Pemilu, Pamili, Pemula, Pemalu dan Pamali

Pemilu hanya ada di Indonesia, karena kalau di negara lain istilahnya akan lain lagi. Apa itu pemilu, saya kira bukan kapasitas saya untuk menjelaskan karena saya bukan Tukang KPU sehingga saya tak punya legalitas untuk urusan itu.

Kalau Pamili artinya punya hubungan keluarga atau kekerabatan. Saat menjelang pemilu banyak caleg yang tiba-tiba ngaku sebagai pamili karena punya kepentingan. Yang sebelum2nya tidak kenal tiba2 sok akrab dengan kita. Tujuannya satu yaitu agar kita mendukungnya.

Pemula adalah golongan orang2 muda, seusia kelas 3 SMA. Kelompok Pemula akan menjadi sasaran empuk dan rebutan para calon legislatif, karena kelompok ini adalah golongan baru yang ngambang dan masih memungkinkan untuk dipengaruhi.

Pemalu itu sifat langka, yang hampir tak dimiliki oleh para caleg. Si Pemalu jarang yang berambisi jadi caleg, karena salah satu syarat caleg memang nggak boleh malu2. Gimana bisa kampanye kalau calegnya pemalu, apalagi malu2in…

Pamali itu berasal dari Bahasa Sunda yang artinya tabu. Menurut undang2, ada beberapa pamali dalam pelaksanaan pemilu misalnya tidak boleh masuk bilik suara berduaan, tidak boleh menghujat, tidak boleh politik uang, tidak boleh menggunakan fasilitas negara untuk kampanye dll.

Sebagai orang yang terpilih sebagai pemilih, saya pastinya menggunakan hak pilih meskipun memilih atau tak memilih adalah pilihan.

24 thoughts on “Pemilu, Pamili, Pemula, Pemalu dan Pamali

  1. Pemilu kalau di daerah kulon sana namanya Election. Sedangkan kalau ada orang jepang yang berada di kulon akan susah sekali mengucapkan L, lidahnya terus bergetarrr. ups, maaf pak komen ini bahasan bukan untuk PEMURA

    [Reply]

  2. Meskipun tidak memilih juga merupakan sebuah pilihan, dimohon tetap datang ke tps untuk mencoblos, untuk meminimalkan kemungkinan surat suara yang tak terpakai dicoblos “hantu” πŸ˜€

    [Reply]

  3. Saya pemalu tapi nyaleg, Omm 😳
    Pilih saya yaa, Jeng ChocoV dari partai N2M (Nunak Nunuk Merdeka). Ingat, Jeng chovoV, no. Urut 1. Dadaahhh…. :shy:

    [Reply]

  4. Pamili saya yang pemalu dalam pemilu ini jadi pemilih pemula, emaknya bilang pamali kalau tdk mempergunakan hak pilihnya.
    Khas Pak Mars….
    Salam

    [Reply]

  5. tapi untuk tahun 2014 ini banyak warga yang tidak tahu dengan apa yang dipilihnya… bahkan di daerah kami banyak surat suara yang tidak sah dan golput.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *