Home > Ekspresi > Pencilan

Pencilan

December 2nd, 2012

Ketika mendengar kata pencilan, telinga kita mungkin merasa asing dan aneh, amat beda dibanding ketika mendengar kata terpencil, padahal keduanya berasal dari kata dasar yang sama yaitu “pencil”. Istilah pencilan dijumpai dalam Statistik.

Pencilan adalah data yang memiliki karakteristik berbeda dari data lainnya atau tidak konsisten dengan kelompoknya. Sebagai contoh, umur rata2 murid kelas 3 SMA adalah 18 tahun. Jika ada murid yang umurnya 24 tahun, anak tersebut dikatakan sebagai pencilan.

Pada umumnya, cita2 anak adalah jadi dokter, insinyur atau presiden. Ketika ada anak yang ingin jadi raja dangdut, maka anak tersebut dinamakan pencilan. Ketika orang lain pakai daster dan hanya dia seorang yang pakai sarung, maka orang tersebut akan menjadi pencilan.

Ketika mayoritas orang menyapa saya dengan sebutan Pak, lalu tiba2 ada yang memanggil saya dengan Gan atau Bro, maka orang tersebut termasuk pencilan juga.

Pencilan tak selalu negatif. Banyak juga pencilan yang positif. Dan yang namanya pencilan pasti ada di setiap komunitas, termasuk di sekeliling kita. Adakah sahabat merasakannya?
Atau, justru kitakah yang menjadi pencilan itu??

~ Grazie ~
Categories: Ekspresi
  1. December 2nd, 2012 at 01:03 | #1

    Sepak bola adalah olahraga yang menjadi primadoni kaum adam.. tapi tidak bagi saya..

    berarti saya adalah pencilan… *garukgaruk kepala*

    seperti itukah pak !!


    Berarti saya pencilan juga… 😀

  2. December 2nd, 2012 at 01:47 | #2

    Hihihi aku ya sinau ini nih… pencilan, outlier… merusak rata-rata…
    Kebalikan ama contoh, kalo lainnya pada pake baju modis-modis aku pake daster 😛


    Kalau saya yang penting nyaman Na.
    Pakai jeans tapi nggak nyaman, ya saya nggak pakai jeans.
    Sarungan tapi nyaman, ya saya sarungan ajah…

  3. December 2nd, 2012 at 02:07 | #3

    Kalau pencilakan apakah kata dasarnya juga pencil pak … 😀


    Pencilakan kata dasarnya “cilaka”

    Wong Cilik Reply:

    ha.ha.ha. bener juga pk , pen-ci-lak-an dengan pen-ci-la-kan sama huruf meski sepertinya beda arti …


    Nggih Mas 😀

  4. December 2nd, 2012 at 08:36 | #4

    Walopun aku anak statistik, tapi di dunia perkuliahan dulu jarang banget pakek kata pencilan. Tapi lebih sering menggunakan bahasa Inggris, yaitu OUTLIER.

    Ada temenku yg anaknya unik, sampe2 di facebook dia pakek nama Kana Sang Outlier. Kalo dibahasa-Indonesiakan menjadi Kana Sang Pencilan. Sekilas mirip Pencila’an.. hahaha…


    Saya juga suka pakai istilah aslinya…
    Kalau diIndonesiakan kesannya aneh

  5. December 2nd, 2012 at 11:38 | #5

    Turut pencilaan… selamat hari minggu… (nulis pakek jari kaki) #eh


    Dimanapun dan dlm situasi apapun, yg namanya pencilan itu lebih sering ada… 😀

  6. December 2nd, 2012 at 12:28 | #6

    Br sekali ini dgr kata itu pak.. klo pencilan yg positif gmn yah?


    Kalau pencilan yg positif adalah ketika yg lain nggak baik dan dia baik sendiri.
    Yg lain jam 19 malam pada nonton TV, dia belajar sendirian

  7. December 2nd, 2012 at 12:40 | #7

    aku kok baru mendengar kata ini ya pak ?


    Ini di pelajaran Statistik Mbak. Ada istilah lainnya yaitu outlier. Saya juga lebih sreg kalau istilah ilmiah itu menggunakan aslinya, tidak dipaksakan pakai istilah Indonesia yg kadang malah terdengar aneh spt pencilan itu

  8. December 2nd, 2012 at 16:05 | #8

    Dalam kelompok perumahan ku aku juga meras pencilan pak. Sementara kebanyakan warga senang nongkrong di pos kamling dengan maen gaple atau kartu remi, sementara saya sendiri senangnya online dan ngenet 😆

    Dasar pencilan !!


    Ini pencilan yg positif Mas…
    Ketika yg lain berbentuk pasir, lalu dia adalah mutiara, maka mutiara itulah pencilannya

  9. December 2nd, 2012 at 17:35 | #9

    saya mengernyit membaca kata Pencilan dengan pengertian kondisi yang beda dari umumnya. Sebuah kata baru saya pahami. Jika demikian maksudnya, saya rasa terkadang saya juga menjadi seorang pencilan ketika saya merasa berbeda dengan yang ada di lingkungan saya, hanya saja kebanyakan dalam situasi dan kondisi yang tertentu dam terbatas.


    Saya sering melihat pencilan, tapi sering jadi pencilan juga Pak

  10. December 2nd, 2012 at 20:13 | #10

    lah?? Awalnya tadi saya pikir itu becicilan..
    Berarti itu maksudnya adalah sesuatu yang terpencil, ya Pak?


    Bisa dikatakan sesuatu yang terpencil Mbak, tidak seperti anggota kelompok yg lain.
    Kalau pecicilan itu tingkah laku yg kurang baik 😀

  11. December 2nd, 2012 at 21:59 | #11

    baru tahu kalimat itu pak.
    itu bahasa Jawa atau bahasa nasional (Indonesia)?


    Itu Bahasa Indonesia dan sudah dibakukan sebagai istilah Matematika Mbak…

  12. December 2nd, 2012 at 22:05 | #12

    Kalo disini nyebutnya dengan kata tapancia… mungkin agak mirip ya pak mars


    Mungkin sama Mas

  13. December 3rd, 2012 at 00:27 | #13

    Saya baru tau kata ‘pencilan’. Kirain tadi dari bahasa Inggris, pencil + akhiran an. *maksa 😀


    Istilah ini adanya di pelajaran Statistik Mbak

  14. December 3rd, 2012 at 04:13 | #14

    saya malah nyamain sama kancilen …., he..he…
    keduanya kata yang asing untukku


    Kalau kancilen itu nggak bisa tidur Bu… 😀

  15. irmarahadian
    December 3rd, 2012 at 09:21 | #15

    pencilan…. nganeh-anehi njih pak….
    hehehe


    Leres Mbak, pencilan = nganeh-anehi

  16. December 3rd, 2012 at 09:27 | #16

    gpp pencilan..asal gak pake pecicilan


    Dan nggak pencilaan

  17. arif
    December 3rd, 2012 at 10:59 | #17

    pencilan itu nilai yg keluar dari standar deviasi ya pak, hehehe


    di luar pagar Mas… 😀

    arif Reply:

    standar atas dan standar bawah, jadi inget kuliah statistika hehehe


    Pagar dalam dan pagar luar

  18. December 3rd, 2012 at 14:26 | #18

    Dulu saya sering disebut “pecicilan”


    atau pencilaan

  19. December 3rd, 2012 at 16:16 | #19

    bedo karo Pethakilan yo?


    Nek kuwi pencilaan

  20. December 3rd, 2012 at 17:18 | #20

    outlier… keluar dari perilaku umum…. ya tidak selalu negatif malah bisa menjadi sangat positif.. tulisan sederhana bisa dijadikan diskusi panjang…


    Pemenang dalam kejuaraan juga termasuk pencilan Mas

  21. December 3rd, 2012 at 18:14 | #21

    baru denger istilah pencilan
    suer tadi takira tuh judulnya pecicilan…


    Dan pencilaan

  22. Bunda Bijak
    December 3rd, 2012 at 19:20 | #22

    taunya bunda cuma pecicilan pak


    Dan pencilaan Bun… 😀

  23. December 3rd, 2012 at 19:29 | #23

    samakah pencilan dengan minoritas pakdhe?


    Kalau di dunia nyata kayaknya sama…

  24. December 3rd, 2012 at 20:53 | #24

    mampir ke sini, nemu kosakata baru. kirain artinya sama dengn pecicilan. eh ternyata beda yah 🙂


    Ini istilah Matematika Mas

  25. December 4th, 2012 at 08:50 | #25

    Dalam psikologi (katanya) pencilan disebut juga “keluar dari konteksnya”
    Misalnya, dalam satu pohon bunga mawar semua berwarna merah, eeh tiba-tiba ada satu bunga yang berwarna putih.

    Kambing umumnya berkepala satu, tiba-tiba ada yang melahirkan anak kambing kepalanya 3.
    Alhasil, pemilik kambing mendapat saweran ha ha ha ha

    Salam hangat dari Surabaya


    Pencilan bisa dimanfaatkan, tapi pencilan juga bisa merugikan…

  26. Ejawantah Wisata
    December 4th, 2012 at 12:54 | #26

    Semoga dalam penyebutan saya terhadapa Pak Mars bukan merupakan citra yang pencilan, karena bangsa kita adalah bangsa yang berbudi luhur dan saling menghormati yang muda dengan yang tua.

    Ssalam Wisata


    Iya Pak…
    Asal saya nggak dipanggil Gan atau Bro 😀

  27. December 4th, 2012 at 14:00 | #27

    Yang mampu mengemas pencilan menjadi postingan semenarik ini juga memiliki kemampuan ‘pencilan atas’. Salam dari kota terpencil


    Matur Nuwun dan salam kembali Bu

  28. December 4th, 2012 at 15:47 | #28

    aquwh gak pencilan, kan yaa..
    krn aquwh manggil mbahKung itu bareng dd fira.
    jadi gak sendirian.
    klo aquwh manggilnya Om Mars.. nah itu baru pencilan.


    Pernah manggil saya dengan Gan nggak???

  29. December 4th, 2012 at 20:53 | #29

    berarti aku termasuk pencilan pak mars, semua teman wanitaku kemana-mana bawa tas. aku ndak bawa tas.


    Kalau saya yang penting nyaman Bu…
    Saya juga beda dengan laki2 lain.
    Saya nggak pernah bawa sapu tangan dan nggak suka pakai topi.
    Bawa dompet juga males

  30. December 5th, 2012 at 12:29 | #30

    makna pencilan ternyata banyak banget tapi telinga ane masih agak asing kayak pertamanya pak marsudiyanto


    Istilah ini hanya ada di pelajaran Mas… 😀

  31. December 6th, 2012 at 09:02 | #31

    Dalam hal2 tertentu, mgkn saya jg termasuk pencilan Pak mars, ga suka yg mainstream heuheuheu


    Anti Mainstream juga termasuk pilihan saya Mbak 😀

  32. December 7th, 2012 at 09:06 | #32

    berarti pencilan lebih berarti berbeda gtu pak? 😀


    Iya Mbak.
    Beda dengan sekelilingnya

  33. December 7th, 2012 at 15:50 | #33

    Ooo.. jd pencilan (secara awam) dpt diidentikkan sbg ‘minoritas’ karena menempatkan diri (ter)pencil/keluar dari mainstream. Apakah bisa dipahami begitu..? Mohon dikoreksi bila kurang tepat.


    Bisa dikatakan begitu Mas

  34. December 11th, 2012 at 20:26 | #34

    lalu tiba2 ada yang memanggil saya dengan Gan atau Bro, maka orang tersebut termasuk pencilan juga. …

    Ya … pencilan yang membuat dahi saya berkerut …
    berkerut tanda tak berkenan

    salam saya Bro (halah)


    Makasih Gan… 😀

@marsudiyanto
silakan buka katalog untuk melihat postingan lainnya
~ terima kasih ~