mm/dd/yyyy versus dd/mm/yyyy

Menjadi Panitia sebuah kegiatan sudah biasa saya jalani, tapi seringnya dalam skala kecil yang standar operasionalnya nggak berbelit, misalnya panitia tujuhbelasan RT. Tapi menjadi penanggung jawab kegiatan resmi dengan prosedur yang sudah ditetapkan, baru sekali saya jalani.

Standarnya nasional, prosedurnya baku nggak boleh nambah nggak boleh dikurangi. Pesertanya 40 orang, sepertiganya harus dari kabupaten / kota lain, standar penginapan sekian ratus ribu per orang per hari, ruang sidang representatif, ber AC terhubung koneksi internet, sound system lengkap, terdapat colokan listrik sebanyak peserta, sertifikatnya berbahan kertas standar Peruri dll dll.

Sampai di sini sampeyan pasti mengira saya salah judul, tapi nanti pastilah akan sampai ke pokok permasalahan. Tenang aja…

Dalam prosedur juga ditentukan pula bahwa seluruh kegiatan harus dilaporkan secara tertulis ke pihak penyandang dana dan harus disertai dokumentasi berupa foto setiap kegiatan, lengkap dengan tanggal dan jamnya. Karena kegiatannya selama 5 hari, maka pada masing2 foto harus ada 5 tanggal berbeda. Laporan harus siap begitu kegiatan berakhir, karena akan langsung dibawa ke Jakarta oleh petugas pemantau yang memang memantau kegiatan dari H-1.

Saya yakin sampeyan mulai sedikit nyambung dengan judul yang saya pilih…

Kegiatan dimulai tanggal 4 Oktober, berarti pada foto harus muncul 04/10/2009. Itu maknanya kamera harus saya setting pada posisi tanggal tersebut. Saya coba hasilnya OK, jernih dan setelah saya preview tampak angka 04/10/2009 di sudut kanan bawahnya. Hari kedua lancar, jeprat-jepret lagi, hasilnya jernih lagi. Hari ketiga makin mantap aja.

Hingga malam ketiga, ketika ada waktu buat melihat hasil jepretan saya secara keseluruhan. Betapa kaget saya, karena hasil foto pada hari kedua tanggalnya tidak 05/10/2009 tapi tertulis 04/11/2009. Begitu pula hari ketiga, tanggalnya 04/12/2009.

mmddyy

Sampeyan pasti semakin paham atas kebodohan saya, dan sampeyan layak tertawa untuk itu. Saya tercipta memang untuk menghibur sampeyan.

Rupanya saya salah format tanggal. Ternyata default settingnya adalah mm/dd/yyyy. Itulah kalau kameranya bukan punya sendiri. Beruntung sedikit2 saya bisa ngedit gambar. Dengan rasa jengkel campur geli, pengeditan dimulai…

Paling tidak masih ada dua kejadian lain di kegiatan tersebut yang layak saya munculkan di blog ini. Semoga saya tidak lupa menuliskannya buat sampeyan…

59 thoughts on “mm/dd/yyyy versus dd/mm/yyyy

  1. kalo di pabrik tempat saya kerja selain format itu ada juga format julian kalender, ada juga yyyy.mm.dd
    .-= Postingan Hersu : CPNS DEPDIKNAS 2009 =-.

    [Reply]

  2. @vb6mania
    jelas to pak..wong ndisik aku mergurune matematika karo sing ngalahke aku kuwi koq..
    .-= Postingan vb6mania : Integration of Google Earth and VB6 =-.

    [Reply]

  3. vb6mania :
    nek Vb : tanggalBaru=format(strTanggal,”dd/mm/yyyy”)
    nek PHP : $tanggalBaru= date(”d m Y”, mktime(0, 0, 0, $month, $day, $year));
    nek Java : formatter = new SimpleDateFormat(”dd-MMM-yy”);
    date = (Date)formatter.parse(str_date);
    Tapi syg e gambar ya..hehe…

    visual basic aku sitik2 yo ngerti…
    Nek trimo karo sesama guru aku jek wani diadu soal VB. Tapi nek karo ahline yo kalah…
    Tapi ahli VB pasti kalah nek adu Matematika karo aku…

    Postingan vb6mania : Integration of Google Earth and VB6

    jelas to pak..wong ndisik aku merguru matematikane karo sing ngalahke aku kuwi koq..hehe..
    .-= Postingan vb6mania : Integration of Google Earth and VB6 =-.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *