Home > Jawa > Mrucut

Mrucut

March 16th, 2012

Lagi2 ini adalah istilah Bahasa Jawa yang tak punya padan kata yang tepat dalam Bahasa Indonesia kecuali dengan diterangkan atau dideskrepsikan. Mrucut punya makna terlepas dari pegangan tangan atau justru pegangan kita yang lepas. Bisa pula bermakna hampir kena tapi lepas lagi.

Ketika benda yang kita pegang lepas dari tangan tanpa sengaja atau ketika pegangan tangan kita lepas dari dahan saat memanjat pohon, seperti itulah contoh mrucut. Contoh lain misalnya kita menangkap ayam, sudah kena ekornya tapi lepas lagi, itupun dikatakan mrucut.

Kata mrucut juga bisa bermakna kiasan, misalnya untung yang sudah didepan mata tapi gagal didapat sering diistilahkan rejekinya mrucut. Atau ketika ada yang berjanji pada kita tapi janji itu tak terbukti, maka dikatakan janjinya mrucut.

Menurut yang saya ketahui, akibat dari mrucut selalunya kurang menguntungkan.
Apakah sahabat tau, pada mrucut yang seperti apa yang justru menguntungkan?

~ Grazie ~
Categories: Jawa
  1. Pakacil
    March 16th, 2012 at 14:25 | #1

    mrucut yang seperti apa yang justru menguntungkan?
    hmmm… bagaimana kalau lagi ada yang bertengkar, terus jambak²an
    ujung rambut lawan sudah dipegang, tapi lalu mrucut.
    nah, itu menguntungkanpun bagi satu pihak lainnya bukan, pak? :roll:


    Hahaha…
    Boleh juga, tapi nilainya masih 50, karena hanya menguntungkan salah satu pihak. Pihak yg pegangannya mrucut itu pasti merasa rugi.
    Pakacil harus cari contoh lain yg bener2 nggak ada yg merasa rugi

    Pakacil Reply:

    oh ada. waktu mau kenalan sama perempuan manis.
    tapi gagal, mrucut. karena tiba² di panggil kawannya.
    untungnya, isteri jadi tambah sayang. setia katanya.

    ihihihi… maksa pokoknya supaya ada :lol:


    Boleh… boleh…

  2. March 16th, 2012 at 14:37 | #2

    Kalau menurut bahasa sundanis mrucut tuh artinya sudah dipegang trus keluar sebagian atau keluar sedikit-sedikit… jadi ibarat orang bawa beras trus karungnya robek di ujung nah itu tuh yang dinamakan mrucut tapi kalau sunda jadi MURUCUT hehe


    Bahasa Jawa & Sunda sering beda tipis, cuma satu huruf. Kayak kata Curut dengan Cucurut… :D

  3. March 16th, 2012 at 15:09 | #3

    mrucut? emm.. em..
    mungkin waktu mo review, pas dosen bawa leptop trus mrucut,
    ga jadi review deh..
    wkwkwk :D


    Dosenne wis tuwek mungkin…

  4. March 16th, 2012 at 15:33 | #4

    Mrucut …
    menurut bayangan pengertian saya …
    ada komponen lagi … yaitu : licin … karena licin sehingga tidak bisa terpegang … akhirnya terlepas …

    (dibahas sodara-sodara)

    salam saya


    Seringnya memang karena licin Om.
    Kayak nangkap belut. Atau ketika kita nangkap bola yg dilempar ke kita, sudah kena tangan tapi jatuh lagi

    kyaine Reply:

    mrucut mergane lunyu, Om :)


    Nah Kyaine pasti bener

  5. March 16th, 2012 at 16:15 | #5

    Jambret Pak Mars, pengen jambret tas tapi ngga dapet karena buru-buru.. mrucut deh :))

    bahasa daerah itu memang ada-ada aja ya, tapi herannya pas gitu, lebih pas daripada bahasa indonesia hihi


    Nah ini bisa termasuk mrucut yg baik Mbak

  6. March 16th, 2012 at 17:20 | #6

    Ngai tadi baca judulnya kirain muncrut alias diare..

    kira² mrucut saat muncrut itu menguntungkan gak yah..? :lol:

    #komengygmrucut.


    Hahahaha
    Ngai selalunya ngaiwur

  7. March 16th, 2012 at 17:37 | #7

    Yang menguntungnya mungkin mrucut dari kemiskinan.
    Ada enggak, ya?


    Tapi jarang pakai istilah itu

  8. achmad sholeh
    March 16th, 2012 at 17:58 | #8

    malinge meh di cekel kok malah mrucut, menguntungkan si maling pak


    Mrucut yg positif ada nggak Mas

  9. febriosw
    March 16th, 2012 at 18:03 | #9

    Makna yang menguntungkan contohnya adalah: “Polisi sedang mrucuti senjata tajam preman2 Pasar Lama.”. Hehehe. Mrucutnya membawa keuntungan kan, Pak? Masyarakat jadi aman. :D


    Itu sich melucuti…
    Mrucut itu misalnya pelari estafet, trus tongkatnya jatuh. Nah itulah mrucut

  10. neon web media
    March 16th, 2012 at 18:25 | #10

    wahhh kalau bahasa jawanya yang bener kayaknya “MRUSUT” dah mas :D hahahahaha
    mungkin dipake mrucut gara2 ikut2an GALAU hahaha


    Mrucut dan mrusut memang sama, tapi kalau ditempat saya pakainya mrucut

  11. March 16th, 2012 at 18:27 | #11

    hahaha lebih yakin lagi kalau , disambungin ..

    hati – hati ya , kalau Duwe pacar itu dijogo awaknya , jangan nganti Mrucut dan Keterusan moro – moro Hilang kendali


    Kalau pacar mrucut berarti memang bukan jodoh kita Mas

  12. March 16th, 2012 at 18:52 | #12

    Mrucut emang artinya luas sekali pak Mars. Aku mau mancing iwak, malah iwakke mrucut og. Untung wae mrucut, nek ora mrucut wes tak goreng iwakke. Seng untung iwakke ora seng mancing pak.


    Hahaha
    Iya, iwake bejo

  13. March 16th, 2012 at 19:29 | #13

    kalau Makassar, ga pernah dengar Om kata mrucut ini..hehehe

    wah ga tau saya yang menguntungkan dari mrucut ini apa Om:)


    Lha itu saya juga lagi nyari2 Mas

  14. March 16th, 2012 at 19:57 | #14

    mrucut beda dengan mlorot, meski sama-sama terlepas dari tempatnya.
    kalo mrucut yang menguntungkan saya belum tau :D
    mrucut itu lebih mirip ucul tapi memang beda :mrgreen:
    hehe
    salam


    Iya bener Mas
    Kalau mlorot biasanya masih nempel

  15. Pakde Cholik
    March 16th, 2012 at 20:09 | #15

    Mrucut yang menguntungkan adalah mrucutnya kiper memegang bola yang ditendang lawan. yang untung sih lawannya.
    Salam hangat dari Surabaya


    Untung sepihak itu Dhe
    Yg untung buat dua pihak ada nggak ya

  16. March 16th, 2012 at 21:32 | #16

    Opo yoh…
    Kalau lagi megang bungkus plastik makanan yang udah abis,
    eh mrucut dewe. Nggak perlu nyari tempat sampah deh.
    Itu menguntungkan ga? :p


    Makanan mrucut yo rugi to :D

  17. March 16th, 2012 at 22:24 | #17

    Sedang ditepi jalan, tiba2 ada motor yg hampir yg ngebut hampir nabrak kita. Karena terkejut kita cepat menjatuhkan diri ke rumput. Eh gak tahunya disitu ada segepok duit seratus ribuan. Haha..ini menguntungkan habis kan pak mars?


    Hahaha…
    Kalo ini malah nggak berhubungan dengan mrucut itu tadi Mbak

  18. applaus
    March 17th, 2012 at 01:41 | #18

    mrucut biasanya kalau megang yang licin licin, sperti belut dan sabun biasanya…:)


    Hahaha
    Bener sekali Mas

  19. March 17th, 2012 at 06:04 | #19

    Belum…baru mengenal istilah ini pakde heeee nanti saya pas nangkap ayam lepas, saya bilang mrucut heee


    Iya Bli, bisa seperti itu

  20. Syam
    March 17th, 2012 at 07:16 | #20

    Kalo org yg hampir saja celaka tapi ‘terselamatkan’ masuk gak tuh mas? Hmmm, mungkin konteksnya lebih pada sesuatu yg ingin diraih tp lepas…


    Bisa iya.
    Tapi penggunaan mrucut lebih kepada lepasnya pegangan

  21. Syam
    March 17th, 2012 at 07:20 | #21

    Eh… mas atau pak yah? Hehe… maaf sy baru masuk sini, via mobile jadi gak bisa liat profil yg punya blog :)

    Baru ngeh setelah yg lain pada panggil pak, pakdhe :)
    Salam kenal.


    Salam kenal kembali

  22. March 17th, 2012 at 09:34 | #22

    lolos atau lepas atau merosot nggak cocok juga ya untuk padanan mrucut


    Kalau lolos atau lepasnya berhubungan dengan pegang memegang bisa Mbak

  23. March 17th, 2012 at 20:43 | #23

    Wah pak Mars, perkataan yang ‘ketrucut’ tidak dapat lagi ditututi ya. salam


    Inggih Mbak, leres.
    Milanipun katah kedadosan utawi prakawis ingkang dipun milai saking wicantenan.

  24. March 18th, 2012 at 00:21 | #24

    omongan yg ketrucut tak bisa kembali


    Nggak bisa di undo ya Mas

  25. Kaget
    March 18th, 2012 at 00:23 | #25

    Saya malah kepikiran Pak, jangan2 matematik kerucut diambil dalam kamus bahasa jawa *halah* :P


    Irisan kerucut ya Mas, seperti lingkaran, elips, parabola dan hiperbola kan?

  26. March 18th, 2012 at 07:18 | #26

    asalamualaikum
    mrucut rezeki mungkin bukan saatnya rezeki didapat
    biasanya dapat rezeki yang lainnya.


    Iya Mbak, karena rejeki sudah ada yang ngatur

  27. March 18th, 2012 at 07:49 | #27

    Sing ngati-ati, mengko mundak mrucut… :D


    Ini harusnya berhubungan dengan pegangan atau bawaan ya Pak

  28. Bunga Mesa Ananda
    March 18th, 2012 at 10:54 | #28

    Wah, belajar bahasa jawa lagi nih. Sering-sering ya om


    Siap Mbak

  29. puisipemula
    March 18th, 2012 at 11:50 | #29

    contoh mrucut yg menguntungkan, mungkin mau cabut gigi, eh dokter giginya absen …. hahaha…. :D :D
    bisa kan Pak Guru???
    *maksa*
    salam


    Hahahaha…
    Nggak bisa Bun.
    Mrucut itu berhubungan dengan lepas dari pegangan. Kalau itu sich cenderung lolos

    puisipemula Reply:

    kalau gituh, kalimatnya gini deh :
    ‘ makan duren yg dagingnya tebal, gak jadi, krn keburu mrucut dr tangan”
    boleh khan,Pak Guru ?? :P
    salam


    Hahaha…
    Bisa….
    Tapi rugi juga, karena mrucut berarti jatuh dan nggak kemakan

  30. chocoVanilla
    March 18th, 2012 at 17:44 | #30

    Kalo misalnya lagi batuk trus ada sesuatu yang terlepas alias mrucut alias atas bawah batuk, itu kira-kira menguntungkan gak yo, Pak? :mrgreen:

    (komen yang sungguh nggilani)


    Hahahaha…
    Mbayangkan ada yg batuk trus muncrat

  31. March 18th, 2012 at 18:16 | #31

    saya baru denger istilah ini …
    trims pak, bikin kejutan ni ke istri punya istilah baru he he


    Kalau SUrabaya asli pastinya tau Mas

  32. March 19th, 2012 at 13:47 | #32

    ada ya mrucut menguntungkan, baru dengar kata ini pak


    Nah itu dia yang saya tanyakan Mbak :D

  33. Rayen
    March 19th, 2012 at 15:38 | #33

    Seperti apa yang justru menguntungkan ?.

    Ketika mau goreng belut yang masih licin. Tiba” mrucut ke wajan panas sendiri He,.. ٩(-̮̮̃•̃)


    Nah ini bener, mrucut tapi pas

  34. March 19th, 2012 at 17:29 | #34

    kalau ingat kata mrucut, ingat pas pegang gelas atau piring terus mrucut, grompyang, pecahlah berkeping keping :P


    Iya Mbak
    Mrucut amat berhubungan dengan “lunyu” atau licin

  35. warung bebas
    March 19th, 2012 at 18:09 | #35

    Ada pak mrucut yang menguntungkan, yaitu saat kita mau ditangkap penjahat tapi mrucut. hehe

    Blog ini lama2 jadi kayak wikipedia istilah anti biasa…


    Hahaha…
    WikiJawa mungkin…

  36. arif
    March 20th, 2012 at 06:21 | #36

    mrucut memang susah dicari padanan kata yg pas


    Iya Mas, susah sekali

  37. Nila Lazuardi
    March 20th, 2012 at 12:46 | #37

    mrucut=licin=jatuh :)


    Tiga hal yg erat hubungannya

@marsudiyanto
silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~