Home > Realita > Minggu Cepat Berlalu

Minggu Cepat Berlalu

Secara matematis semua hari punya durasi yang sama yaitu 24 jam, tapi secara psikologis hari Minggu terasa lebih singkat dibanding hari lain. Belum apa2 tau2 udah Senin, tapi kalau Senin rasanya nggak ganti2.

Kenapa bisa demikian?
Untuk menjawab hal itu kita bisa gunakan metalogika yaitu matematika campur logika. Minggu berasa cepat karena ketika Minggu pikiran kita tertuju ke Senin, sementara saat Senin pikiran kita tertuju ke Minggu. Minggu ke Senin tanpa jeda, sementara Senin ke Minggu musti melewati Selasa, Rabu… dst sampai Sabtu.

Dan ternyata…
Hari2 Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu banyak dihabiskan orang untuk menunggu datangnya Minggu… :D

Yang masih jadi ganjalan dan sampai sekarang belum ketemu jawabnya adalah knapa rentang waktu selama tujuh hari itu kok dinamakan seminggu?. Knapa tidak sesenin atau sekamis?. Ada yang bisa menjelaskan?.

~ Grazie ~
Categories: Realita
  1. July 15th, 2010 at 21:23 | #1

    Nunggu Minggu kok lama ya… :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Yo nunggu Senin opo Jumat wae to… :D

    [Reply]

  2. July 15th, 2010 at 21:44 | #2

    smg hari minggu segera datang

    [Reply]

    Mars Reply:

    Semoga Mas…

    [Reply]

  3. July 15th, 2010 at 22:20 | #3

    (Maaf) izin mengamankan KETIGAX dulu. Boleh, kan?!
    kalau sekamis entar takutnya keliru sekumis….

    [Reply]

    Mars Reply:

    Berarti Se Iis Dahlia dong :D

    [Reply]

  4. July 15th, 2010 at 23:02 | #4

    Dan kenapa hari Jum’at disebut hari yang pendek?? padahal kan sama-sama mengantongi 24 jam juga..

    [Reply]

    Mars Reply:

    Karena kalau Jumat ada Mas Joell :D

    [Reply]

  5. masndol
    July 15th, 2010 at 23:16 | #5

    menurut saya yg paling pendek hari rabu :) cuma 4 huruf doang padahal jg 24 jam lo hihihiihi

    [Reply]

    Mars Reply:

    Iya bener :D

    [Reply]

  6. Blogger Cikarang
    July 15th, 2010 at 23:29 | #6

    @masndol : kalo gitu MINGGU hari yang panjang dong mas :)

    [Reply]

    masndol Reply:

    sudah tentu iya :)

    [Reply]

  7. July 15th, 2010 at 23:38 | #7

    memang paling enak kalau yang tiap hari ngrasanya minggu terus :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    Pengangguran itu namanya :D

    [Reply]

  8. July 16th, 2010 at 00:33 | #8

    kalau hari minggu biasanya santai sama keluarga, kalau hari senin biasanya masih terbawa sama suasana hari minggu dan suasana kerja, jadinya males Pak… :)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Itu Dia Mas…
    Knapa seminggunya cuman ada 1 ya, Minggunya :D

    [Reply]

  9. July 16th, 2010 at 01:07 | #9

    Nggak ngaruh deh dari Senin hingga Minggu.. semua hari sama. yang berbeda hanya Hari Mulya.. :D

    [Reply]

    nakjaDimande Reply:

    setuju dengan Nang, yang istimewa hanya Hari Mulya

    lagian MM nunggu apa siyh kok pengen cepat2 hari minggu?
    hmm, pengen segera jalan-jalan sama Bu Mars yaaa.. :D

    [Reply]

    Hari Mulya Reply:

    ada hawa sejuk yang memanggiL hamba kemari… :D

    [Reply]

    mars Reply:

    Sing dirasani kerasa…

  10. liudin
    July 16th, 2010 at 01:23 | #10

    mantep… tapi itu yang liburnya hari minggu… lha klo blogger seperti saya nggak ada waktu untuk libur… sama aja

    [Reply]

    Mars Reply:

    Hebat dong…
    Lemburan Lancar :D

    [Reply]

    Mars Reply:

    :-SS

    [Reply]

  11. July 16th, 2010 at 01:59 | #11

    Iya ya, kok gak kepikiran sampai segitu, Pak! Mengapa ‘seminggu’ gak cocok juga diganti dengan ‘seahad’?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Ahad Nikah… :D

    [Reply]

  12. TuSuda
    July 16th, 2010 at 02:43 | #12

    karena perhitungan hari dimulai dari hr Senin, berakhiir di Minggu…makanya disebut seminggu

    [Reply]

    Mars Reply:

    Alasan yang bisa diterima Bli…
    Tapi kalau setaun kok gak disebut seDesember ya?

    [Reply]

  13. riFFrizz
    July 16th, 2010 at 06:11 | #13

    Aneh juga kalok nyebutnya sesenin, ato seselasa, ato serabu, dst… Udah mendarah daging kata seminggu, yg menamakan pasti juga punya landasan, tapi apa ya ? (wah… ditanya malah balik nanya)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Gak apa2…
    Nanti saya tanya lagi… :D

    [Reply]

  14. Reza
    July 16th, 2010 at 06:12 | #14

    Bukan seminggu kok pak, tapi sepekan…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Kalau diterjemahkan ke Bahasa Jawa, sepekan itu malah sepasar dan hanya 5 hari… :D

    [Reply]

  15. July 16th, 2010 at 06:34 | #15

    sebenarnya tidak selelu seperti itu
    Hari minggu akan terasa lama jika Senin adalah tanggal gajian

    [Reply]

    Mars Reply:

    Tapi orang akan tetep senang kalau Hari Minggu terasa lama

    [Reply]

  16. July 16th, 2010 at 07:56 | #16

    senin, selasa, rabu……….minggu…….sama saja………..
    tiap hari adalah hari minggu………… (* ini komennya orang pensiunan*) :P
    salam

    [Reply]

    Mars Reply:

    Saya juga menikmati aja Bun…
    Nyatanya mau hari apapun, saya masih leluasa internetan… :D

    [Reply]

  17. July 16th, 2010 at 08:34 | #17

    di inggris sini bukan ‘one sunday’, tapi ‘one week’…

    [Reply]

    Mars Reply:

    Ampun kalau sudah Inggris :D

    [Reply]

  18. KangBoed
    July 16th, 2010 at 08:46 | #18

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    [Reply]

    Mars Reply:

    Selamat Datang Kembali untuk KangBoed…
    Selamat Hari Minggu :D

    [Reply]

  19. advertiyha
    July 16th, 2010 at 09:09 | #19

    hari hariku bersama pak Mars pasti terasa laaammmmaaa dan pannnnjjjannng… cuit..cuit.. ctak..ctak.. thanks metalogikanya Pak.. :)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Kebersamaan yang indah…
    Sayangnya keburu ganti hari… :D

    (Postingan yang khusus tentang Mbak Triana nunggu sebentar, karena ada gandengannya…
    Pokoknya ditunggu ya :D )

    [Reply]

  20. July 16th, 2010 at 09:21 | #20

    Kenapa disebut “seminggu”? Mungkin jawabnya kembali ke soal metalogika, karena secara psikologi, pikiran orang selalu terpusat ke hari Minggu. Dari Senin sampai Sabtu kita senantiasa terus memikirkan Minggu. Begitu kali, ya?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Mungkin benar juga Mas…

    [Reply]

  21. budiarnaya
    July 16th, 2010 at 12:38 | #21

    Hee coba kalau hari terakhir bukan minggu, misalnya dimulai hari kerja pertama minggu dan hari Sabtu itu terakhir (libur) seperti mengucapkan hari-hari dalam bhs Inggris pasti sesabtu dech heee alah jadi mumet juga heee :)

    [Reply]

    Mars Reply:

    Sekali2 perlu diubah ya…

    [Reply]

  22. July 16th, 2010 at 12:56 | #22

    seminggu mungkin karena hanya hari minggu lah hari libur yang memiliki nilai konstanta pak… kalau senin sampai sabtu itu liburnya kan ga nentu

    maaf lama tidak berkunjung, anak0anak sudah belajar dan sibuk dengan perkuliahan

    [Reply]

    Mars Reply:

    Selamat Bekerja Mbak…

    [Reply]

  23. July 16th, 2010 at 13:45 | #23

    Berarti bila kita menunggu hari hari tertentu itu akan terasa cepat yah mas ?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Bisa juga… :D

    [Reply]

  24. July 16th, 2010 at 14:38 | #24

    Rasanya udah sejumat baru mampir lagi disini yah?

    [Reply]

    Mars Reply:

    Makasih Bang…
    Selamat Hari Minggu :D

    [Reply]

  25. arisnb
    July 16th, 2010 at 15:18 | #25

    untung sepekan cuma ada 7 hari lha kalau jumlah harinya ada 15 hari (senin,selasa,……..minggu, senon, seloson,…….s/d 15 hari) pasti terasa lebih lama lagi tuh nunggu hari minggu selanjutnya :d

    [Reply]

  26. Puspita
    July 16th, 2010 at 19:20 | #26

    Semoga hari sabtu cepat berlalu.

    [Reply]

  27. guskar
    July 17th, 2010 at 09:31 | #27

    istilah paling tepak ya pon-wage-kliwon-legi-paing = sepasar :)
    **mboh pasare cilik apa jembar..

    [Reply]

  28. Arif
    July 17th, 2010 at 19:10 | #28

    mboh pak … sing penting besuk minggu

    [Reply]

  29. ogahrugi
    July 19th, 2010 at 11:52 | #29

    klo saya paling suka hari jumat soal nya setelah hari jumat itu sabtu dan minggu yg artinya hari buat bermalas2 an…

    [Reply]

  30. mobil keluarga ideal
    January 15th, 2011 at 23:54 | #30

    hari minggu hari mencuci sedunia eheheh :D

    [Reply]

  1. No trackbacks yet.

Current month ye@r day *

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~