Mul-Mulan

Mul-mulan bukanlah kisah tentang sepasang kekasih bernama Mul dan Mulan tapi nama permainan jaman saya SD. Dimainkan oleh 2 orang, perlengkapannya berupa area permainan atau lapangan dan sejumlah koin. Lapangannya sangat sederhana, hanya digambar pakai kapur di lantai.

Ukuran lapangannya tak lebih dari 40 X 40 cm
(seperti gambar kiri).

Tiap pemain dibekali koin dengan warna berbeda. Bukan koin bikinan pabrik tapi berupa batu kerikil dan pecahan genting. Secara bergantian mereka menaruh koin di arena. Pemain yg behasil membuat 3 koin dalam 1 baris dikatakan “mul” dan berhak mengambil 1 koin lawannya.

Ada sebuah aturan unik. Jika 2 koin lawan letaknya bersebrangan dan tengahnya kosong, maka kita bisa menaruh koin di tengahnya dan 2 koin lawan kita ambil. Istilanya “gotong“. Pemain dinyatakan kalah jika koinnya tak tersisa lagi.

Sekilas permainan ini mirip dengan othello. Apakah sahabat mengenal mul-mulan?

38 thoughts on “Mul-Mulan

  1. di daerah saya dijaman dulu permainan seperti ini disebut 3 jadi, ada macanan dan lain lain, hehe

    tapi saya sudah lupa cara bermain dan aturan mainnya 🙂


    Ada dam-daman juga

    [Reply]

  2. Saya baru tahu mul-mulan ini Pak Mars. Kalo di lapangan dan digambar-gambar gobak sodor ajah dulu. Hehehe…
    Eh sama engkle sih.

    Selamat hari sabtu dan selamat berwiken ria Pak.. 😀


    Selamat malam minggu Mas

    [Reply]

  3. Hahahaha othelo saya tau, tapi mul mulan baru tau sekarang, Om 😀

    Tadi tak kiro main kemul-kemulan 😆


    Kemul-kemulan malah bisa jadi kem*lu*n…

    [Reply]

  4. kenal sekali pak guru,mainan waktu kecil, murmer, ada juga yang sejenis itu namanya das-dasan.


    Ternyata ada yg kenal mul2an ya…
    Berarti nggak hanya di daerah saya tapi juga di daerah lain

    [Reply]

  5. di daerah saya tidak umum permainan itu pk. adanya yg pakai kotak 3×3 itu, tp lupa namanya 🙂


    Berarti termasuk kota besar Mas 😀
    Permainan itu adanya cuma di desa…

    [Reply]

  6. ada.. Pak tapi saya selalu kalah 😉


    Harusnya jangan main dengan saya biar nggak kalah terus… 😀

    [Reply]

  7. wah baru tau aku yang kayak gini (‘.’ )?


    Yg tidak tau berarti orang kota… 😀

    [Reply]

  8. jaman saya dulu kok nggak ada ya, pak, permainan Mul Mulan. apa mungkin sayanya yang tidak tahu. 😀


    Ini hanya ada di desa Mbak…
    Kalau di kota nggak ada
    Kalau Mbak Erwin di desa tapi nggak kenal mul-mulan, berarti desanya kurang pelosok 😀

    [Reply]

    Resep Chinese Food Reply:

    pelosok banget pak. 😀
    rumah saya aja pinggir kali, banyak bambu didepan rumah.
    atau mungkin permainan itu ada pd generasi kakak saya. jaman saya benar2 nggak ada. 😀


    Mungkin saat Mbak Erwin lahir, mul2an sudah punah Mbak

    [Reply]

  9. kayaknya dulu jaman kecil di daerah saya ga ada, kenalnya cuma permainan tak tik tuk 😀


    Ternyata nggak semua daerah kenal mul2an ya Mas

    [Reply]

  10. saya baru tahu nih pak mars…tapi intinya sih seperti main catur jawa atau tic tac toe


    Ini permainan anak SD yg ada di desa dan adanya hanya di Jawa Tengah kayaknya Mas

    [Reply]

  11. Apakah permainan ini seperti catur Jawa pak ? Sebab saya baru dengar permainan Mul-mulan. Maaf untuk yang ini saya gaptek. He…x9

    Terimakasih informasinya Pak.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog


    Mirip otello Pak…

    [Reply]

  12. Krikil dan kreweng pun jadi sarana bermain adu strategi dan hati girang Pak. Ada rencana olimpiade mul-mulan kah Pak?


    Gimana mau mempertandingkan kalau banyak yg nggak kenal permainan ini Bu? 😀

    [Reply]

  13. Saya belum pernah tahu permainan ini Pak Mars. kayanya unik juga ya..


    Ini permainan jaman dulu Mbak
    Hanya ada di desa (Jawa Tengah) dan sekarang kayaknya sudah punah

    [Reply]

  14. mainanku juga waktu masih SD pak mars. tapi kok aku lupa cara mainnya ya.


    Mainnya gantian Mbak…
    Dan berusaha membuat 3 koin sebaris

    [Reply]

  15. Ooo gini to main Mul-Mulan itu. Terima kasih sudah berbagi tentang permainan tradisional Indonesia ya, Pakdhe..


    Mungkin permainan ini sudah punah Mas

    [Reply]

  16. kok aku ga tahu games ini ya…. lebih detail dong pak…


    Aturannya sederhana Mas
    Naruhnya koin bergantian dan masing2 berusaha membuat 3 koin berurutan. Kalau berhasil boleh ambil koin musuhnya. Tapi harus hati2 jangan sampai koin kita ada pada posisi tengahnya kosong, karena kalau tengahnya diisi koin musuh, maka 2 koin kita tadi diambil musuh

    [Reply]

  17. jaman saya kecil gak ada permainan ini ya Pak, main pathil lele ada..main lompat tali, kelereng, egrang, apalagi yaa…#efek umur mulai pikun neh


    Kalau yg ini mainnya sambil duduk Mbak, jadi bukan permainan yg kesana kemari

    [Reply]

  18. saya masih bingung dengan aturannya pak

    di daerah saya nggak ada soalnya pak, sewaktu ecil nggak ada yg kayak begitu, padahal rumah saya udah di desa, apa sudah punah ya pak


    Aturannya sederhana Mas
    Naruhnya koin bergantian dan masing2 berusaha membuat 3 koin berurutan. Kalau berhasil boleh ambil koin musuhnya. Tapi harus hati2 jangan sampai koin kita ada pada posisi tengahnya kosong, karena kalau tengahnya diisi koin musuh, maka 2 koin kita tadi diambil musuh

    [Reply]

  19. Saya agak2 susah memahami permainan yang pake papan atau bisang seperti itu, Pak Mars. Misalnya catur, halma, otelo, dll. Bahkan main monopoli aja saya gak bisa! 😳
    Saya cuma bisa main ular tangga aja 😀


    Kalau saya paling susah kalau main game yg pakai stick Mbak…
    Maksudnya game seperti PS gitu

    [Reply]

  20. kalo di daerah saya mul-mulan itu sejenis infeksi di jempol kaki pak, seperti cantengan


    Di tempat saya juga namanya mirip seperti itu…
    Disebutnya katimumulan, biasanya di kuku jempol kaki dan sakitnya minta ampun. Dan yg saya tau itu adalah istilah lain dari “cantengan”…

    [Reply]

  21. saya taunya keMULen ae pak 😀


    Kuwi “kemulan” Ni, bukan kemulen

    [Reply]

    niqué Reply:

    oh salah ya pak 😀 Sengaja berarti hahaha


    Salah tur seru…

    [Reply]

  22. Waduh, saya nggak tau othello atau mul-mulan, Pak.. Kalo mulan jamilah saya tau, tapi dia nggak tau saya.. 😀 *komen mabok*


    Hahahaha
    Mulan taunya AHmad Dani dowang Mbak

    [Reply]

  23. dam-daman mungkin ya pak kalau ditempat saya


    Kalau dam2an lain lagi Mbak. Lapangannya juga beda
    Kalau dam2an koinnya ditata sejak awal. Kalau mul2an koinnya di pasang satu persatu gantian

    [Reply]

  24. nang gonku ada mul-mulan, pak.
    tapi beda nama, namanya nas-nasan, kayak gitu persis cara mainnya.
    kalau mulan kwok lha cantik ya, pak?#eh. 😀


    Mungkin beda nama saja ya Mbak

    [Reply]

  25. aduh, namaku disebut-sebut 😀
    ditempat saya dam-daman juga ada Pak
    jaman SD, sekarang dah musnah kayaknya


    Mul-mulan = bukan “Mul” beneran

    [Reply]

  26. wah, kok saya ndak kenal mul-mulan ya pak? kayaknya saya kurang gaul deh untuk urusan permainan…


    Mul2an itu permainan anak lelaki Mbak…
    Dan adanya di desa, jaman dulu kala

    [Reply]

  27. di daerah saya ko ga ada yah gan . .


    Kalau orang kota apalagi bukan di Jawa Tengah biasanya nggak kenal Mas

    [Reply]

  28. mul-mulan seru, berfikir dan teliti,, sampai kuliah masih main itu, pas dikelas hahaa

    Asyik ya Mas.
    Permainan yang murah meriah

    [Reply]

  29. Saya sedang mulai buat game mul mulan ini untuk android, doakan semoga bisa cepat kelar 🙂

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *