Home > Inspirasi > Metalogika

Metalogika

B

eberapa kali saya menyebut istilah metalogika dalam postingan saya, beberapa kali pula ada sahabat yang mempertanyakannya.

Kali ini saya akan mencoba menguraikannya, semoga bisa diterima. Apa yang saya tulis ini bukan teori tapi realita.

Metalogika adalah kombinasi antara matematika dan logika, atau biasa disebut dengan logika matematika. Ini bukan ilmu, karena saya bukan ilmuwan.

Kenapa musti metalogika?

Kalau sesuatu hanya dipikir secara logika, maka manusia bisa tersesat. Sebaliknya kalau segala sesuatu hanya didasarkan pada matematika, kita akan tidak seperti manusia bumi tapi seperti makhluk luar angkasa.

Berikut saya berikan contoh penyesatan logika yang tampaknya logis, padahal salahnya tidak terkira dan bisa menjerumuskan kita.

Photobucket

Atas dasar contoh tersebut kita seharusnya bisa menerima kehadiran matematika, karena kalau hanya menggunakan logika semata, manusia bisa tersesat oleh logikanya sendiri.

Logika kita menangkap info bahwa es ditambah teh akan jadi es teh. Lalu otak kita mengolah informasi yang sama, dua tambah tiga akan jadi dua tiga dan a + b = ab. Kesalahan demikian sangat bisa terjadi manakala tak ada matematika.

Bersyukurlah, bahwa matematika itu ada, seperti sayapun bersyukur, bahwa dengan matematika, saya bisa menghidupi keluarga.

Marilah kita berpikir realistis, matematis tapi tetap logis. Itulah metalogika !.

~ Grazie ~
Categories: Inspirasi
  1. Bisnis Online
    July 12th, 2009 at 20:30 | #1

    wah ahli metafisika nih, atau malah ahli meta2. termasuk meta tag description 🙂

    Belum ahli2 banget Mas, modal nekat dowang…

    .-= Bisnis Online´s last blog ..Branding Name dan Repeat Order dalam Bisnis Online =-.

    [Reply]

  2. CSDW
    July 12th, 2009 at 21:23 | #2

    Semoga tidak pada tersesat lagi setelah membaca tulisan ini.

    Nek ono sing nyasar, Pak Wandi sing nuntun

    .-= CSDW´s last blog ..Kamu bisa kan? =-.

    [Reply]

  3. achmad sholeh
    July 13th, 2009 at 06:33 | #3

    wah saya perlu banyak belajar matematika lagi nih pak

    Ngoten nggih Mas…

    .-= achmad sholeh´s last blog ..Rizki , Jangan dihitung Matematis =-.

    [Reply]

  4. July 13th, 2009 at 10:07 | #4

    nyawang gambare aku kok ngekek-ngekek dhewe.. huahahahaha…

    Ayo bareng2 nyanyi lagune Waljinah Pak…
    Ayo ngguyu…. Ha… ha… ha…
    Ayo ngguyu…. Ha… ha… ha…
    Yen ngguyulah Ojo Seru2…

    .-= Andy MSE´s last blog ..Kota Ngawi =-.

    [Reply]

  5. jidat
    July 13th, 2009 at 12:11 | #5

    iya pak.. matematika walo sulit tapi asik.. emosi bisa keluar.. he

    Matematika sudah sulit, memang sudah saatnya tidak makin dipersulit…

    .-= jidat´s last blog ..Linker JavaScript/ Js Fs Update #2 =-.

    [Reply]

  6. July 13th, 2009 at 13:05 | #6

    wah iya yah..benar juga tuh…! nice artikel and nice info ! thanks ya
    .-= angga chen´s last blog ..CARA SEDERHANA MENENANGKAN HATI DAN PIKIRAN =-.

    [Reply]

  7. July 13th, 2009 at 13:26 | #7

    Apel 10 + Apel 5 = Apel 15 gitu pak ? hehehe dulu SMA jago matematika begitu kuliah kerjaannya ngapalin melulu jadi lupa ilmu matematika
    .-= ajengkol´s last blog ..Pemasaran dan Pengembangan Usaha =-.

    [Reply]

  8. July 13th, 2009 at 15:13 | #8

    mbuh…bingung!!

    Sejak ora les ning nggonaku kok malih bingungan…

    .-= BrenciA´s last blog ..Hari Pertama Dio sekolah =-.

    [Reply]

  9. July 13th, 2009 at 16:21 | #9

    manggut2 sambil catet 😀 huekekek… ada2 aja deh Pak’e 😀
    .-= tuteh´s last blog ..Happy B’day Angga =-.

    [Reply]

  10. ircham
    July 13th, 2009 at 16:42 | #10

    semoga segera di-peten-kan…. istilah ini oleh beliau…
    .-= ircham´s last blog ..Pilpres Dan Uang Rp. 2000,- =-.

    [Reply]

  11. balisugar
    July 13th, 2009 at 16:54 | #11

    Aduh pak guru aku pusing nih ? gak pake kalkulator aja ?
    .-= balisugar´s last blog ..Blog ku oh WordPress =-.

    [Reply]

  12. Kuliah Gratis
    July 13th, 2009 at 17:07 | #12

    Puyeng pak dengan contohnya coz banyak yang salah alias nyesatin

    [Reply]

  13. July 13th, 2009 at 17:09 | #13

    tele+matematika = telematika?
    moso sih pak?
    wakakakakak…
    .-= aprie´s last blog ..Uang Kertas Baru Pecahan Rp. 2.000 =-.

    [Reply]

  14. Ikkyu_san a.k.a imelda
    July 13th, 2009 at 17:56 | #14

    pusing pak ….
    aku mau metamorfose dulu ah

    EM
    .-= Ikkyu_san a.k.a imelda´s last blog ..Obon – Ketika Nenek Moyang Pulang =-.

    [Reply]

  15. Reza Fauzi
    July 13th, 2009 at 19:22 | #15

    boleh juga nih artikelnya… membuka wawasan, hehe
    .-= Reza Fauzi´s last blog ..Saatnya Sekolah Lagiiii….!!!! =-.

    [Reply]

  16. July 13th, 2009 at 20:21 | #16

    matematika saya masih jeblok .. jadi harus baca dua kali hehehe
    ternyata nggak masuk logika yah 🙂
    .-= mascayo´s last blog ..Ternyata mbah slamet belum pernah mendarat di bulan =-.

    [Reply]

  17. AzzaaM
    July 13th, 2009 at 21:23 | #17

    saipa didunia ini yang gak pandai matematika?
    gak mungkin ada kayaknya, coz pada udah pinter ngitungin duit..
    itu juga patut disyukuri 🙂
    .-= AzzaaM´s last blog ..Konsep Kontes IndoTopTen =-.

    [Reply]

  18. July 13th, 2009 at 22:45 | #18

    waaahhhh bener juga yah meta logicanya…siiipp mas
    .-= buwel´s last blog ..Beda Lagi =-.

    [Reply]

  19. khairuddin syach
    July 14th, 2009 at 00:16 | #19

    Bilangan persekutuannya mana mister?? saya suka sekali bersekutu dengan ……
    .-= khairuddin syach´s last blog ..Situs Dewasa atau Situs Iklan =-.

    [Reply]

  20. July 14th, 2009 at 01:53 | #20

    wah matematika ya aya suka itu
    .-= ajieee´s last blog ..Super Parade Award hehehe =-.

    [Reply]

  21. suryaden
    July 14th, 2009 at 03:07 | #21

    manut wae wis karo pak guru, ra perlu ilmu kewan eh ilmuwan aku… 😀
    .-= suryaden´s last blog ..cinta untuk mengembalikan jati diri bangsa =-.

    [Reply]

  22. riesurya
    July 14th, 2009 at 03:55 | #22

    penggunaan istilah yang keren :D. kalo dalam kimia, posisi meta terletak antara posisi orto dan para. jadi ikut2an mikir (angguk2 aja dulu ah 🙂 )

    [Reply]

  23. riffrizz
    July 14th, 2009 at 09:39 | #23

    matematika memang pelajaran yang begitu membingungkan, tapi kalo dipikir-pikir menantang juga ya !
    .-= riffrizz´s last blog ..Alphabetical of personal winning =-.

    [Reply]

  24. Lex dePraxis
    July 14th, 2009 at 10:14 | #24

    Hmmm, ngga kena maksudnya apa. Atau cuma mau tes nembak keyword yah?

    [Reply]

  25. July 14th, 2009 at 11:01 | #25

    hmmmm……

    [Reply]

  26. Ardy Pratama
    July 14th, 2009 at 11:09 | #26

    woowww… gile, sya gak pham trnyta makna dan pnjlsan metalogika ampe sjauh itu pak
    .-= Ardy Pratama´s last blog ..Voucher makan gratis! =-.

    [Reply]

  27. fanz
    July 14th, 2009 at 13:11 | #27

    wah saya kurang ngerti matematika pak 😥
    .-= fanz´s last blog ..Libur Tlah Tiba =-.

    [Reply]

  28. NoRLaNd
    July 14th, 2009 at 14:46 | #28

    Analogi nya mantap juga ya… Btw, saya baru tw ada yang namanya meta logika…. Jadi malu, karena kurang informasi.. heheh

    thx info nya
    .-= NoRLaNd´s last blog ..My New Job =-.

    [Reply]

  29. munawar am
    July 14th, 2009 at 15:44 | #29

    matematika + logika kok jadi metalogika yaahhh bukan matelogika;
    jangan salahkan saya pak kalau saya gaksuka matematika; mudah-mudahan anak saya ketularan virus matematika Pak Mar…., amin.
    .-= munawar am´s last blog ..MOS Tanpa Kekerasan =-.

    [Reply]

  30. zenteguh
    July 14th, 2009 at 17:38 | #30

    pantes dulu matematika sering dapet 6, logika saya memang bener2 g logis. Untung ada bahasa Indonesia yang menyelematkan rapor…:D

    [Reply]

  31. KangBoed
    July 14th, 2009 at 17:39 | #31

    WAAAAKAAKAKAK.. JANGAN SINIS SINIS DUNK PAK MARS NYANG BAEK.. SENYUM YUUUUUUUK.. NAH KHAN TAMBAH MANIS..
    SALAM SAYANG
    .-= KangBoed´s last blog ..LAMUNAN =-.

    [Reply]

  32. masoglek
    July 14th, 2009 at 19:10 | #32

    wah penjelasannya sederhana tapi mengena banget nih.

    [Reply]

  33. arkasala
    July 14th, 2009 at 22:14 | #33

    keren abis pak. memberikan nilai-nilai keseimbangan itu jadinya bener-bener perlu. Ternyata dilihat dari sudut pandang logikapun dibuktikan oleh teori ini. Super sekali. salam
    .-= arkasala´s last blog ..Ngeblog juga Obat Stress!!! =-.

    [Reply]

  34. July 15th, 2009 at 06:43 | #34

    Saya pernah berangan-angan,kapan saya bisa melempar sepatu ke pak guru Diferensial Integral itu yaaaa.Lha siang-siang ketika kepala puyeng nggarap PRnya kok beliau tersenyum berkata:”Makin lama makin asyiiiiiiiiiiiiiiiiik”.
    Pelajaran matematika saya sampai SMP masih oke,kecuali ilmu ukur agak pusing.Ketika di STM waaaaaaa….tidak ada pelajaran yang tidak ada hitungannya kecuali:civic,bahasa inggris,bahasa indonesia,sejarah dan agama.Selain 5 itu semuanya full hitungan………………
    Pelajaran menggambar,tak kira menggambar pemandangan atau cewek cantik,ternyata menggambar mesin dan itu juga diawali dengan menghitung duluuuuuu.Ampun deh.

    Salut kepada para guru yang ahli dalam matematika yang bagi saya merupakan momok deh.
    Salam mas.
    .-= Abdul Cholik´s last blog ..Ndog Gludug =-.

    [Reply]

  35. Mahendrattunggadewa
    July 15th, 2009 at 11:59 | #35

    metelogika digunakan untuk menangkap hal-hal yang tidak bisa dikuantifikasi namun tetap logis…
    .-= Mahendrattunggadewa´s last blog ..Mengembalikan Jati Diri Bangsa = Revitalisasi Nilai-nilai Budaya Bangsa =-.

    [Reply]

  36. July 15th, 2009 at 21:53 | #36

    Fisika ndak mungkin bida berdiri sendiri tanpa bantuan matematika.

    Selamat berjuang.
    .-= Puspita W´s last blog ..Mengembangkan Keterampilan Menulis Siswa Dengan Fisika =-.

    [Reply]

  37. Wandi thok
    July 16th, 2009 at 06:23 | #37

    Wahaha, logikane uwis nduwe tulisan anyar pak, komenge wis luwih sangka selawe ki 😀
    .-= Wandi thok´s last blog ..Dakwah Blog =-.

    [Reply]

  38. ardian eko
    July 16th, 2009 at 07:29 | #38

    Sampeyan guru matematika to?? hebat..hebat..
    Matematika adalah ilmu yang sangat basic buat teknik. Malah di elektro matematika ada 4 semester *sampe mabok*.
    Logic and math mungkin jadinya AI (artficial intelegence).. bener ga y??
    .-= ardian eko´s last blog ..Selamat Pagi… =-.

    [Reply]

  39. duadua
    July 16th, 2009 at 16:23 | #39

    terima kasih pak,atas ilmunya

    [Reply]

  40. Willy Ediyanto
    July 16th, 2009 at 19:14 | #40

    Terima kasih karena sudah tersesat ke blog saya.
    .-= Willy Ediyanto´s last blog ..Di SBI, Bahasa Indonesia seperti Bahasa Melayu =-.

    [Reply]

  41. July 16th, 2009 at 23:35 | #41

    Aku perlu belajar banyak tentang matematika nih…
    .-= reni´s last blog ..Melepas kangen….. =-.

    [Reply]

  42. July 17th, 2009 at 07:44 | #42

    setojjooo… mas! laki-laki dewasa ditambah perempuan dewasa juga bukan menjadi satu lelaki dan satu perempuan dewasa, melainkan satu bayi. hihi… itu namanya metalogika juga nggak, ya?

    [Reply]

  43. July 17th, 2009 at 15:54 | #43

    kalau ingin jadi meta-meta CIA gimana ya caranya ??? 😉

    [Reply]

  44. July 16th, 2010 at 13:00 | #44

    ganjil + ganjil = ganjil … kok saya merasa ada yang ganjil ya pak.. wakakakkakka

    tolong donk

    sin 5 + sin 10 = sin 15

    kok saya malah pu SIN g ya pak

    Mohon pencerahan pak.. 🙂

    lama tidak berkunjung

    [Reply]

  45. July 16th, 2010 at 13:01 | #45

    berhubung dikatakan penyesatan maka saya merasa tersesat juga akhirnya sampai pusing

    lupa jalan pulang pak

    [Reply]

  46. November 13th, 2013 at 13:09 | #46

    matematika itu memang sulit, namun cukup asik untuk memperlajari, saya waktu sekolah ketika ada pelajaran matematika yang saya belum tau rumus nya pasti saya penasaran ingin tau, karena kalau tidak tau bisa-bisa jawaban kita salah, nah sama hal nya kaya logika, kalau semua berfikir karena logika makanya kita juga bisa tersesat karena logika kita salah kapra,,,,

    [Reply]

  1. August 10th, 2009 at 21:52 | #1
  2. January 20th, 2010 at 19:09 | #2
  3. July 15th, 2010 at 20:52 | #3

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~