Home > Ekspresi, Intermeso > Pemilu, Pamili, Pemula, Pemalu dan Pamali

Pemilu, Pamili, Pemula, Pemalu dan Pamali

March 29th, 2009 Leave a comment Go to comments

pemiluPemilu hanya ada di Indonesia, karena kalau di tempat lain, istilahnya akan lain lagi. Apa itu pemilu, saya ndak mampu jelaskan secara komprehensip karena saya bukan Tukang KPU tapi Tukang Nggame. Saya ndak punya legalitas untuk urusan itu.

Pamili itu keluarga atau kerabat dekat. Saat menjelang pemilu, orang yang berkepentingan akan ngaku-aku sebagai pamili demi meraih ambisinya. Yang sebelum2nya ndak kenal, tiba2 sok akrab dengan kita, seakan kita adalah pamilinya. Itulah gambaran caleg pada umumnya.

Pemula adalah golongan orang2 muda, seusia kelas 3 SMA. Pemula ini menjadi sasaran empuk para caleg, karena kelompok ini adalah golongan baru yang ngambang dan masih bisa dipengaruhi.

Pemalu itu sifat langka, yang hampir tak dimiliki oleh para caleg. Si Pemalu jarang yang berambisi jadi caleg, karena salah satu syarat caleg memang nggak boleh malu2. Gimana bisa kampanye kalau calegnya pemalu, apalagi malu2in…

Pamali, ini istilah dari Sunda, yang kira2 berarti pantangan atau tabu. Kalau menurut undang2, ada beberapa pamali dalam pelaksanaan pemilu, semisal nggak boleh masuk bilik suara berduaan, nggak boleh saling menghujat, nggak boleh politik uang, nggak boleh menggunakan fasilitas umum untuk kampanye, nggak boleh lakukan intimidasi maupun arogansi, nggak boleh melaminating kertas suara dll.

Kenyataannya?
Anda lebih tau ketimbang saya.

Kalau saya, pastinya ikut pemilu, walau tak ada pamili yang jadi caleg, karena saya bukan pemilih pemula yang pemalu.
Bagi saya, tak ikut pemilu adalah pamali…

~ Grazie ~
Categories: Ekspresi, Intermeso
  1. Ali Ahmadi
    April 2nd, 2009 at 06:11 | #1

    Siap2 melok pemilu

    [Reply]

  2. Jondy Kamal
    April 2nd, 2009 at 06:12 | #2

    Tunggu…………

    [Reply]

  3. April 2nd, 2009 at 06:14 | #3

    Saya hanya memantau lewat teropong!

    [Reply]

  4. April 2nd, 2009 at 07:32 | #4

    wah tulisanya bagus… salam kenal

    [Reply]

  5. Bawor
    April 2nd, 2009 at 08:37 | #5

    Yang gak punya pe**mu gak boleh ikut pemilu, hahahahaaa

    [Reply]

  6. April 2nd, 2009 at 08:40 | #6

    pamali sama pamilu mungkin juga masih sodara pak :mrgreen:

    [Reply]

  7. April 2nd, 2009 at 08:50 | #7

    comot kertas suaranya!

    [Reply]

  8. April 2nd, 2009 at 08:51 | #8

    hayah malah komeng nganggo akun e suryaden xixixixixixixixi

    [Reply]

  9. April 2nd, 2009 at 10:07 | #9

    wah pamili ya ndak ada yang jadi caleg je
    saya juga gak tau ikut pemilu apa ndak lha saya jadi pemalu lho karena ndak tau siapa yang saya pilih (ketahuan ndak pernah nonton tipi) :mrgreen:

    [Reply]

  10. deden
    April 2nd, 2009 at 12:54 | #10

    Gimana saya mau jadi golput pak mars, lha wong TPS-nya persis disebelah rumah eh. Malah pak erte dah pesen mau ngambil listrik buat sound sistem.

    Pokoknya Contreng! *secukupnya saja, jangan dieker – eker*

    [Reply]

  11. April 2nd, 2009 at 17:58 | #11

    Kalo di sini namanya election bukan erection!

    [Reply]

  12. zenteguh
    April 3rd, 2009 at 00:34 | #12

    biarpun pemalu kayaknya sy tetep ikut pemilu pak

    [Reply]

  13. April 3rd, 2009 at 07:46 | #13

    setuju ma mantan kyai yang komen pertama, wakakkakakaa

    maksude opo ?

    [Reply]

  14. sulumits retsambew
    April 3rd, 2009 at 07:49 | #14

    minggu depan sudah pemilu,
    siap2 nyentong, eh nyontreng

    [Reply]

  15. ndop
    April 3rd, 2009 at 09:57 | #15

    berarti saya macak pemula dong, khan saya sering pura-pura jadi anak SMA gitu pak.. hahaha…

    tapi saya juga pamali kalau nggak ncontreng di pemilu nanti..

    Mas Dzofar nek macak abu2 putih masih pantes…

    [Reply]

  16. April 3rd, 2009 at 13:59 | #16

    Yg malu² biyasanya mrupakan mangsa empuk buwat ‘serangan fajar’
    *nunggu diserang waktu fajar*

    [Reply]

  17. Ecko
    April 3rd, 2009 at 15:35 | #17

    Hahahaha, posting yg kreatif abisss….
    Salut, Bro. 🙂

    Makasih Mas Eko…

    [Reply]

  18. munawar am
    April 3rd, 2009 at 16:16 | #18

    Pak Mar ini anggota KPPS yahhhh,
    musti malu dunk kalau gak ikut pemilu;
    pamali bener pemilu yang gak jurdil

    Saya tugas sebagai KPPS, Kang Nawar yg jadi saksi…

    [Reply]

  19. April 3rd, 2009 at 16:17 | #19

    Hehe… pemilu, pamili, pemula, pemalu, dan pamali berkorelasi sangat signifikan ya…
    Btw, salam perkenalan, salam hangat. 😀

    Artikel terbaru Murid Baru: Artikel terbaru Murid Baru: Kepedulian pada Bencana Mungkin Sekadar Pola Hidup Topikal

    [Reply]

  20. April 3rd, 2009 at 18:14 | #20

    5 P,
    Gerindra ada 8 P
    masih kurang 3 lagi mas…
    he,..he

    [Reply]

  21. grubik
    April 3rd, 2009 at 19:01 | #21

    PEMILU itu yang penting M dan L nya gak dituker… dangerous pak nek nganti kuwalik..!!!

    [Reply]

  22. April 8th, 2009 at 23:24 | #22

    menunggu serangan FAJAr, barangkali dapet uang…..

    ambil uangnya,

    [Reply]

  23. April 22nd, 2009 at 10:06 | #23

    Pemilu Legislatip berjalan mulus dan Damai!!! Semoga Pemilu Presiden juga demikian.

    [Reply]

  24. October 14th, 2010 at 10:06 | #24

    ketahuan, klo Pak Mars adalah orang Sunda 🙂

    [Reply]

  25. budiarnaya
    October 14th, 2010 at 18:07 | #25

    Heeee…kalimat yang menyambung menjadi indah dan penuh makna untuk dinikmati, saya pemilu bulan depan nich

    [Reply]

  26. October 14th, 2010 at 19:28 | #26

    Saya senang sama yang nomer tiga. Soalnya sering melihat kenyataan yang ada, para caleg jarang ada yg punya sifat malu. Salam hangat;

    [Reply]

  27. October 16th, 2010 at 07:09 | #27

    wah bro.. yang kira2 kalo kasih koment.. PEMALU dikit kenapa. PAMALI kalo nyepam. Kalo kamu PAMILInya pak Mar sih nggak papa, apa kamu seorang PEMULA???

    He he he..

    [Reply]

  28. October 16th, 2010 at 07:18 | #28

    shob.. setelah saya ngunjungi link2 di atas.. saya jadi kepincut (ikut suka) he he he …


    Makasih Mas…
    Salam!

    [Reply]

  29. October 16th, 2010 at 07:26 | #29

    postingan ini pas buat saya cos daerah saya lagi ada gawe pemilihan bupati..


    Baru tau kalau Demak mau Pilkada…

    [Reply]

Comment pages
1 2 1625
  1. April 5th, 2009 at 20:43 | #1
  2. April 8th, 2009 at 17:51 | #2
  3. June 30th, 2009 at 06:48 | #3
  4. July 9th, 2009 at 23:21 | #4
  5. September 4th, 2009 at 03:27 | #5
  6. April 10th, 2013 at 08:04 | #6

silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~