
    salam

    [Reply]

    Mars Reply:

    Iya Bun…
    Saya tadi juga sempat kaget saat Pakacil muncul…

    [Reply]

  17. June 28th, 2010 at 21:28 | #17

    setelah melamun yang asik asik, kemudian dihayalkan sampai tuntas, kalo udah tuntas tinggal merenung menyesali lamunan dan hayalan

    [Reply]

    Mars Reply:

    Setuja dan setuju…

    [Reply]

  18. Mars
    June 29th, 2010 at 00:27 | #18

    Bebas menilai diri sendiri kok Mas…

    [Reply]

  19. boneka ajaib
    June 29th, 2010 at 09:42 | #19

    enakan menghayal tuan..:D

    [Reply]

  20. BlogCamp
    June 29th, 2010 at 10:28 | #20

    Selamat pagi sahabat tercinta
    Saya datang lagi untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
    Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

    Saya juga menyampaikan kabar gembira bahwa sahabat mendapatkan tali asih dari manajamen BlogCamp Group atas partisipasi anda pada acara Kontes Mini Keluarga Blogger. Silahkan cek di http://abdulcholik.com/2010/06/29/tali-asih-untuk-keluarga-blogger/
    Salam hangat dari BlogCamp yang saat ini sedang menggelar acara :
    1. ” Kontes Menulis Opini ”
    2. ”The Amazing Picture ”, dan
    3. ” The Twin Contest”
    4. “ Kontes Menulis Peribahasa “
    dalam rangka menyambut 1st BlogCamp’s Anniversary.
    Silahkan bergabung di BlogCamp dan raihlah hadiah yang menarik.

    Terima kasih

    [Reply]

  21. March 31st, 2011 at 18:42 | #21

    Merenung ajalah daripada menghayal…


    Silakan Mas…

    [Reply]

  1. November 20th, 2010 at 15:11 | #1

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~