Para Pengernyit Dahi

Mengernyitkan dahi adalah ekspresi yg muncul secara refleks akibat aneka sebab. Bisa karena heran, bisa karena kagum, bisa karena mikir dan bisa juga karena hoby. Yang karena hoby ini termasuk aneh dan sayapun akan mengernyitkan dahi manakala ketemu orang seperti itu

Pada postingan Intuisi Matematika saya tulis bahwa hanya mereka yang mau mengernyitkan dahilah yg bakal menemukan jawabnya, meski saya juga yakin ada yang mengernyitkan dahi hanya karena melihat angka2 dan melihat ada kata “matematika” di sana

Pada awalnya saya agak pesimis ketika akan meluncurkan postingan tersebut mengingat matematika bukanlah topik yang menarik. Tapi ternyata responnya luar biasa. Hal ini mungkin diakibatkan oleh sifat kebanyakan orang yang suka tantangan dan mudah terpancing.

Ternyata masih banyak sahabat yang rela mengernyitkan dahi. Dan inilah para pengernyit dahi itu. Ada Bu Choco, ada Ngai, ada Mas Dzofar, ada Uda Vizon, ada Mas Putut, ada Mas Imam, ada Mas Arlis, ada Mbak Wi3nd, ada Mas Afan dan ada Mas Ferry ZK.


Lalu apa jawaban dan bagaimana aturannya?
Kita simak kembali soal yang harus dikerjakan.

Soal A
1 ⊕ 3 = 5
4 ⊕ 2 = 8
6 ⊕ 1 = 8
2 ⊕ 7 = 11
3 ⊕ 5 = ?

Soal B
5 ⊕ 3 = 10
4 ⊕ 2 = 4
1 ⊕ 6 = 5
2 ⊕ 5 = 8
3 ⊕ 4 = ?

Soal C
5 ⊕ 3 = 5
3 ⊕ 4 = 2
7 ⊕ 5 = 5
4 ⊕ 6 = 4
2 ⊕ 8 = ?

Soal A jawabannya 11. Aturannya adalah “Jumlahnya ditambah bilangan yang kecil”.
Soal B jawabannya 9 yaitu “Hasil kali dikurangi angka yang depan”.
Soal C jawabannya 6 yaitu “Satuan dari hasil kali”.


Satu hal yang menarik adalah cara sahabat mendeskrepsikan aturan tiap soal. Meski disampaikan dengan berbagai ungkapan tapi semua mengarah ke maksud yang sama dan itu sah saja karena keanekaragaman bahasa yang ada di negara kita.

Saya sangat menghargai dan mengapresiasi tiap jawaban karena saya sangat tahu betapa besar usaha yang sahabat lakukan dalam merangkai kalimat matematika berisi aturan guna mendukung jawaban yang diberikan. Sungguh itu tak mudah dan butuh pengorbanan untuk mengernyitkan dahi.

Dari jawaban yang masuk ada beberapa yg benar2 benar, baik jawaban maupun aturannya. Mereka adalah Bu Choco, Ngai, Mas Dzofar, Uda Vizon dan Mas Imam. Tapi karena hadiahnya cuma ada tiga maka terpaksa dilakukan pengundian.

Yang beruntung adalah Bu Choco, Ngai dan Mas Imam. Mohon mengirimkan alamatnya ke email saya marsudiyanto@gmail.com atau bisa juga menggunakan contact form

23 thoughts on “Para Pengernyit Dahi

  1. kemarin aquwh dan bude Choco gagal dgn simbah Banners,
    namun kali ini kami berjaya… 😛

    makasi, mbahKung..!

    Kamu cocoknya masuk jurusan IPA
    Nggak bakat ke jurusan desain grafis

    [Reply]

    Ngai Reply:

    klo kmrn disainku berhasil generated, pasti ikut menang.

    #biar gagal tapi pede.. 😛

    Nanti kalau ada lomba anti biasa lagi kamu harus ikut.
    Saya sudah menyiapkan soalnya
    Tapi hadiahnya belum siap 😀

    [Reply]

    vizon Reply:

    Selamat ya Ngai..
    Hadiahnya pake sendiri aja ya, jangan dikasikan ke si eMak.. 😀

    Hadiahnya buku saku dengan ukuran font 6 px, jadinya Kak Adel nggak bakalan bisa baca kalau nggak pakai kaca pembesar

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Hahahha iyo, Ngaiii, Banners nya sombong kali sama kita ya. Kali ini bolehlah kita senyum yang lebaaaaaarrr hahahaha….

    Ngai ahli itung2an

    [Reply]

  2. Alhamdulillah, jawaban saya benar…
    Selamat ya buat Bu Choco, Ngai dan Mas Imam..

    Makasih Pak Mars buat postingannya. Asyik sekali.. Jadi ingat tes potensi akademik dulu deh, hehehe..

    *siap-siap untuk tantangan berikutnya* 😀

    Saya juga terima kasih atas apresiasi Uda Vizon…
    Untuk lomba berikutnya sudah ada programnya tapi belum ada hadiahnya Da 😀

    [Reply]

    chocoVanilla Reply:

    Makasiiiiy, DaZon 😀

    [Reply]

  3. Hebaat yang bisa menjawab nih .. sangat kreatif .. saya 10 menit kemarin ikut berfikir langsung close karena kleyeng2 … pusing lagi kumat wkwkwk.

    Btw itu Ngai pura2 gak bisa matematika rupanya, saya kasih soal dulu tentang sisi segilima beraturan nyerah dia. Giliran jawaban ini yang menurut saya susah .. eh jadi juaranya . wkwkwk. Selamat aja dah.

    Hahahaha
    Saya yang bikin soal saja kadang mengernyitkan dahi lagi manakala ngerjakan soal itu kok Mas…
    Untung saja kunci jawabannya saya simpan di draft 😀

    [Reply]

    Ngai Reply:

    beda atuhlah mang.. segilima itu matematika beneran,
    klo yang ini intuisi mang, intuisiiiiii….

    urusan intuisi..penerawangan,
    kan aquwh memang jagonya.

    #mang gemot masih ingat kan, intuisi terakhir yang tepat itu.. :))

    Pak Prabowo pasti bisa kalau berhubungan dengan segi-5 karena logo partainya berbentuk segi-5

    [Reply]

  4. selamat buat 3 pengeryit yang jeli, konsentrasi menunggu anti biasa yang lain 😀

    Untuk lomba berikutnya tinggal nunggu sponsor Mas… 😀

    [Reply]

  5. Waaa ada kuis toooo…
    Jarang mampir nih aku, maap yak Pak, dimaapin yak 😛

    Kuisnya sudah rampung Na 😀

    [Reply]

  6. Horeeeeeeeeeeeeeee……. akhirnya dapat hadiah hahahaha…. Tak sia-sia mengernyitkan dahi dan hidung seharian kemaren 😛

    Maturnuwun, OmMars 😀

    Sama2 Mbak… 😀

    [Reply]

  7. Halahhhh karena malas update dan malas kunjung ..jadi nggak tau..kalau tau masih ragu juga bisa dan ngak jawabnya 😉 salam pakde

    Salam kembali Bli…
    Bli Budi sibuk jadi fotografer

    [Reply]

  8. Sehabis mengernyitkan dahi langsung cari Lele ama Durian 😛
    Sekolah entah berapa tahun dapat nila 8 di pelajaran Matematika cuma sekali lho…saking pinternya 😀

    Kalau sekolahnya 4 taun dapat nilai 8, berarti setahunnya dapet nilai 2 😀

    [Reply]

  9. Saya kira soal C itu yang paling susah, paling susah karena nggak ketemu hasilnya. ternyata setelah di paparkan aturannya sebenarnya yang C itu yang paling mudah.

    Selamat buat para pemenangnya, Kapan ada lomba lagi pak mars?
    🙂

    Hahahaha
    Iya, soal C itu paling simpel Mas

    [Reply]

  10. Alhamdulillah, bisa jadi salah satu yang menang di undian 😀

    matur sembah nuwun Pak Mars, alamat akan segera dikirimkan 😀

    Sami2 Mas

    [Reply]

  11. Selamat buat yang menang ya hehe…
    Pak, katanya kalau terlalu sering mengernyitkan dahi, cepat keriput.

    Mengernyitkan dahinya cuma saat buka blog saya Mbak 😀

    [Reply]

  12. Hore jawabanku yo bener. Emang yakin bener sih. Soale wis terbukti hahaha..
    Cuman aku belum beruntung. Mugo2 hadiahe pancen aku wis nduwe alias gak butuh. HAHAHHA… Dadi gak kecewa nemen2 :p

    Nek ono lomba berikutnya semoga ikut dan beruntung

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *