Panggilan Untuk Mereka

Seandainya Pak SBY, Pak Fauzi Bowo, Juan Sebastian Veron, Justin Bieber, Rafael Landry Tanubrata, Jennifer Love Hewitt, Kris Dayanti dan Bu Miranda Gultom lahir dan tinggal di kampung saya, maka beliau2 akan punya panggilan khusus sesuai tradisi yang berlaku di kampung saya.

Ada panggilan akrab yang hanya diberikan oleh teman sekolahnya, ada panggilan resmi dari tetangga dan kenalannya serta panggilan sayang dari para cucunya. Dari imajinasi, rekonstruksi dan prediksi yang saya lakukan menghasilkan pola sbb.

Nama Lengkap Panggilan di SD Panggilan di RT Setelah Tua
Susilo Bambang Yudhoyono
Fauzi Bowo
Juan Sebastian Veron
Justin Bieber
Rafael Landry Tanubrata
Jennifer Love Hewitt
Kris Dayanti
Miranda Gultom
Mbang
Wowok
Ju
Ber
Nu
Jenn
Kris
Mir
Pak Bambang
Pak Bowo
Pak Juan
Pak Justin
Pak Tanu
Bu Jenni
Bu Kris
Bu Mira
Mbah No
Mbah Wo
Mbah Ju
Mbah Bi
Mbah Brata
Mbah Wit
Mbah Ti
Mbah Mi

Dari pola tersebut saya yakin sahabat bisa menerka panggilan apa yang diterima Megan Fox, Barack Obama, Rhoma Irama, Karni Ilyas, Choi Siwon, Sylvester Stallone dan Wayne Rooney manakala juga tinggal di kampung saya

46 thoughts on “Panggilan Untuk Mereka

  1. hahaha … pak’e bisa aja deh bikin postingannya 😀

    mbah Mars ato mbak To? 😀


    Kayaknya Mbah To…
    Orang kampung saya sukanya ambil suku kata terakhir

    [Reply]

    Oyen Reply:

    ih, Pak Marsa bisa ajah :p


    Marsa Tomatto ya? 😀

    [Reply]

  2. Saya malah sibuk membayangkan, apa panggilan Pak Mars waktu SD, di lingkungan RT dan nanti, setelah tak lagi muda. 🙂


    Saat SD dipanggilnya Tato, nah kalau di RT sudah nggak dikampung lagi jadi manggilnya Pak Marsudi. Kalau dah tua pengin dipanggil Mbah To saja Bi… 😀

    [Reply]

  3. leg pak mars pas cilik ane di celuk yanto, terus pas di rt pak yanto, terus pnya cucu mbahkung to, wakakakkakak :p

    Niar dipanggil yar, terus di rt Bu Niar,,,, pnya cucu uti nini :p


    Malah nggak ada yg manggil saya seperti itu… 😀

    [Reply]

    Niar Ningrum Reply:

    hahaha kan hanya perkiraan saja pak, ternyata keliru 😀


    Luput 😀

    [Reply]

  4. kreatif sekali ya orang2 yg tinggal disana? wajarlah pak mars juaranya..


    Hahahaha
    Itu sich bukan kreatifitas tapi sekedar kebiasaan saja Mbak.

    [Reply]

  5. Njenengan niat banget Pak. Hehehe. Kadang memang lebih akrab rasanya kalo dapet panggilan yang berbeda-beda.


    Saya kan selalu niat Mas
    Apapun pasti saya lakukan dengan niat 😀

    [Reply]

  6. Nama Mbah No kayaknya kurang ngena, mending Mbah Ono. Ono opo ora simbah iki? 🙂


    Kalau Mbah Ono nanti dikiranya Ono W Purbo Mas… 😀

    [Reply]

  7. nama ku piye pak? pasti susah deh kalau di tempat bapak…:)


    Hahahaha
    Iya nich, orang kampung saya pasti bingung manggilnya

    [Reply]

  8. Kalo saya malah dipanggil mas segala lho pak,, hahha *jadi ingat..

    salam nanas CS pak, lama gak mampur.. 🙂


    Hahahaha
    Termasuk saya itu
    Dulu saya manggil Mas Iyha…

    [Reply]

  9. wah sampai dibuat daftarnya, kapan2 isinya daftar prediksi nama para blogger pak he3


    Bikin Daftar kan tinggal ngeklick saja Mas…
    Nggak repot kok

    [Reply]

  10. Untuk panggilan khusus agak ada polanya ya Pak, lha kalau parapan hampir tanpa pola dari nama aslinya. Ada dik Gepeng, Yu Gingsul, Jeng Denok, Lik Kumis dll. salam


    Kalau nama Jawa yg klasik memang ada polanya ya Bu
    Kalau perempuan sering baerakhiran dengan “i” dan kalau laki2 dengan “o”

    [Reply]

  11. di kampung saya juga gitu kurang lebihnya Pak Mars. Tapi saat ini, nama anak-anak semakin unik bahkan terdengar aneh. Bukan hanya itu, jumlah kata yang digunakan minimal 4 kata. Dan aneh lagi, justru panggilan mereka nggak menggambarkan nama yang diberikan


    Panjang2 tapi si anak sendiri kadang nggak konsekwen Pak.
    Mereka menyingkat namanya sak karepe dewe…

    [Reply]

  12. Kalau mertua saya kok beda ya pak. Nama aslinya Wardoyo, sekarang dipanggil Mbah Kakung, hehehe 😀


    Di Jawa banyak orang yang namanya Kakung 😀

    [Reply]

  13. Luwe amarga dereng mangan, pakdhe
    Mangan godhong jarak
    Suwe kula mboten sowan, pakdhe
    Sowan pisan marahi ngakak… kkkk…


    Matur Nuwun parikane Mas…
    Pripun kabaripun?

    [Reply]

  14. Teman say abernama Roni. kal maen PES selalu pake MU karena ada Wyne Rooney. mungkin disama2in sama namanya. Padahal namanya Sakroni…


    Paidi bisa jadi Didik…

    [Reply]

  15. Untung ini cuma seumpama, ya Pak Mars. Kasian si Bieber, kalo udah tua dipanggil ‘MBABI’


    Hahahaha
    Iya Mbak, nggak bisa mbayangkan kalo itu terjadi beneran. Desa saya bakal ngetop

    [Reply]

  16. ha ha ha.. ada kebiasaan seperti itu rupanya ya Pak. Senang juga mengetahuinya.

    Pak Mars, ada sebab musababnya nggak,kenapa kok kalau orangtua cenderung dipanggil ujung akhirnya ? jangan-jangan berkaitan dengan usianya yang sudah mendekati ujung ya Pak? h ehe


    Kayaknya pola seperti itu berjalan secara turun temurun saja Mbak.
    Di desa saya, orang sering dipanggil dengan suku kata belakangnya saja

    [Reply]

  17. saya Muhammad Ali Mudzofar, panggilan di SD: Ndopar, Panggilan di RT: Pak Ali, Setelah tua: Mbah Mad/Mud


    Kalau di tempat saya pasti dipanggil Mbah nDop…

    [Reply]

  18. iya..panggilan dari kecil ampe tua pasti beda..
    @ndop: mbah mut?? *mlayu*


    Kadang panggilan itu justru terbentuk dengan sendirinya, tanpa disiapkan oleh pemilik nama

    [Reply]

  19. hahahaha…. saya bener-bener ngakak baca posting ini Pak Mars,
    agak mirip dengan dengan di kampung saya.

    Setiap orang punya metamorfosa panggilan dari kecil, menikah, dan tua… kalau di kampung saya nih, misalnya ada anak kecil yang bernama Muji.. ketika menikah, dia diberi nama “tua” menjadi Muji Suparto. panggilannya menjadi Pak Parto/mbah Parto.
    Nah, istrinya, ikut dipanggil dengan nama suaminya menjadi Mbok Parto/Mbah Parto wedok.

    Lucunya, kalau kemudian Mbok Parto menjanda, dia tetap dipanggil mbok Parto, meskipun dia bersuami lagi, misalnya nama suaminya Pak Darmo. tetap saja dipanggil dengan Mbok/Mbah Parto (wedok)..


    Cara memanggil orang di beberapa daerah khususnya Jawa kayaknya ada pola yang hampir sama, diambil potongan namanya yg gampang diingat ya Mbak… 😀

    [Reply]

  20. huahahahahahahha ngakak aku tenan Pak Mars. mbayangke Justin Bieber jadi mbah2 trus dipanggil Mbah Bi.
    uahahahah..masih bisa joget2 gitu gak yah sesuk?
    hahahahaha geli dhewek


    Hahahaha…
    Kalau dia lahir di desa saya, betapa terkenalnya desa saya ya Mbak… 😀

    [Reply]

  21. wkwkwk.. sy penasaran kl panggilan bu mars apa pak 😀


    Karena nama istri saya Listyawati, maka dipanggilnya Lis, Bu Lis dan Mbah Ti… 😀

    [Reply]

  22. kalo pak bambang itu banyak, ada bambamg danuri ada jg bambang triatmodjo.. harusnya sih presiden kita di panggilnya pak beye, tp masalahnya beliau gak akan terima hahaha


    Nanti malah jadi Cicak Lawan Beye

    [Reply]

  23. Joko Widodo:
    kecil > Joko
    dewasa > Pak Jokowi
    tua > Mbah Wi

    Jenengku ra cocok ge suk tuwo… piye jal ki?


    Mbah To wae Pak…

    [Reply]

    Andy MSE Reply:

    mathuk! 😀


    Methuthuk 😀

    [Reply]

  24. yang jelas didepannay pakai embel-embel mbah ya 🙂


    Iya Mbak, semua yg sudah tua, di desa saya dipanggilnya Mbah…
    Seperti Mbah Marijan 😀

    [Reply]

  25. Hahaha .. kalo saya apa ya kira2 panggilan yang cocoknya, pak Mars?


    Apa ya?
    Susah juga ini, terutama panggilan setelah tua 😀

    [Reply]

  26. SD –> Tatik, di RT –> Bu Daya, tua –> Mbah Mur.

    Kira-kira itu panggilannya sapa ya, Om Mars? :mrgreen:


    Hahahahaha
    Kalo ini panggilan teman asramanya Bu Miranda Gultom kayaknya

    [Reply]

  27. aku manggilnya pak’e dengan panggilan sayang… mbah Nto, boleh ndak ya…? heheheeee….


    Mbah To juga boleh… 😀

    [Reply]

  28. Waktu kecil dulu, biasanya masing-masing anak punya nama panggilan masing-masing, dan nama kecil itu kadang terbawa sampai tua. 🙂


    Nah kalau nama yg dimiliki sangat modern dan gaul, maka setelah tua atau jadi kakek2 akan aneh…

    [Reply]

  29. hahaha.. Pak Mars ada-ada aja. Kalo Pak Mars pasti dipanggil Lek To sama ponakannya..hahah.. Trus, kalo dah tua jadi Mbah To..hahaha.. Kayak Mbahnya Valeska… 😀


    Iya Mbak, kayaknya nanti cucu saya akan manggil Mbah To… 😀

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *