Ngapret & Cingkrang

Versi Jawa :
Ngaprêt lan cingkrang kuwi ukara kanggo nggambaraké clana sing ora trêp karo awaké sing nganggo. Ngaprêt amargo kurang gêdhé lan cingkrang amargo kurang dawa. Nganggo clono yèn ngaprêt utowo cingkrang wis mêsti waé katon wagu bangêt lan bisa gawé mèsêm sing nyawang.

Nganggo clana ngaprêt rasané sêsak lan bisa nyêbabaké ono uba rampé sing kêcêpit, déné yèn nganggo clana cingkrang bakal koyo Jojon lan mêsti diguyu wong akèh.

Versi Indonesia :
Ngapret dan cingkrang adalah istilah untuk menggambarkan celana yang tidak pas dengan badan si pemakai. Ngapret karena kurang besar dan cingkrang karena kurang panjang. Memakai celana yang ngapret atau cingkrang sudah pasti kelihatan norak sekali dan bisa bikin senyum yang lihat.

Memakai celana ngapret rasanya sempit dan bisa menyebabkan ada organ yang terjepit, sedangkan jika pakai celana cingkrang akan seperti Jojon dan pasti ditertawakan orang banyak.

Pernahkah sahabat memakai celana yang ngapret atau cingkrang?

29 thoughts on “Ngapret & Cingkrang

  1. asalamualaikum
    benar,, kelihatannya ga pas dan wagu ya mas
    kalau pakai celana ngapret atau cingkrang


    Waalaikumsalam Mbak.
    Pastinya akan tampak culun kalau pakai celana ngapret dan cingkrang

  2. wow cingkrang, kayak temen ku lho pak mars, di panggil acing alias anak cingkrang, wong gawe celono cingkrang kabeh 😀


    KCelananya cingkrang cocok buat Niar 😀

  3. beberapa waktu yang lalu, celana cingkrang malah lagi ngetrend di tempat saya pk Mars … tapi ya saya liatnya masih tetap merasa wagu gitu …


    Ikut pakai cingkrang gak Mas?

    Wong Cilik Reply:

    nggak pk, rasanya kok kurang nyaman pakai itu … *tsaaahhh … 😀


    Nggak nyaman dipakai dan nggak nyaman dilihat

  4. Kalau celana ngapret malah lagi ngetren sekarang Pak. Tapi seperti yang Pak Mars katakan, menggunakan celana yang ngapret ada sesuatu yang tidak menjadi leluasa. Seperti baru-baru ini ada kejadian seorang anak yang menggunakan celana ngapret berpapasan dengan saya jalannya tidak tenang. He….x9

    Sukses selalu
    Salam Wisata


    Iya Pak…
    Pakai apapun kalau ukurannya tidak pas akan terasa aneh

  5. seringnya kedodoran… jadi organnya tidak kelihatan… kecuali melorot…


    Masih mending kedodoran ketimbang ngapret Mas

  6. rikolo jaman semono wonten ndeso pak,
    jaman tasih alit,
    nek ditumbaske klambi gombrong gombrong,
    ngunduri gedhe,
    haa mengke numbaske melih yen mpun ngapret utowo cingkrang… 😀


    Apalagi jaman saya, jaman orang hidup ngirit.
    Banyak yg pakai lungsuran punya bapaknya

  7. Lha sak niki kathah wadon nom noman padha nganggo clono ngapret,opo ora mesake ubo rampene yo pak?…hihihi


    Blus ngapret nggih usum Mas

  8. tapi ada yang jadiin celana kayak gtu sebagai gaya lo pak…nah lho…heheh
    kalo saya sendiri lebih suka pake rok dr pada pake celana… 🙂


    Nggak cuma buat gaya tapi juga buat identitas

  9. kalau orgnya ayu atau ngganteng pakai yg cingkrang tetep sj cakep ya pak


    Pakai yg ngapret juga malah tambah ayu Mbak 😀

  10. kalau saya ga pernah pake yg sempit pak, susah bergerak 😀


    Susah nafas Mas

  11. Istilah ini juga populer di kampung saya
    “Clonomu kok ngapret, rek”, begitu kata teman2
    Salam hangat dari Surabaya


    Biasanya yg ngapret adalah pakaian Dhe.
    Baju juga bisa

  12. tyang kang kacingkrangan lain lagi ya Pak. Salam


    Inggih Bu…
    Menawi kacingkrangan puniko tiyang ingkang rejekinipun cupet

  13. Hahhahaa ngapret itu kekecilan, cingkrang itu kependekan. Biasanya sih orang enggak suka kalau kekecilan dan kependekan. 🙂


    Dua2nya nggak nyaman…

  14. bertambah hari perut saya membuncit, banyak celana saya yang saya pake sampe ngapret, sesek buat napas dan gampang bikin gatal mungkin karena sirkulasi terganggu


    Perut buncit juga mudah “sumuk” Pak, gampang kemringet

  15. Kalo jaman enom saya SMP suka pake celana borju (gombrong) tapi untuk sekarang paake ky gituan malah ditertawakan. Katanya kayak orang mau silat 🙂


    Kan sekarang juga masih enom Mas

  16. kyk celananya personil2 changcuter ya pak.. untung skrg celana mrk lebih longgar2.. hehe..


    Nah kayak itu Mbak, ngapret2…

  17. aku cumak moco sing versi jowone.. haha..

    clonoku jaman kuru biyen (sekitar 2-3 tahun yll) wis ngapret kabeh. Nek cingkrange ora, soale aku wis ora iso mundak duwur maneh sejak lulus esem a.


    Tapi saya merasa yg versi Bahasa Indonesia dibaca juga sekaligus untuk mencocokkan terjemahan saya

  18. Kalo bahasa anak sekarang ..
    sepertinya ini yang disebut sebagai … Junkies …

    hehehe

    salam saya Pak Mars


    Nah bener Om…
    Junkies…
    Kayak yg dipakai The Changcuters itu Om…

  19. wah tulisan ini tombo kangen buat saya, pak mars. 🙂

    rasa-rasanya sekarang banyak yang suka pakai celana cingkrang deh. saya nggak tahu kenapa, barangkali biar isis.


    Tombo kangen dengan postingan Bahasa Jawa ya Mbak…

Comments are closed.