Home > Anti Biasa > Pahlawan Tanpa SK

Pahlawan Tanpa SK

November 10th, 2011 Leave a comment Go to comments

Banyak nama pahlawan yang cukup dikenal misalnya Pangeran Diponegoro, Teuku Umar, Pattimura, Oto Iskandardinata, Dr. Wahidin Sudirohusodo, Sultan Hasanuddin, Sisingamangaraja, RA Kartini, Cut Nyak Dhien dll, tapi pahlawan yang namanya tidak dikenal pasti jauh lebih banyak lagi.

Disadari atau tidak, tanpa mengecilartikan pahlawan yang namanya cukup dikenal dan terkenal, maka jasa orang2 disekitar para pahlawan itu juga tak terkira. Entah sebagai sahabat, keluarga, tetangga atau apapun namanya pasti turut serta dalam proses kemunculan pahlawan yang resmi.

Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk tidak hormat pada pahlawan atau melupakan jasa2nya. Hanya sebagai bahan renungan, bahwa ada banyak “pahlawan” lain yang belum atau tidak tercatat sebagai pahlawan. Saya menyebutnya Pahlawan Tanpa SK.

Alangkah indahnya bila ada yang menuliskan Diponegoro Cs, Sisingamangaraja dkk, Tuanku Imam Bonjol & rekan, Pattimura’s atau yg lainnya. Selamat memperingati Hari Pahlawan.

~ Grazie ~
Categories: Anti Biasa
  1. November 10th, 2011 at 20:17 | #1

    Singkat padat lugas dan pedas. Mantabs !

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog


    Mau ngulas yang panjang saya nggak bisa Pak. Dulu, saya paling nggak suka pelajaran Sejarah 😀

    [Reply]

  2. November 10th, 2011 at 20:34 | #2

    Setuju Pak Mars

    Seharusnya kita juga tidak melupakan jasa mereka yang berada di sisi Para Pahlawan dengan SK itu …
    Bagaimana dengan pembantu mereka yang selalu menyiapkan makanan, menyiapkan senjata … atau bahkan sopir mereka ?
    mereka juga saya rasa ikut membantu …
    dan bantuannya tidak bisa dikatakan kecil

    salam saya Pak Mars


    Yg makani dan mandiin kudanya juga Om…

    [Reply]

  3. November 10th, 2011 at 21:07 | #3

    Kok sama seperti yang di facebook itu, pak?

    Orang sukses memang tak pernah sendirian, meski dia satu-satunya yang disebut. Jika sibuk menyiapkan urusan domestik sendiri, saya yakin hasil perjuangannya akan menjadi gatot atau minimal berhasil 50%. Jadi namanya hanya akan dikenal sebagai pahlawan kesiangan.


    Yang di FB itu saya ambil dari sini Mbak… 😀

    [Reply]

  4. Erwin
    November 10th, 2011 at 21:23 | #4

    Kakekku termasuk pahlawan tanpa SK. 😀


    Nanti kita bikinkan SK Mbak

    [Reply]

  5. November 10th, 2011 at 21:52 | #5

    setuju banget pak..!

    yang nyiapin baju juga sorbannya Pangeran Diponegoro dan tuanku Imam Bonjol, pak pos yang nganterin surat2nya RA Kartini, juga yang bikinin rentjongnya Cut Nya Dien.

    mereka tetap pahlawan meski namanya tak disebut.


    Xixixixi… 😀
    Yang ngasah goloknya Pattimura juga dunk…

    [Reply]

    LJ Reply:

    nyengir ngabarakatak di hari pahlawan 😀


    Selamat Hari Pahlawan… 😀

    [Reply]

  6. Baha Andes
    November 10th, 2011 at 22:09 | #6

    yang kasian Beliau yg masih di perdebatkan mau dijadikan pahlawan atau bukan padahal beliau sudah mati mungkin klo beliu hidup akan marah memperdebatkan masalah pahlawan. biar dunia yang bicara. Aya-aya wae.


    Nah, ini yang paling memprihatinkan. Ada fenomena SK Pahlawan diterbitkan karena sebuah kepentingan…

    [Reply]

  7. November 10th, 2011 at 22:22 | #7

    Yang dapat SK itu mengambil resiko lebih besar. Untung yg menang Indonesia, coba Belanda.. wadew…..


    Ceritanya bisa lain ya Mas, kalau Belanda yang menang.
    Pahlawannya akan berubah total

    [Reply]

  8. November 10th, 2011 at 22:43 | #8

    Dan koruptor-pun sebenarnya pahlawan Pakdhe


    Pahlawan Keluarga?

    [Reply]

  9. November 10th, 2011 at 22:48 | #9

    Sebaliknya banyak yang gak pernah ngapa2in kecuali ngrushi malah ingin mendapat julukan sebagai pahlawan kesiangan.

    Salam hangat dari Surabaya


    Pahlawan Pesenan Dhe…

    [Reply]

  10. November 10th, 2011 at 22:49 | #10

    Setuju banget.
    Termasuk pak Mars kan juga pahlawan he he he…!


    Hehehe…
    Nggak lah Pak.

    [Reply]

  11. November 10th, 2011 at 23:06 | #11

    para telik sandi itu yg ngintip2 markas musuh pahlawan juga kan?
    coba kalau asal serang ya bubar grak semua


    Termasuk Ibu2 yg masak Mbak

    [Reply]

  12. Kaget
    November 10th, 2011 at 23:40 | #12

    Inget kakek yang cuma ngasi air minum, tanpa SK 😀


    Dulu masyarakat menyiapkan makan & minum secara sukarela

    [Reply]

  13. November 10th, 2011 at 23:51 | #13

    Ada juga Pahlawan Tanpa Tanda Tangan, Pakdhe..
    Tahu kan siapa itu?

    [Reply]

  14. November 11th, 2011 at 09:17 | #14

    Mengapa kita mesti nunggu meninggal dulu baru disebut pahlawan, ya?

    [Reply]

  15. November 11th, 2011 at 11:18 | #15

    betul mbah, saya sepakat dengan pikiran panjenengan ini, si pahlawan ndak akan jadi pahlawan kalo dia kerja seorang diri..

    [Reply]

  16. November 11th, 2011 at 13:02 | #16

    Klo Tuanku Imam Bonjol & Rekan nanti dikiranya advokat pak!!! 😀
    Anyway klo nyari sk ke Semarang aja pak… Hihihih….

    [Reply]

  17. myreviewsforall
    November 11th, 2011 at 14:41 | #17

    selamat hari pahlawan buat semua

    [Reply]

  18. hajarabis
    November 11th, 2011 at 14:42 | #18

    hanya ingin mengikuti postingan agan .
    postingan yang menarik
    nice gan .

    sempatkan mampir ke website kami
    http://www.hajarabis.com

    [Reply]

  19. November 11th, 2011 at 15:37 | #19

    selamat hari pahlawan pak mars.. semoga semangat perjuangan para phalawan kita tetap bisa berkobar hingga saat ini

    [Reply]

  20. Achmad Sholeh
    November 11th, 2011 at 16:25 | #20

    Sebenarnya banyak sekali yang bisa kita sebut pahlawan, yg mungkin tidak terdata

    [Reply]

  21. November 11th, 2011 at 16:34 | #21

    Selamat memperingati hari Pahlawan, Pak Mars.

    Bener..bener… Yang ngasih makan dan ngerawat kuda-kuda mereka juga pahlawan kan, Pak? Yang masak untuk mereka juga termasuk pahlawan tanpa SK ya, Pak?

    hmmm…..Semoga mereka semua telah beristirahat dengan aman dan damai di alam sana. Amiinn,…

    [Reply]

  22. November 11th, 2011 at 23:04 | #22

    Pahlawan Sejati tidak memikirkan jasa, imbalan dan penghargaan lainnya, Pahlawan Sejati selalu berjuang tanpa pamrih, tanpa untuk dikenang.

    http://adhityanugrahanovianta.blogspot.com/

    [Reply]

  23. Hanif Mahaldi
    November 12th, 2011 at 07:23 | #23

    pahlawan… oh… semoga jasa mereka yang kita kenang tetap hidup dalam semangat2 saat ini.

    [Reply]

  24. November 12th, 2011 at 10:14 | #24

    iyah, mereka yang tak terekam oleh sejarah mempunyai arti tidak kalah penting dengan nama nama yang kita hafal di sekolah 🙂

    [Reply]

  25. November 12th, 2011 at 14:05 | #25

    hanya ingin mengikuti postingan agan .
    postingan yang menarik
    nice gan .

    sempatkan mampir ke website kami
    http://www.the-netwerk.com

    [Reply]

  26. November 12th, 2011 at 18:40 | #26

    Betul banget, Pak. Masa yang dijadikan pahlawan cuma pemimpinnya saja? Bukankah tanpa anak buah dan pasukan, Pangeran Diponegoro, Tuanku Imam Bonjol, dan pahlawan-pahlawan yang lain itu gak bisa apa-apa?

    [Reply]

  27. Car Specs Reviews
    November 12th, 2011 at 19:02 | #27

    Diponegoro tanpa pasukan tentu saja tidak akan pernah menjadi pahlawan…. lalu pasukannya itu pahlawan atau bukan?

    [Reply]

  28. Sepatu Online Zara
    November 14th, 2011 at 09:42 | #28

    sudah saatnya pemerintah memperhatikan pahlawan veteran
    tnpa mereka indonesia tidak akan merdeka

    [Reply]

  29. November 15th, 2011 at 03:08 | #29

    Jangankan teman para pahlawan Om, mantan atlit yang sudah berprestasi International di negara ini aja di lupain.
    Salam Kenal

    [Reply]

  30. goyang pattah-pattah
    November 15th, 2011 at 04:07 | #30

    sedikit tapi mengena….mantaaphhh
    tapi yang jadi pertanyaan SK apanya, Surat Kaleng bkan…hehhehhhehhe

    [Reply]

  31. liputanmadura
    November 15th, 2011 at 04:09 | #31

    Ada yang pernah berkata pada saya, tidak semua pahlawn nasional itu berkelakukan baik (Nah loooo). Pahlawan yang sejati tidak ingin banyak dikenal dan hanya ingin apa yang diperjuangkannya tidak sia-sia

    [Reply]

  1. December 31st, 2011 at 17:09 | #1

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~