Metalogika

B

eberapa kali saya menyebut istilah metalogika dalam postingan saya, beberapa kali pula ada sahabat yang mempertanyakannya.

Kali ini saya akan mencoba menguraikannya, semoga bisa diterima. Apa yang saya tulis ini bukan teori tapi realita.

Metalogika adalah kombinasi antara matematika dan logika, atau biasa disebut dengan logika matematika. Ini bukan ilmu, karena saya bukan ilmuwan.

Kenapa musti metalogika?

Kalau sesuatu hanya dipikir secara logika, maka manusia bisa tersesat. Sebaliknya kalau segala sesuatu hanya didasarkan pada matematika, kita akan tidak seperti manusia bumi tapi seperti makhluk luar angkasa.

Berikut saya berikan contoh penyesatan logika yang tampaknya logis, padahal salahnya tidak terkira dan bisa menjerumuskan kita.

Photobucket

Atas dasar contoh tersebut kita seharusnya bisa menerima kehadiran matematika, karena kalau hanya menggunakan logika semata, manusia bisa tersesat oleh logikanya sendiri.

Logika kita menangkap info bahwa es ditambah teh akan jadi es teh. Lalu otak kita mengolah informasi yang sama, dua tambah tiga akan jadi dua tiga dan a + b = ab. Kesalahan demikian sangat bisa terjadi manakala tak ada matematika.

Bersyukurlah, bahwa matematika itu ada, seperti sayapun bersyukur, bahwa dengan matematika, saya bisa menghidupi keluarga.

Marilah kita berpikir realistis, matematis tapi tetap logis. Itulah metalogika !.

49 thoughts on “Metalogika

  1. wah ahli metafisika nih, atau malah ahli meta2. termasuk meta tag description ­čÖé

    Belum ahli2 banget Mas, modal nekat dowang…

    .-= Bisnis Online´s last blog ..Branding Name dan Repeat Order dalam Bisnis Online =-.

    [Reply]

  2. Semoga tidak pada tersesat lagi setelah membaca tulisan ini.

    Nek ono sing nyasar, Pak Wandi sing nuntun

    .-= CSDW´s last blog ..Kamu bisa kan? =-.

    [Reply]

  3. wah saya perlu banyak belajar matematika lagi nih pak

    Ngoten nggih Mas…

    .-= achmad sholeh┬┤s last blog ..Rizki , Jangan dihitung Matematis =-.

    [Reply]

  4. nyawang gambare aku kok ngekek-ngekek dhewe.. huahahahaha…

    Ayo bareng2 nyanyi lagune Waljinah Pak…
    Ayo ngguyu…. Ha… ha… ha…
    Ayo ngguyu…. Ha… ha… ha…
    Yen ngguyulah Ojo Seru2…

    .-= Andy MSE┬┤s last blog ..Kota Ngawi =-.

    [Reply]

  5. iya pak.. matematika walo sulit tapi asik.. emosi bisa keluar.. he

    Matematika sudah sulit, memang sudah saatnya tidak makin dipersulit…

    .-= jidat┬┤s last blog ..Linker JavaScript/ Js Fs Update #2 =-.

    [Reply]

  6. Apel 10 + Apel 5 = Apel 15 gitu pak ? hehehe dulu SMA jago matematika begitu kuliah kerjaannya ngapalin melulu jadi lupa ilmu matematika
    .-= ajengkol┬┤s last blog ..Pemasaran dan Pengembangan Usaha =-.

    [Reply]

  7. semoga segera di-peten-kan…. istilah ini oleh beliau…
    .-= ircham┬┤s last blog ..Pilpres Dan Uang Rp. 2000,- =-.

    [Reply]

  8. Aduh pak guru aku pusing nih ? gak pake kalkulator aja ?
    .-= balisugar┬┤s last blog ..Blog ku oh WordPress =-.

    [Reply]

  9. pusing pak ….
    aku mau metamorfose dulu ah

    EM
    .-= Ikkyu_san a.k.a imelda┬┤s last blog ..Obon ÔÇô Ketika Nenek Moyang Pulang =-.

    [Reply]

  10. boleh juga nih artikelnya… membuka wawasan, hehe
    .-= Reza Fauzi┬┤s last blog ..Saatnya Sekolah Lagiiii….!!!! =-.

    [Reply]

  11. matematika saya masih jeblok .. jadi harus baca dua kali hehehe
    ternyata nggak masuk logika yah ­čÖé
    .-= mascayo┬┤s last blog ..Ternyata mbah slamet belum pernah mendarat di bulan =-.

    [Reply]

  12. saipa didunia ini yang gak pandai matematika?
    gak mungkin ada kayaknya, coz pada udah pinter ngitungin duit..
    itu juga patut disyukuri ­čÖé
    .-= AzzaaM┬┤s last blog ..Konsep Kontes IndoTopTen =-.

    [Reply]

  13. Bilangan persekutuannya mana mister?? saya suka sekali bersekutu dengan ……
    .-= khairuddin syach┬┤s last blog ..Situs Dewasa atau Situs Iklan =-.

    [Reply]

  14. manut wae wis karo pak guru, ra perlu ilmu kewan eh ilmuwan aku… ­čśÇ
    .-= suryaden┬┤s last blog ..cinta untuk mengembalikan jati diri bangsa =-.

    [Reply]

  15. penggunaan istilah yang keren :D. kalo dalam kimia, posisi meta terletak antara posisi orto dan para. jadi ikut2an mikir (angguk2 aja dulu ah ­čÖé )

    [Reply]

  16. matematika memang pelajaran yang begitu membingungkan, tapi kalo dipikir-pikir menantang juga ya !
    .-= riffrizz┬┤s last blog ..Alphabetical of personal winning =-.

    [Reply]

  17. woowww… gile, sya gak pham trnyta makna dan pnjlsan metalogika ampe sjauh itu pak
    .-= Ardy Pratama┬┤s last blog ..Voucher makan gratis! =-.

    [Reply]

  18. wah saya kurang ngerti matematika pak ­čśą
    .-= fanz┬┤s last blog ..Libur Tlah Tiba =-.

    [Reply]

  19. Analogi nya mantap juga ya… Btw, saya baru tw ada yang namanya meta logika…. Jadi malu, karena kurang informasi.. heheh

    thx info nya
    .-= NoRLaNd┬┤s last blog ..My New Job =-.

    [Reply]

  20. matematika + logika kok jadi metalogika yaahhh bukan matelogika;
    jangan salahkan saya pak kalau saya gaksuka matematika; mudah-mudahan anak saya ketularan virus matematika Pak Mar…., amin.
    .-= munawar am┬┤s last blog ..MOS Tanpa Kekerasan =-.

    [Reply]

  21. pantes dulu matematika sering dapet 6, logika saya memang bener2 g logis. Untung ada bahasa Indonesia yang menyelematkan rapor…:D

    [Reply]

  22. WAAAAKAAKAKAK.. JANGAN SINIS SINIS DUNK PAK MARS NYANG BAEK.. SENYUM YUUUUUUUK.. NAH KHAN TAMBAH MANIS..
    SALAM SAYANG
    .-= KangBoed┬┤s last blog ..LAMUNAN =-.

    [Reply]

  23. keren abis pak. memberikan nilai-nilai keseimbangan itu jadinya bener-bener perlu. Ternyata dilihat dari sudut pandang logikapun dibuktikan oleh teori ini. Super sekali. salam
    .-= arkasala┬┤s last blog ..Ngeblog juga Obat Stress!!! =-.

    [Reply]

  24. Saya pernah berangan-angan,kapan saya bisa melempar sepatu ke pak guru Diferensial Integral itu yaaaa.Lha siang-siang ketika kepala puyeng nggarap PRnya kok beliau tersenyum berkata:”Makin lama makin asyiiiiiiiiiiiiiiiiik”.
    Pelajaran matematika saya sampai SMP masih oke,kecuali ilmu ukur agak pusing.Ketika di STM waaaaaaa….tidak ada pelajaran yang tidak ada hitungannya kecuali:civic,bahasa inggris,bahasa indonesia,sejarah dan agama.Selain 5 itu semuanya full hitungan………………
    Pelajaran menggambar,tak kira menggambar pemandangan atau cewek cantik,ternyata menggambar mesin dan itu juga diawali dengan menghitung duluuuuuu.Ampun deh.

    Salut kepada para guru yang ahli dalam matematika yang bagi saya merupakan momok deh.
    Salam mas.
    .-= Abdul Cholik┬┤s last blog ..Ndog Gludug =-.

    [Reply]

  25. metelogika digunakan untuk menangkap hal-hal yang tidak bisa dikuantifikasi namun tetap logis…
    .-= Mahendrattunggadewa┬┤s last blog ..Mengembalikan Jati Diri Bangsa = Revitalisasi Nilai-nilai Budaya Bangsa =-.

    [Reply]

  26. Wahaha, logikane uwis nduwe tulisan anyar pak, komenge wis luwih sangka selawe ki ­čśÇ
    .-= Wandi thok┬┤s last blog ..Dakwah Blog =-.

    [Reply]

  27. Sampeyan guru matematika to?? hebat..hebat..
    Matematika adalah ilmu yang sangat basic buat teknik. Malah di elektro matematika ada 4 semester *sampe mabok*.
    Logic and math mungkin jadinya AI (artficial intelegence).. bener ga y??
    .-= ardian eko┬┤s last blog ..Selamat PagiÔÇŽ =-.

    [Reply]

  28. Terima kasih karena sudah tersesat ke blog saya.
    .-= Willy Ediyanto┬┤s last blog ..Di SBI, Bahasa Indonesia seperti Bahasa Melayu =-.

    [Reply]

  29. setojjooo… mas! laki-laki dewasa ditambah perempuan dewasa juga bukan menjadi satu lelaki dan satu perempuan dewasa, melainkan satu bayi. hihi… itu namanya metalogika juga nggak, ya?

    [Reply]

  30. Pingback: metaMARSphose » Karma
  31. Pingback: metaMARSphose » Minggu Cepat Berlalu
  32. ganjil + ganjil = ganjil … kok saya merasa ada yang ganjil ya pak.. wakakakkakka

    tolong donk

    sin 5 + sin 10 = sin 15

    kok saya malah pu SIN g ya pak

    Mohon pencerahan pak.. ­čÖé

    lama tidak berkunjung

    [Reply]

  33. matematika itu memang sulit, namun cukup asik untuk memperlajari, saya waktu sekolah ketika ada pelajaran matematika yang saya belum tau rumus nya pasti saya penasaran ingin tau, karena kalau tidak tau bisa-bisa jawaban kita salah, nah sama hal nya kaya logika, kalau semua berfikir karena logika makanya kita juga bisa tersesat karena logika kita salah kapra,,,,

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *