Home > Umum > Pembahasan Lengkap Penggunaan Kartu Bpjs Kesehatan

Pembahasan Lengkap Penggunaan Kartu Bpjs Kesehatan

Pembahasan Lengkap Penggunaan Kartu Bpjs Kesehatan

Umumnya, banyak masyarakat yang mengeluh mengenai pembengkakan biaya rumah sakit, namun saat ini tentunya anda tidak perlu risau lagi berkat adanya program BPJS. Dengan menggunakan bpjs maka biaya pengobatan rumah sakit akan menjadi lebih murah, dan artikel ini akan membahas lengkap penggunaan bpjs kesehatan dengan benar.

Pemerintah sudah menyiapkan program yang dikenal dengan nama BPJS Kesehatan untuk membantu meringankan biaya pengobatan penyakit. BPJS kesehatan sangat bermanfaat terkhusus bagi para masyarakat yang kurang mampu untuk membayar biaya berobat. Cara penggunaan bpjs kesehatan online juga sangat mudah. Simak lebih lengkapnya dibawah ini mengenai cara penggunaan bpjs kesehatan yang baik dan sesuai prosedur.

Sistem yang digunakan oleh pemerintah kini juga sangatlah mudah. Tentunya pengguna tidak perlu repot repot untuk mencairkan terlebih dahulu uang yang akan digunakan untuk berobat. Terlebih, telah banyak rumah sakit baik daerah maupun swasta yang sudah bekerja sama untuk dengan bpjs sehingga pembayaran akan lebih mudah. Pcare bpjs sendiri dapat digunakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kami akan menjelaskan lebih lengkap prosedur penggunaan bpjs kesehatan.

  1. Ketentuan pengunaan bpjs

Sebelum anda menggunakan bpjs, tentunya anda harus mengetahui apa saja ketentuan yang harus dipenuhi. Ketentuan tersebut antara lain :

  • Setiap kartu hanya untuk satu pengguna
  • Khusus untuk penyakit ringan dan berat
  • Batas pemakaian sesuai saldo yang disediakan
  • Tidak boleh dicairkan
  • Harus sesuai prosedur

 

  1. Peraturan penggunaan pcare bpjs

Pastikan juga untuk tetap mematuhi peraturan dari penggunaan bpjs yang berlaku. Peraturan tersebut meliputi :

  • Hanya dapat digunakan oleh rumah sakit tertentu
  • Berlaku sesuai dengan masa aktif kartu
  • Tidak dapat dipakai oleh orang lain
  • Tidak boleh memalsukan dokumen

Tata Cara Penggunaan Bpjs Kesehatan Terbaru

Setelah memastikan bahwa persyaratan dan ketentuan sudah terpenuhi, berikutnya adalah proses penggunaan bpjs. Langkah yang perlu dilakukan antara lain :

  1. Mendaftar sebagai pasien

Proses pertama yang harus anda lakukan adalah mendaftar sebagai pasien dari rumah sakit tersebut. Proses pendaftaran umumnya hanya menunggu untuk mendaftarkan nama serta kartu ktp untuk digunakan sebagai data diri pasien. Namun, di beberapa rumah sakit juga tidak perlu menggunakan ktp.

 

  1. Temui dokter sesuai penyakitnya

Selanjutnya anda mencari dokter yang harus menangani penyakit anda. Setiap rumah sakit, baik umum maupun swasta, memiliki dokter spesialis di setiap bidangnya. Untuk itu, cari dokter yang sesuai dengan penyakit yang anda derita. Kemudian lakukan registrasi ulang dan tunggu giliran anda.

 

  1. Lakukan konsultasi

Lakukanlah konsultasi seperti biasa terhadap penyakit yang anda derita. Kemudian, dokter akan menyarankan resep yang dapat anda tebus dengan menggunakan bpjs.

 

  1. Menuju kantor bpjs

Pada setiap rumah sakit sudah pasti tertera untuk dapat menggunakan bpjs. Seperti pada rumah sakit daerah kota yang terdapat kantor bpjsnya. Segeralah menuju kantor tersebut dan lakukan beberapa langkah dibawah ini :

  • Ambil nomor antrian yang disediakan
  • Tunggu hingga nomor anda dipanggil
  • Setelah dipanggil kemudian berikan berkas beserta kartu bpjs kesehatan yang anda miliki
  • Pegawai akan melakukan scanning dan kesesuaian terhadap resep yang digunakan
  • Untuk beberapa resep biasanya tidak tersedia pada pembayaran bpjs
  • Tunggu sampai nama anda dipanggil
  • Pegawai akan memberi tahu mengenai saldo dan penggunaan untuk pembayaran resep
  • Jika setuju maka anda akan tanda tangan terlebih dahulu
  • Selanjutnya akan diberikan detail penggunaan serta saldo terakhir yang tersedia

 

  1. Pengambilan obat

Terakhir, anda perlu menuju apotik yang telah ditunjuk oleh rumah sakit untuk pengambilan resep obat yang disediakan. Beberapa apotik terkadang tidak menyediakan untuk pembayaran melalui bpjs.

Untuk itu, carilah apotik yang memiliki logo bpjs guna pengambilan resep secara gratis. Namun, beberapa obat yang tidak termasuk untuk penggunaan bpjs juga harus anda tebus secara sendiri. Tetapi, hanya beberapa obat saja yang tidak termasuk dalam kategori bpjs. Anda bisa membayar BPJS di banyak ecommerce dan platform pembayaran online yang sudah menjamur di Indonesia, misalnya alphapay.id.

Nah, begitulah ulasan lengkap mengenai ketentuan dan persyaratan serta penggunaan bpjs kesehatan dengan lengkap. Anda juga bisa mengunjungi situs berikut ini untuk bayar bpjs kesehatan. Dengan menggunakan bpjs kesehatan maka banyak sekali keuntungan dan kelebihan yang akan didapatkan. Selain itu, bpjs juga mengajak sesama manusia untuk saling berbagi. Selamat mencoba !

~ Grazie ~
Categories: Umum
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~