Nostalgia SMA

Yang pernah SMA pasti punya Nostalgia SMA, meski bentuknya beda-beda. Ada yang tentang cinta pertamanya, ada yang tentang “geng”nya, ada yang tentang gurunya (yang favorit maupun yang dibenci), ada yang tentang suasana kantinnya dan ada yang tentang “kenakalannya”.

Kali ini saya tak membahas tentang semua itu, tapi bicara tentang “soal” yang dipakai untuk ulangan atau ujian. Dengan kata lain kita akan menyoal soal. Bagi yang sudah tak sekolah, semoga tulisan ini bisa menggugah kenangan lama.

Jaman dulu, soal pilihan ganda atau disebut soal obyektif punya beberapa variasi, meski intinya sama yaitu memilih satu dari jawaban A, B, C, D atau E (untuk tingkat SD hanya 3 opsi dan SMP 4 opsi).

Variasi I
Pilih A jika pernyataan benar, alasan benar dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat
Pilih B jika pernyataan benar, alasan benar tetapi tidak menunjukkan hubungan sebab akibat
Pilih C jika pernyataan benar, alasan salah
Pilih D jika pernyataan salah, alasan benar
Pilih E jika pernyataan dan alasan salah

Contoh :
Telur bebek bisa dibuat telur asin sebab bebek bisa berenang di laut

Variasi II
Pilih A bila (1), (2) dan (3) benar
Pilih B bila (1) dan (3) benar
Pilih C bila (2) dan (4) benar
Pilih D bila hanya (4) yang benar
Pilih E bila semuanya benar

Contoh
Lagu yang dinyanyikan Jason Mraz
(1). Make it Mine
(2). All About You
(3). Sleep All Day
(4). Here We Go

Untuk variasi I dan II sekarang sudah tidak digunakan lagi karena menurut beberapa kajian, soal jenis tersebut bisa menimbulkan kerancuan dan bias, khususnya yang berkaitan dengan hubungan sebab akibat. Untuk saat ini hanya dipakai 1 jenis saja yaitu memilih salah satu opsi yang tepat.

Beberapa pantangan dalam menyusun soal antara lain :

  1. Tak boleh ada negatif ganda, yaitu memuat kata “tidak” atau “bukan” tapi masih ada kata “kecuali”. Soal seperti ini bisa menjebak.
  2. Menghindari opsi “semua jawaban benar” atau “semua jawaban salah”.
  3. Menghindari soal yang bersifat subyektif atau berdasar pendapat pribadi

Contoh soal yang memuat negatif ganda :
Istilah berikut tidak dikenal dalam KBBI, kecuali
A. Ciyus
B. Binun
C. Enelan
D. Imak
E. Cemungudh

Contoh soal yang tidak direkomendasikan :
Maksud dari pepatah “Guru kencing berdiri, murid kencing berlari” adalah…
A. Gurunya normal, muridnya tidak normal
B. Gurunya laki-laki
C. Perilaku guru dan murid tidaklah sama
D. Ada aneka gaya dalam kencing
E. Semua jawaban salah

Contoh soal yang subyektif :
Penyanyi Indonesia yang suaranya merdu adalah…
A. Nikita Willy
B. Ruth Sahanaya
C. Gita Gutawa
D. Rhoma Irama
E. Vidi Aldiano

Semoga tulisan singkat ini bisa mengingatkan pada kenangan lama, nostalgia saat bersekolah, saat kita berhadapan dengan yang namanya ulangan atau ujian.
Selamat bernostalgia, nostalgia SMA.

46 thoughts on “Nostalgia SMA

  1. dengan istilah “kecuali” itu dulu saya sering jumbuh, pak. benar2 menjebak.
    Kendal ada boso jumbuh nggak ya. 🙄


    Ya ada lah…
    Jumbuh itu rancu atau membingungkan…

    [Reply]

  2. Saya lulus SMA tahun 2005 masih ada soal seperti itu pak, soalnya mudah tapi mikirnya yang “njlimet”, hehehe…


    Tahun segitu masih banyak soal yang akhirnya dihindari itu Mas

    [Reply]

  3. saya jadi ingat, kalau ujian PMP (PPKN) biasanya saya memilih jawaban terpanjang … 😀


    Ini pelajaran yang paling tidak saya suka Mas…
    Akibatnya malas kalau harus belajar PPKn

    [Reply]

  4. Saya coba jawab contoh soalnya ya:
    Pertama: imak
    Kedua: ada aneka cara dalam kencing
    Tiga: ya jelas rhoma iramalah, calon presiden geto lohhh…


    Dukung Pak Rhoma Irama

    [Reply]

  5. itu jamanku SD owk pak…SMU aku ga ngerasani soal kyk ngunu hihihi

    (byk temen org jawa knp logat mulai rada2 yak)


    Saya malah nggak tau kalau di SD ada tipe begitu…
    Berarti penyiksaan pada murid sudah bermula sejak SD 😀

    [Reply]

  6. hahahahahahah dulu kalo saya ga tau jawaban nya pasti nyari yang paling panjang, asli ngaco bnr deh :p


    Saya juga begitu.
    Atau kadang nyari2 di nomor soal yang lain, siapa tau ada kaitannya

    [Reply]

  7. hemm bikin otak krenyet krenyet pak mars ..


    Saya yang sehari2 di sekolah aja kalo liat gituan rasanya krenyet2

    [Reply]

  8. wah lagi mengenang saat saat ujian di SMA nih ya pak marsudi


    Kalau saya nggak mengenang, karena sehari2 masih kerja di sekolah Mas 😀

    [Reply]

  9. huahahhaa soal soalnya kocak Pak…
    ada cemungudh dan aneka gaya kencing
    hehhehehee


    Soalnya sengaja saya pilih kalimat yang nggak mboseni Mbak, biar yg baca terhibur 😀

    [Reply]

  10. Waduh, gak mudeng… * Baca ulang 🙄


    Nggak apa2 Mas…
    Kan nggak harus mudeng 😀
    Kayak di sekolah, ada yg mudeng ada yg nggak.

    [Reply]

  11. Kalo soal yang variasi I itu benar2 membingungkan bagi saya. Kalo yang variasi II pernah diajarin cara ringkas nebak jawabannya 😀


    Soal yg tipe II itu, manakala (1) salah, maka (3) pasti salah; kalau (1) dan (2) salah, maka jawabannya D
    Begitu kira2…

    [Reply]

  12. iya tuh, jaman saya banget ada soal dengan variasi I dan II itu.
    Sama dgn yg lain, untuk variasi I, sy pilih yg jawabannya paling panjang .. heheh


    Hahahahaha
    Kalau saya pilih jawaban yang terlihat beda dengan yg lain…
    Entah panjang pendeknya atau juga susunan kata2nya

    [Reply]

  13. Saya pikir salah satu kegagalan saya dulu dalam menjawab soal ulangan adalah gak ngerti pada pertanyaannya Pak Mars. Untung lah makin kesini para guru makin concern dengan bahasa yang mereka gunakan 🙂


    Iya Bu, jenis pilihan yang I dan II itu sangat keluar kontek, jauh dari tujuan evaluasi yaitu untuk mengukur kompetensi, tapi yg ada malah dibikin berbelit2

    [Reply]

  14. Hahahaha om Mars bisa aja bikin glak tawa saya keluar bebass.. Hehehe…


    Mumpung belum pada lupa Mas…
    Jaman sekolah, pas ulangan banyak hal konyol

    [Reply]

  15. Sama menguras pikirannya ya Pak, baik yang mengerjakan soal maupun yang menyusun soal agar mengukur kemampuan penguasaan materi. Selamat menikmati libur semesteran ya Pak. Salam


    Iya Bu, sama rumitnya tapi beda persoalannya…

    [Reply]

  16. Soalnya bikin bingung, tapi sma tetep bikin seru klo inget kenangan2 itu, hahahahahah


    Beban berat saat sekolah bisa jadi kenangan manis…
    Bahkan kekonyolanpun, akan jadi kenangan indah

    [Reply]

  17. jadi inget2 soal2 latihan ujian masuk perguruan tinggi 😀


    Iya Mas, selain ujian SMA, tipe seperti itu juga dipakai dalam Tes Seleksi Perguruan Tinggi

    [Reply]

  18. pilihan I Dan II itu bikin mikir beribu2 kali,
    mikir jawabannya dulu, kemudian mikir pilihannya, abis itu mikir hubungan sebab akibat,
    betul2 perlu waktu lama menjawab 1 soal saja, biasanya soal model itu saya jawabnya palibg terakhir


    Dan itu sudah bisa dikategorikan kekerasan pada anak Bu…

    [Reply]

  19. Selama nyantri dulu, semua soal ujian pakai essay, Pak. Jadi, soal model pilihan ganda sama sekali tidak pernah saya dapatkan selama masa SLTP dan SLTA dulu. 🙂


    Paling ideal, soal tes memang uraian Da…
    Kalau pilihan itu cuma kenal benar salah, tanpa tau prosesnya
    Anak yang hanya salah pada hitungan akhir akan sama dengan anak yg nggak tau sama sekali
    Beda kalau soal essay, bisa dibedakan mana anak yg sudah bekerja 75% mana yang 90% dan mana yang belum apa2.

    [Reply]

  20. Wah..ini kalau tiap kali menjawab soal, harus perlu kembali membaca perintahnya, Pak Mars! Soalnya sudah keburu lupa lagi tadi perintahnya apa..Gejala pikun menyerang. Ternyata jaman SMA itu sudah lama sekali ya..he he..


    Iya Mbak.
    Soal tipe itu amat merugikan peserta tes

    [Reply]

  21. celana abu -abunya yang nyingklang masih ada apa gak pak?


    Sudah hilang entah kemana…
    Jaman itu kayaknya celananya nggak abu2 Mbak

    [Reply]

  22. Aaahhh…senangnya, jadi skrg udah ngga ada soal model begitu ya Pak mars? emang tuh, membingungkan sekali, harus dibaca berulang-ulang dan belum tentu pilihan jawabannya betul >_<


    Sudah nggak ada Mbak

    [Reply]

    mintarsih Reply:

    model soal seperti ini masih dipakai di UT lho pak mars. kemarin aku nglanjutin S1 soalnya model jaman aku SMA. syukur deh aku lolos selalu dg nila A dan B.


    Iya Bu…
    Kalau untuk seleksi atau juga ujian di Perguruan tinggi masih ada…

    [Reply]

  23. hihihihhi…kreatip banget si..Pakdhe yg satu ini….dag gitu soalnya abegeh…sampe keningku berkerut baca ciyus enelan and the gank…# mikir rodok suwe njuk mesem dewe hehehe


    Kalau contoh soalnya itu memang dibikin aneh biar nggak cuma dilirik tapi dibaca beneran

    [Reply]

  24. Ciyusss, c4y4 kalau kencing sambil jungkuk, mungkin nikita willy juga. (LOL)


    Nikita Willy renang di laut 😀

    [Reply]

  25. paling gemes soal jaman dahulu kala, yang disuruh milih, sangat setuju, setuju, ragu ragu, tidak setuju, sagat tidak setuju.
    itu sma apa smp ya? 😀
    #jotosyangbuatsoalmodelbegituan…


    Itu dalam mata pelajaran PSBP (Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa), idenya Pak Nugroho Noto Susanto (Menteri Pendidikan)

    [Reply]

  26. ada lagi jaman SD = Betul atau Salah,
    Sangat setuju…setuju….ragu-ragu….tidak setuju….sangat tidak setuju


    Jawaban setuju atau tak setuju harusnya nggak bisa dinilai

    [Reply]

  27. Nostalgia yg tak bisa dilupakan tapi sayang tak bisa diabadikan…(jaman dulu blm banyak HP dan mahal jdi g bisa jepret sana sini)


    Sekarang nyontek makin canggih, bisa searching via internet

    [Reply]

  28. Bahkan soal-soal pilihan ganda yang menjebak masih sering digunakan untuk memilih pegawai yang match dengan kebutuhan perusahaan, dalam rangka job opening.


    Kalau untuk seleksi memang masih dipakai Bu.
    Tapi kalau untuk uji kompetensi sudah ditinggalkan

    [Reply]

  29. Banyak jebakan BetMen ni kalo disoal kayak gitu Pak… Aki binun deh Ciyuss..


    Iya, harus bolak-balik menyimak perintahnya

    [Reply]

  30. Pak Mars…diskriminasi nih… Lagu nostalgia SMA-nya Paramitha Rusady itu sangat-sangat dibenci oleh anak2 SMK atau SMEA kalau sekarag SMK. Mereka menyesali kenapa ga ada pencipta lagu yang mau buat lagu tentang SMK….
    Koq bahas lagu ish?? bukannya bahas soal….khan udh mau Ujian Nasional


    Hahahaha
    Nggak tau juga ya Pak, kok yg lebih sering disebut adalah Nostalgia SMA…

    [Reply]

  31. pak marsnya sedang mengenang .
    😀


    Nggak hanya mengenang Mas, karena sehari2 saya masih berada di SMA

    [Reply]

  32. Iya Pak saya jadi ingat dengan model soal-soal seperti ini. Tadinya saya tidak suka dengan soal seperti ini. Namun tujuan soal itu dibuat tentunya melatih otak kita untuk lebih jeli melihat persoalan ya Pak. He…x9

    sukses selalu
    Salam Wisata


    Kalau untuk menguji kemampuan akan merugikan Pak.
    Tapi kalau tujuannya untuk seleksi sich oke2 saja

    [Reply]

  33. Soal yang Variasi I bikin ingat SPMB/UMPTN. Pas ujian SMA, sih, soalnya cuma pilihan ganda sama ujian praktik.


    Memang yg jenis itu hanya ada di uji seleksi Mbak…
    Kalau uji kompetensi sudah nggak boleh

    [Reply]

  34. Murid kencing berlari itu sebenarnya normal-normal aja, Pak.. Asal nggak lupa buka celana dulu, klo ngk ntar bau pesing sekelas..hahaha…

    Oiya, suara penyanyi paling merdu itu menurut bapakku ya suara Kak Rhoma dong… Jaman tahun 80-an, suara Kak Rhoma selalu bergema di rumahku, Pak. Idola bapakku banget tuh..hihi..


    Iya Mbak
    Di jaman yang serba cepat ini, kencing berlari amat perlu 😀

    [Reply]

  35. kalau pertanyaan subyektif itu jawabannya luas ya pak bisa apapun dan tidak bisa disalahkan seharusnya


    Iya Mbak, nggak bisa dinilai benar-salahnya

    [Reply]

  36. seharusnya dengan adanya perbaikan terus menerus, generasi sekarang ini bisa lebih pintar dong yah…


    Harusnya begitu…

    [Reply]

  37. Saya itu kok merasa gak punya nostalgia ya mas karena di STM.
    Nostalgia yag kurang menyenangkan ya katut tetangga2 pasang lotto.
    Salam hangat dari Surabaya

    [Reply]

  38. Waduh …
    ini metoda konstruksi (soal) yang sebenarnya tidak sederhana
    namun di tangan pak Mars … jadi asik

    salam saya


    Jaman dulu kalau untuk tes seleksi perguruan tinggi selalunya ada model soal yg seperti itu Om…
    Dan menurut saya itu adalah bentuk “kekerasan”

    [Reply]

  39. aku koyoknya masih mengalami semua jenis soal di atas.. sing paling angel kuwi sing pilihan Variasi pertama… arepe njawab dadakno moco disik, a iki opo, b iki opo, c opo, dst…


    Iya, bola-bali harus lihat aturannya…

    [Reply]

  40. Kalo soal di atas masih diteruskan, kasian yg belajar seadanya pak… Pengalaman hehe


    Memang soal itu amat menyiksa bagi yang persiapannya kurang 😀

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *